Thursday, July 31, 2008

bila abang kiddie punya blog sendiri

Abang Kiddie dah punya blog !  Hahahahaha, irma geli banget baca tulisannya.  Kocak.  Nggak nyangka keponakan irma yang kalau ketemu diem aja - tapi kalau nyepedah bawaannya ngebut ! - ternyata kalau nulis kayak gini !

Jadi ceritanya begini.  Minggu lalu Abang Kiddie telpon irma.  'Tante, kalau mau bikin blog itu caranya gimana ?' tanyanya.  'Kenapa ?  Abang pengen punya blog juga ?' irma balik nanya.  'Iya,' jawabnya.  Jadilah irma terangin.  Tapi berhubung neranginnya via telpon, kan susah ya.  Nggak kebayang.  Lagipula dia lagi nggak di depan komputer dan connect ke internet.  Akhirnya irma bilang, 'Nantilah kalau Tante ke Bandung, Tante ajarin langsung cara bikinnya.'

Beberapa hari kemudian dia nelpon lagi.  'Tante, tante aja deh yang bikinin blognya.  Nanti kalau udah jadi, kasih tau aku.  Jadi aku tinggal nerusin,' dia bilang.  Wah, udah nggak sabar rupanya dia.  Ya udah, irma pun janji irma akan buatkan blog untuknya.

Ealah, setelah berjanji begitu kemudian hampir tiap hari dia sms mulu nanyain, 'Tante, blog ku udah jadi belum ?'  Hiyaaaaaa ... betul-betul tak sabar dia !  Akhirnya hari Selasa lalu waktu lagi senggang di kantor irma buatkan blog untuknya.  Bikinnya sih cepat, lha cuma sign up ke Multiply doang.  Yang lama, nyari ide untuk namanya.  Abang Kiddie minta dibuatkan nama blognya yang keren dan dalam bahasa Inggris.  'Seperti Darkcrosser itu lho Tante, kan keren,' paparnya.  Hm, ya ya ya ya ya ...

Akhirnya setelah berulang kali coba apply dan ditolak karena nama yang irma buat ternyata udah dipake, maka jadilah : http://asbirdsflying.multiply.com.  Harapan irma, Abang Kiddie akan membumbung tinggi dan jauh laksana burung yang terbang hingga ke mana-mana.  Jalan dia masih panjang.  Masih banyak kesempatan untuk ia raih.

Anyway, selamat ngeblog Bang.  Tante tunggu lagi cerita-ceritanya ya :D

 

 

Gorgeous Mel

 

‘Mel enak nyaman dikendarai.  Lebih lembut dari sepedaku.’

 

Hari Sabtu lalu irma gowes ke Bekasi.  Seneng banget.  Udah lama nggak jalan-jalan sama Mel.  Abisnya kalau ke kantor kan irma sama Tom.  Jadi Mel cuma dipake Sabtu-Minggu atau kalau irma lagi libur.  Seperti Senin dua minggu yang lalu waktu irma ambil cuti untuk nganter Mama dari Cilandak ke Depok.  Eits, jangan salah !  Bukan berarti irma ngeboncengin Mama pake Mel !  Tapi irma gowes dari Pejaten ke rumah Bu Lik Amin di Cilandak, terus dari Cilandak ke Depok pake taksi.  Mel di bagasi.  Supir taksinya sampai takjub lihat irma ngebongkar kedua bannya Mel lalu masukkan framenya ke dalam bagasi.  ’Sepedanya bisa dibongkar pasang gitu ya Mbak ?’ ia terheran-heran.  He eh, inilah enaknya pake quick release.  Bisa bongkar pasang sepeda dengan cepat tanpa perlu kunci pas.  Mel pun aman disimpan dalam bagasi tertutup rapat.  irma nggak stress seperti waktu bawain sepedanya Adek Diella.

 

Hari Minggunya waktu mau balik ke Pejaten, Wahyudi bilang irma pake bis bareng dia aja.  Nggak tega dia lihat irma nggowes nyusurin Kali Malang yang jalannya lagi ancur-ancuran gitu.  irma sih nggak masalah.  Tapi karena dia khawatir gitu ya udah irma nurut aja.  Jadi Mel ditinggal.  Wahyudi janji minggu depan akan dia anterin ke Pejaten.  Entah itu dia gowes atau naikin ke dalam taksi.

 

Lalu irma ingat, hari Jumat sebelumnya Wahyudi nggak nyepedah ke pabrik.  Sepedanya rusak (lagi).  Ada bunyi-bunyi aneh dari sekitar pedal dan crank kalau lagi digowes.  Dulu pernah gitu juga.  Trus dibawa ke bengkel sepeda langganan irma di Tebet, sembuh deh.  Ealah sekarang kambuh lagi penyakitnya.  Kan nggak nyaman gitu.  Jadi untuk sementara Wahyudi berangkat kerja pake angkot.

 

’Yudi mau pake Mel ke pabrik ?’ tawar irma, ’Pake aja.  Nggak pa-pa kok.  Lagian sayang juga selama ini Mel jarang dipake.  irma pakenya cuma kalau lagi libur gini aja.  Kalau kerja kan irma sama Tom.’  Semula Wahyudi ragu-ragu.  Tapi daripada nggak gowes berhari-hari sampai sepedanya betul, akhirnya Wahyudi menerima tawaran irma.  Sebelum balik ke Pejaten irma pamitan sama Mel.  ’Mel, kamu sama Yudi dulu ya,’ irma membelai-belai handlebar nya.  ’Nanti kalau sepedanya Yudi udah sembuh, kita ketemu lagi.’  Kepada Wahyudi irma pesan untuk menjaga Mel baik-baik.

 

Jadilah beberapa hari ini Wahyudi ke pabrik sama Mel.  Mel jadi pusat perhatian abisnya baru kali ini Wahyudi ke pabrik pake sepeda warna merah.  Udah gitu, parkirnya dirantai ke pohon depan lobby kantor karena Mel nggak punya standar jadi kalau parkir dia harus bersandar.  Hahaha, lucu banget ngebayangin Mel ngejogrog di bawah pohon rindang.  Karena parkirnya di depan lobby begitu, Mel menyambut tamu yang datang ke pabrik.  Semua yang datang akan melihatnya.

 

Dan seperti yang Wahyudi bilang di sms nya, Mel lebih nyaman dikendarai daripada sepedanya.  He eh, Mel memang menyenangkan.  Ia selalu bikin senang yang mengendarainya.

 

Ugh, really I miss you so much Mel !

 

 

 

 

 

 

Monday, July 28, 2008

kenapa harus putih ?

 

‘… I hate being white …’

 

Itu yang irma bilang dalam hati saat menyaksikan hasil riasan untuk acara  pernikahannya Petty - Tata.  Putih banget sih itu bedak ?  irma jadi kayak hantu dalam film-film horror Indonesia.  Boro-boro cantik yang ada malah syerem L

 

Honestly, I hate being white.  irma lebih suka dengan kulit irma yang coklat.  Karena menurut irma, kulit coklat itu jauh lebih menarik.  Berseri-seri.  Sehat.  Segar.  Sedangkan putih tuh pucat.  Rapuh.  Penyakitan. 

 

Makanya tiap kali ditanyain, ’Mbak, naek sepeda mulu.  Nggak takut hitam ?’  irma malah balik nanya, ’Kenapa harus putih ?’  Sejak dulu irma sebel banget dengan pencitraan umum bahwa cewek harus putih.  Memangnya kenapa kalau kulitnya coklat ?  Yang penting kan sehat.  Dan bersih.  Putih tapi kulitnya kering bersisik dan kusam, ya kan nggak menarik juga.

 

Sekali waktu saat lagi jalan-jalan di mall, irma dihampiri seorang SPG.  Ia menawarkan produk pemutih yang katanya hanya beberapa minggu akan membuat kulit wajah jadi putih bercahaya laksana mutiara.  Jawab irma, ’Maaf ya Mbak.  Saya lebih suka kulit saya yang sekarang.  Yang coklat begini.  Lagipula siapa bilang mutiara putih aja yang menarik ?  Mutiara hitam juga cantik.  Malah lebih langka tapi banyak dicari-cari.  Kalau mutiara putih sih, udah biasa.’

 

Mbak SPG itu pun terdiam.  He eh, salah sasaran dia.

 

 

 

 

runaway bridesmaid

Yihhhhaaaaaa ……………, akhirnya irma terbebas dari kewajiban jadi  pengiring pengantin ! 

 

Thanks to Mas Sony yang harus balik ke Pisangan buat nganterin kunci.  Eh salah ya, seharusnya irma berterima kasih sama Mbak Enung yang mutusin balik ke Pisangan duluan.

 

Jadi ceritanya begini.  Sabtu pagi itu irma udah siap di rumah Bu Lik nya Wahyudi di Bekasi untuk berangkat ke tempat acara  Pernikahan Petty-Tata  di Islamic Center.  Umm, sebenarnya irma telat sih.  Karena irma nggak nyangka ternyata di Kali Malang setelah Jati Bening jalannya ancur banget.  Jadi irma sama Mel nggak bisa ngebut.  Pejaten – Bekasi yang biasanya ditempuh 1,5 jam, gara-gara jalannya jelek gitu jadi kemarin kita perlu waktu 2 jam untuk sampai di sana.  Teruntal-untal kita di jalan bolong dan berbatu-batu.  Untung irma perginya sama Mel, yang emang dirancang untuk medan nggak gitu mulus meski dia bukan MTB fulsus.  Coba kalau irma perginya sama Tom.  Bisa-bisa dia nyerah sebelum sampai di tujuan.

 

Kirain irma aja yang telat.  Ternyata Mbak Yanti dan Mas Sony yang berangkat dari Pisangan juga belum nyampe.  Padahal kebaya irma dibawain sama Mbak Yanti.  Oh ya, Mbak Yanti itu kakaknya Wahyudi yang paling besar.  Mas Sony adalah suaminya.

 

Jam sembilan lebih baru rombongan Pisangan datang.  Kita segera siap-siap berangkat ke Islamic Center.  Pas mau berangkat, Wahyudi baru sadar kalau Mbak Enung – adiknya – udah pulang duluan ke Pisangan.  Karena kecape’an semalaman menghias kamar pengantin jadi Mbak Enung putuskan nggak datang ke akad nikah dan walimahan.  ’Tapi kan kuncinya di sini,’ Mbak Yanti acungkan kunci rumah Pisangan.  Lha, gimana nih ??

 

Sialnya, Mbak Enung nggak bisa dihubungi.  Handphonenya ketinggalan di Bekasi.  Akhirnya diputuskan Mas Sony kembali ke Pisangan untuk ngantar kunci.  Tapi sebelumnya ia antar Mbak Yanti, irma dan Wahyudi ke Islamic Center.  Juga Tata putrinya.  Eh iya, nama panggilan penganten pria nya sama dengan nama anaknya Mbak Yanti – Mas Sony.  Jadi akhirnya kita bilang anak mereka berdua, ‘Tata Kecil’.   

 

Mas Sony titip kamera Nikon D-80 nya sama Wahyudi.  Tapi kan Wahyudi juga mau photo-photo.  Jadi irma yang pegangin itu kamera.  Sayang banget ‘tu kamera dianggurin.  Jadilah sepanjang acara irma ikutan jepret-jepret.  Ceritanya belajar pake kamera DSLR.  Meski megangnya masih ala kamera pocket, hahahaha.

 

Nah, gara-gara keasikan photo-photo gitu jadi irma telat dirias.  Selesai dirias, pengantennya dah duduk manis di pelaminan.  Para pengiring pengantin yang lain dah bubar.  Kan kirabnya dah selesai.  Koordinator acara mendelikkan matanya dengan sebal kepada irma dan Wahyudi.  Hehehehehe, rombongan kirab pengantennya tadi kurang satu pasang pengiring.  Sebenarnya tadi Wahyudi dah rapi pake beskap.  Tapi dia nggak jalan tanpa irma.  Ya iya lah, masa’ nanti pincang rombongan kirabnya, karena ada satu pasangan yang nggak lengkap.

 

Nggak jadi pengiring penganten, ya udah lanjut photo-photo lagi.  Tapi Mas Sony dah balik dari Pisangan.  Jadi kameranya yang tadi irma pake dikembaliin ke dia.  Berikutnya irma jadi asistennya Wahyudi, yang ngintil di belakang dia dan nggemblok tas kameranya.  Acungkan benda-benda yang ia minta sesuai kebutuhannya.  ’ir, minta lensa yang 300.’  ’ir, tolong ambilin memory card lagi.  Yang ini udah penuh.’  Masih tetap pake kebaya, jarik, dan bersanggul irma wira-wiri bareng dia menjelajahi penjuru gedung.  Tas kamera digemblok di belakang punggung.  Orang-orang pun geleng-geleng melihat kelakuan kita.  ’Bu, masa’ sih irma pake kebaya gitu masih juga pake ransel ?’ ucap Bu Lik kepada ibunya Wahyudi.  Kalem beliau menjawab, ’Biarin aja, mereka berdua itu memang sama kok kelakuannya.’

 

Hahahahahaha, selamat deh aku dari pertanyaan yang menyebalkan itu !

 

 

 

 

 

 

Friday, July 25, 2008

always the brides-maid, never be the bride

 

‘… ir, kawinan Petty nanti kamu disuruh pake kebaya …’

 

irma berasal dari keluarga besaaaaarrr banget.  Mama punya delapan orang kakak dan adik.  Masing-masing kakak dan adik punya anak.  Banyak.  Masing-masing anak mereka punya anak lagi.  Lumayan banyak.  Total irma punya 48 orang sepupu dan hampir seratus keponakan.  Banyak sekali sodaranya.  Belum lagi sepupu-sepupunya Mama punya anak dan keturunan.  Banyak banget deh.

 

Hampir tiap tahun adaaaa aja dari keluarga besar Mama yang nyebarin undangan pernikahan.  Yang irma ingat, sejak irma SD, tiap libur kenaikan kelas selalu ke Jakarta karena ada keponakannya Mama yang nikah.  Meski berasal dari Medan tapi sekarang hampir semua sodara-sodara Mama tinggal di Jakarta.  Hanya beberapa aja yang masih di Medan.  Di kota-kota lain juga ada seperti Bandung, Surabaya, Pontianak, dan Makassar.  Juga di kampung Nenek di Tamtaman, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.  Meski tinggal berjauhan begitu tiap kali ada yang ngadain acara pernikahan, selalu anggota keluarga besar Mama ini berusaha kumpul.  Kadang irma nggak tau siapa aja karena saking banyaknya.  Jarang ketemu lagi.

 

Waktu SD, irma cuma ngintil Mama aja selama resepsi.  Ketika SMP, irma mulai kebagian tugas di kepanitiaan.  Jadi penerima tamu.  Mejeng di depan pintu masuk, persilakan tamu menulis di buku tamu, dan berikan souvenir.  irma terkenal sebagai penerima tamu yang jutek.  ‘Undangannya kan cuma satu, ya udah souvenirnya juga satu aja !’ gitu irma bilang kalau ada yang minta tambahan souvenir.  Kasihan deh yang kena juteknya irma.

 

Sampai SMA irma selalu kebagian tugas jadi penerima tamu.  Saat kuliah, irma mulai ‘naik jabatan’ , gabung di barisan Pagar Ayu dan Pagar Bagus.  Pernah juga diminta jadi pengiring pengantin, yang bawa aneka serah-serahan dan menjunjung cerano.  Kebanyakan acara-acara pernikahan di keluarga besar Mama menggunakan adat Minangkabau meski mantunya dari suku lain entah itu Jawa atau Sunda.  Eh, iya ada juga yang dari Manado dan Mandailing.

 

Tiap kali bertugas dalam pesta pernikahan, irma selalu dapat seragam baju kurung atau kebaya.  Jadi irma bilang irma nggak perlu bikin baju pesta karena tiap tahun selalu dapat baju kurung atau kebaya baru.  Minimal setahun sekali.  Kadang-kadang malah setahun dua kali.  Kalau seandainya dikumpulin semua, baju kurung atau kebaya acara pengantinan yang irma punya mungkin sama dengan baju pengiring pengantin yang dimiliki Jane dalam ‚27 Dresses’.  Mungkin malah lebih.

 

Hingga beberapa tahun yang lalu irma masih sering gabung dalam kepanitiaan pernikahan.  Tapi saat usia udah kepala 3, nggak pernah lagi.  Abis, bingung mau ditaruh di barisan mana.  Gabung dengan Pagar Ayu dan Pagar Bagus, dah ketuaan.  Mau gabung dengan Pagar Layu, ya nggak bisa lah irma kan belum ada pasangan.  Barisan Pagar Layu tuh terdiri dari beberapa pasangan suami istri, sebagai contoh rumah tangga yang harmonis bagi pasangan pengantin.  Lha suamiku ... mana ??

Makanya terkaget-kaget irma waktu Wahyudi bilang untuk acara kawinannya Petty – sepupunya -  irma dapat seragam kebaya.  Nggak salah nih, aku disuruh mejeng ??   Jadi pengiring pengantin lagi !  Dooohh ...... yang bikin males tuh pertanyaan klasik dari orang-orang, membandingkan irma dengan pengantinnya.  Nyebelinnya lagi, irma mulu yang ditanyain.  Sementara Wahyudi selalu ‚sembunyi’ di balik lensa.  Hiks.

...... always the brides-maid, never be the bride ......

 

 

 

 

 

Thursday, July 24, 2008

I'm healthy !

 

Yippppiiiieeeeeeeeee ………………… hasil medical check-up dah keluar !  Jantung normal, ginjal ok, lever sehat, asam urat rendah, kolesterol 180 (batas maksimum 200), body mass index nyaris batas atas, tapi yang paling menggembirakan : TIDAK ADA kelainan pada paru-paru !  Jadi yang selama ini khawatir nyepedah di Jakarta bikin orang nggak sehat, nggak terbukti tuh.  Tiga tahun bike to work paru-paruku nggak menunjukkan tanda-tanda penyimpangan.  Malah radang yang sempat menggerogoti di tahun 1998 dah hilang sama sekali.  Yes, yes, yes, ayoooo ... gowes lagi.  Jangan lupa selalu pakai alat pelindung diri demi keselamatan dan kesehatan. 

 

Ups, tapi kenapa haemoglobinku agak rendah ya ??  Cuma 11.  Padahal minimum 12.  Itu kali makanya kalau dari jongkok langsung berdiri jadi suka ketemu bintang bintang di pelupuk mata ya ??  Anyway, tapi secara keseluruhan dokter bilang aku nggak pa-pa.  Cuma disaranin banyak makan sayur, buah dan minum air putih minimum 2 liter per hari.  Saran klasik dari setiap ahli kesehatan.

 

Alhamdulillah, masih dikasih sehat.  Terima kasih ya Allah  J

 

 

Monday, July 21, 2008

Sepeda untuk Adek Diella

 

‘… ada krnjg, stndr, br md/tua, boncengannya yg empk, pk gg, trs ddknnya ps aq sma dah pol.  jd bs aq pk smp sma.  tp skrng kl aq pk kakiku jnjt nympe k tnh …’

 

irma tersenyum baca sms itu.  Itu spesifikasi sepeda permintaan Adek Diella.  Maksudnya sepeda warna biru muda atau biru tua, ada keranjang, standar, boncengannya empuk, pake gigi dan bisa dia pake sampai SMA.  Karena irma janji belikan sepeda untuk hadiah ulang tahunnya, dia bersemangat sekali.  Tapi nggak salah tuh kasih spesifikasi ?  Kalau spek sepedanya seperti itu bakalan mahal.  Bisa-bisa sampai Adek lulus SMA nanti Tante irma nggak kasih kado ultah lagi !

 

‘… ya udah deh !  Ada krnjg, bncngn, stndr, n ukuranya lbh gd dr spd bks abng yg kcl. wrnanya br muda aja …’ diiringi gambar wajah bercucuran air mata, sms dari Adek Diella berikutnya.  Hih, jadi nggak tega.  Selama ini anak itu nggak pernah dapat barang baru.  Selalu lungsuran entah itu bekas abangnya atau tantenya.  Baju-baju kaos yang udah nggak irma pake lagi selalu diturunkan kepadanya.  Untuk anak umur 10 tahun badannya emang bongsor.

 

Tapi mungkin memang udah rezekinya si Adek, begitu sampai di toko sepeda irma langsung ketemu sepeda persis yang dia inginkan.  City bike warna biru tua, pake keranjang, boncengannya empuk, ada standar, RD 7 speed, ban ukuran 26 jadi bisa dia pake sampai SMA, plus bel dan lampu depan beserta dinamo.  Harganya pun sesuai budget yang irma sediakan.  Ya sudah, langsung bungkus saja lah !

 

Tadinya itu sepeda mau irma gowes ke Cimanggis.  Tapi berhubung udah lewat Maghrib, Wahyudi agak-agak khawatir.  Akhirnya diputuskan bawa pake taksi aja.  Ban depan dilepas, sepeda taruh di bagasi.  Keranjang, fork, dan handle bar nya menggantung di bawah tutup bagasi.  Nggak bisa ditutup rapat.  Hih, posisi begitu malah bikin irma stress.  Takut sepedanya jadi rusak.  Sepanjang perjalanan dari Jatinegara ke Jatijajar irma jadi stress sendiri.

 

Pfff …… makanya irma lega sekali saat sampai di rumah Teteh.  Lebih lega lagi saat sepeda United Pattaya itu diturunkan.  Alhamdulillah nggak ada cacat apa pun apalagi rusak.  Adek Diella heboh berlari keluar dari dalam rumah.  Wajahnya berseri-seri.  Begitu sepedanya selesai irma dan Wahyudi rakit kembali langsung ia kepengen coba.  Padahal itu udah jam sembilan malam.

 

‘Bentar, Om coba dulu.  Kalau udah aman baru boleh Adek pake,’ Wahyudi nggowes mengelilingi taman kecil di depan rumah Teteh.  Adek Diella berdiri menunggu di samping irma.  Ketika Wahyudi kembali ia melompat-lompat senang.  Wahyudi berikan sepeda biru tua tersebut kepadanya.  Ups, ternyata meski sadelnya udah mentok sampai paling bawah itu sepeda masih ketinggian !  Tapi karena udah terbiasa pake sepeda abangnya yang juga tinggi, Adek Diella nggak kesulitan mengendarainya.  Hanya saat akan naik dan turun dia harus cari pijakan yang lumayan tinggi.  Tembok pendek pembatas taman jadi tumpuannya.

 

Adek Diella bersepeda mengeliling taman beberapa kali.  Senang sekali melihat ia gembira begitu.  Waktu turun dari sepeda baru dia ngeh kalau ternyata sepeda itu nggak punya pijakan kaki untuk yang dibonceng.  ‘Lho Tante, kok nggak ada injekan kakinya ?’ tanyanya.  Lho, kamu kan nggak pesan jalu ?  ‘Kamu kan pesannya sepeda warna biru muda atau tua, ada keranjang, ada standar, pake gigi, dan boncengan yang empuk.  Trus bisa kamu pake SMA.  Nah, ada semua kan ?’ irma mengingatkan kembali pesanannya.  ‘Ini ditambah bel dan lampu depan lagi !’  Kening Adek Diella berkerut-kerut.  Tapi kemudian senyum kembali mengembang di wajahnya.  Ia dapatkan semua yang diinginkannya.  Geee ..., senangnya melihat ia begitu gembira J

 

‘Tante, kalau seandainya sepeda ini boneka, pasti nanti kalau aku tidur bakalan aku bawa,’ katanya.  Wahyudi langsung berkata, ‘Ya udah, kamu tidur sama sepeda aja !’  Hahaha, Tante juga begitu.  Tau nggak, tiap hari kan Tante tidur bareng Mel dan Tom.  Memang yang namanya kesayangan pastinya selalu ingin bersama-sama.  Termasuk saat tidur.

 

Sepeda disimpan di garasi.  Wahyudi ajarkan cara mengunci sepeda.  Anak kunci digantung pada tali handphone.  irma ingatkan Adek Diella untuk selalu mengunci sepedanya saat diparkir.  Meskipun parkirnya dalam halaman rumah atau garasi.  Kita nggak tau apa yang mungkin terjadi.  Sedih sekali kalau sampai sepeda itu hilang hanya karena lalai meski cuma beberapa menit. 

 

Lalu irma dan Wahyudi pulang.  Besok pagi kita harus berangkat pagi-pagi untuk ikutan PTD Spoorweg Station di Djakarta.  Di taksi dalam perjalanan ke Pejaten, handphone irma bunyi-bunyi nandakan sms masuk.  Dari Adek Diella.  irma tersenyum membacanya.  Singkat aja, tapi maknanya dalam.  Senang sekali rasanya mengetahui pemberian kita begitu dihargai.  Mengutip iklan salah satu kartu kredit, it’s priceless.

 

Mksh, tnt !  (begitu sms Adek Diella yang irma terima dalam perjalanan pulang ke Pejaten)

 

 

 

 

 

 

Tuesday, July 15, 2008

PTD Spoorweg Station di Djakarta

Minggu, 13 Juli 2008

PTD Spoorweg Station di Djakarta

irma agustina

 

 

Pagi itu irma terbangun karena handphone bunyi-bunyi nandakan ada sms masuk.  ‘Lagi di jalan menuju Pejaten.  Maaf telat.  PTD nya mulai jam 7.30 kan ?’ gitu sms dari Wahyudi.  Waks, udah jam setengah tujuh kurang.  irma langsung loncat dari tempat tidur dan masuk kamar mandi.  Pas banget selesai mandi Wahyudi sampai.  Ganti baju, habiskan susu, lalu kita ke halte busway Jati Padang.  Lagi jalan di jembatan penyeberangan lihat bis TransJakarta nya dah mau masuk halte.  Kita pun lari-lari biar bisa naik bis yang itu.  Pfff … untung yang petugasnya lihat kita lari-lari.  Jadi dia tahan pintunya.  Untung juga bisnya kosong.  Duduk di belakang pramudi, irma sms Adep kasih tau kita masih di jalan.  Hiks, nggak dibalas.  Juragan lagi sibuk sekali ya sampai nggak sempat balas sms.  Nggak mungkin deh orang kayak Adep miskin pulsa.

 

Jam delapan lewat lima belas menit irma dan Wahyudi memasuki hall Stasiun Jakarta Kota.  Lihat spanduk Batmus terbentang di dinding dan Bang Ican di sebelahnya.  Dia nyengir lihat kita berdua lari-lari.  ‘Di dalam situ ya ?’ irma menunjuk pintu menuju lobby utama stasiun.  Bang Ican mengangguk.  Sampai di dalam lobby dengar Adep lagi bagi-bagi kelompok.  irma langsung lari ke meja pendaftaran untuk ambil nametag dan jatah sarapan.  Lho, kok yang jaga Bu Wisda sendirian ?  Ke mana para kapiten ?  Masih pada berlibur ya.  Ini kan hari terakhir libur anak sekolah.

 

‘Heh, ke mana aja ?  Kok nggak pernah ke rumah,’ sapa Bu Wisda seraya mencoret nama irma dan Wahyudi dalam daftar sementara irma menulis nametag untuk kita berdua.  Hihihi, iya udah lama nggak ke markas Batmus.  Terakhir ke sana waktu Ibu Wisda ulang tahun dua bulan yang lalu.  Nggak berapa lama Wahyudi datang bawakan teh untuk irma dan kopi untuk dirinya sendiri.   Bu Wisda memberikan dua roti anak buaya.  ‘Ini kalau nggak dimakan, dia hidup lho,’ ujarnya.  Ah masa’ sih ??

 

Terdengar Adep memanggil kelompok satu untuk berkumpul di salah satu sudut lobby.  irma dan Wahyudi gabung ke sana.  Adep memperkenalkan pendamping kelompok satu.  Mas Aditya dari Indonesian Railway Preservation Society (IRPS).  Lalu Mas Aditya bercerita tentang Stasiun Jakarta Kota.

 

Orang Betawi dulu kerap kali menyebut stasiun ini ; Stasiun Beos.  Nama tersebut berasal dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschaapij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur) yang disingkat B-O-S.  Daripada mengeja singkatan mereka lebih suka mengucapnya dengan ‘Beos’.  BOS adalah perusahaan kereta api swasta yang membangun stasiun ini.

 

Ternyata, ini bukan stasiun pertama di Jakarta.  Stasiun pertama terletak di sebelah selatan Museum Sejarah Jakarta.  Namanya Stasiun Batavia Noord (Batavia Utara).  Sekarang sudah nggak ada lagi bekas-bekasnya.  Di area bekas Stasiun Noord Batavia sekarang jadi Kantor Pelayanan Pajak.  Sedangkan di tempat Stasiun Jakarta Kota sekarang, dulunya itu Stasiun Batavia Zuid (Batavia Selatan) yang dibangun tahun 1870.

 

Pada tahun 1926 Stasiun Batavia Zuid ditutup untuk dibangun menjadi bangunan stasiun yang sekarang.  Bangunannya bergaya art deco.  Dirancang oleh arsitek Belanda Ir. Frans Johan Lowrens Ghijsels dari biro arsitek terkenal saat itu, Algemeen Ingenieur Architectenbureau (AIA).  Pembangunan stasiun baru ini selesai pada tanggal 19 Agustus 1929 dan diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jenderal Jhr. A. C. D de Graef pada tanggal 8 Oktober 1929.  Karena nilai sejarahnya bangunan Stasiun Jakarta Kota ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

 

Stasiun Jakarta Kota adalah stasiun terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah jalur yang dimilikinya.  Dalam e-mailnya di milis beberapa hari yang lalu Adep kasih tau kalau jalur itu dalam bahasa Belanda disebut ‘spoor’.  Lidah pribumi menyebutnya sepur.  Jadilah orang Indonesia dulu menyebut kereta api dengan sepur.  Makanya sering kali dikira bahasa Belandanya kereta api adalah ‘spoor’.  Padahal yang betul, ‘trein’.  Dalam buku ‘Kissah Kereta Api Indonesia’ karangan R. Oerip Simeon, dijelaskan bahwa definisi ‘spoor’ sebenarnya dua batang rel sejajar yang dihubungkan dengan beberapa batang kayu bantalan.  Sedangkan ‘spoorweg’  adalah suatu jalan tetap yang terdiri dari beberapa ‘spoor’.  Dalam bahasa Inggris disebut ‘railway’.  Bahasa Indonesianya : jalan rel.  Tapi lebih ngetop disebut jalan kereta api. 

 

Ada dua belas jalur kereta di stasiun ini.  Stasiun Jakarta Kota diutamakan untuk melayani kereta-kereta komuter dari Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, dan Serpong.  Stasiun ini merupakan stasiun buntu karena jalur kereta berakhir di sini.  Kondisi yang demikian berpotensi terjadinya kereta nyelonong keluar dari jalur dan memasuki ruang tunggu penumpang.  Hal ini pernah terjadi di bulan Juli 2007 karena ada yang iseng mengutak-atik sistem rem KRL.  Mas Aditya nggak bilang apakah pada kejadian tersebut ada korban jiwa atau luka-luka.

 

Keistimewaan lain Stasiun Jakarta Kota adalah stasiun ini juga merupakan kantor PT Kereta Api Daerah Operasi I Jakarta (disingkat Daop I Jakarta).  Banyak pembenahan yang dilakukan terhadap Stasiun Jakarta Kota.  Antara lain, hall tempat kita berkumpul hari itu akan disterilkan dari lalu lalang penumpang untuk dijadikan perpustakaan perkeretaapian.  Jadi penumpang keluar-masuk melalui pintu utara dan selatan.  Dulunya pada hall tersebut terdapat loket-loket penjualan karcis kereta.  Seingat irma, terakhir kali irma kumpul PTD di Stasiun Jakarta Kota, loket-loket itu masih di sana.

 

Stasiun ini memiliki dua selasar masing-masing di utara dan selatan.  Mas Aditya mengajak kita naik ke lantai atas dan menyusuri selasar selatan.  Sepanjang penyusuran tersebut banyak kita temui foto-foto kereta api tempo dulu.  Foto Stasiun Tanjung Priuk, Stasiun Bogor, arch bridge (jembatan), dan banyak lagi.  Di ujung selasar selatan kita sampai di ruang Arjuna.  Di sana kita diperkenalkan dengan Bapak Akhmad Sujadi, Kahumas Daop I Jakarta.  Beliau bercerita tentang program-program Daop I Jakarta dalam membenahi pelayanan kepada masyarakat.  Daop I Jakarta sedang melakukan perbaikan infrastruktur ke arah keasliannya.  Yang sedang dilakukan adalah restorasi Stasiun Jakarta Kota, Pasar Senen, dan Tanah Abang.  Upaya perbaikan ini dibantu oleh konsultan termasuk dalam hal penentuan jenis cat agar sesuai dengan bangunan aslinya.

 

Beberapa peserta PTD memberikan masukan kepada Pak Sujadi.  Karena masukannya berasal dari pengalaman pribadi, akhirnya malah jadi ajang curhat.  Peserta PTD curhat sebagai pengguna jasa PTKA, Pak Sujadi curhat selaku penyedia jasa.  Ternyata Pak Sujadi aktif menulis di lingkungan PTKA.  Beberapa kritik dan sarannya dimuat dalam media komunikasi internal PTKA.

 

Karena keasikan diskusi di ruang Arjuna itu kita jadi nggak sempat menyusuri selasar utara.  Deedee dan Ninta udah memanggil-manggil semua peserta untuk naik kereta  di jalur 11.  Kita akan ke Stasiun Manggarai. 

 

Pak Sujadi turut serta naik kereta ekonomi bareng kita.  Sepanjang perjalanan melewati Stasiun Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gambir, Gondangdia, Cikini, hingga berhenti di Stasiun Manggarai, beliau tak henti-hentinya bercerita.  Hanya sayup-sayup aja irma dengar suaranya karena irma berdiri dekat pintu, bareng gerombolan para tukang nginceng (baca : Wahyudi, Dhani, dan Ipe) yang rame-rame duduk di pintu biar bisa ambil photo. 

 

Turun di Stasiun Manggarai.  Lalu kita jalan kaki menuju Balai Yasa Traksi Manggarai.  Mungkin Manggarai ini adalah komplek milik PTKA yang paling besar.  Luasnya mencapai 75 hektar.  Pak Sujadi bilang area tersebut akan dikembangkan menjadi Menteng Business Center.  Kok namanya pake Menteng, bukannya Manggarai ?  ‘Mungkin kalau pake nama Menteng lebih menjanjikan dari segi bisnis,’ jelas Pak Sujadi.

 

Pintu gerbang Balai Yasa Traksi Manggarai tertutup rapat saat kita tiba.  Tinggi sekali pagarnya.  Di pintu kecil untuk jalan keluar-masuk orang tertulis bahwa Balai Yasa tidak melayani tamu yang mencari sumbangan dan wartawan tanpa izin dari humas.  Umm, kalau masyarakat umum datang untuk melihat-lihat (dan photo-photo), bagaimana ?  Boleh masuk kah ??

 

Sambil menunggu pintu gerbang dibuka kita berfoto bareng spanduk di depan gerbang.  Pas selesai photo, pintunya dibuka.  Tampak lokomotif uap seri TC1015 beserta kereta penumpang dari kayu di tengah-tengah halaman.  Seorang ibu dan anaknya bergegas mendatangi loko.  Maksudnya mau photo di sana.  Tiba-tiba ……… ‘Auk !  Auk ! Auk ! Auk ! Auk !’ seekor anjing menyalak-nyalak keluar dari kolong kereta.  Bukan cuma satu, berikutnya datang seekor lagi sambil menyalak-nyalak pula.  Whuaaaa … ibu dan anak itu langsung lari kembali ke rombongan.  Komentar irma dalam hati, ‘Wah bagus.  Anjing itu menjalankan tugasnya dengan baik : menjaga properti perusahaan.  Tidak membiarkan orang asing mendekatinya.’

 

‘Lho kenapa, ularnya dalam kandang kok !’ Pak Sujadi kira ibu dan anak itu takut sama ular.  Ular ?  Waks, ternyata di samping loko ada kandang ular !  Kenapa Balai Yasa memelihara ular ya ?  Selain ular di samping loko terdapat juga kandang burung Elang.  Kasihan, seharusnya Elang itu terbang bebas di angkasa.

 

Semua peserta PTD dipersilakan masuk ke satu ruangan.  Waktu di kereta tadi irma dengar Ninta telpon ke Balai Yasa, minta AC ruangan tersebut dinyalakan.  Jadi waktu kita masuk ke sana udah terasa sejuk.  Enak sekali.  Abisnya di luar panas banget.  Yah udah masuk musim kemarau.  Panas terik dan berdebu.  Mendekati Balai Yasa tadi terasa sekali banyak debu.  Beberapa peserta sempat terbatuk-batuk.

 

Duduk ngeleseh di lantai, kita menonton film djadoel tentang trem di Indonesia.  Adep bilang ada tiga jenis trem : trem kuda, uap, dan listrik.  Angkutan trem di Jakarta dimulai dengan beroperasinya Bataviasche Tramway Maatschappij (BTM).  Ketika itu masih berupa trem kuda.  Di tahun 1881 BTM diambil alih Nederlandsch-Indische Tramweg Maatschappij (NITM).  Tremnya pun diganti menjadi trem uap.  Trem listrik mulai dioperasikan di Jakarta oleh Batavia Electrische Tram Maatschappij (BETM) pada tahun 1899.  Di Indonesia trem bertahan hingga tahun 1960an.  Tapi Mas Aditya bilang, sampai tahun 1977 trem masih beroperasi di Surabaya.  Trem diputuskan tidak beroperasi lagi karena membahayakan.  Udah cukup banyak orang meninggal akibat ditabrak trem.  Bahkan Museum Nasional pun tidak mau menyimpan trem sebagai koleksinya (kata Adep).  Akhirnya trem dimuseumkan di Ambarawa.

 

Nonton film djadoel itu, jadi tau ternyata sejak dulu udah ada iklan yang dipasang di badan kendaraan.  Papan-papan iklan tersebut dipasang di bagian atas trem.  Hanya berupa tulisan saja, seperti ‘Nestle Caramels’ dan ‘Soesoe Tjap Nona’.  Beda sama sekarang yang udah pake gambar-gambar.

 

Saat satu trem melintas dengan tulisan BVM di bagian depannya, Adep menerangkan bahwa BVM itu cikal bakalnya PPD, Perusahaan Pengangkutan Djakarta.  BVM singkatan dari Bataviasch Verkeer Maatschappij.  BVM terbentuk dari penggabungan NITM dan BETM di tahun 1930.  Pada masa kependudukan Jepang BVM berganti nama jadi Seibu Rikuyo Batavia Shinden.  Namanya kembali jadi BVM setelah Jepang hengkang dari Indonesia.  Pada tahun 1954 BVM dinasionalisasi dan berganti nama jadi PPD.  Tugasnya mengelola transportasi umum di Jakarta.  ‘Nanti bisnya yang akan kita naiki waktu ke Tanjung Priuk,’ kata Adep. 

 

Usai pemutaran film, berikutnya Mas Aditya memaparkan kegiatan ‘Pelestarian Lokomotif Listrik Electrische Staatsspoorwegen (ESS) Seri 3200’ dari IRPS.  Lokomotif tersebut merupakan lokomotif listrik pertama yang dimiliki Indonesia.  Didatangkan secara bertahap ke Indonesia sejak tahun 1925 sampai 1928.  Sejak tahun 1926 sampai tahun 1976 beroperasi sebagai kereta langsam JakartaBogor.  Kereta langsam adalah kereta yang berhenti di setiap stasiun yang dilaluinya. 

 

Lokomotif ESS seri 3200 disebut juga loko Bonbon.  Lucu ya namanya, mengingatkan irma akan permen (bonbon = permen).  Ada beberapa versi kenapa loko tersebut dinamakan Bonbon.  Pertama, karena konfigurasi roda penggeraknya yang Bo-Bo (dooh Mas Aditya, apa tuh ya ?  irma nggak ngerti L  irma taunya Bo-Bo dibacanya Bobo).  Kedua, karena bentuknya yang kotak seperti kotak permen.  Dan ketiga, karena suara peluitnya yang berbunyi ‘Booooo ……………… boooooooooooo………’

 

Dari sekian banyak lokomotif Bonbon yang dimiliki Indonesia, kini hanya tinggal satu yang tersisa. Itupun nyaris dihancurkan.  Pertengahan tahun 2006 saat IRPS menemukannya teronggok di Balai Yasa Traksi Manggarai, ternyata sudah diterbitkan instruksi untuk membesituakannya empat belas hari kemudian.  Mengingat peran penting Bonbon dalam perkembangan industri dan transportasi di Indonesia, IRPS mengupayakan penyelamatan satu-satunya lokomotif Bonbon yang tersisa.  Dibentuklah komunitas Sahabat Bonbon (http://sahabatbonbon.com).

 

Pada tanggal 12 Juli 2007 perbaikan lokomotif Bonbon 3201 pun selesai.  Hanya badannya saja yang bisa direstorasi.  Saat membetulkannya IRPS menemukan ada dua identitas di dalam Bonbon tersebut.  Bodinya bernomor 3202 sedangkan di bagian dalamnya ada yang bernomor 3201.  Diperkirakan dulunya pernah dilakukan ‘kanibalisasi’, penggunaan part dari loko Bonbon 3201 untuk mengganti part yang rusak dalam Bonbon 3202.

 

Restorasi Bonbon telah selesai.  Sekarang sedang diupayakan penempatannya.  IRPS mengusulkan Bonbon 3201 ini dijadikan monumen.  Ada tiga alternatif penempatan monumen Bonbon :

1)       Stasiun Depok, karena di sana terdapat dipo KRL

2)      Stasiun Bogor, karena dulu Bonbon melayani rute Jakarta – Bogor

3)      Kawasan Manggarai

 

Kemudian IRPS memperoleh kabar bahwa Pemerintah Kota Jakarta Utara sedang melakukan revitalisasi kawasan Kota Tua Jakarta.  Diputuskan monumen Bonbon akan ditempatkan di Taman Stasiun Kota, antara terminal busway dan Stasiun Jakarta Kota.  Ada tiga alternatif penempatan ; dua di Taman Stasiun Kota dan satu di halaman parkir utara Stasiun Jakarta Kota – BNI.  Monumen Bonbon tersebut kelak akan terintegrasi dengan fasilitas publik lainnya.

 

Setelah presentasi pelestarian lokomotif Bonbon oleh Mas Aditya, kita dikenalkan dengan Pak Agung.  Beliau adalah penanggung jawab KRL di Balai Yasa Traksi Manggarai.  Pak Agung bilang meski teamnya tetap berusaha merawat dan membersihkan Bonbon 3201 yang sudah diperbaiki, tak urung masih banyak debu dan sarang laba-laba pada Bonbon.  Hal ini disebabkan karena sumberdaya yang tersedia terbatas sedangkan tugas dan tanggung jawab yang diemban Balai Yasa sangatlah banyak.

 

Balai Yasa Traksi Manggarai bertugas merawat sarana kereta penumpang, KRL, dan gerbong (sejak tahun 2007).  Ternyata ada perbedaan definisi gerbong pada masyarakat umum dan PTKA.  Di lingkungan PTKA, gerbong adalah kereta pengangkut barang.  Jadi selama ini kalau kita bertanya ke petugas kereta api, ‘Ini gerbong nomor berapa ya ?’ , ternyata itu tidak tepat.  Jadi bagaimana seharusnya kita bertanya Pak ?

 

Kereta pengangkut ternak juga termasuk kategori gerbong.  Meski kini sudah agak jarang membawa ternak menggunakan kereta api.  Sekarang ternak-ternak dari Sumbawa lebih sering diangkut dengan kapal laut.  Kalau mau tau lori kereta pengangkut ternak, kita bisa melihatnya di Stasiun Cipinang.  Tidak semua stasiun melayani pengangkutan ternak.   Ternak hanya boleh diturunkan di stasiun yang memiliki fasilitas karantina hewan.

 

Pak Sujadi cerita, di tahun 1974 terjadi tabrakan antara kereta Gaya Baru dengan gerbong ternak di daerah Kapas.  Hal itu terjadi karena petugas tidak memastikan semboyan 21 sudah sudah terpasang di akhir rangkaian, padahal masih ada empat gerbong ternak yang terlepas.  Akibat tabrakan tersebut masyarakat di sana selama beberapa hari pesta daging ternak.  Hahahaha.

 

Puas ngadem di ruangan ber-AC itu kemudian kita jalan-jalan keliling komplek Balai Yasa Traksi Manggarai.  Luas komplek sekitar 17 hektar.  Pertama-tama kita melihat loko uap TC1015.  Di dekatnya ada crane untuk mengangkut kereta.  Juga roda-roda kereta berikut gardanya.  Melihat itu kita pun becanda, ‘Siapa nih yang sanggup ngangkut barbel segede gini ?’

 

Lalu Pak Sujadi mengajak kita melihat-lihat unit KRL.  Sedih deh, lihat banyak KRL teronggok begitu saja.  Pemeliharaannya tidak bisa dilakukan karena sparepartnya nggak ada.  Padahal baru dipakai sekitar sepuluh tahun.  Selain itu, kereta-kereta komuter di Jakarta sekarang telah beralih menggunakan KRDE.  KRDE memiliki diesel pembangkit listrik sendiri.  Jadi dia tidak tergantung pada pasokan listrik dari pusat.

 

Pak Sujadi menerangkan kode-kode yang tertulis di badan kereta.  MD artinya tanggal kereta tersebut mulai dipakai.  PA MRI, itu tanggal pemeliharaan akhir yang terakhir dilaksanakan oleh Balai Yasa Traksi Manggarai.  Sedangkan PA YAD jadwal pemeliharaan akhir berikutnya.  Setelah beroperasi dua tahun kereta harus masuk Balai Yasa untuk pemeliharaan akhir atau general over houl.  Oh ya bedanya pemeliharaan yang dilakukan Dipo dengan Balai Yasa adalah, Dipo melaksanakan pemeliharaan rutin harian dan perbaikan yang kecil-kecil.  Sedangkan Balai Yasa menangani pemeliharaan akhir dan perbaikan besar.  Balai Yasa juga bisa melakukan modifikasi kereta.

 

Ternyata komplek Balai Yasa Traksi Manggarai ini luas banget.  Berderet-deret los untuk perawatan dan perbaikan kereta.  Dulunya Balai Yasa ini bernama Hoofd-Werk plaatsen Te Manggarai.  Dibangun oleh Staatspoorwegen pada tahun 1920.  Staatspoorwegen ini yang kelak menjadi Djawatan Kereta Api. Sekarang namanya PT Kereta Api.

 

‘Nah, ini dia Bonbon,’ seru Pak Sujadi saat kita sampai di salah tempat parkiran kereta di seberang deretan los.  Di sana sudah menunggu Mas Rizky dari IRPS.  Selanjutnya sambil melihat-lihat – dan tentunya juga photo-photo – Bonbon,  kita mendengarkan Mas Rizky bercerita tentang Bonbon.

 

Jadi sejak tahun 1871 pemerintah kolonial Belanda telah mempersiapkan infrastruktur jaringan KRL.  Termasuk pembangkit listriknya.  Diawali rangkaian listrik Kota – Gambir, akhirnya berkembang sampai ke Bogor.  Juga Tanjung Priuk dan Jatinegara.  Pada tahun 1926 didatangkan lokomotif Werkspoor Hemaf 202 yang kemudian dikenal dengan Bonbon.  Dua didatangkan dari Jerman, enam dari Belanda.  Lokomotif ini menggantikan lokomotif uap D14 yang dianggap tidak lagi efisien dan ramah lingkungan.  Wuiii …… hebat ya, zaman segitu pemerintah kolonial Belanda sudah memikirkan masalah pelestarian lingkungan, tanpa mengabaikan kepentingan massa.

 

Berat Bonbon 75 ton dengan panjang 15 meter.  Memiliki empat pasang roda penggerak dengan roda penyeimbang yang idle satu pasang di depan, satu pasang di belakang.  Kecepatan maksimum 75 km/jam.  Didesain universal untuk mengangkut penumpang maupun barang, dan bisa beroperasi di pegunungan maupun dataran landai.  Masa tugas Bonbon berakhir di tahun 1976 setelah didatangkan kereta listrik dari Belanda.

 

Lagi dengarkan Mas Rizky bercerita tentang Bonbon, eh datang Maya ngerekam pake handycam.  Cieeee …… sekarang dah nggak pake kamera lagi ya !  Itu handycam hasil angpau pernikahan ?  Hahahahaha.  Maya itu baru nikah di Balikpapan.  Payah deh, sebelumnya dia nggak mau ngaku.  Ih, ngapain sih (status pernikahan) ditutup-tutupi ?  Hayooo, pengen tetep ngaku single ya ………

 

‘Gimana, masih ngantuk ?’ tanya irma kepada Maya.  Sejak nikah Maya harus bangun lebih pagi.  Masak air panas.  Bikin sarapan.  Makanya Maya selalu bilang dia lagi ngantuk.  Hahaha, ketahuan deh waktu masih gadis bangunnya siang mulu !  Maya lalu cerita kehidupannya selaku pengantin baru.  Lagi nyimak cerita Maya tiba-tiba irma dengar Deedee berseru, ‘Hei, hei, keretanya jalan !’  Langsung irma melompat dan berlari ke arah Deedee.  Wuehehehehe, sorry ya May, dicuekin.

 

Rupanya yang bergerak adalah rollwegen.  Itu adalah jembatan yang menghubungkan los dengan parkiran kereta.  Rame yang naik ke atas rollwegen.  Bapak yang mengoperasikan rollwegen ramah sekali.  Ia tak henti-henti senyum.  Setelah irma perhatikan seksama, hmm kayaknya itu bapak yang photonya masuk ke majalah kereta api Jepang deh.  Di ruang ber-AC tempat Mas Aditya presentasi tadi irma dan Wahyudi lihat ada artikel dalam bahasa Jepang dipajang di dinding.  Tulisan itu dilengkapi dengan photo seorang karyawan PTKA tersenyum lebar.  ‘Senyumnya khas Indonesia sekali,’ komentar Wahyudi.  Tau kita perhatikan artikel itu Pak Agung bilang, ‘Orangnya ada di belakang.  Nanti kalau mau kita bisa ketemu.’

 

Bersama peserta lainnya yang belum merasakan naik rollwegen irma melompat ke atas rollwegen.  Dari ruang operasinya yang bertuliskan ‘Eksekutif 6’, bapak yang ramah tersebut menjalankan rollwegen sampai ke ujung los.  Di sana kita turun dan berjalan ke tiga bis PPD yang sudah siap membawa kita ke Tanjung Priuk.  Sebelumnya kita mengucapkan terima kasih kepada bapak yang ramah itu.  Beberapa orang malah photo bareng dengannya.  irma perhatikan ia selalu tersenyum lebar tiap kali diphoto.  Wajahnya berseri-seri.  Senang rasanya ketemu orang seperti beliau.

 

Sesuai dengan pembagian kelompok irma naik ke atas bis nomor 1.  Setelah bis hampir penuh baru Wahyudi naik.  ‘Ih, aku keliling-keliling nyariin kamu,’ katanya.  Oh maaf.  Abis biasanya kalau lagi acara jalan-jalan gini kita seringkali terpisah karena beda minat.  Wahyudi pengennya motret, sementara irma maunya mendengar penjelasan dari nara sumber.  Makanya Wahyudi seringkali tertinggal jauuuuhhh di belakang.  Sedangkan irma ngintilin nara sumber.

 

Ninta naik ke atas bis 1 untuk mengabsen peserta.  Beres urusan absen lalu Ninta gabung dengan Deedee di bis 3.  ‘Ayo Pak, kita jalan aja,’ kata Adep kepada Pak Haryono, supir bis 1.  Tapi Pak Haryono menunjuk bis 3 dan bilang, ‘Biar dia aja yang jalan duluan.  Supirnya lebih tau jalan-jalan daerah sini.’  Adep lalu kasih tau Ninta agar bisnya segera berangkat.  Tau supir di bis 1 nggak bisa jalan sebelum bis 3 berangkat, di ambang pintu bis Ninta jingkrak-jingkrak ngeledekin Adep.  Sementara Wahyudi komentar, ‘Emang nggak boleh ngedahuluin.  Tetap aja Batak yang nguasain bis.’  Hahahahaha, irma, Maya, Dhani, dan Ipe yang duduk di belakang Pak Haryono jadi pada ketawa dengar ucapannya Wahyudi.

 

Perjalanan ke Stasiun Tanjung Priuk berlangsung lancar.  Kita lewat jalan tol.  Sepanjang jalan irma, Wahyudi, Ipe dan Dhani becandain Maya sang pengantin baru.  Maya bilang pesta nikah di Balikpapan nggak ada pake angpau.  Jadi kemarin dapat apa aja ?  ‘Empat puluh seprei, dua magic jar, satu kompor gas, panci, wajan, …’ Maya merinci kado pernikahan yang dia dan Rahmat terima.  Waks, empat puluh seprei ?  Sampai tua jadi kakek nenek nanti mereka nggak perlu beli seprei lagi dong !  Tapi Maya bilang kebanyakan kado-kado itu dia tinggal di Balikpapan.  Abisnya kalau mau dibawa ke Jakarta malah menuh-menuhin bagasi malah kena biaya tambahan.  ‘Nyokap gw bilang, dijual lagi aja ya May ?  Gw bilang, iya deh jual lagi aja,’ papar Maya.  Hahahahaha.

 

Sampai di Tanjung Priuk.  Pak Haryono sempat bingung di mana harus parkir bisnya.  Kan nggak mungkin di terminal bis depan stasiun.  Pak Sujadi bilang masuk aja ke dalam halaman stasiun.  Tapi ternyata kedua bis di depan kita jalan terus sampai ke samping stasiun.  Jadi bis kita mengikuti.  Di depan pintu gerbang bertuliskan ’Tanjung Priuk’ bis berhenti.  Kita turun.

 

Bau tidak sedap langsung menyambut kita saat memasuki Stasiun Tanjung Priuk.  irma lihat lembaran-lembaran plastik telah digelar di depan kantor kepala stasiun, menghadap layar projector.  Kotak-kotak berisi nasi Padang berjejer di sampingnya.  Oh rupanya kita akan makan siang di sini.  Tapi melihat kondisi stasiun nya yang kumuh begitu irma jadi nggak selera makan.

 

Jadi sementara yang lain duduk makan nasi Padang, irma keliling-keliling stasiun.  Nggak berani jauh-jauh dari peron tempat yang lain makan abisnya serem ngeliat suasana stasiun yang suram.  Stasiun itu banyak ditempati kaum tunawisma.  Mereka memperhatikan para peserta PTD dari peron seberang.  Sempat irma dengar percakapan mereka, ’Mau ada shooting ya ?  Wah kita bisa jadi pemeran figuran nih.’  Rupanya di stasiun ini pernah ada shooting, entah itu shooting film atau video clip.

 

Dari dua orang bapak yang irma temui di mushola, irma tau kalau ternyata Stasiun Tanjung Priuk ini sering dipakai shooting.  Mereka bertanya acara apa yang sedang kita lakukan di sana.  irma terangkan kalau kita dari komunitas yang suka jalan-jalan ke tempat-tempat djadoel seperti stasiun ini.  ’Kenapa nggak ke terowongan ?  Di sana masih ada mobil-mobil tua.  Juga ballroom tempat orang-orang Belanda dulu dansa-dansi,’ kata mereka.

 

Terowongan ?  Rupanya di bawah stasiun ada terowongan yang menghubungkan stasiun dengan pelabuhan Tanjung Priuk.  Penumpang kapal yang akan berlayar ke Eropa atau datang dari sana, akan singgah di stasiun ini.  Di atas stasiun terdapat hotel.  Mereka dapat menginap di sana.  Di Stasiun Jakarta Kota tadi irma lihat photo djadoel Stasiun Tanjung Priuk saat masih banyak dikunjungi tuan, nyonya, dan noni-noni Belanda.

 

Di masa pemerintahan kolonial Belanda dulu stasiun ini melayani kereta listrik dari Stasiun Jakarta Kota.  Sejak tahun 2000 PTKA menghentikan pengoperasian stasiun ini sebagai stasiun penumpang.  Melihat kondisinya sekarang irma nggak yakin apakah sampai sekarang stasiun ini masih berfungsi sebagai stasiun.  Katanya sih masih dipakai untuk kereta angkutan barang.  Tapi lingkungannya rawan sehingga harus pakai pengawalan.

 

Sayang lho padahal stasiun ini begitu megah.  Meski jumlah jalurnya tidak sebanyak Stasiun Jakarta Kota tapi peronnya luaaaasss sekali.  Yang unik peron tersebut terletak di bawah atap melengkung panjang membentuk terowongan.  irma bayangkan dulu di peron itu banyak orang lalu lalang naik dan turun kereta.  Tuan-tuan bertopi necis, noni-noni bergaun panjang semata kaki dengan payung mungil di tangan.  Tuuuuuuuuttttttttttttttttt ………… peluit kereta berbunyi.  Jesss jess jesss jesss jessss ...... roda kereta bergerak meninggalkan Stasiun Tanjung Priuk.

 

Kembali ke peron tempat yang lain makan siang.  Di layar projector tampak film djadoel.  irma kira film tentang kereta api.  Hanya awal-awalnya aja ada cerita tentang trem, kereta api, dan arch bridge yang cantik.  Berikutnya film itu bercerita tentang kehidupan Indonesia di masa perang dunia kedua.

 

Karena film itu udah pernah irma tonton di PTD-PTD sebelumnya, irma putuskan untuk gabung dengan Ipe, Dhani, dan Wahyudi duduk di atas hamparan plastik biru.  Mereka udah selesai makan.  Sekarang lagi bahas photo, kamera, dan lensa.  Berhubung nggak ngerti ya udah irma tidur-tiduran aja.  Ransel irma gunakan sebagai bantal.  Dengan posisi tiduran seperti itu irma nyaman memandang konstruksi baja yang membentuk kerangka atap stasiun.  Sinar matahari menembus atap yang bolong bikin pemandangan di depan mata irma ... cantik.

 

Stasiun Tanjung Priuk dibangun tahun 1916.  Merupakan karya Ir. C. W. Koch.  Bangunannya beraliran art deco seperti Stasiun Jakarta Kota.  Katanya dibutuhkan 1700 orang tenaga kerja untuk membangun stasiun ini.  Seratus tiga puluh orang di antaranya berasal dari Eropa.  Stasiun Tanjung Priuk menghubungkan pelabuhan Tanjung Priuk dengan Kota Batavia.  Karena saat itu wilayah sekitar Tanjung Priuk merupakan hutan dan rawa-rawa berbahaya, maka transportasi yang aman adalah dengan kereta api.  

 

Selesai acara nonton film djadoel kita dikenalkan dengan kepala Stasiun Tanjung Priuk.  Beliau berterima kasih atas kedatangan kita ke sana.  Diharapkan kunjungan kita ini akan mendorong PTKA untuk mengaktifkan kembali Stasiun Tanjung Priuk.  ’Silakan Bapak dan Ibu tulis surat saja, ditujukan langsung kepada Bapak Menteri,’ katanya.  Ummm, bapak menteri apa ya Pak ?

 

Selanjutnya kita berkeliling dipandu Pak Harjono.  Diawali dengan memasuki ruangan bekas restoran.  Di sana masih ada meja bar yang terbuat dari kayu.  Tapi ruangan itu sekarang penuh debu dan sarang laba-laba.  Sinar matahari menembus masuk ruangan melalui celah di langit-langit.

 

Lalu Pak Harjono mengajak masuk ke satu ruangan di samping ruangan bekas restoran tersebut.  Gelap banget di sana.  Karena tadi berangkat terburu-buru, jadi irma lupa nggak memasukkan senter ke dalam ransel.  Padahal biasanya senter selalu dibawa tiap kali irma jalan-jalan.  Akhirnya irma nggak ikutan masuk ke dalam ruangan gelap itu.  Cuma Pak Harjono yang bawa senter.  Padahal peserta PTD yang ngikutin Pak Harjono lumayan banyak.

 

Ya udah, irma balik lagi ke hall stasiun.  Hall itu sekarang dipake para penghuni Stasiun Tanjung Priuk untuk main bulutangkis atau futsal.  Di sana ada Dhani sama Ipe yang lagi photo ray of light dari jendela dekat atap.  Anak-anak penghuni stasiun yang sejak tadi merhatiin kita, mereka pinta untuk bergaya di bawah sinar matahari.  Ternyata anak-anak itu pada banci photo.  Senang sekali mereka disuruh berpose.  Pake acara lompat-lompatan segala lagi.

 

irma sempat kehilangan Wahyudi.  Ternyata dia ngikutin Pak Harjono hingga ke atas stasiun.  Yah, tau gitu tadi irma tetap ngintil deh.  Karena Maya bilang untuk naik ke atas bukan lewat ruangan yang gelap itu, jadi irma keluar dari sana dan menunggu rombongan yang akan ke atas.  Ternyata justru dari sana mereka ke atas.  Yaaah ...... L

 

’Ada apa sih di atas Di ?’ tanya irma saat Wahyudi menghampiri.  ’Ada pohon,’ jawab Wahyudi.  ’Nggak tau dari mana.  Tapi kan pohon itu akar-akarnya akan merusak bangunan.’  Aneh ya.  Semula irma kira di atas kita bisa lihat kamar-kamar bekas hotel.  Atau melihat-lihat ke arah pelabuhan.  Tapi Wahyudi bilang dari atas nggak ada pemandangan bagus.

 

Semula Pak Harjono akan memandu kita ke terowongan penghubung stasiun dengan pelabuhan Tanjung Priuk.  Tapi karena terowongan itu sekarang gelap, bau, ada genangan air, dan katanya juga pernah ditemukan ular, jadi nggak ada yang mau ke sana.  Wahyudi bilang kalau mau masuk ke dalam terowongan itu harus pake persiapan, pake sepatu boot anti air, bawa senter, dan juga tabung oksigen.  Oksigen ?  ‘Iya.  Di terowongan-terowongan bawah tanah yang udah lama nggak dipake gitu kan bisa aja ada gas-gas berbahaya.  Atau gas yang bikin orang berhalusinasi,’ papar Wahyudi.

 

Jam setengah tiga kita meninggalkan Stasiun Tanjung Priuk.  Di depan pintu masuk stasiun, sebelum naik ke atas bis PPD yang akan mengantarkan kita kembali ke Stasiun Jakarta Kota, Deedee menyampaikan kata-kata penutupan atas nama panitia PTD dan Sahabat Museum.  Terima kasih semua, sampai jumpa lagi di PTD berikutnya ya !

 

 

 

Referensi :

  • R. Oerip Simeon, ‘Kissah Kereta Api Indonesia’, Pengurus Besar Persatuan Buruh Kereta Api, Bandung, 1953
  • M. Yanuarika, ‘Be-O-S : Satu Stasiun, Lima Nama’, Majalah Kereta Api edisi 03/Oktober 2006
  • Dian Pujayanti – M. Yanuarika, ‘Si Putih Susu Bonbon’ , Majalah Kereta Api edisi 03/Oktober 2006
  • Widoyoko, ‘Trem Jakarta, Icon Transportasi Modern Tempo Dulu’ , Majalah Kereta Api edisi 17, Desember 2007
  • Tim Majalah KA, ‘Balai Yasa Manggarai, Spesialis Kereta & KRL’ , Majalah Kereta Api edisi 22, Mei 2008
  • Penjelasan nara sumber selama PTD : Bapak Akhmad Sujadi (KaHumas Daop I Jakarta), Mas Aditya (IRPS), Mas Rizky (IRPS), Ade Hadika Purnama (Sahabat Museum)