Dari cerita Ulu di blog Mahanagari irma tau buku ini. Banyak informasi yang irma dapatkan. Salah satunya, ternyata framenya Mel itu bukan Schwinn beneran. Itu frame palsu. Halah ! Disarankan agar frame tersebut dicat ulang. ‘Lebih baik memiliki sepeda tanpa merek daripada bermerek tapi palsu,’ gitu tulis Om Bayu Why di halaman 35. Wah Mel kudu ke salon nih ! Dia perlu di make over !
Selain aneka info tentang sepeda buku ini juga berisi tips-tips seputar bersepeda (gunung). Perlengkapan apa yang harus dibawa dalam perjalanan. irma langsung periksa tool kit yang biasa irma bawa kalau nyepedah bareng Mel (kalau nyepedah sama Tom biasanya nggak bawa abisnya kalau ada apa-apa Tom tinggal dilipet lalu kita pulang naik angkot. hehehe). Ban dalam cadangan, kunci L, kunci inggris kecil, tang kecil, obeng minus dan plus, pembuka ban, pisau lipat. Ok, ada semua. Meski kalau ada kejadian biasanya irma cuma nyediain perlengkapan doang. Yang ngebenerin sepedanya sih, orang lain. Seperti kejadian waktu bannya Jimmy bocor setelah nyepedah nyusurin Citarum, Minggu 25 Mei 2008 yang lalu.
Ada informasi mengenai bagian-bagian sepeda, cara merawat dan membersihkannya, dan (mungkin) ini yang paling penting : skill dasar bersepeda. Bagaimana caranya mengatur gir, menghadapi tanjakan, turunan, dan teknik pengereman. Rupanya kebiasaan irma selama ini untuk ngerem ban belakang dulu baru ban depan saat di turunan justru bisa bikin slip. Tapi kalau ngerem ban depan duluan malah bikin terjungkal. Jadi gimana dong ? Dooh, ternyata harus bersamaan. Dan di saat yang tepat.
Tapi ada beberapa tip yang belum bisa irma turuti. Misalnya, mengenai penggunaan sadel tinggi untuk efisiensi kayuhan. Bukan apa-apa, kalau sadelnya tinggi gitu irma malah mudah panik saat tiba-tiba harus berhenti. Akibatnya, gedubrakan deh. Duh sakitnya ketika jatuh. Memang kadang apa yang bagus untuk orang lain belum tentu berhasil baik dengan irma. Akhirnya kembali irma mengandalkan feeling. … feeling, nothing more than feeling …
Selesai baca bukunya Om Bayu Why ini irma berpikir, tulisannya bagus. Tapi kok kayaknya cowok sekali ya ?? (ya iya lah, penulisnya yang juga pelaku nyepedah itu
Pertama, kalimat di halaman 79 dalam pembahasan tentang perawatan dan pemeliharaan. Di situ tertulis, ‘… banyak MTB’er menyebut sepedanya sebagai “selingkuhan” karena perhatiannya pada sepeda melebihi perhatian terhadap istri. Bukan istri yang dipandang dan diusap-usap, melainkan justru sepedanya. Tidak heran jika para istri cemburu pada tunggangannya suaminya ini …’ Ummm, yang nyepedah (gunung) bukan cuma para cowok
Kedua, pada buku ini nggak ada pembahasan tentang nyepedah yang tipikal cewek. Misalnya, penggunaan sadel khusus untuk perempuan. irma dah ngerasain sendiri. Pake sadel yang khusus buat cewek jauh lebih nyaman daripada pake sadel yang biasa. Maklum, anatomi tubuh cewek sama cowok
Ngomong-ngomong tentang nyepedah tipikal cewek, ada satu hal nih yang lumayan penting. Mengenai pakaian. Tau
Buat penyepedah cowok, nyepedah pake t-shirt biasa nggak terlalu masalah. Kalau basah, tinggal ganti. Makanya Tante Nirwana pernah bilang, ‘Enaknya cowok, kaos basah ya tinggal buka aja. Langsung ganti pake yang kering.’ Ya sebenarnya kita yang cewek juga bisa aja langsung buka kaos yang basah. Tapi pede nggak buka baju di area terbuka begitu ??
Sebenarnya yang paling nggak enak di badan adalah pakaian basah oleh keringat yang langsung menempel ke kulit. Yaitu underwear. Kita yang cewek (pasti) selalu pake underwear
Eh, tapi ini juga kata teman lho ! irma sendiri belum pernah nyepedah pake swimsuit. Lha irma kan nggak pernah nyepedah ke gunung. Paling cuma sampai Gunung Sahari di Senen doang …
hehehe... gak kowat beli yg asli... mesti nodong Om Bayu Why niy...
ReplyDeletemenurutku... frame apa aja sama lah...
kalo pun ternyata palsu, tokh akyu gak pernah membanggakan merk-nya...
yang penting... genjoooottt...!!!
Waduh, ada pembaca buku saya nih... makasih banyak untuk masukannya. Tulisannya cowok sekali ya? He he... sepertinya memang begitu, karena bermula dari pengalaman pribadi... tapi bagus masukannya tuh, nanti kalau ada edisi revisi bisa ditambahkan...
ReplyDeleteOya, saya pernah baca, harga frame Schwinn Mesa yang asli sekitar 2- 3 juta... Fullbikenya yang ori ada di Triple Be Bandung, harganya kalau gak salah 7 jutaan...
@swargaloka: Jatah buku untuk penulis sudah habis euy, saya juga cuma megang satu kopi lagi untuk arsip. Harganya cuma 29 rb kok, masa sih gak kowat?
Betul, jangan terpaku pada merk, yang penting geometrinya cocok apa ngga dengan kita dan dipakai... bukannya dipandangi doang...
wahh langsung dikomentarin penulisnya euy...
ReplyDeletekalo kata saya, apapun sepedanya yang penting nge-boseh....
ReplyDeletesetuju ! yuk, nggowes lagi :D
ReplyDeletebtw, om bayu tandatanganin bukuku dong .....