Thursday, July 13, 2006

usus buntu ku


The Story of My Appendix


irma agustina


 


Selasa, 20 Juni 2006


Siang itu irma lagi audit session production planning waktu perut irma tiba-tiba sakit di sebelah kanan bawah.  ‘Tanggal berapa sih nih ?’ kata irma dalam hati sambil melirik kalender meja.  Oh pantas, sudah mendekati periode bulanan.  Memang biasa sakit di sekitar situ menjelang menstruasi.


Tapi sakitnya kok makin menjadi, menusuk-nusuk begini.  Trus mual lagi.  Biasanya nggak seperti ini.  Irma berusaha konsentrasi sama audit tapi rasa sakit makin menyiksa.  Akhirnya irma nyerah.  Agust - partner audit irma kali ini - irma minta untuk melanjutkan audit session berikutnya.  Untung Agust nggak keberatan.  Pak Qohar – senior auditor yang lagi monitoring Agust untuk perpanjangan status auditor nya – juga nggak mempermasalahkan.  Setiap auditor di kantor irma memiliki masa berlaku 3 tahun.  Sebelum masa berlakunya habis ia harus dievaluasi ulang oleh Senior Auditor, termasuk kinerjanya selama audit.  Makanya kita bilang kalau udah waktunya auditor dimonitoring berarti SIM nya udah mau habis.  (SIM = Surat Izin Mengaudit.  Tapi ini cuma istilahnya irma aja, sebenarnya sih nggak ada surat izin macam ini.)


Sementara Agust dan Pak Qohar jalan-jalan ke gudang melihat penerapan FIFO (First In First Out – yang masuk pertama dikeluarin duluan), irma beristirahat di ruang meeting.  Pengen deh rasanya tiduran, kan ada kursi disusun berderet di sana.  Yah, tapi kok clientnya nemenin duduk di ruang meeting ?  Jadi irma cuma duduk diam aja.  Sambil duduk tangannya menekan bagian perut yang sakit.  Lumayan ditekan gitu rasa sakitnya agak berkurang.  


Brrrrr…. Kok dingin banget sihh ??  Padahal jaket sudah irma kancing rapat-rapat hingga ke leher.  Dan kok mual ini nggak hilang-hilang juga ?  Udah berapa cangkir teh manis hangat irma minum sampai kosong poci teh di pojok ruangan.   Trus, aiyaiyaiyaiyaiiiii……… sakit ini juga kok makin menusuk-nusuk ?  Aduuuhhhh sekarang keringatan lagi !  Baru kali ini deh ngalamin kedinginan tapi badan irma malah basah kuyup oleh keringat.  Hihhh makin nggak enak aja badan ini jadinya L


‘Kenapa lu ?’ tanya Agust balik dari gudang.  Irma cuma nyengir.  Sakit tau !  Nggak lihat apa ni wajah udah pias nan pucat pasi ??  ‘Pak Qo mana ?’ irma malah balik nanya.  ‘Ke mushola,’ Agust duduk di sebelah irma, ‘gue sih tadi udah dijama’ Dzuhur sama Ashar.  Musafir ini.’  Haaaaa … Pak Qohar ke mushola kok nggak ngajak-ngajak sihhh ?  Jadi kan sekarang irma harus jalan sendiri ke mushola.  Kalau jatuh di jalan gimana ?  Mana mushola nya jauh di belakang gedung L  Dan menuju sana harus lewati area produksi yang penuh mesin berputar nan berisik.


Pelan-pelan irma jalan ke mushola.  Aduh, mual.  Aduh, mau muntah L  Tahan, tahan.  Irma berhenti sebentar di depan papan pengumuman produksi.  Ambil napas … tarik, hembus, tarik, hembus.  Tenang, tenang.  Jangan sampai jatuh.  Nanti heboh orang pabrik temukan auditornya tergeletak di sebelah mesin.  Nggak ada siapa-siapa di area produksi ini.  Semua mesin dijalankan secara otomatis dan terprogram.


Haaa yak jalan lagi.  Pelan-pelan sambil berpegangan ke dinding.  Haduh, kayak gini kali nanti jalan irma kalau udah nenek-nenek.  Di mushola irma rebahan dulu sebelum sholat Ashar.  Untung musholanya sepi.  Tapi pas balik ke meeting room, para karyawan yang lagi packing di gudang malah suit-suit ngegodain irma.  Kurang ajar neeehhh … nggak lihat apa orang lagi kesakitan ?? L


Irma tidur sepanjang jalan balik ke kantor.  Sampai kantor jam setengah tujuh malam.  Abis sholat Maghrib irma buka imel.  Ada imel dari Ela di Papua yang kasih tau dia sekarang jadi kontributor majalah Trip.  Foto-foto jepretannya Ela dipake Bangko melengkapi tulisannya tentang Jakarta.  Waaaa …. Keren !!  Ela hebat deh.  Kapan ya, karya irma juga masuk majalah ??


Selain imel Ela itu – yang diiringi berbalas imel dari teman-teman Batmus lainnya – ada juga imel dari milis B2W.  Biasa deh, anggota milis yang satu itu rajiiin banget kirim dan berbalas imel, saling ngeledek dan komentar.  Lucu-lucu.  Tapi nggak semua irma baca abisnya kelamaan.  Jam delapan malam May yang pegang kunci kantor pulang.  Jadi sebelum itu irma harus meninggalkan kantor.


Mungkin karena baca imel yang lucu-lucu gitu jadi hilang sakitnya.  Dari kantor irma ke foodcourt Hero buat makan Nasi Tim Ayam di counter Mie Menteng.  Masih agak mual.  Jadi irma minum teh manis hangat lagi.  Abis gitu irma ke toko swalayan Hero di basement buat beli roti tawar untuk sarapan besok pagi.


Naaa lagi belanja di Hero itu irma mulai sakit perut lagi L  Huuuuu sakitnya !  irma sampai harus membungkuk biar sakitnya berkurang.  Abis belanja irma buru-buru pulang naik taksi.  Rasa eneg dan mual makin menjadi.  Ugh, irma nyaris muntah di dalam taksi.  Kantong kresek bekas belanja tadi irma pegang di bawah dagu, siap-siap kalau sampai muntah.  Untung masih bisa ditahan nggak sampai muntah.


Sampai di rumah irma langsung ganti baju dan geletak di tempat tidur.  Nggak sanggup mandi.  Irma kirim SMS ke Pak Ery – Project Manager – kasih tau irma sakit dan minta dicarikan auditor pengganti buat lanjut audit besok.  Abis gitu irma tidur.  Baru sebentar tidur, irma terbangun lagi karena mual makin menjadi.  Irma segera lari ke kamar mandi.  Beruntung banget di tempat kost yang baru ini kamar mandinya di dalam kamar.  Hueeeekkkkkkk …. Irma muntah.  Nasi Tim Ayam yang tadi irma makan keluar semua.  Utuh.  Baik nasi dan ayamnya sama sekali belum digiling perut. 


Belum juga irma bersihkan muntahan tadi irma muntah lagi.  Kali ini lebih banyak.  Dan warnanya kemerahan.  Haaaaa … kenapa nih, kok irma sampai muntah campur darah begini ??  Pasti ada yang salah dengan pencernaan.  Tahun 1993 waktu irma sakit kuning alias Hepatitis A gejala-gejalanya sama seperti ini.  Hiks hik, masa’ sih hepatitis lagi ?? 


Rabu, 21 Juni 2006


Hoaaaaaaa … lemes.  Perut nggak enak.  Pagi-pagi telpon Wahyudi, kasih tau irma sakit dan nggak kerja hari ini.  ‘Dulu waktu kamu ada batu di saluran urine, sakitnya kayak gimana ?’ tanya irma.  Takut punya penyakit yang sama nih, abisnya dulu Di pernah muntah kemerahan juga sebelum ketahuan dia punya batu.  Di lalu terangkan gejala-gejala yang dia alami dulu.  Lho kok mirip ya ??  Jangan jangan … L


‘Kamu ke dokter deh,’ kata Di di telpon, ‘nanti aku temenin.’  Iya, nanti sore ke dokter Lucy di Kramat Jati.  Sebenarnya yang enak sama rekannya, dokter Gunawan.  Tapi dokter Gunawan udah nggak praktek di sana lagi.  Nggak tau sekarang dia di mana.


‘Masih bisa nahan sakit sampe sore ? aku khawatir jadi makin sakit,’ tulis Wahyudi di SMS.  Ya mudah-mudahan bisa.  Sekarang tiduran aja.  Eh tapi baru aja balas SMS Di, perut irma sakit lagi.  Melilit sampai tidurnya harus meringkuk.  Irma langsung kirim SMS lagi, ‘Nggak kuat nih.  Kayaknya harus segera ke dokter.  Jam delapan nanti mau telpon HRD kantor, nanya rumah sakit provider asuransi.’ 


‘Ya udah. Aku menuju jati padang skrg. Turun dr angkot,’ SMS balasan Wahyudi.  Abis baca SMS itu irma lalu tepar.  Tapi masih sempat telpon ke kantor, nitip pesan sama resepsionis buat kasih tau ke HRD kalau irma hari ini nggak kerja karena sakit.


Satu jam kemudian irma terbangun karena bunyi handphone.


‘Ir, katanya sakit ? Sakit apa ?’ tanya Teteh di telpon.


Lhaaa kok tau sih ?  Kakak punya kontak batin sama adiknya, sampai tau irma lagi sakit gini ??


‘Tadi aku telpon ke kantor, nyari Bu Ratih.  Kan besok aku audit sama Bu Desti.  Bu Ratih belum datang.  Trus aku bilang aku mau bicara sama irma.  Yeeee … dibilangnya dikau sakit.’


Oh ternyata bukan kontak batin.  Irma lalu paparkan ke Teteh gejala-gejala sakit yang irma alami.


‘Sakitnya perut sebelah kanan Ir ? Jangan-jangan usus buntu.’


Usus buntu ?  Kok nggak terpikir tadi ya ?  Huaaaaaaa… kalau beneran usus buntu, musti dioperasi dong ??


Lagi ngobrol sama Teteh di telpon gitu, Wahyudi ketok-ketok pintu pagar minta dibukain.  ‘Iya nanti jam setengah sembilan aku telpon HRD kantor, nanyain rumah sakit provider. Kalau jam segini orangnya belum datang. Udah dulu ya,’ irma mengakhiri percakapan.  Abis gitu irma bukain pintu pagar buat Wahyudi lalu kita duduk di ruang tamu.


‘Sakitnya kayak apa ?’ Wahyudi nanya, kayak dokter aja.  ‘Coba kaki kamu ditekuk gini, sakit nggak ?’  irma menekuk kaki kanan ke arah perut, meniru gerakan yang diperagakan Wahyudi.  Huuu huuu … sakit !  irma meringis. 


‘Hm iya, usus buntu. Kayak Lely dulu,’ kesimpulan Wahyudi.  Lely itu sepupunya Wahyudi di Bekasi.  Beberapa bulan yang lalu dia operasi usus buntu. 


Handphone bunyi lagi.  Dari Teteh.


‘Ir, tadi aku nelpon ke kantormu.  Yang ngangkat Nina. Nina itu siapa ?’


‘Nina, staf GA. Kenapa ?’


‘Ah iya, pantes. Tadi aku tanya rumah sakit provider daerah Jakarta Selatan dekat Pasar Minggu.  Dia bilang bisa ke RS Tebet atau rumah sakit apaaaa… gitu dia bilang di jalan Cilandak KKO.’


Uh emang deh kakak perempuan paling besar tuh pasti perhatian banget sama adiknya.  Udah dibilangin nanti irma sendiri yang telpon ke HRD kantor, eh malah dia duluan yang nanya ke sana.


‘Ya udah, aku cek dulu ya.’


‘Nanti kasih tau ya irma ke rumah sakit mana.’


‘Iya.’


Baru aja irma selesai bicara sama Teteh, handphone satu lagi bunyi.  Dari kantor.


‘Ir, handphone lu napa ? Gue telpon nggak bisa masuk mulu,’ suara Henny, temen kantor irma.


‘Tadi handphone satu lagi dipake bicara sama kakak gue. Sorry.’


‘Oh, gue kira handphone gue yang masalah. Lu sakit apa ?’


Irma terangkan gejala sakit yang irma alami sejak kemarin siang.


‘Coba lu ke JMC di Buncit, May biasanya ke sana.  Atau Tria Dipa, dekat Graha Sucofindo Pasar Minggu.  Yang gue tau itu semua rumah sakit provider.’


Ok, makasih ya Tante Henny J


Selesai bicara dengan Henny irma buka peta buat tau lokasi kedua rumah sakit yang Henny bilang.  Wahyudi yang lagi makan bekal roti isi telur nya ikut bantuin nyari.  Nggak ketemu lokasi JMC, tapi kalau Tria Dipa ada tertulis di peta.  Irma dan Wahyudi lalu bergegas ke sana naik taksi.  Di jalan irma SMS Teteh kasih tau irma ke Rumah Sakit Tria Dipa.


‘Kenapa harus rumah sakit provider ?’ tanya Wahyudi saat taksi merayap di kemacetan jalan raya Pasar Minggu.  Lewat jam tujuh pagi jangan harap bisa melenggang nyaman sepanjang Pasar Minggu, mulai dari terminal hingga Pancoran.  Macet abizzzzz !


‘Karena, kalau provider aku tinggal nunjukin kartu asuransi aja. Beres. Kalau non provider, ribet ngurusin reimbursement nya,’ jelas irma.  Ingat aja dulu Pak Eric sampai ribut di telpon dengan staf asuransi waktu mengurus reimbursement.  Masa’ sih untuk UGD harus minta dokternya ngisi form tentang diagnosa masuk dan keluar ??  Namanya juga emergency, boro-boro sempat mikir harus bawa form asuransi ke rumah sakit.  Yang utama kan nyelamatin nyawa anaknya.


Taksi berhenti di depan lobby rumah sakit.  Seorang petugas bukakan pintu taksi kita.  Tapi yang dibukain pintu sebelah kiri, tempat Wahyudi duduk.  He he salah tuh … irmanya kan di sebelah kanan.  Ya tapi mana dia tau yang sakit duduknya sebelah mana.  Lagian emang aneh aja kita : irma selalu duduk di sisi kanan Wahyudi.  Mungkin karena kalau kita naik taksi, Wahyudi selalu bukakan pintu untuk irma.  Yang dibukanya pintu sebelah kiri.  Jadi begitu di dalam, irma langsung bergeser ke kanan dan Wahyudi mengikuti irma masuk taksi.  Makanya dia selalu duduk di sebelah kiri.


Irma daftar ke counter registrasi pasien baru.  Lalu ke counter pelayanan pasien perusahaan untuk ngurus asuransi.  Tuh betul kan, irma tinggal nunjukin kartu asuransi nya aja.  Selanjutnya petugas administrasi yang nulis-nulis form.  Form itu yang irma bawa ke dokter dan apotek.  Juga laboratorium jika diperlukan tes lebih lanjut.


Nggak berapa lama irma dipanggil ke ruang no 1 di sebelah UGD.  Asiiiikkkkk dokternya cewek.  Nggak tau kenapa lebih suka diperiksa sama dokter perempuan.  Mungkin kalau sama dokter cowok ngerasa risih kudu buka-buka baju.


Dokternya dokter Cynthia.  Orangnya baik dan ramah.  Jadi irma juga enak nyampain keluhan.  Irma disuruh berbaring lalu dokter Cynthia menekuk-nekuk kaki kanan irma ke perut.  Sakit.  Tapi waktu perut bagian kanan ditekan, yang sakit di bagian bawah.  ‘Kalau usus buntu di sebelah sini nih,’ dokter Cynthia menekan sepertiga bagian perut sebelah kanan.  ‘Kalau sakitnya yang di bawah itu mungkin infeksi saluran urine.  Tapi biar lebih yakin kita tes laboratorium dulu aja ya.’


Jadi irma ke laboratorium.  Diambil sampel darah dan diminta sampel urine buat dites.  Abis gitu disuruh nunggu hasil tes.  Wahyudi nawarin irma makan biskuit sambil menunggu tapi irma males banget buat makan.  Perutnya masih nggak enak.


Sekitar dua puluh menit kemudian hasil tes laboratorium udah keluar.  Irma balik lagi ke ruang periksa no 1 membawa amplop hasil tes lab.


‘Bismilah, mudah-mudahan nggak apa-apa ya,’ dokter Cynthia buka amplop tadi.  ‘Hmmm … leukositnya agak tinggi sedikit. Yang lainnya normal. Berarti bukan usus buntu nih. Kamu kena infeksi saluran urine. Kamu kurang minum kali.  Saya kasih obat ya, kita lihat selama tiga hari gimana. Kalau masih sakit juga harus periksa lagi. Kamu minum air putih yang banyak ya.’


Keluar dari ruang periksa irma bawa resep untuk ditukar obat di apotek.  Sambil nunggu obat irma SMS Teteh kasih tau hasil periksa dokter.  Ternyata Teteh udah di depan Mesjid At Taqwa Pasar Minggu.  Bentar lagi dia sampai Tria Dipa.


‘Bawa apa aja nih ?’ tanya irma melihat Teteh datang bawa gembolan.


‘Ya aku udah siap-siap kalau-kalau dikau ternyata harus operasi,’ Teteh bilang.


Alamak, segitunya.  Emang deh yang udah pengalaman dampingi orang operasi usus buntu.  Yang pertama Bu Isna di RS Hasan Sadikin Bandung waktu dia SMA.  Yang kedua anaknya sendiri – Mas Rizqi – operasi usus buntu tahun lalu di RS Hermina Depok.  Tapi bukan cuma Teteh aja yang bersiap-siap.  Sebelum berangkat ke Tria Dipa tadi irma juga sempat nyiapin satu tas berisi tiga stel pakaian luar dan dalam, kalau-kalau irma harus masuk rumah sakit.  Tasnya nggak irma bawa, tapi irma siapkan di kamar jadi nanti Teteh atau Wahyudi tinggal angkut aja.


Kita lalu makan di kantin.  Irma males makan sebenarnya.  Abisnya takut muntah lagi.  ‘Yeeeey, kayak si Adek aja, nggak makan biar nggak muntah,’ komentar Teteh teringat anaknya yang paling kecil juga bersikap sama dengan irma.  Ya abis gimana, udah dimakan dimuntahin lagi.  Kan mubazir.


Yah ada polisi yang nyuruh makan – nggak kira-kira polisinya dua lagi ! – terpaksa irma harus makan.  Irma pilih nasi ayam bakar dan terong balado.  Teteh pesan nasi gudeg sedangkan Wahyudi makan nasi rames.  ‘Asiiikkk ada bos yang bayarin,’ kata Teteh waktu Wahyudi bilang biar dia aja yang bayar.


Abis makan kita pulang.  Irma dan Wahyudi nemenin Teteh sampai dia naik bis ke Depok.  Lalu kita balik ke Pejaten.  Naik Kopaja 68 yang biasa irma pake buat ke kantor.  Kirain Kopaja itu bakalan lewat SMA 28.  Tapi ternyata dia lewat situ kalau menuju Kampung Melayu.  Sedangkan menuju Ragunan, dia nggak lewat.  Jadi dari boulevard Ragunan – TB Simatupang kita naik Kopaja 68 menuju Kampung Melayu dan turun di SMA 28.


Ternyata turun Kopaja perut irma sakit lagi.  Sakiiiiittt sekali L  Tertatih-tatih irma berjalan.  Nyesel juga kenapa tadi nggak pulang naik taksi aja.  Kalau naik taksi kan nggak perlu jalan kaki lagi.  Dan nggak pake muter-muter sampe ke Ragunan segala.


Sampai di tempat kost irma langsung minum obat penahan sakit dari dokter Cynthia.  ‘Udah, kamu tiduran aja,’ Wahyudi menata bantal di tempat tidur irma.  Irma langsung nggeletak di sana.  Wahyudi sendiri tiduran di lantai di samping tempat tidur irma, baca National Geography terbaru.  Nggak tau berapa lama irma tidur.  Menjelang sore irma bangun karena menghirup aroma kopi.  Haaaaa … Wahyudi bikin kopi ya ??  Enak banget.  Irma pengen minum kopi juga.  Tapi tadi dokter bilang untuk sementara waktu irma jangan minum soda dan kopi dulu.  Hiks, jadi cuma bisa ngiler aja waktu lihat Wahyudi menyeruput kopinya dan bilang, ‘Hmmmm enaaaakk …’ L


Kamis, 22 Juni 2006


Hoeeeeekkkkk … menjelang Subuh irma muntah lagi.  Kali ini muntahnya cuma cairan kuning kental.  Tapi baunya bau obat.  Ugh, nggak enak banget.  Abis muntah irma lalu buat teh manis hangat.  Nggak berapa lama terdengar adzan Subuh.  Setelah sholat irma tidur lagi.


Hari ini masih nggak ke kantor.   Masih nggak enak badannya.  Peraturan di kantor irma, kalau sakit cuma sehari boleh nggak pake surat dokter.  Lebih dari sehari harus pake surat keterangan, ditandatangani dan dicap dokter.  Kalau nanti HRD kantor nanyain surat dokter buat izin nggak kerja hari ini, bilang aja yang kemarin sakit dan yang hari ini cuti haid.  Emang bener kok irma baru ‘dapet’ semalam.  Jadi nggak salah kalau hari ini irma ambil cuti haid.  Cuti haid kan diberikan untuk karyawati yang mengalami sakit di hari pertama dan kedua menstruasinya.


Menjelang siang Teteh telpon tanyakan kabar irma.  Ya masih begini-begini aja.  Serba nggak enak.  Tapi sakit yang di perut nggak gitu ketara, timbul tenggelam.


‘Jadi gimana, perlu ke dokter lagi nggak ? Kalau mau ke dokter, Teteh bisa nemenin. Auditnya kan diundur minggu depan,’ Teteh bilang.


‘Ya udah Teteh ke sini aja. Kalau seandainya nggak jadi ke dokter kan bisa nemenin irma makan siang. Males kalau makan sendirian,’ jawab irma.


Teteh bilang dia mau ke tempat kost irma setelah urusan di rumahnya beres.  Sambil nunggu Teteh irma berpikir kalau nanti mau ke dokter, ke dokter mana ya ?  Kemarin Wahyudi sarankan ke dokternya yang di Bekasi, urolog yang nemuin batu di saluran urine nya.  Tapi kalau urolog, kan dia cuma nanganin penyakit di ginjal dan sekitarnya.  Kalau ternyata sakitnya bukan di situ, gimana ?


Atau ke internist aja ya ?  Internist kan dokter ahli penyakit dalam.  Jadi segala keluhan di organ dalam bisa dia tangani.  Bisa ginjal, lever, pencernaan atau yang lainnya yang tertutup di balik kulit.  Yang jelas jangan nanyain masalah mata atau gigi sama dia.  Salah jurusan oooooii !


Ok kalau mau ke internist, internist di mana ?  Tanya Pak Leo ah, dia kan pernah berobat ke internist di RS Tebet.  Katanya internist nya itu enak diajak diskusi.  Yang kayak gini nih yang dicari.  Yang namanya berobat ke dokter kan nggak cuma sekedar datang, periksa dan dikasih resep.  Makanya irma sebel banget waktu berobat ke satu dokter umum di rumah sakit ternama, dokternya udah langsung nulis resep padahal irma belum selesai sampaikan keluhan.  Nggak sampai lima menit dalam ruang periksanya !  Hah, nggak mau lagi irma berobat sama dia !


‘Iya di rs tebet. Ke clinicnya, ntar ada dokternya yg udah tua-dokter batak professor. Kenapa ? siapa sakit ? aku di medan, ntar sore balik,’ bunyi SMS balasan dari Pak Leo.


Hmmm, ok internist yang di RS Tebet ini bisa jadi satu alternatif.  Alternatif lain, ke Tria Dipa lagi aja ??  Tapi kemarin Wahyudi bilang dia agak sangsi Tria Dipa punya perlengkapan tes yang lengkap seperti di RS Mitra Keluarga Bekasi.  Sebelum menjalani operasi pengangkatan batu di saluran urine pada tahun 2003, Wahyudi menjalani serangkaian tes macem-macem di RS Mitra Keluarga Bekasi.  Makanya kemarin Wahyudi pun sarankan kalau irma harus masuk rumah sakit, ke sana aja.  Lagipula kan rumah sakit itu termasuk provider jaringan asuransi yang dipake kantor irma.  ‘Kalau di sana, bakal banyak yang ngejagain kamu deh,’ gitu kata Wahyudi.  He eh, termasuk kamu juga ya Di ?? J


Tapi Teteh nggak setuju tuh, irma ke RS Mitra Keluarga Bekasi.  ‘Jauh sekali Ir, gimana kita ke sananya. Apa kata Ibu nanti ? Kita kan harus jaga perasaan beliau juga,’ gitu alasan Teteh.  Argh … susah deh.  Urusan nyawa gini masih mikirin gengsi keluarga.  Sebel ! L


‘Ir, teteh di halte sma 28,’ masuk SMS Teteh menjelang jam satu siang.  Tadi pagi di telpon irma bilang Teteh nanti turun aja di SMA 28, nanti irma jemput ke sana.  Teteh kan belum tau tempat kost irma yang baru.


Pelan-pelan irma jalan ke SMA 28.  Di halte Teteh lagi ngobrol sama seorang mbak-mbak.


‘Gimana, mau langsung makan atau pulang dulu ?’ tanya Teteh.


Pulang dulu aja yuk.  Lagian irma udah males makan.  Dari tadi cuma makan roti tawar dicelup teh manis hangat.  Dari kemarin-kemarin minum teh manis hangat mulu ??  Abis cuma itu sih yang enak di mulut irma.  Dan di perut.


Sampai tempat kost Teteh numpang sholat Dzuhur.  Abis itu kita ketawa-ketawa nonton film ‘Jomblo’.  Settingnya banyak di kampus ITB, sekolah Teteh dan irma dulu.  Kita jadi terkenang masa-masa penderitaan nyelesaiin kuliah.


Lagi asik nonton, masuk SMS Wahyudi tanyakan irma jadi nggak ke rumah sakit lagi.  Jadi ingat irma harus nelpon HRD kantor, tanya rumah sakit provider lain yang masuk jaringan asuransi.  Alhamdulillah, ternyata RS Mitra Jatinegara termasuk provider.  Ya udah nanti sore ke sana aja.


Setelah Teteh sholat Ashar kita berangkat ke RS Mitra Jatinegara.  Naik angkot aja ya, CRP (Cost Reduction Program = program pengiritan pengeluaran).  Dari depan SMA 28 naik angkot ke Pasar Minggu.  Teteh seneng banget ngeliatin suasana pasar di sore hari.  ‘Bener-bener kayak di lagunya ya, … papaya, mangga, pisang, jambu, dibawa dari Pasar Minggu, di sana banyak penjualnya …,’ kepala Teteh menengok kiri dan kanan.  Aduh ibu ini, di Depok nggak ada pasar apa ??


Dari Pasar Minggu kita naik mikrolet M-16 ke Kampung Melayu.  Sampai terminal Kampung Melayu sempat bingung.  Perasaan dulu angkotnya ngelewatin RS Mitra Jatinegara, kok ini udah sampai terminal rumah sakitnya nggak kelihatan.  Untung ibu di depan kita kasih tau rumah sakitnya di sisi terminal yang lain.  ‘Ikut mobil ini aja, nanti dia ngelewatin,’ seorang penumpang lain kasih tau.  Jadi kita nggak turun dari angkot.  Setelah ngelewatin Mesteer, RS Hermina Jatinegara, dan belokan dari stasiun Jatinegara, kita sampai di rumah sakit tujuan.


Irma kasihkan kartu asuransi ke petugas registrasi.  Tadi irma daftar sebagai pasien baru.  Tapi rupanya irma udah terdaftar di sana.  Wah, kapan ya irma pernah berobat ke sana ?  Mungkin dulu waktu masih di MSIL.


‘Mau ke internistnya, dokter siapa ?’ tanya petugas.  Ia menyebutkan beberapa nama dokter.  Yang dokternya perempuan, ada ?  Ada.  Dokter Widarjati Sudarto.  Dari namanya ketahuan kan beliau orang mana ?  Bukan orang Batak lah, hehehehe


Abis nerima berkas pendaftaran dan form asuransi dari petugas registrasi irma dan Teteh naik ke lantai 4 pake lift.  Ruangannya dokter Widarjati di ujung.  Ruang tunggu di depannya kosong.  Sampai di sana kita bingung, nggak ada siapa-siapa.  Sekarang kita harus ngapain ?  Langsung masuk ke ruang periksa, gitu ??


Ya udah duduk dulu aja.  Sampai ada perawat mau masuk ke dalam ruang periksa.  Irma kasihin berkas pendaftaran dan form ke dia.  ‘Tunggu dulu ya,’ kata perawat itu.  Nggak berapa lama pintu terbuka dan irma dipanggil ke dalam.  Lho Teteh ikut masuk ?  ‘Aku kan mau tau juga,’ kata Teteh.  Haaa iya deh, yang merasa dititipin harus jaga adek !


Waow, dokternya necis !  Dandanannya rapi.  Pake kalung batu-batu besar warna hijau.  Rambutnya disasak tinggi.  Jadi ingat model rambut ibu-ibu di tahun ‘60an.  Tapi yang paling penting, dokternya enak diajak ngobrol.  Bukan cuma meriksa tapi dia juga benar-benar dengarkan semua keluhan irma J


‘Di tes laboratorium dulu ya, sama foto perut. Nanti kamu ke sana, dikasih larutan barium buat diminum nanti malam.  Setelah 20 – 24 jam baru difoto,’ dokter Widarjati menulis surat pengantar tes laboratorium.  ‘Saya nggak kasih obat sekarang, lihat hasil tes nya dulu. Ini saya kasih Ponstan kalau kamu nggak tahan lagi sakitnya. Tapi saya lihat kamu nggak terlalu kesakitan.’


Memang kecurigaannya apa ?


‘Kalau lihat dari fisiknya saya rasa bukan usus buntu. Tapi biar lebih pasti biar difoto dulu,’ kata dokter Widarjati.


Karena dokternya udah menyinggung-nyinggung usus buntu Teteh jadi bertanya-tanya.  Dokter Widarjati cerita beberapa kasus usus buntu yang pernah ditanganinya.  ‘Kalau perempuan, udah diindikasi radang usus buntu, saya sarankan segera diambil aja. Toh organ itu nggak ada gunanya juga. Karena kalau perempuan, di dekat usus buntunya itu terdapat indung telur. Saya pernah punya pasien, usus buntunya udah bengkak tapi nggak mau diangkat juga. Lalu pada saat dia hamil, usus buntunya harus diangkat. Nggak bisa ditunda lagi.  Usia kandungannya udah 16 minggu. Terus apa yang terjadi ? Bayinya meninggal, ibunya koma,’ papar dokter Widarjati.


Glek. Serem amat L


‘Kasus yang lain, usus buntu nya kronis. Nggak mau diangkat. Pada saat akut, ususnya pecah. Itu kan perlu operasi yang lebih besar. Harus dibersihin semua organ perutnya. Biarpun dibersihkan tapi perutnya sudah terkontaminasi. Akibatnya ada abses di balik hatinya. Nggak ketolong, dia meninggal,’ lanjut cerita dokter Widarjati.


Aiyaiyaiyaiyaiyaiyaiyaiyaiiiii …. kok serem-serem semua sih ceritanya ?  Nggak ada yang happy end apa ??


‘Makanya kalau perempuan, sudah didiagnosa usus buntu, saya sarankan segera diangkat aja deh. Ngapain juga lama-lama. Anak saya tiga-tiganya udah diangkat usus buntunya.’


Iya deh dok, iyaaaaa.  Sekarang balik dulu deh.  Tapi aduh kok ya Teteh masih nanya-nanya mulu sih sama dokternya L


Akhirnya selesai juga session tanya-jawab Teteh - dokter Widarjati.  Lalu kita ke lantai dasar, ke laboratorium, apotek trus nyebrang ke gedung sebelah buat ke bagian radiology.  Di sana irma dikasih bubuk barium untuk dilarutkan dan diminum nanti jam sembilan malam.  Besok balik lagi untuk foto perut jam lima sore.


Beres urusan semua, ke mana nih ?  Makan yuk.  Di Bakmi Golek jalan Dewi Sartika aja.  Irma pengen makan bubur ayam.  Dari depan RS Mitra Jatinegara kita naik mikrolet M-16 yang ke Pasar Minggu.  Oh ya, rumah sakit ini sekarang namanya RS Mitra International Jatinegara.  Disingkat RSMI Jatinegara.  Dia masuk dalam jaringan Ramsay Healthcare bareng RS International Bintaro (RSIB) Tangerang dan RS Surabaya International (RSSI) Surabaya.  Udah nggak satu grup lagi dia sama RS Mitra Keluarga Bekasi.


Abis makan di Bakmi Golek kita pulang ke tempat kost irma pake taksi.  Tadinya irma kira Teteh akan langsung pulang ke Depok dengan taksi yang sama, setelah drop irma di Pejaten.  Tapi ternyata bapaknya Rizqi telpon ke handphone Teteh dan nyuruh Teteh nunggu di tempat kost irma.  Nanti bapaknya Rizqi jemput Teteh ke sana.  Ya sudah jadi taksinya batal dipake sampai ke Depok.  Padahal dia sekalian mau pulang ke pool nya.  Maaf ya Pak supir.


Jam sembilan malam Teteh dijemput.  Tinggal irma sendiri di kamar kost.  Sekarang waktunya minum larutan Barium.  Hueeeeeekkkkkk … larutan Barium rasanya kayak kapur !  Untung irma bisa tahan jadi nggak sampai muntah.


Jumat, 23 Juni 2006


Nah betul kan, HRD kantor nanyain surat keterangan dokter untuk hari Kamis kemarin.  ‘Begini Bu, waktu hari Rabu saya nggak masuk karena sakit. Kemarin saya nggak masuk karena cuti haid,’ kata irma sambil ngeloyor pergi, meninggalkan Ibu HRD bengong dengar jawaban irma.  Tapi irma tidak menyalahi peraturan perusahaan kan ?  Hihihihihihihi ….


Seharian ini nyelesaiin dua laporan dan satu audit plan.  Sorenya jam setengah lima cabut dari kantor, minta izin pulang cepat karena mau ke dokter.  Sampai di RSMI Jatinegara langsung menuju bagian radiology.


‘Mbak, saya yang kemarin disuruh minum larutan herbarium,’ kata irma sama mbak-mbak di sana yang kemarin daftar jadwal irma untuk difoto sore ini.


Mbak-mbak itu bengong.  Argh, baru sadar tadi irma salah ngomong.  Herbarium itu kan kumpulan daun-daun yang dikeringkan ?  irma segera meralat ucapan irma tadi.  Mbak-mbak tadi langsung ngerti dan irma dipersilakan masuk ke dalam ruang radiology.  Disuruh ganti baju pake baju khusus buat foto, trus tiduran telungkup di atas meja besi (brrr dingin !), dan nunggu aba-aba dari dia untuk difoto.  Kalau difoto pake kamera kan bunyinya ‘ceklik, ceklik’ , kalau difoto radiology ini bunyinya, ‘jegreg, jegreg’.  Trus nggak bisa milih gaya lagi L  Setelah foto irma diminta ganti baju lagi dan nunggu di luar.


‘Ir, di mana ? aku udah di Mitra Jatinegara,’ telpon Wahyudi waktu irma nunggu hasil foto.


Irma kasih tau posisi irma.  Nggak berapa lama Wahyudi datang menyusul.  Sebelumnya dia sempat kesasar mau naik ke lantai atas.  Untung irma lihat dia di depan lift jadi irma panggil dia ke bagian radiology.


Setengah jam kemudian hasil fotonya udah keluar.  Irma dan Wahyudi bergegas nyebrang ke gedung Klinik Spesialis dan daftar ke dokter Widarjati.  Abis gitu ambil hasil tes laboratorium, naik ke lantai 4, nunggu sebentar di depan ruang periksa dokter Widarjati, trus dipanggil masuk ke dalam. 


‘Malam dok,’ irma kasihkan hasil tes laboratorium dan foto perut.


Dokter Widarjati langsung buka hasil tes laboratorium.  Lalu dia lihat hasil foto perut.  Mulanya hasil fotonya cuma diterawang ke arah lampu di langit-langit.  Berikutnya dia pasang di neon board.  Dokter Widarjati juga baca hasil analisa dari dokter Radiology.


‘Usus buntu mu nggak kelihatan nih. Kamu konsultasi ke dokter bedah deh,’ katanya kemudian.


‘Umm hasil tes lab nya gimana, dok ?’


‘Bagus. Ginjal kamu bagus, hatinya juga nggak pa-pa. Tapi dari foto ini usus buntu mu nggak kelihatan.’


Irma memandang dokter Widarjati nggak ngerti.  Mak-sud-loe ?  (eitss, ini cuma irma bilang dalam hati lho ! mana berani sama orang tua ngomong gini)


‘Iya, usus buntu mu sudah nggak terlihat lagi lubangnya. Berarti sudah tertutup. Kita nggak tau apa yang ngisinya. Jadi kamu ke dokter bedah aja.’


Oh ok.  ‘Ada dokter bedah yang dokter rekomendasikan ?’


Dokter Widarjati tersenyum, ‘Semua dokter di sini bagus. Ada dokter Agus, dokter Petrus, …’


‘… dokter Christophorus,’ perawat di belakang irma ikut nimbrung.


Dokter Widarjati masih sebutkan beberapa nama lagi.  Tapi di amplop surat pengantar rujukan ke dokter bedah tertulis ditujukannya kepada dokter Agus.


Setelah pamit dan mengucapkan terima kasih kepada dokter Widarjati irma keluar ruang periksa.  Perawat tadi kasih tau irma untuk daftar dulu ke lantai dasar sebelum naik ke klinik bedah di lantai atas.  Nggak bisa langsung karena lembar asuransinya nggak boleh digabung antara internist dengan dokter bedah.  Yah deh ngikut aja.


‘Gimana ?’ tanya Wahyudi waktu irma keluar ruang periksa.  Wahyudi nggak ikut ke dalam, dia nunggu di luar sambil main game di PDA nya.


‘Disuruh ke dokter bedah. Yuk ke bawah lagi.’


Sampai di counter registrasi dan daftar buat ke dokter bedah, ternyata dokter Agus udah pulang.  Kalau mau besok pagi sama team nya , dokter Kosmas.  Ng…. nggak deh.  Tadi kan disuruhnya ke dokter Agus.  Dokter Agus baru praktek lagi Selasa sore nanti.  Ya udah, hari Selasa nanti aja irma ke sini lagi.


‘Jadi, gimana ?’ tanya Wahyudi setelah tau dokter yang mau ditemui udah pulang.


‘Ya udah. Pulang aja. Nanti Selasa ke sini lagi.’


‘Jadi sekarang pulang nih ?’


‘Iya. Pulang.’


‘Besok ?’


‘Besok kenapa ?’


‘Jadi ke Cirebon nggak ?’


‘Ya jadilah. Kan udah bayar. Hei, untung juga ya dokter bedahnya udah pulang. Jadi kan besok bisa tetap berangkat PTD,’ irma tersenyum lebar.


Dasaaaaaaarrrrrrrrrr …………….. si irma tukang ngelencer !!!!!


Sabtu, 24 Juni 2006


Pagi-pagi berangkat PTD Cheribon – Linggardjati.  Di jalan menuju Cirebon terima SMS dari Teteh, ‘Ir, jadi berangkat ke cirebon ? hati2 ya.’


‘Jadi. Skrg lg di jalan. Jalan2 gini malah nggak kerasa sakit lho,’ balas irma


‘Ya iyalah kan lagi seneng…hi..hi..’


Hahahaha Teteh tau aja J


Minggu, 25 Juni 2006


Kemarin udah seneng-seneng nggak pa-pa, hari ini kumat lagi sakitnya.  Lagi nyimak penjelasan Ki Lurah Keraton Kanoman tiba-tiba perut irma sakiiiiiitt sekali.  Irma sampai harus nyender ke dinding biar nggak ambruk.  Setelah itu sakitnya timbul tenggelam sampai pulang ke Jakarta.


Senin, 26 Juni 2006


Masih sakit lagi.  Tapi tetap kerja seperti biasa.  Selesaiin dua laporan dan persiapan buat audit besok.


Selasa, 27 Juni 2006


Hari ini ada jadwal audit, cuma setengah hari di daerah Kapuk.  Abis makan siang balik ke kantor.  Hih hih, sakit.  Sepanjang jalan tidur.  Sampai di kantor jam dua siang.  Langsung selesaikan semua laporan yang tertunda.  Entah kenapa ada perasaan irma bakalan lama nggak masuk kantor.  Cuma satu laporan yang nggak bisa diselesaikan.  Tapi nggak pa-pa Bu Desti bisa selesaikan hari Kamis nanti.  Kan batas waktunya sampai Jumat.


Jam empat sore Teteh SMS.  Rupanya dia berhasil ‘kabur’ dari audit di Gunung Putri dan sekarang menuju RSMI Jatinegara.  Hehehe, sebenarnya bukan kabur sih.  Kan udah bilang baik-baik dan diizinkan sama audit team leadernya.  Tapi ternyata Bu Desti – lead auditornya itu – bilang ke client kalau Teteh izin meninggalkan audit lebih cepat karena adiknya mau dioperasi.  Gimana nih Bu Desti, kan belum juga tau irma perlu dioperasi atau nggak.


Irma sampai di RSMI Jatinegara jam setengah enam.  Teteh udah duluan sampai di sana.  Abis registrasi kita lalu ke klinik bedah di lantai delapan.  Keluar lift di lantai delapan kita celingak-celinguk nyari tulisan klinik bedah.  Kok nggak ada sih ?  Adanya klinik gigi, klinik bedah laser mata, dan ramai anak-anak.  Karena kebelet pengen pipis jadi irma ke toilet dulu.  Balik dari toilet baru ketemu klinik bedah nya.  Ternyata letaknya tepat di depan lift tapi tulisannya nggak terlihat dari depan lift.  No ruangannya 822.


Jam enam seperempat kita dipanggil ke dalam.  Dokternya lagi duduk di depan meja, tangannya terlipat rapi.  Bajunya warna coklat muda.  Duduk rapi dan bajunya seperti itu, kesannya dia kayak pegawai kelurahan.  Hahahahahaha


Dokter Agoes Sarnanto membaca surat rujukan dari dokter Widarjati.  Lalu melihat hasil foto perut yang irma bawa.  ‘Abis difoto, sakitnya hilang ya ?’ tanya dokter Agoes.  Irma terperangah.  Kok tau sih, sejak difoto Jumat lalu itu sakitnya memang berkurang.  Nggak separah Selasa dan Rabu itu, tapi tetap ada timbul dan tenggelam.  Kadang-kadang sakit, kadang-kadang nggak pa-pa.


‘Sembuh ya ? Kalau gitu kita buka studio foto aja yuk ?!’ kata dokter Agoes lagi.  Irma jadi ketawa.  Lucu nih dokter.  Masa’ sih sakit bisa hilang dengan difoto ?  Penyakitnya banci tampil kali, jadi begitu difoto langsung sembuh.  Hihihihihi J


‘Eh bener lho. Waktu saya tugas di daerah, ada pasien yang minta difoto. Dia bilang kalau difoto sembuh,’ tampang dokter Agoes tetap serius walau irma ketawa dengar ceritanya. ‘Yuk diperiksa dulu.’


Irma naik ke atas meja periksa.  dokter Agoes menekan perut irma sebelah kanan.  Irma langsung meringis menahan sakit.


‘Sakit ya ?’ tanya dokter Agoes.


Irma mengangguk.


‘Kasiaaaaa…aaan deh kamu,’ dokter Agoes menggoyang-goyangkan telunjuknya di depan wajah irma.


Aaaaah ni dokter, sempet-sempetnya becandain orang lagi kesakitan gini ???  Tapi becandaannya funky bener … J


Dokter Agoes kembali ke meja.  Irma ngikutin di belakangnya.


‘Usus buntunya sudah bengkak. Tapi badan kita bereaksi dengan bagus, usus-ususnya langsung mengumpul jadi nggak sampai pecah,’ kata dokter Agoes sambil menulis.


‘Jadi gimana dok ?’ tanya Teteh.


‘Ya harus dioperasi. Besok jam 9 pagi.’


‘Haaa … apa nggak bisa ditunda dulu waktunya dok ?’


irma langsung melotot ke Teteh.  Masih ngotot mau nawar operasinya setelah Mama pulang dari Padang tanggal 14 Juli ??  Kemarin Teteh bilang kalau irma harus operasi baiknya setelah Mama balik dari Padang aja, biar Mama bisa nemenin.  Halah, emergency kok ya ditawar-tawar.


‘Lho kenapa harus ditunda ? Ini harus segera Bu. Kalau sampai pecah, nanti saya yang bersalah,’ dokter Agoes menunjuk dirinya.  ‘Ini sudah saya jadwalkan untuk operasi besok pagi. Nanti Ibu bawa surat pengantar ini ke bagian rawat inap ya. Tapi tunggu sebentar saya siapkan dulu.’


Akhirnya Teteh nggak bisa ngomong apa-apa lagi.  Keluar dari klinik bedah irma ajak Teteh sholat Maghrib dulu.  Sayang RSMI Jatinegara nggak punya mushola sendiri.  Jadi kita sholat di mushola milik warga di belakang rumah sakit.  Menuju ke sana kita melewati gedung parkir berlantai 9 yang lagi dibangun.


Abis sholat Maghrib lalu kita ke bagian rawat inap.  Petugas di sana kasih tau kamar kelas 1 mereka tarifnya 350 ribu/hari, di atas itu langsung VIP 750 ribu/hari.  Sedangkan budget dari asuransi irma 400 ribu/hari.  Mau pilih yang mana ?  irma bilang kelas 1 aja, yang sesuai budget.  Mbak-mbak petugas itu persilakan irma menunggu sementara dia bereskan administrasi dan kamar irma disiapkan.


‘Besok pagi mau operasi ya ?’ mbak-mbak itu mengerling dan tersenyum sama irma, jari-jemarinya tetap bekerja masukin data irma ke dalam komputer.


‘He eh, iya tuh.’


Keluar dari klinik bedah tadi sebenarnya irma udah SMS Wahyudi, kasih tau besok pagi irma harus operasi jadi malam ini langsung masuk rumah sakit.  Tapi kok nggak ada tanggapan dari Wahyudi ya ?  irma lalu menelponnya.


‘Di, tadi terima SMS ku nggak ?’


‘Terima. Kenapa ?’


‘Udah dibaca ?’


‘Eh yang mana ? Yang ngasih tau kamu udah di rumah sakit sama Teteh itu bukan ?’


‘Bukan. Yang sesudah itu.’


‘Oh yang itu belum baca.’


Sebel ! L


‘Ya udah, baca dulu. Abis gitu telpon aku,’ irma mengakhiri pembicaraan.


Nggak berapa lama handphone irma bunyi.  Telpon dari Wahyudi.


‘Jadi sekarang kamu di mana ?’ tanyanya.


GUBRAGGG !!!  Ya di rumah sakit lah !  Gimana sih ni’ anak ??


‘Maaf, tadi aku lagi ngerjain data yang diminta Sacho buat besok pagi. Jadi kamu di rumah sakit sekarang. Terus … ?’


aiyaiyaiyaiyaaaaaa ………….. ngerti nggak sih anak, kalau irma butuh dia di sini, SEKARANG ?????


‘Di, kamu ke sini deh. Abis gitu temenin Teteh ke tempat kost irma buat ambil baju dan perlengkapan nginap lainnya.  Teteh kan belum kenal sama yang jaganya.  Ya ??’


‘Iya.’


‘Di ?’


‘Ya ?’


‘Sekarang Di, ke sini nya …. SEKARANGGG !!!!!!!!’


‘Oh iya ya ya ya ya ya iya iyaaaaa … aku ke sana sekarang !’ kayaknya Wahyudi panik dengar intonasi kata-kata irma yang terakhir.  Barangkali dia langsung loncat terpontang-panting.


Tepat saat irma menutup handphone, petugas rumah sakit memanggil irma untuk mengikutinya ke lantai 7.  irma dapat kamar 704.  Sampai di kamar irma cerita ke Teteh tentang percakapan dengan Wahyudi tadi.  Teteh jadi ketawa.


‘Jangan mau dibonceng motor sama dia ya,’ Teteh bilang.


‘Kenapa ?’


‘Nanti dikau udah jatuh di manaaa, dia masih belum ngerasa.’


Oh gitu ya.  Aduuuuuuhhhh … sedih bener L


Seorang perawat masuk ke dalam kamar dan menghampiri irma.


‘irma agustina ?’ tanyanya.  ‘Diperiksa dulu ya.’


Perawat tadi menutup tirai menyelubungi tempat tidur irma.  Dia mengambil sampel darah dan melakukan pengecekan jantung secara electrocardiogram atau yang lebih dikenal dengan EKG.  Lalu ia menerangkan tentang fasilitas yang diberikan rumah sakit dan minta irma dan Teteh untuk berhati-hati dengan barang bawaan karena pihak rumah sakit tidak bertanggung jawab jika terjadi kehilangan.  Abis gitu Teteh diminta untuk menandatangani surat pernyataan dari pihak keluarga mengenai izin untuk dioperasi.  Dan juga pernyataan terhadap persetujuan bahwa pihak rumah sakit tidak bertanggung jawab atas kehilangan benda-benda milik pasien atau yang menungguinya.


‘Ini karcis parkir.  Ini kartu buat yang menunggu. Kalau ada apa-apa, pencet bel yang ini aja ya,’ perawat menunjuk bel di samping tempat tidur irma.  ‘Trus ini foto appendicogram nya saya bawa dulu, nanti dikembalikan waktu pulang.’


Oh baru tau foto perut untuk melihat usus buntu itu namanya appendicogram.


‘Terima kasih Suster. Suster siapa ya ?’ tanya Teteh.


‘Sonda.’


Suster Sonda keluar kamar.  Kemudian masuk seorang dokter perempuan.


‘Selamat malam irma, saya dokter Grace, dokter yang bertugas jaga malam ini. Besok kamu mau dioperasi ? Saya periksa dulu ya.’


Iya dokter, silakan.  Sepuluh menit kemudian dokter Grace meninggalkan kamar 704.  irma lalu membuat daftar barang-barang yang perlu diambil dari tempat kost.  Karena Teteh belum tau letak barang-barang itu, jadi irma bikin denah kamar irma dan kasih tanda di mana irma simpan baju, perlengkapan mandi, selimut, sajadah dan laptop kecil.  Laptop ?  Iya, irma mau lanjut nulis cerita PTD Cheribon – Linggardjati.  Waktu di Cirebon dan pulang dari sana sempat nulis sedikit.  Sekarang mau lanjut nulis lagi.  Kebetulan bahan-bahan tulisannya udah irma bawa, ada di dalam tas kerja irma.


Handphone irma bunyi.  Dari Wahyudi.


‘ir, kamu di kamar mana ?’


‘704.’


‘Ok, aku ke sana ya sekarang,’ kata Wahyudi sebelum menutup telpon.


Irma lihat jam.  Udah lewat jam berkunjung pasien.  Boleh Wahyudi naik ke sini ??


Boleh tuh.  Nggak sampai sepuluh menit dia udah masuk kamar irma.  Kok bisa ?


‘Eits, kalau yang udah pernah jadi pasien tau triknya dong.’


Hah, iya deh yang pernah nginap di rumah sakit.


Irma lalu minta tolong Wahyudi untuk temani Teteh ke tempat kost irma.  Ambil barang-barang yang irma perlukan, lalu antar Teteh ke sini lagi.  Waktu irma pindahan kost dua minggu yang lalu kan Wahyudi ngebantuin nata kamar, jadi dia lumayan tau di mana irma simpan barang-barang.


Seorang petugas instalasi Gizi datang.  Dia nanya apakah irma ada alergi sama makanan tertentu.  Atau mungkin ada makanan yang tidak disukai.


Apa ya, irma berpikir.  Yang tidak disukai, makanan bersantan.  Yang bikin alergi … sebenarnya irma alergi sama udang dan teman-temannya dari laut.  Tapi selama ini irma terabas aja.  Makanya eksim nya nggak hilang-hilang.  Tapi ya gimana lagi.  Habis enak sih, hihihihihi


‘Kacang,’ kata Wahyudi.


Oh iya, akhir-akhir ini kan irma nggak bisa makan bumbu kacang.  Tiap kali makan bumbu kacang – gado-gado, siomay – pastiii perut irma langsung mulas abis gitu diare.  Wahyudi ingat aja.


Setelah petugas Gizi itu pergi irma lalu minta Teteh dan Wahyudi untuk segera ke Pejaten sebelum terlalu malam.  Irma juga kirim SMS ke Mbak Faizah – penjaga kost – untuk bukakan pintu buat Teteh dan Wahyudi.  Abis gitu irma tidur.  Dan terbangun jam sebelas malam saat Teteh dan Wahyudi datang.


‘Bantalnya nggak boleh masuk. Ditahan Satpam depan,’ Teteh bilang.


‘Lho emang bawanya yang mana ?’


‘Yang gede. Mestinya yang mana ?’


‘Yang kecil.’


‘Yah, Teteh cuma ingatnya yang warna merah aja.’


Ya sudah.  Mau diapain.  Tadi di dalam daftar irma nulisnya ‘bantal merah’.  Padahal bantal tidur yang gede juga kali ini sarung bantalnya warna merah.  Jadi nggak salah Teteh bawa yang itu.  Nanti jangan lupa bantalnya dibawa lagi ya.  Jangan ditinggal di Satpam.


Abis beres-beresin barang-barang irma ke dalam lemari kecil di samping tempat tidur, Teteh dan Wahyudi baru makan.  Oh iya, kalian belum makan malam ya.  Kalau irma tadi dikasih roti meses coklat dari rumah sakit.  Karena irma baru masuk malam ini jadi pilihan makan malamnya cuma roti atau havermut.


‘Kamu mau ini,’ Wahyudi menunjuk green tea dingin di tangannya, ‘atau ini ?’ Wahyudi nunjuk gelas styrofoam isi teh manis hangat.


‘Ini,’ irma nunjuk gelas styrofoam.


‘Sudah kuduga,’ ujar Wahyudi. ‘Minum deh.’


Hmmm enaknya minum teh manis hangat.  Sementara itu Teteh dan Wahyudi makan nasi soto yang mereka beli di kantin rumah sakit di lantai dasar.  Selesai makan mereka langsung irma ‘usir’ pulang.  Udah jam setengah dua belas malam.  Mau jam berapa lagi kalian sampai rumah ?  Teteh pulang ke Depok, Wahyudi pulang ke Bekasi.


Teteh dan Wahyudi pulang.  Tinggal irma sendiri.  Di tempat tidur sebelah pasien yang baru dioperasi usus buntu tadi siang ditemani ibunya.  Tirai mereka tertutup rapat.  Mungkin mereka sudah tidur.  Irma juga udah ngantuk.  Menjelang jam dua belas malam irma habiskan air minum dalam botol.  Mulai dari jam dua belas sampai operasi besok pagi irma nggak boleh makan dan minum apa-apa lagi.  Puasa.


Rabu, 28 Juni 2006


‘Irma, kamu pagi ini operasi ya ?’ sapa Suster Rosalia waktu masuk ke kamar irma.


‘Iya Suster.’


‘Kamu ganti pake baju operasi ya. Ini talinya di bagian belakang. Terus semua cincin, gelang, pokoknya semua perhiasan dilepas. Kalau ada gigi palsu juga harus dilepas. Nggak pake cutex kan ?’


irma menggeleng.  Irma, pake cutex ?  Kuku nya aja digigitin mulu.  Percuma pake cutex juga.


‘Kalau udah ganti baju kamu tunggu aja ya.  Nanti ada yang akan nganterin kamu ke ruang operasi.’


‘Iya Suster. Oh iya, pakaian dalam gimana ?’


‘Dilepas semua. Pokoknya kamu nggak pake apa-apa di balik baju operasi.’


Nggak pake apa-apa ?  Bugil dong ?  Hiiiiii ….


Irma menuruti kata-kata Suster Rosalia lalu kembali berbaring di tempat tidur.  Udah jam 8.15.  Teteh ke mana ya ?  Bentar lagi tentu irma dipanggil ke ruang operasi.


‘Teh, di mana ? irma udah disuruh siap-siap nih,’ akhirnya irma kirim SMS abisnya nelpon Teteh HP nya nggak diangkat-angkat.


Nggak berapa lama Teteh telpon irma.


‘Ir, Teteh lagi di Cawang. Nanti Teteh turun di Tebet.  Dari sana ke rumah sakit kan tinggal luruuuuss aja, naik ojek. Tunggu ya. Bilang aja sama susternya tunggu kakak saya dulu, gitu.’


Haaa boleh nggak ya bilang gitu sama dokter ?  Bukannya pasien udah harus siap-siap satu jam menjelang tindakan ?  Tindakan yang dimaksud adalah operasi.  Dari tadi malam irma perhatikan para suster di sini selalu bilang ‘tindakan’ untuk ‘operasi’.  Nggak tau maksudnya apa.  Mungkin biar beda sama operasi militer kali …. Hihihihihihihihi


Paaas irma nutup telpon Wahyudi datang.  Lho, Wahyudi nggak kerja ya hari ini ?  Trus data yang diminta Sacho gimana ?


‘Tadi malam kunci (laci) aku lempar aja ke mejanya Pak Yadi. Kalau dia lihat kunciku di mejanya dia tau aku nggak masuk,’ kata Wahyudi.  Oh gitu.  Enak ya, punya anak buah yang bisa diandalkan saat kita nggak ada.


‘Teteh lagi di Gondangdia. Keretanya kelewatan,’ Wahyudi bacakan SMS yang diterimanya.


Haaaah, Gondangdia ?  Tadi katanya di Cawang.  Gimana siiihh ?  irma jadi kesal.  Belum hilang kesal irma akan hal ini, irma dapat SMS dari Bu Isna kasih tau pagi ini Mama berangkat ke Jakarta naik kereta bareng Adik Diella.  Dari Stasiun Jatinegara nanti Mama langsung ke rumah sakit.  Jadi saat irma sadar nanti Mama udah di samping irma.


Arrrrgggghhhhhhhhh …………. !!!!!!!!!!!  Ini kan rumah sakit !  Ngapain sih bawa-bawa anak kecil ?  Mending nggak usah ke sini sekalian !


Irma masih keseeeeeeeeelllllllll banget waktu Teteh masuk kamar irma dengan terengah-engah. 


‘Hhhhh … capek. Tadi sampe nelpon ke sini, ‘Suster, tunggu dulu dong. Adik saya jangan dioperasi dulu. Tungguin, saya masih di jalan.’  Hihihihi.’


Ketawa Teteh langsung berhenti lihat muka irma tertekuk.


‘Kenapa ir ?’


‘Ngapain sih Mama ke sini bawa-bawa Diella ??’


‘Umm … yah perjanjiannya sekarang Diella nggak boleh ditinggal sendirian di rumah. Kan anak kost di rumah cowok semua.’


Dengar itu kesal irma agak berkurang.  Tapi kenapa juga harus dibawa ke rumah sakit ?  Ibunya ke mana ?  Kerja ?


‘Di, nanti kamu tolong antar Diella ke Depok ya ?’


‘Iya,’ kalem Wahyudi berkata.  Heran deh, kok bisa-bisanya dia tetap tenang gitu sementara irma udah senewen gini ??  Bener-bener deh tuh anak.  Cool …


irma, Teteh dan Wahyudi lanjut nonton TV.  Udah jam sembilan.  Kok belum dipanggil juga ?  Wahyudi pamit mau cari kopi ke kantin.  Baruuu aja Wahyudi pergi, datang seorang perawat menghampiri irma.


‘Irma … sekarang kita mau jalan-jalan … yuk, kamu tiduran aja di tempat tidur,’ ramah ia berkata.


Irma nitip kunci lemari ke Teteh.  Teteh ikut nganter irma ke ruang operasi di lantai 4.  ‘Ibu tunggu di luar aja ya,’ perawat yang dorong tempat tidur irma menutup pintu ruang operasi.


Oh ternyata itu bukan ruang operasi.  Tapi ruang persiapan dan pemulihan.  Di sana irma ditangani sama Suster Atiek.  ‘Ibu berdoa ya,’ katanya waktu menyiapkan obat-obatan dan perlengkapan buat irma operasi.  Iya Suster, irma mengangguk.


Irma perhatikan sekeliling.  Di meja pojok sekumpulan dokter berkumpul.  Dokter Agoes udah di sana.  Ia melambaikan tangannya kepada irma.  Irma balas dadah-dadah.  Para dokter itu mengenakan baju dan celana hijau tua, hair cap hijau spunbond hijau muda dan masker hijau muda juga.  Suster Atiek juga pake baju dan hair cap yang sama.  Tapi dia nggak pake masker yang menutupi hidung dan mulut.


Di sebelah irma ada ibu-ibu yang baru sadar setelah operasi.  Tampangnya masih mengantuk dan ia minta punggungnya digarukin karena gatal.  Suster Atiek bilang itu pengaruh obat bius.  Kakinya yang masih baal juga pengaruh obat bius yang belum hilang.


Dari pintu hijau tua di sebelah meja pojok keluar masuk orang-orang berpakaian seperti para dokter dan Suster Atiek.  Mungkin memang seperti itu seragam yang harus dikenakan di dalam ruang operasi ya.  Melihat kesibukan mereka hilir mudik – ada yang bawa obat, dorong tempat tidur berisi pasien, geret tiang infus – irma jadi ingat film seri ER (Emergency Room).  Bedanya di sini nggak ada George Clooney yang senyumnya bikin hati cewek klepek klepek klepek …


Suster Atiek kesulitan menemukan nadi untuk pasang jarum infus di tangan irma.  Tau irma kerja sebagai auditor, Suster Atiek berkomentar, ‘Aduh Bu Irma auditor. Jalan-jalan melulu. Pembantunya di rumah tiga. Makanya susah bener nemuin nadinya.’  Lho emang apa hubungannya jalan-jalan dengan urat nadi ?  Lagian irma kan nggak punya pembantu.  Apa-apa dikerjain sendiri.  Anak kost gitu loh !


‘Berdoa ya Bu,’ kata Suster Atiek lagi setelah berhasil memasang jarum infus.  Iya Suster.  Dari tadi juga saya berdoa, kata irma dalam hati.


Suster Atiek hilir mudik lagi mempersiapkan perlengkapan.  Yang sudah siap ditaruh di dekat kaki irma.  Irma lihat termometer di dinding tunjukkan temperatur ruangan 20 oC.  Tumben irma nggak hachi-hachi (maksudnya bersin-bersin).  Biasanya di temperatur 25 oC aja irma udah kedinginan.


‘Bu Irma masih bisa jalan ?’ tanya Suster Atiek.


Irma mengangguk.  Suster Atiek mengajak irma pindah ke tempat tidur di ujung ruangan, dekat pintu hijau tua.  Tempat tidur yang ini sempit, cuma beda dikit sama lebar badan irma.  Dan nggak ada pagar pinggirannya.  Tempat tidur ini juga warnanya hijau tua.  Hampir semua peralatan di ruangan ini warnanya hijau.  Wah kalau ada Nani sang pencinta hijau mungkin dia bakalan betah.  Hijau gitu loh !


‘Ibu berdoa ya Bu,’ kata Suster Atiek lagi saat membantu irma berbaring di tempat tidur hijau tua itu.  Ya ampun ‘ni suster, dari tadi itu melulu yang dia bilang ?  Kayaknya Suster Atiek ngerasa irma heran dengan kata-katanya barusan.  Dia lalu tertawa.  ‘Dari tadi disuruh berdoa melulu ya ? Biar Ibu tenang. Jadi dokter nya bekerja, Ibu membantu dengan doa.’  Oh gitu maksudnya.  Iya deh.  Tapi doa-doa apa lagi yang harus irma bacakan ?  Yang terngiang-ngiang di benak irma cuma satu, ‘Laa haula wa laa kuwwata illa billah.’  Itu doa yang selalu irma bacakan sebelum berangkat pergi.


Udah hampir jam sepuluh tapi belum ada tanda-tanda irma mau dipindahin ke kamar operasi.  Dokter Agoes masih di meja pojok, menelpon dan ngomong dengan teman-temannya.  ‘Cepetan dong, pasienku udah siap nih,’ kata dia kepada seorang rekannya.  Ternyata kamar operasinya penuh terpakai.  Memang sudah dijadwalkan irma untuk operasi jam 9.  Tapi rupanya ada kasus emergency jadi kamar operasinya dipake semua.


‘Ok Dok, udah siap nih. Saya bawa ke dalam ya,’ tiba-tiba dari pintu hijau tua keluar seorang pria menuju tempat tidur irma.  Ia mendorong irma melewati pintu itu maka sampailah irma di suatu ruangan yang dikelilingi beberapa bilik.  Di salah satu bilik irma lihat beberapa orang berdiri mengerubungi sesuatu.  Mungkinkah mereka sedang melalukan operasi ?


irma didorong ke bilik sebelah kanan.  Lalu tempat tidur irma dijejerkan dengan tempat tidur di sana.  Tiga orang memegang kain hijau tua di bawah punggung irma, bersiap menarik.  ‘Geser pantatnya,’ seorang di antara mereka berkata.  Oh maksudnya agar irma berpindah ke tempat tidur itu.  Irma bergeser ke sana lalu tempat tidur hijau yang sebelumnya mereka dorong keluar.


Seorang petugas menarik tangan kiri irma dan meletakkannya di atas semacam bantalan.  Ia menyuntikkan suatu cairan melalui jarum infus di tangan kiri irma.  Seorang petugas lagi mengeluarkan tangan kanan irma dari baju operasi.  ‘Maaf ya,’ ia menempelkan piranti monitor jantung ke dada irma.  Tangan kanan irma diletakkan di atas bantalan juga.  Jadi sekarang irma berbaring dengan kedua tangan terentang.  Pasrah deh mau diapain.


Dinding-dinding kamar operasi berwarna hijau tua, sama seperti tempat tidur dan pakaian dokter dan petugas kamar operasi.  Irma ingat cerita Wahyudi waktu ia dioperasi pengangkatan batu di saluran urine.  Wahyudi bilang kamar operasinya warna hijau tua.  ‘Aku serasa masuk dalam gua,’ begitu katanya.  Tapi kalau irma sih nggak merasa masuk gua.  Irma ngerasanya … ya seperti di dalam kamar operasi !


Seorang perempuan berkacamata masuk ke dalam kamar operasi irma.  Ia lagi ngobrol via handphone.  Tiba-tiba irma merasa pusing.  Mungkin obat biusnya mulai bekerja.  Irma pejamkan mata.  Nggak usah dilawan, nggak usah dilawan, kata irma dalam hati.  Abis gitu irma nggak sadarkan diri.


Waktu terbangun, irma udah di ruang persiapan dan pemulihan tadi.  Irma coba gerak-gerak kaki.  Bisa !  Nggak baal seperti ibu yang tadi pagi di sebelah irma.  Pandangan irma masih belum fokus.  Tapi irma bisa lihat jam dinding di dekat meja pojok tunjukkan pukul dua belas kurang sepuluh.  ‘Eh irma udah sadar,’ kata Suster Atiek yang sedang menangani pasien di sebelah kanan irma.  Irma cuma bilang bergumam pelan lalu pejamkan mata lagi.  Tapi irma nggak tidur. 


Ada mesin di atas kepala irma berbunyi-bunyi secara periodik.  Setelah beberapa kali buka mata – merem – buka lagi, akhirnya pandangan irma fokus juga.  Udah jam 12.15.  Nggak berapa lama Suster Atiek memanggil dua orang perawat untuk membawa irma kembali ke kamar 704.


Suster Atiek bacakan instruksi dokter kepada kedua perawat tadi,  ‘Kasih … (Suster Atiek sebutkan beberapa nama obat), kalau udah nggak mual lagi boleh minum dan makan lunak. Jaringan dibawa ke PA.’


Kembali ke kamar 704.  Teteh udah menunggu di sana.  Dan Mama.  Tampang Mama capeeeekkk sekali.  Tapi Mama masih bisa tersenyum lihat irma dadah-dadah waktu irma lihat Mama.


Irma nggak kepengen minum, apalagi makan.  Irma pengennya tidur.  Ngantuuuukk banget.  Mungkin masih di bawah pengaruh obat bius.  Abis sholat Dzuhur dalam kondisi berbaring irma tidur.  Cuma Mama yang jaga.  Teteh ke tempat kost irma buat istirahat.  Nanti sore dia ke rumah sakit lagi untuk nemenin irma.  Tapi sebelum pulang irma minta Teteh beliin makan siang buat Mama.  Jadi Teteh ke bawah, beli gado-gado di depan rumah sakit.  Trus Teteh makan nasi rames di kantin.  Gado-gadonya dibawa ke atas buat Mama.


‘Ayo Ma, makan. Habisin,’ kata irma sama Mama.


‘Haaa banyak kali. Berdua ya Teh,’ Mama minta bantuan Teteh.


‘Nggak boleh ! Harus habis sama Mama sendiri ! Nih kalau habis nanti irma kasih uang sepuluh ribu.’


Hehehehehe … kalau nyuruh Mama makan kudu pake diancem.  Tapi ngancemnya yang enak-enak kayak gini.  Cuma becanda sih.  Tapi ampuh juga.  Habis juga tu gado-gado.


‘Udah habis ya ? ir, Teteh pulang sekarang ya,’ kata Teteh setelah Mama selesai makan.


‘Jadi kau nungguin di sini buat mastiin makanku benar-benar habis ya ?’ tanya Mama.


‘Iya Teh, tolong lihatin. Betul nggak bener-bener habis ?’ pinta irma.


‘Nih,’ dengan gemas Mama menunjukkan kotak styrofoam bekas gado-gado yang udah kosong.  Oh betul habis !  Bagus.  Berarti irma utang sepuluh ribu ke Mama.  Nanti ya kalau irma udah boleh bangun dari tempat tidur.  Sekarang irma mau tidur.


Baru sebentar tidur irma udah terbangun lagi.  Hei, ada Mamak Saiful datang !  Tadi pagi sebelum berangkat ke Jakarta Mama nelpon Mamak, kasih tau hari ini irma dioperasi.  Ternyata siang harinya Mamak langsung ke rumah sakit.  Padahal katanya siang ini Mamak ada rapat ?


Mamak tanya kondisi irma.  Abis gitu ngobrol sama Mama tentang pulang ke kampung Nenek di Tamtaman, Palembayan tanggal 7 – 14 Juli nanti.  Trus Mamak juga bilang irma nggak usah ditungguin di rumah sakit, kan udah besar.  Hihihihihi … irma sih mau aja nggak ditungguin.  Tapi Mama mana mau.


Abis Mamak pulang irma tidur lagi.  Terbangun sore waktu Wahyudi datang.  Wahyudi abis ngantar Diella ke rumah Teteh di Depok.   Tadi Diella nggak boleh masuk sama Satpam.  Untung Wahyudi lagi jalan-jalan di bawah waktu lihat Mama dan Diella sampai rumah sakit.  Jadi Diella duduk di ruang tunggu lobby ditemenin Wahyudi, sementara Mama naik ke lantai 4 menemui Teteh.


Menjelang Maghrib bapaknya Rizqi datang.  Tadinya bapaknya Rizqi mau ketemu Teteh sebelum pulang ke Depok.  Tapi sampai jam setengah sembilan malam Teteh belum datang juga.  Masih di Pejaten !  Olala … jam berapa mau sampai rumah sakit ?  Jadi bapaknya Rizqi pulang tanpa ketemu istrinya.  Mama ikut ke Depok juga.  Tadinya Mama pengen jaga irma di rumah sakit.  Tapi irma bersikeras Mama harus pulang.  Kalau di rumah sakit nanti Mama mana bisa istirahat ?  Kan di sini nggak bisa tidur.  Mana AC nya dingin banget lagi !  Mama kan nggak kuat AC.  Lagipula Teteh mau ke sini kok, nemenin irma malam ini.


Wahyudi nemenin irma sampai Teteh datang.  Rupanya tadi Teteh tidurnya kebablasan sampai hampir jam tujuh malam.  Capek banget ya.  Atau persiapan karena di rumah sakit bakalan nggak bisa tidur ?  Hihihihihihi …


Waktu mau tidur irma baru lihat tadi ada SMS masuk.  Dari Bu Wisda.  ‘Ass. Kpn selesainya cerita perjalanan kita ananda ? Ibu sdh pingin bgt baca makan mlm di Gedung Negara tempatnya yg sgt indah bukan kah bgt nak Irma ? Wassalam’


Aduh !  Tulisan irma udah ditanyain.  Padahal irma masih harus bed rest.  ‘Insya Allah Senin ya Bu,’ irma balas SMS Bu Wisda.


‘Uda Indra yg di Sangata barusan tlp ibu nanyain laporan Irma padahal ibu br aja sms kesini wah bnyk yg nunggu oiy  mana tahaaan siapa dulu anaknya tengkiu ya nak.’


Hiks hik, irma juga mana tahaaan tak berdaya begini L


Kamis, 29 Juni 2006


Irma masih tidur waktu dokter Agoes datang ke kamar.  Ia nanya kondisi irma dan melihat bekas operasi kemarin.


‘Ususnya susah,’ komentarnya.


Oh ya ?  Melawan ya dia, nggak mau dikeluarin ??


Dokter Agoes bilang irma udah boleh duduk dan mulai berlatih jalan pelan-pelan.  Horeeeee … berarti bisa nulis dong J  irma lalu SMS Henny minta tolong bawain laptop kalau nanti teman-teman kantor ke sini.  Sebenarnya laptop kecil irma udah dibawa ke rumah sakit.  Tapi foto-foto PTD Cheribon – Linggardjati kemarin adanya di laptop kerja irma yang di kantor.  Kalau bikin catatan perjalanan tanpa foto rasanya gimanaaa gitu.  Kurang seru !


‘Ir, lu mau dibawain apa ?’ telpon Henny sekitar jam 11.


‘Coklat !’


‘Coklat ?’


‘Iya. Coklat. Abisnya perut gue eneg, mual mulu. Makan yang manis-manis macem coklat kan enak.’


‘Ya udah. Coklat apaan ?’


irma kasih tau nama coklat kesukaan.  Ciri-cirinya, warna bungkusnya, plus lokasinya kalau Henny mau beli di Hero depan kantor.  Hehehe detil banget ya.


‘Lu mau buah nggak ?’


‘Oh iya. Di Hero lagi sale buah-buahan ya. Mau.’


‘Apa ?’


‘Apel.’


‘Apel yang mana ?’


‘Apel merah.’


‘Gue mau beliin anggur. Lu mau nggak ?’


‘Mau.’


‘Anggur yang mana ?’


‘Yang mana aja. Ungu boleh. Hijau boleh.’


‘Ya udah. Ntar gue ke sana ya.’


Iya.  Makasih J


Mama datang dari Depok.  Sendiri !  Huaaaaa … dasar Mama !  Asal udah tau angkotnya, ke mana aja bakal didatangi !  Teteh ngomel-ngomel Mama jalan sendiri.  Tapi Mama cuma cengengesan aja.


Karena irma udah boleh duduk dan jalan-jalan sekitar kamar, irma bilang nanti malam irma nggak usah ditungguin lagi.  Kalau gitu nanti Teteh bisa langsung pulang ke Depok bareng Mama.  Mama bersikeras pengen nemenin irma di rumah sakit nanti malam.  Tapi baik irma maupun Teteh lebih bersikeras lagi melarang Mama jaga di rumah sakit.  Dua lawan satu, mana bisa menaaaaang … hehehehehe


Jam dua belas siang teman-teman kantor irma datang.  Henny, May, Bu Ratih, Bu Anita dan Bu Desti.  Bu Desti langsung lapor dia udah nyelesaiin laporan yang tadinya mau irma bikin.  Maaf ya, irma nya keburu masuk rumah sakit duluan.  Jadi nggak bisa bantu.  Trus mereka tanya-tanya tentang sakit irma.  Jadi irma ceritain kronologisnya mulai dari sakit waktu audit di Balaraja sampai operasi kemarin.


Cuma setengah jam mereka bezoek irma.  Musti buru-buru balik ke kantor abisnya mobilnya mau dipake jemput auditor.  Sekali lagi kita salam-salaman dan saling sun pipi kiri pipi kanan.  Makasih ya, makasih banyak.  Terutama buat Henny yang udah berat-berat bawain laptop kerja irma J


Tapi laptopnya nggak irma pake sekarang.  Pakenya nanti aja saat mulai ngedit-edit gambar.  Irma minta pulang nanti Teteh mampir dulu ke tempat kost irma buat naro laptop itu.  Nggak berani nyimpen laptop kantor di rumah sakit.  Kalau hilang atau ada apa-apa, gimana ??  Sedih banget kalau nggak bisa beli tapi harus bisa ganti L


Jam tiga sore irma ‘usir’ Mama dan Teteh agar segera pulang.  Bukan apa-apa, kalau udah jam lima jalan raya Pasar Minggu menuju tempat kost irma macet abizzzz.  Lebih baik mereka segera berangkat.  Mama masih memohon-mohon agar irma perkenankan Mama nemenin irma malam ini.  Ah … udah lah Ma,  pulang aja.  Biar Mama bisa istirahat.  Lagipula di Depok kan Mama bisa main-main sama Adik May.  Teteh juga nggak pa-pa kok irma sendirian malam ini.


‘Tapi kan nanti kau kesepian,’ Mama menunjuk tempat tidur sebelah yang kosong.  Naomi – pasien sebelah – udah pulang tadi pagi.


Nggak pa-pa.  Irma mau lanjut nulis.  Kalau banyak orang irma malah nggak bisa nulis.


Mama cium pipi irma kiri dan kanan sebelum pulang.  Lalu irma dadah-dadah sama Teteh dan Mama sampai mereka keluar kamar.  Abis gitu irma buka laptop.  Bersiap lanjut nulis.  Tapi di tivi lagi ada film bagus, ‘Outbreak’, tentang virus mematikan yang menyebar dari Afrika ke Amerika.  Pemerannya Dustin Hoffman, Rene Russo dan Cuba Gooding Jr.  Bagus tu film.  Biarpun udah beberapa kali nonton tapi irma nggak pernah bosan untuk nonton lagi.  Jadi sekarang … nonton dulu ah J


Jumat, 30 Juni 2006


‘Hi..lg apa? Di mitra jatinegara di kmr berapa ? Aku memungkinkan siang ini mau dtg ? Jam bezoek jam berapa –bebas ?’ bunyi SMS dari Pak Leo yang irma terima pagi ini.


‘Hai jg. Lg bengong di kmr 704. Jam berkunjung pasien 10.30 – 12.00 & 18.30 – 20.00 ,’ balas irma.


Jam setengah dua belas Pak Leo datang.  Sendiri.  Pake jaket hitam dan bawa mangga.  Asiiiiikkkk … mangga !  Pak Leo tau aja irma suka sekali mangga J  Lalu kita ngobrol-ngobrol.  Irma duduk di tempat tidur sedangkan Pak Leo duduk di kursi sambil nonton tivi.  Di MetroTV lagi acara Oprah Show bahas makanan dan kesehatan.  Selain bahas acara tivi itu, sakitnya irma, dan pengalaman Pak Leo mengaudit rumah sakit di Batam, kita juga bahas foto pertempuran Iwo Jima yang terkenal.  Awalnya karena kemarin irma SMS Pak Leo, tanya tentang pertempuran Iwo Jima saat Perang Pasifik.  Irma perlu info buat tulisan irma tentang PTD Cheribon – Linggardjati.  Apa hubungannya Iwo Jima dengan Cirebon ?  Hehe, sebenarnya cuma buat ngomentarin foto Adep yang lagi megang bendera Batmus.  Cara dia megang tiang bendera mengingatkan irma akan foto Iwo Jima.  Foto Iwo Jima yang menggambarkan serdadu Amerika menegakkan bendera Amerika Serikat itu diabadikan oleh Joe Rosenthal dari Associated Press pada kurun waktu 16 Februari – 26 Maret 1945.


‘Ok lah, aku balik dulu ya,’ jam dua belas Pak Leo pamit pulang.


Mau balik lagi ke kantor ya.  ‘Makasih ya, salam buat teman-teman di sana.’


‘Iya. Tadi Pak Henry, Bu Sabrina, titip salam buat kau.’


Irma tersenyum.  Senang rasanya mereka masih mengingat irma.  Walaupun sekarang kita bekerja di perusahaan yang berbeda.  Kompetitor malah.


Waktu irma lagi makan siang, Mama dan Teteh datang.  Mama udah makan belum ?  Pasti belum.  Teh, beliin gado-gado buat Mama lagi dong.  Teteh lalu ke bawah, makan nasi soto di kantin dan beli gado-gado buat Mama.


‘Ayo Ma, habisin.  Kalau habis, nanti irma kasih lima puluh ribu, digabung sama yang kemarin,’ irma taruh selembar uang kertas warna biru gambar I Gusti Ngurah Rai di meja tempat Mama makan.  Hahahahaha … Teteh ketawa lihat kelakuan irma.  Mama sendiri senyum-senyum aja sambil makan.  Makannya pelan-pelan tapi nggak pa-pa yang penting habis.


Jam setengah dua siang baru dokter Agoes datang.  Seperti biasa nanya kondisi irma dan mengecek bekas operasi.  ‘Udah boleh pulang nih. Mau pulang kapan ?’ tanyanya kemudian.


Ah, beneran ?  Boleh ?  Maunya sih pulang sekarang.  Dokter Agoes lalu kasih tau sama perawat yang mendampinginya untuk menyiapkan kepulangan irma.  Termasuk perubahan obat dari yang disuntik via jarum infus ke obat oral.  Nanti perban yang menutupi bekas luka diganti dengan perban plastik jadi irma bisa mandi dengan enak.  ‘Belum mandi kan ?’ hidung dokter Agoes mengendus-endus.  Udah !  Tadi pagi mandi diseka pakai washlap basah.  Irma mandi sendiri lho, nggak dibantu suster lagi.


‘Ini tiga generasi ya ?’ dokter Agoes melihat irma, Teteh dan Mama.


‘Iya,’ spontan irma jawab.


‘Iya lagi. Bukan !’ Teteh membantah.


Oh iya, maaf salah.  Ini cuma dua generasi, ibu dan anak.  Tapi sejak pertama ketemu dokter Agoes nyangka irma tuh anaknya Teteh.  Jadi wajar aja sekarang dia ngira Mama itu neneknya irma.  Hahahahahaha.  Teteh nya yang tampang tua, atau irma nya yang baby-face ?  Hihihihihihi J


Kata Teteh, pulangnya setelah makan malam aja.  Maksudnya biar irma di rumah nanti tinggal tidur.  Jadi kita lanjut nonton tivi.  Lumayan selama di rumah sakit bisa nonton saluran HBO.


Irma kasih tau Wahyudi kalau irma pulang dari rumah sakit malam ini.  ‘Ok, nanti aku ke sana ya,’ kata Wahyudi di telpon. 


Maghrib Wahyudi sampai di rumah sakit, sambil nenteng tas plastik isi baju kerja kotor.  Barang-barang irma udah rapi dikemas.  Sebenarnya bawaan irma cuma dua ransel.  Tiga lah sama laptop kecil dan bahan tulisan PTD Cheribon – Linggardjati.  Tapi tentengannya Mama dan Teteh banyak banget !  Nggak kira-kira mereka bawa belanjaan mulai dari minyak goreng, sabun sampai snack ringan macam Chitos.  Gini nih ibu-ibu kalau sebelum ke rumah sakit nyimpang dulu ke pasar swalayan.  Sekalian belanja ! L


Teteh dipanggil Suster Sonda untuk menyelesaikan administrasi dan pembayaran.  Irma kasih kartu asuransi irma ke Teteh lalu Teteh bergegas ke counter administrasi rawat inap di lantai dasar.  Balik-balik dia bawa berkas-berkas yang harus irma tandatangani.  Ternyata itu perincian biaya operasi dan perawatan selama di rumah sakit.  Haaaa … 12.875.431,67 rupiah untuk operasi dan empat hari nginap di rumah sakit ?!!!!!!   Glek.  Alangkah mahalnya harga sepotong usus buntu L  Untung ditanggung asuransi !


 


Hero Building Jakarta, 13 July 2006


Huuu huuu tadi lihat anak-anak lt 7 naik sepeda enak banget … L


 


 

3 comments:

  1. Huuu huuu tadi lihat anak-anak lt 7 naik sepeda enak banget … L

    Gak usah ngiri, sabaaaar... sabaaaar , nanti2 kan bisa gabung lagi sama mereka. Sepedanya mo istirahat juga tuh, he...he..

    ReplyDelete
  2. " sehebat hebatnya seseorang, setinggi tingginya kekuasaan seseorang, jika ia tidak menulis, maka suatu saat ia akan akan hilang ditelan oleh sejarah". ( Pramudia Ananta Toer )

    if you are interesrting in writing, do not be doubt to write a book. i my self are doing it. dana_st123@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  3. absolutely, it's my dream ! i'm working on my book. it has been since beginning of this year. but the story is not finished yet, since it's always interrupted by other writings (reports, journal).

    anyway, thanks for your advice. it is very nice :)

    ReplyDelete