Sunday, May 20, 2007

ada anak bertanya pada ibunya ...

 


Sekali waktu saya dan seorang teman naik angkot 61 jurusan Pasar Minggu – Pondok Labu.  Seorang remaja laki-laki – kayaknya sih anak SMA – di depan saya tiba-tiba berkata pada ibunya, ‘Mak, naik sepeda ke tempat kerja asik lho !  Ke sekolah juga asik.’


 


Sempat bingung kenapa ujug-ujug (tiba-tiba) anak itu ngomong begitu.  Padahal sebelumnya dia ngebahas hal lain sama ibunya.  Saya baru ngeh ternyata di ransel teman saya ada pin B2W.  Pin B2W saya dipasang di sepeda. 


 


Lalu emak nya itu ngomentarin, ngapain sih naik sepeda ?  Capek.  Keringatan.  Kalau kena debu dan asap juga, mendingan naik motor aja.  Eh si anak menjawab, ‘Idiiih Mak, sapa bilang ?  Naik sepeda tuh keren lagi.  Nih ya, si … (dia sebutkan nama seseorang, mungkin temannya), sejak dia pake sepeda ke mana-mana, badannya jadi nihh (dia mengacungkan jempol).  Si … (dia sebut satu nama lagi), pake motor, yaahh … badannya jadi letoy gitu.  Kagak ada keren-kerennya.’


 


Ibu dan anak itu makin seru berdebat sepeda vs motor.  Anaknya pro sepeda, ibunya dukung motor.  Saya jadi tersenyum lihat kelakuan mereka berdua.  Waktu turun dari angkot masih sempat saya dengar ucapan si anak kepada ibunya, ‘Ya Mak ya, beliin sepeda aje ye ??  Nyang bekas juga kagak ape-ape …’


 


Andai sepuluh persen aja anak sekolah di Jakarta berpikir seperti dia, makin banyak deh sepeda berkeliaran di jalan raya.  Jakarta pun nggak bakalan berkabut asap lagi   J


 


 

16 comments:

  1. setuju, Ma...
    gue ada niat mau gabung B2W segera.. Rodex :)

    ReplyDelete
  2. rombongan depok ya ... bareng dong ;)

    ReplyDelete
  3. tapi naik sepeda di jkt sama aja bunuh diri, asap bis yg udah ga terbakar sempurna masuk ke paru2 kita, ampun deh...

    ReplyDelete
  4. dan Irma pun siap bersepeda lagi :D

    ReplyDelete
  5. wah, ani ngomong kayak gini ke komunitas B2W sama aja dengan lempar bensin ke api. bakalan abis ditanggapin.
    selama ini belum terbukti bersepeda di jakarta = bunuh diri. lebih banyak yang bunuh diri karena frustrasi, bukan karena bersepeda :D

    intinya gini ni, yang bikin jakarta polusi adalah kita. yang bisa bikin jakarta bersih, ya kita-kita juga. kalau nggak bisa bikin bersih, ya jangan bikin kotor. kalau nggak mau ikutan bersepeda, setidak-tidaknya dukunglah mereka yang sudi dan dengan penuh kerelaan hati bersepeda. mendukung bisa dalam bentuk kata-kata yang optimis membangkitkan semangat, bukan pesimis :D

    ReplyDelete
  6. Salah satu cara untuk mengurangi polusi yang masuk ke paru-paru adalah menggunakan masker atau mencari jalan-jalan kecil yang tidak begitu padat.
    Selain pengguna sepeda, pengguna jalan lainpun juga akan terpapar polusi juga. Pengendara motor, pengguna kendaraan umum maupun pejalan kaki.

    *btw, salam kenal tante irma. Dalam tempo beberapa jam, pasti akan banyak temen2 b2w yang menanggapi pernyataan tante Ani ini :). Tapi insya allah kami menanggapi dengan tujuan yang baik kok*

    ReplyDelete
  7. Beliau ini gak tahu mungkin, padahal kalo naik bisnya lebih "bunuh diri" lagi.
    atau kalau beliaunya naik mobil pribadi dan ber AC, hukumnya juga membunuh diri orang, mungkin tidak sekarang but for next generation.
    Mendingan ikutan Stop Global Warming dengan ikut bersepeda degh mbak....

    ReplyDelete
  8. tidak hanya bunuh diri, juga nekat. gendheng, ga ada kerjaan, ngrepotin doang......dulu kosakata demikian juga muncul dalam benak saya ketika melihat ada orang yg bersepeda di jakrta nan polusi dan macet ini.....

    sekarang, setelah hampir satu tahun bersepeda, ternyata pendapat saya keliru besar, harus diakui mereka (b2w'ers) sesungguhnya adalah orang cerdas krn lebih hemat, peduli krn stop global warming, sehat krn berolahraga, pintar krn saving energy, dan akhirnya membuat hidup lebih bergairah dan optimis.....

    mengenai asap masuk paru2, gampang koq, dengan tetap olahraga bersepeda, asap nan racun itu akan otomatis terpompa kembali keluar, dibanding yg tidak berolahraga...atau pake masker, beres perkara!

    ReplyDelete
  9. yak betul ! waktu irma harus cuti B2W karena abis operasi, kerasa banget badan irma jadi kurang fit. beda banget dibanding waktu aktif bersepeda. yuk yuk yuk, gowes lagi :D

    ReplyDelete
  10. jadi judulnya bunuh diri masal dong penduduk jkt???

    soale bukan nyang naek peda aja yang nyedot tuh polusi, nyang naek motor, nyang jalan kaki di trotoar, nyang nunggu bis di halte, nyang naik angkot desek2 an, nyang ngatur lalin, ampe nyang ngasong juga podo wae nyedot segala macem asep (bis, motor, sedan mewah, sedan butut, dll).

    berhubung nyang naik peda berangkatnya subuh (relatif udara lebih bersih) en lewat jalur ramah lingkungan, plus saringan congor aka masker jadi judulnya bukan bunuh diri kan malah ngurangin orang bunuh diri...

    gitu lho jeng.......

    ReplyDelete
  11. di Jakarta emang pembunuhan masal :D
    agh.. jd pengen naek spedah

    ReplyDelete
  12. wah, pada protes semua nih... sori, ini kan cuma pendapatku aja, soalnya ngeliat asap bis2 yang ada di jakarta. pake masker aja mungkin cuma mengurangi.

    ReplyDelete
  13. maklum kok kalo ga tau .... tapi apa masih mau bunuh diri jalan2 di jkt tanpa masker?? dan mendingan ngurangin kan dari pada nambah2 in.
    ??

    Dibawah ini ada penelitian dari negara tetangga ...
    memang polusinya disana ga separah di sini, tapi untuk perbandingan tingkat keracunanya, kan bisa disimpulka sendiri

    Differences in cyclists and car drivers exposure to air pollution from traffic in the city of Copenhagen.

    Rank J, Folke J, Jespersen PH.
    University of Roskilde, Department of Environment, Technology and Social Studies, Denmark. jr@ruc.dkThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it

    It has frequently been claimed that cycling in heavy traffic is unhealthy, more so than driving a car. To test this hypothesis, teams of two cyclists and two car drivers in two cars were equipped with personal air samplers while driving for 4 h on 2 different days in the morning traffic of Copenhagen. The air sample charcoal tubes were analysed for their benzene, toluene, ethylbenzene and xylene (BTEX) content and the air filters for particles (total dust). The concentrations of particles and BTEX in the cabin of the cars were 2-4 times greater than in the cyclists' breathing zone, the greatest difference being for BTEX. Therefore, even after taking the increased respiration rate of cyclists into consideration, car drivers seem to be more exposed to airborne pollution than cyclists.

    artikel selengkapnya sila baca disini
    http://www.b2w-indonesia.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=50&Itemid=2

    ReplyDelete
  14. ada asap, karena ada bis. eh, tapi bukan cuma bis lho. kendaraan pribadi juga banyak yang nyumbang asap. mobil, motor, kan banyak juga yang asapnya hitam ngebul. ayoooo ... coba cek emisi kendaraan masing-masing :)

    ada asap, karena ada kendaraan bermotor. kendaraan ini bisa jalan, karena ada bbm. jadi kalau nggak pengen ada asap di jakarta, ya ................... bbm nya aja yang dihilangin. hihihihihi, pasti pada misuh-misuh kalau satu waktu jakarta sama sekali nggak punya bbm. tapi bagusnya ke mana-mana orang jadi pada jalan kaki. atau pake sepeda :D

    atau mungkin juga malah orang jadi males ngapa-ngapain. alasannya capek. eh tapi kan orang-orang tua kita duluuuuuu juga biar nggak ada kendaraan tetap bisa berkarya. nggak tergantung sama bbm. masa' kalah sih sama orang-orang jaman dulu. malu akh ... :D

    ReplyDelete