Monday, November 9, 2009

kepiting, the Beatles, dan sepeda di akhir minggu

 

“Udah ir makannya, jangan kebanyakan.  Nanti lagi aja.”

 

 

Minggu lalu irma tugas audit lima hari di Balikpapan.  Letih menunggu penerbangan yang ditunda hingga tengah malam, Sabtu jam 3 dini hari irma baru tiba di rumah.  Pffff ... enaknya pulang.  Kamar hotel memang bagus.  Tapi kamar di rumah lebih nyaman.  Nggak ada yang ngalahin deh.  Home sweet home.

 

Menjelang jam dua siang baru bangun.  Wuihh, baru kali ini bangun sesiang itu.  Lapar euy.  Tapi belum sempat masak.  Sebenarnya kulkas pun lagi kosong.  He eh, hampir seminggu irma nggak di rumah jadi nggak ada yang belanja.  Buat Wahyudi lebih praktis pulang kerja mampir ke warung nasi dan makan di sana daripada belanja bahan makanan lalu masak di rumah.

 

Eits, tapi kan irma bawa kepiting saos lada hitam, salah satu oleh-oleh khas Balikpapan.  Jadilah siang itu kami makan kepiting.  Eeennnnaaaaakkkk ... sekali.  Meski seperti Wahyudi bilang, ”Awas kolesterol lho.”

 

Ngutip kata-kata rekan sesama auditor pecinta makan enak, ”Kolesterol ?  Itu sih di lab.”

 

Tapi memang harus berhenti juga.  Karena kalau udah terlalu banyak malah jadi nggak nikmat.  Wahyudi pun mengingatkan, ”Udah ir makannya, jangan kebanyakan.  Nanti lagi aja.”  irma pun mengiyakan dan bereskan kepiting yang masih tersisa banyak.  irma usul berbagi dengan tetangga sebelah tapi Wahyudi bilang, ”Jangan-jangan nanti bapak sebelah malah jadi sakit karena kita kasih makanan kolesterol tinggi begini.”  Oh ya sudah.  Jadi si kepiting masuk kulkas saja.

 

”Besok kita nyepedah yang jauh ya.  Katanya kalau kolesterol harus dilawan dengan olah raga,” ujar irma.  Udah beberapa minggu ini kami nyepedah tiap hari Minggu pagi.  Tapi jarak dekat aja putar-putar komplek sekedar melemaskan otot kaki.

 

Dasar emang masih ngantuk, abis makan kita malah tidur lagi.  Bangun menjelang Maghrib.  Mandi.  Makan malam pake kepiting saos lada hitam lagi.  Sisa yang tadi siang.  Tapi tetap aja masih bersisa.  Banyak.  Heran juga gimana caranya ngabisin kepiting sebanyak itu untuk berdua.

 

Salah satu saluran tivi swasta bahas tentang grup band legendaris kesukaannya Wahyudi, the Beatles.  Tentunya menyiarkan video clip juga.  Kami pun bernyanyi-nyanyi dan menari.  Beatles memang nggak ada tandingannya.

 

Oh please, say to me you’ll let me be your man

And please say to me you’ll let me hold your hand

 

You’ll let me hold your hand

I want to hold your hand

 

And when I touch you I feel happy inside

It’s such a feeling that my love

I can’t hide, I can’t hide, I can’t hide

(the Beatles – I want to hold your hand)

 

Besok paginya abis sholat Subuh yang kesiangan kami pun bersepeda.  “Udah pada berangkat,” seru petugas keamanan saat melihat kami berdua gowes meninggalkan komplek.  Ada cycling community di komplek kami.  Tiap hari Sabtu mereka gowes.  Tapi entah kenapa kok tumben kali ini mereka bersepeda di hari Minggu.  Biasanya hari Minggu mereka pakai untuk istirahat setelah seharian gowes di hari Sabtu.  

 

Wahyudi melambaikan tangan.  ”Nggak ikut rombongan.  Lain kali aja.  Sekarang gowes dekat-dekat sini dulu aja,” serunya kepada petugas keamanan tadi.  Alasan yang sama pun ia ucapkan saat seorang tetangga juga berseru kasih tau rombongan penyepedah sudah berangkat sejak tadi.  Biasanya tetangga itu juga ikutan gowes.  Tapi karena sekarang dia punya anak bayi jadi berkurang frekuensinya bersepeda.  Bisa protes keras istrinya kalau dia nyepedah mulu.

 

Kami bersepeda ke kawasan pemukiman sebelah.  Rencananya mau mampir ke rumah sodara irma di sana.  Tapi sms irma nggak dibalasnya.  Tebakan irma sih, dia masih tidur.  Biasalah, untuk para pekerja dan commuter seperti kami weekend adalah waktu untuk bayar kekurangan tidur.  Mengganti waktu tidur yang kurang di hari kerja karena harus berangkat kerja pagi-pagiii sekali dan malam sekali baru tiba di rumah.

 

Bosan putar-putar seputar pemukiman, irma ajak Wahyudi gowes ke area proyek pengembangan cluster baru.  Di sana blusukan masuki jalan tanah bahkan rumput dan semak-semak.  Asik juga.  Jadi ingat kata-kata yang sering diucap seorang penyepedah contact irma di MP, ”Don’t follow the path, make your own path.”  Tapi abis gitu baru kepikiran sama irma, kalau tiba-tiba dari semak-semak itu muncul ular gimana ya ??  Hiiiii ...

 

Menjelang siang kami pulang.  Capek.  Tapi menyenangkan.  Sampai rumah ... makan kepiting lagi !  Habiskan kepiting saos lada hitam sisa semalam.  Benar-benar habis bahkan si mpus pun cuma dapat cangkangnya saja.

 

Jadi, kapan itu kolesterolnya turun ???

 

 

 

 

 

 

 

 

4 comments:

  1. hahaha.. kepiting kenari ya? kalo seporsi kan emang banyak banget..
    jadi ingat pengalaman konyol akyu dan seorang teman di sana.. masing-masing kita pesan satu porsi.. karena mikir porsinya kecil dan gak akan puas kalo berbagi...
    setelah pesanannya datang.. OMG... glek!

    ReplyDelete
  2. ..biasanya kalo mau turn harus naik dulu, Ma ;)

    ReplyDelete
  3. ya tinggal dihabiskan aja. tapi pasti lama ngabisinnya :D

    ReplyDelete
  4. kalau sudah check ke lab..... baru diet ... :p

    ReplyDelete