Sunday, November 15, 2009

I think I'm so lucky

 

... dikutip dari milis indobackpacker@yahoogroups.com.  baca ini bikin aku merasa makin beruntung karena punya pasangan dengan kesukaan yang sama.  terima kasih ya Allah, atas berkah dan rahmahMu kepadaku ...

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saya telah menikah namun belum memiliki anak. Kami berdua masih kuliah. Sebelum menikah suami sudah tahu hobi saya jalan-jalan, dan dulu sempat sepakat akan sering jalan bareng. Tapi sekarang, selama hampir 2 tahun kami bersama, belum pernah sekalipun kami berdua jalan. Kepala saya mulai panas karena benar-benar tidak diizinkan jalan.

Kami beda persepsi. Bagi dia jalan-jalan adalah reward, Jadi misalnya kami telah melakukan sesuatu yang besar, kemudian dirayakan dengan jalan2. Contohnya ya kalau kami lulus kuliah nanti baru boleh jalan. Tapi itupun bukan seterusnya. Karena kalau kami punya rencana keluarga yang berhubungan dengan financial, jalan-jalan adalah hal terlarang baginya. Pemborosan!

Sementara bagi saya, jalan2 adalah penyegar ketika kepenatan sudah tidak bisa ditoleransi. Beban sebagai pekerja, mahasiswi sekaligus ibu rumah tangga bagi saya harus dieliminir, caranya ya dengan menyalurkan hobi, ya jalan-jalan.
Pandangan kami tidak bisa disatukan atau dikompromikan. Akhirnya sama-sama menganggap pasangan egois.

Ingin memaksanya ikut, tapi dia tidak akan setuju. Ditambah lagi pandangannya yang amat sangat realistis terhadap keuangan. Ingin pergi sendiri, kok rasanya berdosa ya, apalagi kalau suami tidak ridho. Lalu apa kata keluarga besar kalau saya titipkan suami pada mertua, sebab kami belum berumah sendiri. Lagipula saya merasa hampa kalau tidak ada suami, karena saya ingin sekali membagi apa yang saya lihat dan rasakan di perjalanan bersamanya. Tapi apa daya, bahkan tujuan yang dekat-dekat kota tempat tinggal saja tidak diperkenankan. Rasanya kepala ini mau mendidih kelelahan.

Ada yang bilang "makanya jangan cepat2 nikah". Atau "Cari suami yang suka jalan juga dong!". Tapi kan tidak semudah itu. Menikah adalah pilihan hidup, dan orang yang kita cintai kan tidak selalu sama pemikirannya dengan kita.

Rasanya seperti orang patah hati, sedih berkepanjangan. Pernikahan tidak pernah disesali, tapi sedihnya tetap melekat di hati. Tidak bisa juga menyalahkan suami sepenuhnya, sebab pertimbangannyapun tidak salah. Betapa berat rasanya membaca artikel2 tentang keindahan nusantara, sementara entah kapan saya bisa menjajakinya.

 

 

14 comments:

  1. waduh....
    *mikir...mikir....mikir* :D

    ReplyDelete
  2. Amien...you're so lucky Ir...
    semoga kelak aku juga dapat pasangan yang sehobi dan seirama... :)

    ReplyDelete
  3. iya hanny, semoga dikabulkan doanya. seukuran juga kah ? hahaha, seperti aku dengan wahyudi bisa tuker-tukeran baju tapi tentunya dia nggak bakalan mungkin pakai gaun dan rokku :D

    ReplyDelete

  4. dengan yang sekarang mah beda banget denganku. dia lebih mungil. aku aja sampe suka minder kalo foto bareng. kelihatan banget gedenya hahaha...

    tapi tak taulah kalo jodohnya dengan yang lain... ;p

    ReplyDelete
  5. ny, kalau kodok ya, emang yang betina itu lebih gede daripada yang jantan ... *kabuuuuurrr*

    ReplyDelete
  6. ..ukuran "lucky" setiap orang memang beda2 ya.. :)
    dari sudut pandang Irma yang ini, memang layak disebut "lucky"

    ReplyDelete
  7. *kodok melompat-lompat mengejar irma*

    ReplyDelete
  8. yukkkkk..... jalan-jalan yukkk, nyanyi-nyanyi yukkkkk, photo-photo yukkkk

    ReplyDelete
  9. yuuuuukkkk ... mang engking yuuuukkk

    om bewok ngajakin macroan lagi. daripada mataku juling kelamaan nginceng mendingan aku nunggu di mang engking makan udang bakar madu ;)

    ReplyDelete
  10. se-7..... mereka macro kita mac.....kan ....

    ReplyDelete
  11. sambil mac ... kintosh (online maksudnya) ;)

    ReplyDelete
  12. minggu?
    mang engking mesti book dr skrg tuw :))

    ReplyDelete
  13. ayukk. minggu yang kapan ? secara banyak hari minggu :D

    ReplyDelete
  14. minggu besok sih mau ke UI sama macromaniacs.. yiuks!

    ReplyDelete