Friday, August 24, 2007

masakannya mama

 

Yang namanya ibu ya, selalu ingin buat anaknya senang.  Termasuk dalam hal makanan.  Tiap kali irma bilang mau pulang ke rumah Mama di Bandung, Mama selalu nanya, ‘Mau dimasakin apa ?’  Apa ya ?  Tiap kali ditanyain begitu irma selalu bingung.  Soalnya dalam hal makanan irma tergantung mood.  Bisa aja hari ini bilang pengen makan ikan kembung goreng kering pake cabe, eh ternyata pas udah dimasakin nggak pengen makan itu.  Pengennya makan tempe kecap cabe ijo.   Kadang juga nggak pengen apa-apa, cuma buah yang manis dan segar aja seperti pepaya. 

 

Sekali waktu irma pernah minta dibikinin sayur bayam pake butir-butir jagung.  Waktu Mama bikin, semangkuk besar sayur itu habis oleh irma sendiri.  Tentu Mama senang, masakannya dihargai.  Sejak itu tiap kali irma ke Bandung, selaluuu Mama bikin sayur bayam.  Meskipun irma nggak minta. 

 

Yang susah kalau irma lagi nggak kepengen makan masakan yang Mama buat.  Sekali waktu irma ke Bandung, Mama buatkan sayur bayam.  Tapi irma lagi nggak mood makan itu.  ‘Kok nggak dimakan ?’ Mama heran sayur itu nggak irma sentuh sama sekali.  ‘Lagi nggak pengen,’ jawab irma.  Ups, salah jawab.  Karena setelah itu kelihatan sekali sedih di wajah Mama.

 

Sejak itu irma berusaha nggak menolak apapun yang Mama masakkan.  Biarpun lagi nggak pengen, irma usahakan makan biarpun sedikit.  Yang penting Mama senang.  Yang penting, beliau dihargai.  Padahal, setelah makan sesendok, dua sendok, irma pindah dari meja makan.  ‘Maa, irma makannya di depan yaa,’ irma beranjak ke ruang depan.  Begitu sampai depan, lihat kiri, lihat kanan, lihat ke belakang, ah Mama lagi ke dapur.  Amaan.  Langsung irma panggil Abang Kiddie, ‘Bang, abisin nih !  Bantuin dong !’  Hihihihhihhiii …….

 

Mam, I’m coming home.  To celebrate your birthday tomorrow ……… J

 

 

 

7 comments:

  1. met ultah ya Mamanya Irma.. :)
    btw gue jg kalo mau ke rumah pasti ditawarin begitu, ma..
    padahal apa aja masakan nyokap pasti gue makan dengan senang hati :)

    ReplyDelete
  2. Senengnya yg masih bisa makan makanan bunda, hargailah Irma...
    Met Ulang Tahun Mama Irma (eh kecepetan ya :D)

    ReplyDelete
  3. senangnya bisa makan masakan mama.. klo dah jauh gini.. pasti yang dikangenin masakan mama..

    ReplyDelete
  4. yup. mama memang nggak terlalu pintar masak. bisa dibilang masakannya standar dan rasanya biasa-biasa aja. tapi bagiku tetap itu yang paling enak. masakan yang disiapkan dengan penuh kasih sayang :D

    ReplyDelete
  5. ayam panggang bumbu rujak dan gulai kambing, dua masakkan nyokap yang jadi fav. saya. kalo tau nyokap akan masak ginian pada siang hari maka hanya ada dua yang akan saya lakukan jika pulang malam. makan malam dikantor dan makan lagi saat pulang ato nggak makan hingga sampai dirumah (supaya puas makannya).

    *met ultah untuk mamanya ya...

    ReplyDelete
  6. sampaikan salam untuk mamah di Bandung..
    semoga beliau panjang umur dan sehat2 selalu :o)

    *i-missed-my-mom-home-cooking*

    ReplyDelete
  7. mama ku suka masak apa ya...*ngak ingat*

    ReplyDelete