Friday, April 4, 2008

ngaBaLAp ti Tegalega nepi ka Kalimantan

 

Ugh, kenapa sih tiap kali mau ikutan funbike selalu ada acara menarik di Bandung ?  Bulan lalu waktu mau ikutan Funbike Pita Pink, eh Mahanagari ngadain acara jalan-jalan ke Pasir Pawon.  Acara jalan-jalannya jauh lebih menarik (dan juga lebih capek.  tTapi menyenangkan sekali J).  Jadi urung ikutan funbike.  Sekarang udah confirm mau ikutan funbike ultah RS Bunda, eh Bandung Trails ngadain Track BaLAp '46 !  Walking tour menyusuri jejak peristiwa Bandung Lautan Api ini sayang banget tuk dilewatkan.   Setelah diskusi sama Wahyudi akhirnya diputuskan Sabtu pagi kita naik kereta ke Bandung, ikutan Track BaLAp, malamnya langsung balik ke Jakarta pake travel, tidur di perjalanan, trus Minggu pagi abis Subuh gowes ke Menteng buat ikutan funbike.  Hiyaaaa …… komentar Bu Isna, ‘Euleuh … tu kaki hebat bener !’

 

Sabtu tanggal 29 Maret 2008 kita naik kereta Argo Gede.  Agak telat dikit dari jadwal keberangkatan seharusnya, menjelang jam sepuluh pagi kereta baru berangkat meninggalkan Stasiun Gambir.  Lumayan keretanya agak penuh.  Mungkin karena sekarang tiketnya turun harga jadi 45 ribu saja. 

 

Jam setengah satu sampai di Stasiun Bandung.  Dijemput Bu Isna dan kedua anaknya – Abang Kiddie dan Adik Diella.  Seperti biasa kedua anak itu kasih salam pake cium tangan.  Pas Abang Kiddie ngulurin tangan, baru ngeh ternyata sekarang Abang udah lebih tinggi daripada irma !  Hoaaa … baru juga kelas 6 SD udah setinggi itu gimana SMA nanti ?  Makan apa sih, bisa tinggi gini ?  Jawab Abang Kiddie, ‘Minum susu dong !’  Lalu disambung Wahyudi, ‘… susu Jerapah …’  Hahahahaha.

 

Dari stasiun irma minta diantar ke Kantor Pelayanan Pajak wilayah Cibeunying di Jl. Purnawarman.  Udah menjelang batas akhir penyerahan bukti SPT (Setoran Pajak Tahunan) jadi khusus di hari Sabtu itu KPP seluruh Indonesia buka.  Sementara irma ngurus SPT, Wahyudi temani Bu Isna dan kedua anaknya makan siang.  Di stasiun tadi begitu ketemu irma Adik Diella langsung bilang, ‘Tante, mau dong makan HokBen …’  Halaaah, dasar adek gembul !

 

Alhamdulillah urusan di KPP lancar-lancar aja.  Nggak sampai setengah jam kemudian irma udah nyusul ke Hoka-hoka Bento di Jl. Merdeka.  Jalan kaki lewat bagian belakang Gramedia, ealah ternyata HokBen nya lebih dekat ke persimpangan lampu merah Merdeka – Riau.  Jadi irma keluar dari pelataran Gramedia irma harus belok kiri ke arah Jl. Dago. 

 

Selesai makan kita berpisah.  Ibu Isna dan kedua anaknya pulang ke Dago.  irma dan Wahyudi ke Tegalega, tempat berkumpul acara Track BaLAp ‘46.  Pas banget lagi nyeberang Jl. Merdeka, ada bis kota Damri Dago – Leuwipanjang terjebak lalulintas padat.  Biasalah hari Sabtu gitu Bandung macet banget nget nget nget ngettt.  irma ajak Wahyudi lari-lari mengejar bis.  Naik lewat pintu depan, nyusurin gang antara tempat duduk penumpang, akhirnya di bagian paliiiiing belakang baru ketemu tempat duduk yang kosong.  Pas banget buat dua orang.  Duduk di situ, sepanjang jalan kita asik lihat kiri lihat kanan melihat suasana Bandung.  Apalagi saat macet di depan Pasar Baru.  irma tunjukin satu toko kudapan khas Bandung di pojok pasar.  Itu toko langganan Mama sejak dulu.  Sejak pasarnya masih bangunan lama yang belum bertingkat.  Dari dalam bis irma bisa lihat ibu penjualnya yang berbaju biru melayani pembeli.  Ingat dulu tiap kali ke sana dia selalu kasih sale pisang kesukaan irma.  Gratis.  irma juga boleh icip-icip kudapan lain.

 

Pas jam setengah tiga kita turun di depan Lapangan Tegalega.  Banyak orang berkumpul di sana.    Mereka mengenakan baju kaos putih lengan merah dan hijau.  Ada apa ini ?  Hoaaaa … kampanye salah satu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur peserta Pilkada nanti.  U-uh, kenapa sih tiap kali Ulu bikin acara selalu barengan dengan mereka ?  Waktu acara yang Pasir Pawon itu juga kan lagi ada kampanye.  Rame banget sampai Jl. Diponegoro depan Gedung Sate macet nggak bisa dilalui kendaraan. 

 

Wahyudi menelpon Ulu, nanya lokasi ngumpul.  Ternyata kumpulnya di seberang Tegalega, di Jl. Moh. Toha depan gedung warna hijau.  Jadi kita jalan mengitari Monumen Bandung Lautan Api agar keluar di pintu gerbang yang menghadap Jl. Moh. Toha.  Melewati berisik suara musik dangdut dari speaker di mobil panggung berjalan dan berisik knalpot motor.  Wahyudi yang emang paling nggak suka dengan cara kampanye rame-berisik-hingar-bingar-bikin-macet-jalan  berkomentar, ‘Ngapain sih harus kayak gitu ?  Ngabis-ngabisin duit aja.  Itu yang naik motor nggak pake helm lagi !’  Kenapa ?  Ya namanya juga cari perhatian.  Namun sayangnya tata tertib dan etika jadi dilanggar L

 

Lega banget setelah berhasil lewat dari keramaian orang kampanye.  Lebih lega lagi waktu lihat Ulu, bersama beberapa orang duduk-duduk di tembok pinggir jalan.  Pas irma salamin, Ulu berkata, ‘Maaf ya, ternyata bareng sama orang kampanye lagi.’  Hihihi, ternyata Ulu yang di Bandung malah nggak tau kalau hari itu bakalan ada cagub dan cawagub kampanye gede-gedean.  Waktu Wahyudi menggodanya dengan bilang, ‘Jangan-jangan Ulu simpatisan nih.’  Ulu pun menjawab, ‘Karena ada Teh irma, Mas Yudi, dan Ulu, makanya jadi rame begini.’  Hahaha, jadi kita bertiga nih yang bikin rame ??

 

Beberapa peserta yang udah kumpul dipersilakan jalan duluan sebagai kelompok 1.  Karena Wahyudi menghilang entah ke mana – biasalah, dia nyari objek foto – akhirnya Ulu urung menaruh irma dan Wahyudi di kelompok 1.  Hingga kelompok 2 berangkat Wahyudi masih belum balik.  Akhirnya kita gabung di kelompok 3 dengan pemandu Acip.  Kelompok private irma bilang, karena pesertanya cuma empat orang. 

 

Acip memandu ke tempat tujuan pertama.  Waktu berjalan menuju sana, kita berselisih jalan dengan kelompok 2.  Acip mengajak Ika yang dari Cimahi dan temannya yang di kelompok itu untuk gabung ke kelompok 3.  Kemudian bergabung Ibu Molly dan putrinya.  Juga Pak Moro.  Ketiga orang ini udah sering ikutan acara Bandung Trails. 

 

Jadi acara walking tour ini adalah menyusuri stilasi-stilasi Bandung Lautan Api.  Ada sepuluh stilasi hasil karya Pak Sunaryo.  Dibuat pada tahun 1997.  Stilasi ini berbentuk monumen kecil bersisi tiga dengan tinggi sekitar 1,5 meter.  Pada satu sisi tertulis teks lagu Halo-halo Bandung, satu sisi lagi peta Bandung Lautan Api Heritage Trail, dan sisi satu lagi plakat pembuat stilasi yaitu Bandung Heritage dan AMEX Bank Foundation.  Di bagian bawah sisi yang ada teks lagu terdapat gambar reruntuhan.  Itu menggambarkan di Bandung saat malam 24 Maret 1946 itu banyak reruntuhan akibat rumah-rumah dan bangunan dibakar.  Di puncak monumen terdapat bunga Patrakomala warna hitam.  Patrakomala adalah bunganya Kota Bandung.  Diwarnai hitam sebagai simbol bahwa saat peristiwa Lautan Api itu Bandung hangus terbakar.  Baru tau nih kalau Patrakomala itu nama bunga.  Selama ini irma taunya Patrakomala itu nama jalan. 

 

Stilasi pertama yang kita kunjungi adalah stilasi no 10.  Terletak di Jl. Moh. Toha depan satu gereja.  Di lokasi gereja tersebut dulunya terdapat stasiun pemancar radio NIROM.  NIROM singkatan dari Nederlandsch-Indische Radio Omroep Maatschappij.  Artinya Maskapai Siaran Radio Hindia-Belanda.  NIROM beroperasi sejak tahun 1920.  Setelah Indonesia merdeka NIROM menjadi Radio Republik Indonesia (RRI).  Dari pemancar radio NIROM yang di Jl. Moh. Toha ini pada tahun 1945 dikumandangkan berita kemerdekaan Indonesia kepada penduduk Bandung.

 

Dari stilasi 10 kita balik lagi ke tempat tadi ngumpul.  Acip menunjuk monumen Bandung Lautan Api di seberang jalan.  Monumen itu juga karya Pak Sunaryo.  Berbentuk bambu sebagai simbol perjuangan dan api di atasnya yang lagi-lagi melambangkan Bandung terbakar di malam 24 Maret 1946.

 

Ngomong-ngomong Bandung Lautan Api, tentu nggak bisa dipisahkan dari Mohamad Toha, pejuang yang meledakkan gudang senjata Belanda.  Acip bercerita ada tiga versi ledakan tersebut.  Yang pertama : Mohamad Toha meledakkan gudang tersebut untuk melumpuhkan kekuatan Belanda.  Versi kedua adalah versi pihak Belanda, mengatakan bahwa gudang itu meledak bukan diledakkan pihak Indonesia.  Tapi karena keteledoran serdadu penjaganya.  Versi ketiga, katanya nih Mohamad Toha meledakkan gudang karena patah hati cintanya ditolak.  Alamak, putus cinta pun bisa menimbulkan tindakan heroik.  Katanya lagi nih, gadis yang menolak cintanya Mohamad Toha tuh masih hidup sampai sekarang.  Namanya Ibu Euis (Sunda pisan euy J).  Beliau sih bukan nolak, tapi bilangnya, ‘Lagi perang gini lho, ngapain juga ngomongin soal cinta ?  Nanti-nanti aja kalau udah aman.’

 

Lanjut ke stilasi 9 di SD ASMI.  Di sini kita dapat hand-out Track BaLAp ’46.  He eh, padahal baru aja irma bertanya-tanya dalam hati kok nggak dapat brosur atau cerita singkat tentang acara ini sih.  Sebagai juru tulis dan tukang cerita irma perlu banget referensi untuk bikin liputan.  ‘Dimas nya kena macet jadi dia agak telat nganterin hand-out nya,’ Acip menunjuk seorang cowok yang lagi duduk ngeleseh di teras sekolah sambil ngebuka laptop.  Oh begitu.  Syukurlah akhirnya hand-out itu sampai juga ke tangan para peserta J

 

Bangunan SD ASMI ini di waktu Bandung Lautan Api digunakan sebagai markas PESINDO dan BBRI dalam menyusun strategi.  Juga sebagai tempat istirahat para pengungsi dalam perjalanan ke arah selatan.  Korban perang yang terluka pun ditampung di sini.  Jadi semacam rumah sakit gitu.

 

Di sini kita singgah agak lama untuk memberi kesempatan teman-teman yang menunaikan ibadah sholat Ashar.  Berhubung irma sudah menjama’ sholatnya ke Dzuhur, jadi irma el el aja di pelataran sekolah.  Melihat-lihat bunga Patrakomala warna merah-jingga di gerbang masuk sekolah.  Seingat irma, Papa dulu bilangnya itu bunga merak. 

 

Lagi el-el gitu seorang anak laki menghampiri irma.  ‘Teh, photo Teh,’ pintanya malu-malu.  Oh, kamu mau diphoto ?  irma lalu memotretnya.  Hasil photonya irma tunjukkan kepadanya.  Ia lalu berlari ke teman-temannya yang sedang duduk-duduk di tembok teras sekolah.  Cerita kalau ia diphoto.  Abis tadi waktu dia minta diphoto teman-temannya malah meledek.  Begitu tau beneran dia diphoto, sekarang teman-temannya itu minta diphoto juga.  Whuaaaa …… barudak Bandung banci photo euy !  Jadilah irma dan Wahyudi memotret mereka rame-rame.

 

Trus kita ke stilasi 8 di Jembatan Baru.  Saat menuju ke sana kita ketemu pedagang roti yang pake sepeda.  Tertulis di gerobaknya ‘Roti Djiseng’.  Melihat itu seorang peserta di kelompok 3 berkata, ‘Roti djadoel tuh.’  ‘Hah, roti djadoel ?  Basi dong !’ celetuk Wahyudi.  Hahahahahahaha, roti basi kok ya bisa laku.

 

Ternyata stilasi 8 letaknya tinggi banget.  Acip sampai harus memanjat pondasinya untuk membaca plakat.  Lalu Acip bercerita tentang Kali Cikapundung yang memerah karena darah.  Rupanya di bulan November 1945 Kali Cikapundung meluap karena banjir.  Banyak orang yang hanyut akibatnya.  Penduduk yang panik membunyikan kentongan sebagai tanda bahaya.  Bunyi kentongan ini dikira pihak Belanda (dan juga Inggris alias sekutu) sebagai tanda serangan dari pihak Indonesia.  Mereka menembaki penduduk Bandung.  Mereka tidak menolong pribumi yang terkena musibah banjir.  Malah menonton.  Akibatnya rakyat Indonesia benci sekali kepada mereka.  Situasi yang memanas membuat diputuskannya pemisahan tempat tinggal antara penduduk asing dan pribumi.  Semua bule harus tinggal di Bandung Utara, sedangkan pribumi di Bandung Selatan.  Rel kereta api dijadikan batas antara kedua wilayah tersebut.  Keputusan ini dibuat oleh pimpinan pihak sekutu saat itu – Brigjen MacDonald – pada tanggal 27 November 1945.

 

Kita menyeberangi jembatan.  Lalu menyusuri Kali Cikapundung.  Lewat gang-gang kecil, irma nggak habis pikir bagaimana penduduk di sana bisa bertahan hidup di samping kali yang begitu kotor.  Belum lagi kalau musim hujan ada banjir karena kali meluap.  Tapi mungkin mereka nggak punya pilihan ya.  Andai bisa memilih – dan punya uang banyak – tentu mereka ingin tinggal di tempat yang lebih baik.

 

Keluar dari gang-gang kecil, kita memasuki komplek Lengkong.  Di pertigaan Lengkong Dalam dan Lengkong Tengah terdapat stilasi 7.  Bunga Patrakomala di puncaknya sudah raib.  Padahal dua minggu yang lalu waktu tim Bandung Trails melaksanakan survey, bunganya masih ada.  Usil banget ya itu yang ngembat.  Juga kuat sekali karena sebenarnya kan bunga itu ditanam ke dalam coran beton.  Buat apa sih diambil ?  Dijual ke penadah besi tua ??

 

Lokasi stilasi 7 ini dulunya merupakan pemukiman warga Indo-Belanda.  Di sini pejuang Bandung menghadang tentara sekutu yang akan membebaskan para tawanan.  Konon banyak korban yang jatuh.  Pertempuran tanggal 2 Desember 1945 itu dikenal dengan Pertempuran Lengkong. 

 

Mungkin karena letaknya tepat di pertigaan jalan, maka stilasi 7 ini dikelilingi rantai.  Saat kita ke sana banyak anak bermain di sana.  Ada yang main bola ada yang main sepeda.  Sambil menikmati kudapan yang disediakan panitia, kita memperhatikan mereka bermain.  Senang rasanya melihat anak-anak itu aktif bergerak.  irma lebih suka melihat anak-anak beraktifitas di ruang terbuka seperti itu daripada duduk di depan komputer atau tv main game atau play station.  Apalagi nonton sinetron !  Ih, nggak banget deh L  Seorang anak yang main sepeda sempat nabrak Wahyudi karena ternyata sepedanya nggak punya rem.  Hahaha, Dek betulin dulu dong sepedanya J

 

Trus kita ke stilasi 6.  ‘Ada yang bisa menemukannya ?’ tanya Acip saat kita tiba di Jl. Dewi Sartika.  Tuuuh, irma menunjuk ke seberang jalan.  Kita lalu menyeberang.  Bunga Patrakomala di stilasi 6 sudah terkelupas lapisannya sehingga kita bisa melihat warna material sebenarnya.  Menurut irma itu terbuat dari kuningan.

 

Di lokasi stilasi 6 ini dulunya rumah Pak AH Nasution, Pangdam Siliwangi yang pertama.  Rumahnya juga menjadi markas Divisi III.  Sekarang rumahnya udah nggak ada.  Udah jadi pertokoan.  Trotoar di sekitar stilasi 6 ini juga rame dengan pedagang kaki lima (PKL).  Acip bilang, seringkali stilasi 6 ini digantungi barang jualannya para PKL.  Menyedihkan sekali ya L

 

Karena suasananya rame gitu kita nggak nyaman lama-lama di stilasi 6.  Bergegas kita ke stilasi 5.  Tempatnya di Jl. Kautamaan Istri, depan SD Dewi Sartika.  Dulu di sana terdapat markas Laswi (Laskar Wanita Indonesia), Pesindo (Pemuda Sosialis Indonesia), PRI (Pemuda Republik Indonesia), dan MPP (Markas Pemuda Pejuang).  Daerah ini termasuk yang dibakar rakyat dan pejuang sebelum mundur dari Kota Bandung di malam 24 Maret 1946.  Beberapa arsip penting dibawa mengungsi.  Sisanya dibakar.

 

Lalu Acip bercerita tentang Ibu Dewi Sartika.  Sama seperti Ibu Kartini, Ibu Dewi Sartika pun memperjuangkan hak pendidikan bagi kaum perempuan.  Malah beliau mendirikan Sakola Kautamaan Istri.  Kalau dipikir-pikir, tindakan beliau lebih berarti daripada Ibu Kartini yang ‘hanya’ menuangkan idenya dalam bentuk surat-surat dan mengajar privat.  Tapi kenapa Ibu Kartini yang lebih ngetop ?  Hmm, konon karena orangtua Ibu Kartini pro Belanda.  Sedangkan orangtuanya Ibu Dewi Sartika antiii banget sama Belanda.  Karena dianggap membahayakan orangtuanya sempat diasingkan ke Digul.

 

Sama seperti di beberapa stilasi sebelumnya, bunga Patrakomala di stilasi 5 juga udah nggak ada L  Malah ada yang iseng naruh batu sebagai penggantinya.  Waktu kita nyampe ke sana Ibu Molly berseru, ‘Duh, bunganya dikutuk ya jadi batu ?!!’  Heee, dikutuk jadi batu ?  Kayak Malinkundang aja, hueheheheheheheheheheee ……

 

Lalu kita jalan lagi ke stilasi 4.  Stilasi ini diletakkan di bagian samping satu bangunan di Jl. Simpang.  Stilasi yang tidak pada tempatnya karena seharusnya di gedung seberangnya, tempat para pejuang berkumpul membahas strategi.  Sebenarnya waktu itu direncanakan Bandung menjadi lautan air, dengan cara membendung Sungai Citarum dan membobol terowongan Rajamandala.  Tapi yang terjadi kemudian adalah Bandung Lautan Api.  Nggg …… kalau benar jadi Bandung Lautan Air, gimana mengeringkannya ya ??

 

Dari stilasi 4 kita menyusuri Jl. Kepatihan yang padat menuju monumen berbentuk bambu runcing dikelilingi rantai di depan Toko Yomart.  Acip bilang kondisi monumen itu sekarang jauh lebih baik dibanding tahun lalu.  Mungkin karena sekarang pemeliharaannya dilakukan oleh Toko Yomart.  Tapi sayang sekali di sekitarnya rame orang jualan jadi banyak yang nggak ngeh kalau di situ ada monumen.  Bahkan plakatnya pun tertutup tenda jualan.  Padahal di sana tertulis, ‘Di sinilah pada tahun 1945 Pemuda-pemuda Pejuang Berkumpul memusyawarahkan dan mencetuskan api perjuangan bagi kemerdekaan Republik Indonesia, kemudian di sini pulalah bermarkas TKR Divisi III.’

 

Jalan lagi, kita sampai di Alun-alun.  Semula Acip ingin mengajak kita naik ke atas menara mesjid agung menggunakan lift.  Dengan membayar dua ribu rupiah kita bisa sampai ke puncaknya.  Tapi karena kita udah kesorean sampai di mesjid agung, nggak jadi deh.    Katanya lift untuk ke puncak menara beroperasi di hari Sabtu dan Minggu hingga jam 5 sore.  Yah mungkin lain waktu bisa dicoba.

 

Memutari mesjid agung, kita sampai di Gedung Swarha di sampingnya.  Dulu gedung itu merupakan hotel.  Saat Konferensi Asia Afrika di tahun 1955, para jurnalis dari berbagai penjuru dunia yang meliput konferensi menginap di sana.  Sekarang, lantai dasar gedung Swarha dipakai untuk toko tekstil.  Yang lama tinggal di Bandung seperti irma tentu ingat di sana terbentang spanduk, ‘Toko Indra.  Mahal, uang kembali.’

 

Kita naik jembatan penyeberangan antara Gedung Swarha dan Kantor Pos.  Karena Acip melihat kelompok sebelumnya masih bergerombol di sekitar stilasi 3, kita ditahan dulu di jembatan.  Tapi nggak pa-pa kok.  Kita jadi punya kesempatan untuk memandangi gedung-gedung tua di Jl. Asia Afrika dekat Alun-alun dan juga ……… sunset !

 

Akhirnya kelompok 2 bergerak.  Kita lalu turun dari jembatan dan berjalan ke stilasi 3 di depan Gedung Jiwasraya.  Ugh, kondisinya menyedihkan sekali.  Bunga Patrakomalanya nggak ada, plakat peta Bandung Lautan Api Heritage Trail nya juga nggak ada, bau pesing lagi !  Hih, siapa juga yang tega-teganya menjadikan stilasi itu sebagai toilet umum L

 

Padahal, di gedung Jiwasraya yang dulunya gedung NILMIJ (dibangun tahun 1922) inilah markas resmi Pak AH Nasution dan Resimen 8 Divisi III TKR.  Tempat mereka berkumpul membahas strategi.  Termasuk memutuskan membumihanguskan kota Bandung.  Kenapa Bandung dibakar ?  Agar pihak sekutu tidak memperoleh apa-apa darinya.  Abis, seenaknya bener sih itu Letjen Montagu memerintahkan Tentara Republik Indonesia (TRI) meninggalkan kota Bandung dan melucuti senjatanya sendiri selambat-lambatnya 24 Maret 1946 tepat tengah malam.  Kalau ultimatumnya tidak dituruti, maka Bandung Selatan akan dibombardir oleh pihak sekutu.  

 

‘Ayo semangat, di stilasi berikutnya ada cendol,’ kata Acip saat kita menuju ke stilasi 2 kemudian.  Menuju ke sana kita menyusuri Jl. Asia Afrika.  Melewati Bale Sumur Bandung di Gedung PLN dan Gedung Merdeka.  Acip bilang Museum Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka merupakan museum paling bagus di Bandung.  Oh ya ?  Jadi pengen ke sana.  Tapi kok, bukanya hanya di jam kerja hari Senin – Jumat seeehh ?!  Lha kita kan bisanya ke Bandung di waktu weekend (tapi nggak ikutan bikin macet lho ya !  kan kita ke Bandungnya pake kereta api, nggak bawa mobil ).

 

Di pojok pertigaan Braga – Asia Afrika kita berhenti sebentar.  Acip bercerita tentang Jl. Braga dan hotel Homann.  irma nggak ikutan nyimak karena mengagumi bangunan buatan Schoemaker itu yang jadi landmarknya Jl. Asia Afrika.  Sore-sore begitu saat lampu-lampunya dinyalakan, dia tampak begitu cantik.

 

Memasuki Jl. Braga, kita melewati gedung AACC yang baru-baru ini memakan korban saat pementasan musik underground.  Seingat irma dulu gedung itu dipakai untuk pemutaran film alias bioskop.  Tapi Acip bilang, sejak awal dibangun pada masa Belanda dulu gedung itu memang digunakan untuk tempat pertunjukan. 

 

Akhirnya, sampailah kita di stilasi 2 di depan gedung Bank Jabar.  Hei, jadi ingat buku ‘Bandung – Citra sebuah Kota’ yang sedang irma baca.  Sampul buku terbitan Jurusan Planologi ITB itu berupa foto gedung ini di zaman dulu.  Tapi waktu itu namanya Gedung Denis.  irma keluarkan buku tersebut dari dalam tas lalu menunjukkan kepada Wahyudi.   Wahyudi berlari ke sudut jalan, mencoba memotret dari sana agar memperoleh hasil foto yang sama.  Sementara Acip bercerita tentang penyobekan bendera Belanda yang merah-putih-biru menjadi merah-putih oleh dua orang pemuda bernama Endang Karmas dan Mulyono di puncak gedung Denis.  Seperti peristiwa penyobekan bendera Belanda di satu bangunan di Surabaya yang sekarang jadi Hotel Mandarin.

 

Seperti yang dijanjikan Acip, di stilasi 2 kita dapat cendol.  Usai menikmati cendol kita lanjut berjalan ke tujuan akhir Track BaLAp ’46, yaitu Jl. Kalimantan.  Bukan, di sana bukan lokasi stilasi 1.  Tapi itu rumah salah seorang tokoh pejuang Bandung Lautan Api.  Stilasi 1 tidak dikunjungi karena lokasinya jauuuuhhh sekali di Jl. Dago.  Tepatnya di gedung Driekleur yang sekarang dipakai Bank BTPN.  Dulunya gedung itu dipakai oleh Kantor Berita Domei.

 

Langit semakin gelap saat kita menyusuri Jl. Braga.  Lampu-lampu mulai dinyalakan.  Lewat toko Sumber Hidangan, irma jadi tergiur pengen beli roti djadoelnya (tapi nggak basi lho ya ! ).  Tapi Wahyudi bilang kita harus segera mengejar teman-teman yang lain.  Gini deh kalau asik lihat kiri lihat kanan atau ambil photo.  Jadi ketinggalan rombongan.  Jadi nggak bisa beli roti Sumber Hidangan juga.  Hiks L

 

Ok deh nggak dapat roti tapi irma nggak mau nggak berhenti saat kita melewati gedung Bank Indonesia.  Oh dia cantik sekali.  Terangnya lampu dan langit hitam membuat ia terlihat begitu putih.  irma naik ke atas tembok yang melingkari pohon depan gedung agar bisa mendapat sudut pemotretan lebih bagus.  Kiranya bukan cuma irma yang memotretnya.  Pak Moro, Ibu Molly, dan beberapa peserta lain juga demikian.  Sementara yang nggak photo memanfaatkan waktu untuk rehat sejenak.  Capek oy, jalan dari Tegalega.  Nggak kebayang gimana capeknya para pengungsi (dan juga pejuang) waktu kejadian Bandung Lautan Api di tahun 1946 itu.  Dulu kan jalannya belum sebagus sekarang.  Meski sekarang jalannya juga banyak yang rusak.

 

Melewati katedral, menyusuri Jl. Jawa, nyeberang Jl. Sumatra, lewat SMP 5 (hei, ini sekolah irma dulu !), nyusurin Jl. Jawa lagi, akhirnya kita berbelok masuk Jl. Kalimantan.  Acip memandu kita masuk ke satu halaman rumah.  Di tembok depan tertulis nama penghuninya, ‘Aboeng Koesman’. 

 

Pas jam tujuh kurang seperempat kita sampai di bangunan di halaman belakang yang telah disiapkan untuk tempat sholat.  Para peserta dari kelompok 1 dan 2 sedang duduk menyelonjorkan kaki.  Semua pada capek.  Tapi sepertinya nggak ada yang nggak senang.  Beruntung sekali kita tadi, nggak hujan.  Dan karena jalannya dari sore ke malam jadi nggak terasa begitu panas.

 

irma segera ambil air wudhu dan sholat Maghrib.  Setelah itu bareng Wahyudi duduk di pojok nyelonjorin kaki sambil lihat-lihat hasil photo.  Nggak berapa lama dibagiin nasi kotak.  Horeee …… dapat makan malam !  Senangnya.  Pas banget perut lagi kelaparan.  Cuma sebentar nasi dan teman-temannya habis irma makan.  Kecuali tempe yang irma kasih ke Wahyudi.  Sebagai gantinya, Wahyudi kasihkan tahu bagiannya kepada irma.  Kita emang selalu begitu, barter tahu dengan tempe.  Kata Wahyudi, ‘Orang Sunda sukanya tahu, orang Jawa sukanya tempe.’  Iya kali ya, irma yang bukan urang Sunda asli tapi lama tinggal di Bandung emang suka tahu.  Sedangkan Wahyudi, dia sih emang jurig tempe.  Tempe diapain juga dia doyan.

 

Selesai makan, kenyang, ngantuk deh.  Eits, jangan tidur !  Ada berbagi cerita dari pelaksana langsung Bandung Lautan Api !  Pak Aboeng Koesman didampingi dua orang rekannya – Pak Cipto dan Pak Suroyo – bercerita tentang pengalaman mereka dulu.  Diawali cerita tentang masa-masa sekolah baik zaman Belanda maupun Jepang, baru kemudian saat peristiwa Bandung Lautan Api.  Juga pertempuran di Jl. Lengkong dan Fokkerweg yang sekarang jadi Jl. Garuda.  Bukan cuma laki-laki, perempuan juga turut berjuang.   Bahkan seorang anggota Laswi bernama Susilowati memenggal kepala seorang serdadu Gurkha yang dikalahkan.  Kemudian dengan menunggang kuda ia berkeliling kota, mengacung-acungkan kepala Gurkha itu.  Tujuannya ialah untuk membangkitkan semangat rakyat dalam berjuang.  Karena waktu itu tidak banyak yang berani melawan Gurkha, sekutu Inggris dari India – Pakistan.  Abis, orang-orang Gurkha itu tinggi, besar, dan hitam.  Ada kelakar yang bilang, kalau mau nembak pasukan Gurkha harus sebelum matahari terbenam.  Karena kalau udah malam nggak bakalan kelihatan lagi.  Kecuali kalau orang Gurkha itu nyengir sehingga giginya yang kuning berkilau di gelap malam.  Halah !

 

Sayang irma dan Wahyudi nggak bisa ngikutin cerita Pak Aboeng dan kedua rekannya hingga usai.  Jam setengah sembilan kita pamit duluan karena harus ngejar travel ke Jakarta.  Ulu mengantar kita ke Jl. Kalimantan.  ‘Maaf ya, waktunya jadi molor.  Maaf juga jalannya jauh.  Tapi jangan kapok ya,’ katanya.  Wahyudi menjawab, ‘Iya.  Lain kali jalan-jalannya pake sepeda aja.  Nanti kita bawa sepeda deh.’  irma sempat lihat Ulu bengong.  Hihihi, mungkin dia nggak nyangka kalau kita bakalan mau bawa sepeda dari Jakarta hanya untuk jalan-jalan di Bandung.  Tapi gitu deh Wahyudi, dia lagi seneng-senengnya nyepedah.  Jadi biar pun capek abis ngaBaLAp begini besoknya dia tetap keukeuh ikutan funbike J

 

 

Referensi :

-          Hand-out Track BaLAp ’46 – Walking Tour Bandung Lautan Api, Bandung Trails, 29 Maret 2008

-          liputannya Ulu

-          Penjelasan Acip selama tour

 

 

 

 

 

9 comments:

  1. ugh bener kata dhani. liputan irma emang TOP. panjang sih tp gk ngebosenin. tau gk bacanya lg d jln mnj bdg, dr radio dlm smpe kluar PI dg keadaan jln rada macet (jakarta gt lho d mana yg gk mct ya ;) ). saya link ya ma dipostingan BLA saya :D

    ReplyDelete
  2. mangga atuh. hati-hati ya, salam untuk kota kembang :D

    ReplyDelete
  3. hehehhe ma ngga nyesel ngga jadi ikut, ada laporan pandangan mata, btw yanf tanggal 12 april irma juga apakah mau ikutan

    ReplyDelete
  4. koreksi dikit : Pak Moro. Bukan pak Woro :D beliau ini setia banget ikutan acara bdg trails.
    trus info dikit, museum KAA sabtu buka juga koq.. sampai jam 1. Kadang hari minggu juga buka kalau emang ada rombongan dari luar kota.

    ReplyDelete
  5. tak print dulu ya, baru tak baca. boleh kan.... please.

    ReplyDelete
  6. wahh manteps tuh, kita sbg orang bdg ko ga tau bandung trails... mohon infonya yaaa....

    ReplyDelete
  7. Ulu, Acip, Imgar ................ ini ada yang pengen tau tentang Bandung Trails nih !
    btw, Imgar makasih ya koreksinya :D

    ReplyDelete
  8. asik.. nama aku disebut-sebut....
    eh... teh kalo emang mau maen sepeda ke bandung, call aja aku, kita jalan-jalan naek sepeda....
    okeh... seru tulisannya....

    ReplyDelete
  9. haihai, baru bisa mampir hehehe. Teh, suka sepedahan ya? hmm...baiklah hehehe

    ReplyDelete