Tuesday, November 11, 2008

menikah tamasya

 

... ngerti deh sekarang, kenapa temanku itu memilih untuk menikah tamasya ...

 

 

... karena ternyata ngurus pernikahan ala konvensional begini ...... ribetttt !!!  Hmm, sebenarnya siapa sih yang bikin ribet ?  Aku ?  Mereka ?  Atau dua-duanya ???!  Hhhhhh ... sebenarnya yang paling penting kan sah secara hukum agama dan hukum negara.  Dengan kata lain, terdaftar di KUA.  Mau resepsinya gimana, kayak apa, di mana, yaaaa disesuaikanlah dengan selera.  Dan dana.

 

Jadi ceritanya begini, temanku itu pada suatu hari pergi.  Kita sangka cuma sekedar tugas kantor.  Maklum, kerjaan dia banyaaaaaakkkk banget.  Jadwalnya lebih padat daripada aku yang sering keluar kantor untuk audit.  Kalau dia tuh nggak cuma keluar kantor atau keluar kota.  Tapi sampai keluar negeri.  Antar negara lintas benua.  Maklum, di dunia ini yang memiliki kualifikasi seperti dia cuma sedikit.  Konon di Asia Tenggara aja segelintir banget.  Biasanya kalau lelah ngurusin kerjaan dia ’menghilang’ dari kantor untuk berlibur men-charge fisik dan psikis.  Jadi ketika beberapa waktu kita nggak dapat kabar darinya, kita kira dia sedang berlibur.

 

Ternyata waktu dia kembali ............. ’Tadddaaaaaaaaa ...... I’ve got married !’ serunya menunjukkan cincin di jari manisnya.  Kita pun terlongong-longong.  Hah, beneran nih ??  Kok nggak bilang-bilang sih ??!  ‘Ah males.  Kalau pake bilang-bilang nanti malah nggak jadi.  Ribet !  Banyak yang ngatur-ngatur.  Nyuruh begini lah, harus begitu lah.  Blahhh !’ sergahnya.  Whoaaaa !

 

Dan ternyata, bukan cuma sama kita-kita yang teman-temannya dia kasih kejutan begitu.  Karena ternyata sama orang tuanya pun demikian.  Ya terang aja ibunya jatuh pingsan waktu dia pulang ke rumah orang tuanya dan bilang, ’Aku sudah menikah.’  GUBRAKKKKKK ...

 

Tapi gila aja kalau aku ngikutin jejak temanku itu.  Waakkksssss ...... bisa-bisa aku dicoret dari daftar anggota keluarga.  Meski orangtuaku nggak bakalan bagi-bagi warisan tanah, sawah, rumah, atau harta apapun, tapi kan bukan berarti aku bisa berlaku seenaknya seperti itu.  Namanya juga ’orang timur’ , ada etika dan tata krama yang harus dihormati.  Ada nama orang tua dan keluarga yang harus dijaga.  Juga perasaan orang tua yang selama ini merawat dan membesarkan.  Ya apalagi kalau bukan itu.

 

Jadi gimana, kamu mau menikah tamasya ?  Tamasya nya aja deh, tentunya setelah menikah.  Hehehe ...

 

 

 

 

 

 

15 comments:

  1. waktu aku mo nikah pengennya nikah tamasya.. walau artinya: nikah di suatu tempat bersama keluarga inti sekalian liburan bareng.. tapi ortu ga boleh huuhu.. maunya honeymoon bareng.. hahaha.. itu mah namanya bukan honeymoon kalo bareng2.. itu namanya karyawisata hahaha

    ReplyDelete
  2. he eh, sekalian aja pulangnya pada bikin karya tulis :D

    ReplyDelete
  3. nikah tamasya siih...asik2 aja, tapi.....kalo sampe ga ngasi tahu orang tua, gile aje....

    ReplyDelete
  4. temannya gokil tuh, nikah kok ga ngomong2 ke ortu;)

    ReplyDelete
  5. oh, itu namanya nikah tamasya yah? Yg suka dilakuin artis2 itu?
    Wahhh, kalo aku nikah model begitu, nggak cuma ortu aja yg ribut. Keluarga besar juga ikut mencaci maki kaleeeee

    ReplyDelete
  6. yap, dan itu nggaaakkkk enak bangettttttt :((

    ReplyDelete
  7. kalo ini mah ude kaco neh...........
    at least ortu di kasih tau lah..................

    ReplyDelete
  8. he eh, kita pun terkejut-kejut dengar berita ini. kita bilang, 'Ni anak kayaknya kebanyakan gaul ama bule neehhh, jadi kacrut kayak gini.'

    ReplyDelete
  9. dulu sempet kepikiran nikah tamasya
    pas beli buku ttg perkawinan, ternyata definisinya ginih :

    Nikah tamasya : menikah di suatu tempat yang di hadiri oleh orang2 terdekat, namun tidak mengadakan pesta besar2an...

    gubrak
    intinya tetep harus ada keluarga inti....yang di bawa ke tempat tamasya itu

    kkk kalo gitu mah sama aja kyk nikah biasa ^^ ga tau deh definisi itu bener ato kagak

    ReplyDelete
  10. Wah, kapan Ma? Dimana?

    *mulai buka kalender buat masukin schedule kondangan*

    ReplyDelete
  11. kuwalat tuh kalau orang tua sampai gak dikasih tau. masak orang yang melahirkan dan membesarkan sampai gak kasih tau. ntar gak dapat restu lho.
    paling tidak keluarga inti kedua belah pihak harus tau

    ponakanku tahun depan maunya pestanya cuma keluarga inti saja.
    habis catatan sipil dan pemberkatan langsung makan-makan disuatu tempat
    katanya: 'mending duitnya buat beli rumah dan isinya'

    ReplyDelete