Thursday, December 3, 2009

ikhlas nan jauh

 

Kemarin lihat postingannya seorang teman photo-photo saat dia ikutan PTD Ternate - Tidore.  Dan juga catatan perjalanan seorang teman di Bandung saat mengikuti Geotrek II.

Honestly, I feel jealous.  Envious.

Waktu Adep buka pendaftaran PTD Ternate - Tidore, irma bilang ke Wahyudi kalau irma ingin sekali mengikuti trip tersebut.  Kebetulan di tanggal-tanggal segitu irma nggak ada jadwal audit.  Lagipula kalau minta izin ke kantor jauh-jauh hari nggak bakalan susah dapat cuti.

Tapi Wahyudi bilang biaya trip itu terlalu mahal.  Kalau berdua.  Lalu irma bilang kalau irma aja yang pergi bagaimana, irma bayar pakai uang irma sendiri jadi nggak akan ngeberatin kas rumah tangga.

Ternyata Wahyudi nggak kasih irma pergi sendiri.

Satu hal yang irma heran, kenapa kami harus selalu pergi berdua.  Karena irma lihat Mama dan Papa tidak selalu begitu.  Sama seperti irma, Mama juga suka jalan-jalan.  Tapi kalau Papa nggak bisa nemenin, nggak masalah Mama pergi sendiri.  Ya nggak sendirian sih, ada teman-temannya.  Bersama mereka Mama pernah jalan-jalan ke Bali dan Yogya.  Juga Pangandaran.

Tapi Wahyudi bukanlah Papa.  Meski mereka berdua sama-sama family man.  Pria yang nggak bisa jauh dari keluarga.

Faktor keluarga ini pula yang membuat kami nggak jadi ikutan Geotrek II, padahal Bu Isna sudah bantu mendaftarkan kami jauh-jauh hari.  Nggak bisa pergi, karena harus berlebaran ke rumah orang tuanya Wahyudi.  Jadi ya Ulu, ketinggalan kereta sebenarnya bukan alasan yang tepat karena sebenarnya irma udah punya tiket ke Bandung (well, I spent two hours standing in queue to get the tickets !).  Tapi hingga waktunya kereta berangkat irma masih harus duduk manis di hadapan mertua.

Kemarin, untuk pertama kalinya sejak menikah, irma merasa iri pada lajang.  Dulu ya, tidak ada yang menghalangi tiap kali irma mau jalan-jalan.  Kecuali kalau uang nggak ada.  Atau terhalang jadwal audit.  Tapi kini meski ada uang belum tentu juga bisa pergi.  Sekarang irma ngerti perasaan seorang teman, yang berkeluh di blognya saat hasrat travelingnya terbelenggu semenjak menikah (but I think she has a stronger excuse as she has just had a baby girl).

 

... aku bisa menerima sekarang aku tidak lagi bersepeda ke kantor, tapi aku belum bisa menerima aku tak lagi bisa traveling sesuka hatiku.  belum, untuk yang satu ini aku belum rela.  hhh, alangkah sulitnya bersikap ikhlas ...

 

 

8 comments:

  1. memang kalau sudah berdua, kadang ada batasan gerak, kadang kita harus "berkorban" mengikuti kemauan pasangan, apalagi kalian adalah pasangan baru.mudah2an nanti kalau sudah beberapa tahun menikah, irma akan dibolehkan pergi tanpa wahyudi. dilain pihak kompensasinya kan banyak sebagai pasangan, jadi nikmati saja itu dulu.

    ReplyDelete
  2. ha ha welcome to the same problem mba irma .. nikmati saja ... diriku cukup terhibur kok dengan baca crita2 perjalanan temen2 di MP ...

    ReplyDelete
  3. hidup lajang !....:D. Don't worry one day you'll find the way Dear.......:)

    ReplyDelete
  4. setuju sama oma..... (apa karena oma & saya sudah pasangan 'kuno'?) ..... nikmati aja Ir, pasti ada sisi-sisi lain yang menyenangkan..... coba catat :D.... sebentar lagi kan mau ke Jambi kan?

    ReplyDelete
  5. kebanyakan orang kita gak outdoor minded kali yah. Kadang suka iri sama keluarga besar mana gitu yang kadang ketemu rekreasi bareng di Ranca Upas. Tangkuban Perahu, atau tempat lain. Soalnya saya suka mati obrolan kalo lagi pertemuan keluarga. Minat beda, kerjaan beda, ujung-ujungnya nanyain kapan Married. Atau kalau gak ya jadi gendut karena makanan jadi pelampiasan

    ReplyDelete
  6. masa' sih ?? gustar kan rajin nyepedah :D

    sama gus, saya juga seringkali mati obrolan di acara keluarga karena beda minat. buat mereka, kesukaan saya (dan juga wahyudi) untuk jalan-jalan ke tempat yang nggak biasa untuk mereka merupakan suatu hal yang mubazir. sementara saya merasa obrolan mereka nggak asik. kadangkala malah saya ngerasa nggak mutu karena yang diobrolin selalu dinilai dari segi materi atau nilai uangnya.

    ReplyDelete
  7. oh untunglah di keluarga ulu gak begitu-begitu amat, teh irma.
    profesi di keluarga ulu, kalo gak pns ya seniman kalo ga ya pedagang. jadi gak terlalu jadi masalah sih walo tetep aja ada yang nyuruh-nyuruh ulu jadi pns. untuk obrolan di acara keluarga, ulu masih dalam taraf bisa menyesuaikan :D jadi santai bangetlah heheheh kalo ada yang nyinggung2 materi/uang mah lewat aja, ga usah didenger. mending jalan-jalan ato nonton film :D jadi kumpul keluarga buat ulu, masih seru-seru aja, apalagi kalo sama sepupu, seru! hehe

    eh kenapa ini jadi ngebahas acara kumpul keluarga ya :D

    ReplyDelete
  8. wah, saya mah paling males kalo udah dikomporin buat sekolah lagi. Ujung-ujungnya ya katanya buat materi juga. Dohh, padahal kerjaan yang sekarang aja nggak keulikan banget. Beda major gitu lah.

    ReplyDelete