Monday, December 28, 2009

Nightmare before Christmas

 

Hari itu Kamis tanggal 24 Desember 2009.  Satu hari menjelang Natal.  irma sampai rumah Mama menjelang jam satu siang.  Ketika itu Mama sedang berbaring di kamarnya.  Mama bilang tadi ketika memperhatikan anak-anak memanjat pohon kelapa di halaman tiba-tiba saja Mama merasa pusing.  Jadi Mama masuk ke dalam rumah dan beristirahat.

 

Perkiraan irma Mama pusing karena belum makan siang.  Jadi irma mengajak beliau makan bersama.  Sama seperti irma, Mama pun lebih suka makan kalau ada yang nemenin.  Nggak tau kenapa, beda aja rasanya dengan makan sendirian.  Meski makanan yang disantap biasa-biasa aja.

 

”Eh, irma pesan taksi dulu ya.”

 

Jam empat sore nanti irma akan kembali ke Cibubur pake travel.  Karena Bu Isna lagi ke Jakarta jadi irma pesan taksi untuk mengantar irma ke shuttle point di BTC.

 

Saat menutup telpon irma lihat tangan kanan Mama bergetar hebat.  Tangan Mama memang sering gemetar tapi baru kali itu irma lihat sekeras itu. 

 

”Ma, kenapa Ma ?”

 

Mama tidak menjawab.  irma perhatikan lebih seksama, mata Mama terbelalak ke atas, mulut bawahnya miring ke kiri.  Sungguh, itu adalah pemandangan paling mengerikan yang pernah irma lihat.

 

”Allahu Akbar !”

 

irma pun meloncat mendekati Mama.  Badan Mama yang semula bersandar ke lemari di belakang kursinya kini merosot ke kanan.  irma segera memeluknya.  Badan Mama lunglai jatuh ke dada irma.  Mama tak sadarkan diri.  Terdengar napasnya seperti orang mendengkur.  Keras sekali.  Keringat dingin mengucur di kening Mama.

 

Tangan gemetar, mulut mencong, napas mendengkur, irma tau semua itu adalah gejala awal serangan stroke.  Sambil memeluk Mama irma terus memanggil-manggil namanya.

 

”Ma, Mama, Mama.  Tahan Ma.  Kuat Ma.  Mama masih sama irma kan ?”

 

Mama tidak menjawab.  Hrrrkk ... hrrrkk ... dengkuran napasnya makin keras.

 

Saat itu yang terlintas di benak irma adalah, jangan-jangan ini adalah saat-saat terakhir Mama.  Sambil menyeret badan Mama berusaha membawanya ke kamar, irma pun terus mengucapkan nama Allah.

 

”Allahu Akbar.  Allahu Akbar.  Allahu Akbar.”

 

Tapi irma nggak kuat membawa Mama ke kamar.  Padahal berat badan Mama cuma setengah berat irma.  Akhirnya irma membaringkan Mama di lantai.  Meluruskan badannya, lalu menyangga kepalanya dengan lengan kiri irma.  Tangan kanan irma mengusap-usap kening Mama.  irma menunduk, berbisik di telinganya.

 

”Allah.  Allah.  Allah.  Allahu Akbar.”

 

Jika seandainya itu adalah saat-saat terakhir Mama, maka irma ingin kata terakhir yang Mama ucapkan adalah nama Sang Khalik.  Semoga Mama bisa mengikuti irma mengucapkannya.

 

Entah berapa kali nama Allah irma sebut hingga akhirnya irma dengar Mama berkata, ”Astaghfirullah.”

 

Alhamdulillah.  Mama siuman.  Dan bukan sekedar siuman karena berikutnya beliau berkata, ”Mama di lantai ya ?  Di depan kulkas ?”

 

Alhamdulillah.  Mama masih mengenali tempatnya berada.  Stroke itu tidak sampai merusak ingatannya.  irma pun memeluk Mama dan menangis.

 

Sungguh, kali itulah irma merasakan kelegaan yang teramat sangat.

 

***

 

Dan kemudian irma menghabiskan sisa hari itu dan malamnya di rumah sakit, menemani Mama berbaring dengan tensi terus meninggi.  Memandangi infus menetes pelllaaaannn sekali.  Di luar langit berselaput awan.  Hujan turun merintik.  Alangkah sunyinya Bandung. 

 

It’s really, really, really, a silent night.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 comments:

  1. semoga lekas sembuh, Ma..
    skrg Mama sama siapa?

    ReplyDelete
  2. semoga cepat sembuh irma.......
    jaga kesehatan juga, supaya bisa nemenin ..........

    ReplyDelete
  3. semoga Mama cepet sembuh ya Ir...
    sekarang gmn kondisi ?

    ReplyDelete
  4. semoga Mama cepet sembuh ya Ir...
    sekarang gmn kondisi Mama ?

    ReplyDelete
  5. semoga mama irma cepet kembali sehat ya .. kembali kumpul sama keluarga :)

    ReplyDelete
  6. terima kasih semua. sekarang mama di rumah. sama teteh. semoga lekas membaik bisa ke Jakarta. dokter bilang ada masalah dengan jantungnya jadi beliau harus berobat ke pusat jantung nasional di Harapan Kita.

    ReplyDelete
  7. semoga mama cepet pulih lagi yaa Ma & selalu diberi kesehatan.. amiin

    ReplyDelete
  8. duh..... Ir.... aku ikut larut diceritamu.... mudah-mudahan mama berangsur-angsur sembuh dan bisa cepat dibawa ke rs jantung harapan kita....

    ReplyDelete
  9. semoga mama cepat sembuh ya...huhuhuhuhu..ajak berlibur ke cibubur jeng..biar ganti suasana

    ReplyDelete
  10. semoga mama cepat sembuh ya...huhuhuhuhu..ajak berlibur ke cibubur jeng..biar ganti suasana

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah kalo mama na dah sembuh.. jaga mama na baik2 yaa..
    baca crita irma jadi inget kejadian yg sama.. waktu mamaku meninggal dipelukanku.. :((
    hiks.. jd kangen beliau dehh.. :)

    ReplyDelete
  12. Semoga lekas sembuh yaaa mamanya... smoga teh irma juga tegar dan kuat..

    ReplyDelete
  13. semoga mama bisa cepat berobat ke jakarta dan irma bisa mendampinginya.... tetap berdoa kepada Sang Pencipta supaya diberikan jalan yang terbaik buat mama..... salam dulu dari kami sekeluarga di cipete...

    ReplyDelete