Wednesday, July 11, 2007

Bersepeda ke Kapuk Kamal - Ku taklukkan dunia !

 

‘Gila !  Itu kan jauh banget !’  

‘Jauh ir, nggak pantaslah naik sepeda.’ 

‘Mental kamu dah siap blom utk menempuh jarak yang jauh itu.  2x jalan lho.  Pergi & pulang.’

 

Itu berbagai komentar yang irma terima saat irma kasih tau kalau irma mau bersepeda ke Kapuk Kamal.  Tiga dari empat orang yang kasih komen, pada nggak yakin irma bisa bersepeda ke sana.  Cuma satu orang yang kasih komentar mendukung.  Dalam arti memberikan semangat irma untuk melaksanakan niat itu.  ‘Semoga lancar.  Awas nyasar,’ pesannya.  Yang lainnya, yaa …… gitu deh L

 

Berbagai komentar menyangsikan itu nggak menyurutkan semangat irma.  irma malah jadi tertantang.  Sabtu pagi tanggal 7 Juli 2007 itu irma bangun dengan hati bergairah banget.  Pengen buru-buru naik ke atas sepeda dan nggenjot pedal.  Asik, asik, hari ini irma akan bertualang.  Sendiri karena Wahyudi sudah dipastikan tidak akan turut.  Dia bilang mau beres-beres kamar.  Jadi nggak perlu irma tunggu dia di Stasiun Kota.  Link

 

Jam 7 pagi irma berangkat meninggalkan rumah kost.  Di jalan raya Pejaten irma ngikutin angkot merah no 05 masuk ke jalan-jalan kecil.  Lewat Rumah Sakit Siaga lalu keluar di Samali dan sampai jalan raya Pasar Minggu.  Di lampu merah Pancoran berhenti sebentar nunggu lampu merah berganti hijau.  Masuk Jl. Soepomo.  Ah, jadi ingat dua tahun lalu tiap hari irma lewati jalan itu sepulang kantor menuju Rawamangun.

 

Di depan showroom mobil dekat Balai Sudirman irma lihat seorang pengendara sepeda di seberang jalan menuju arah berlawanan dengan irma.  Ia mengacungkan telunjuk, mulutnya komat-kamit.  Sepertinya ia bertanya sama irma.  Tapi irma nggak bisa nangkap pertanyaannya.  Jadi irma tersenyum dan lambaikan tangan kepadanya.  Daaagh …… hati-hati ya.

 

Lagi asik nggowes di Jl. Saharjo tiba-tiba ada yang menghampiri irma dari belakang.  Ternyata si pengendara sepeda yang tadi irma lihat di seberang jalan.  Kaget euy !  Untung nggak jatuh gedubrakan.  Eh kalau diingat-ingat duluuuu juga irma pernah dihampiri orang dari belakang waktu lagi nggowes di jalan yang sama.  Disuruh berhenti dan minggir.  Setelah menepi orang itu bilang, ‘Kamu irma ya ?  Saya Luthfi.’  Huaaaaa ……… ta’ kirain irma ada salah apa sampai distop gitu.  Ternyata dia udah lama merhatiin irma melintas di situ dan tanya-tanya di milis B2W Indonesia, siapa sih yang suka nggenjot sepeda merah sore-sore di Jl. Saharjo itu ??

 

‘Kamu mau ke mana ?’ tanyanya.  irma bilang irma mau ke Kapuk Kamal.  ‘Busset !’ katanya kemudian.  Lalu dia cerita, sebenarnya dia mau ke Senayan ikutan nggowes bareng Menteri KLH.  Tapi kesiangan.  Acara di sana mulai jam 7 pagi.  Dia telpon Om Tekad, eh ternyata Om Tekad ngiring penganten di Ciputat.  Oh iya, hari ini kan ada B2Wer yang menikah.  Om Tekad dan beberapa penyepedah akan konvoi mengiringi calon mempelai pria menuju tempat akad nikah.  Wuih, seru pastinya ya.  Berangkat menyongsong hidup baru dikawal sepeda J

 

‘Kayaknya jam segini balik pulang ke Kampung Rambutan, masih kepagian kali ya.  Gue mau jalan-jalan dulu aja ke Monas,’ kata penyepedah itu.  Maka kita pun bersepeda berdampingan.  Asik, ada teman seperjalanan.  Bisa ngobrol.  Jadi nggak berasa capek J  Teman baru itu cerita dulu ada temannya ladybiker yang selalu pakai sepeda ke mana-mana.  Eh begitu pacaran sama pengendara motor Honda Tiger, jadi lupa deh sama sepedanya.  ‘Sekarang dia udah punya tukang ojek pribadi.  Sepedanya nggak pernah dipake lagi.  Padahal dulu gue bantuin dia ngerawat sepedanya, gue lengkapin biar dia enak nyepedahnya.  Eh sekarang …’ keluhnya.  Dia juga kalau pacarnya di Yogya pernah dia buat keki karena dia panas-panasin, ‘… Sayang, kamu jangan marah ya.  Di sini aku punya selingkuhan.  Namanya Marini.  Tiap hari pulang kerja aku jalan bareng dia.  Pergi kerja juga aku sama dia …’  Padahal Marini tuh nama sepedanya yang Marine Silver.  Karena penasaran pacarnya itu bela-belain datang dari Yogya ke Jakarta.  Begitu tau kalau Marini itu sepeda, wah langsung ngambek !  Pulang ke Yogya dan nggak mau nyapa dia selama seminggu.  Tapi abis gitu pacarnya itu minta dirakitin sepeda.  Tentu dengan senang hati dia penuhi permintaannya itu.  Wah, tu sepeda yang dikasih bertabur cinta deh !

 

Bareng kita bersepeda nyusuri jalan Saharjo, Minangkabau, lewat Pasar Rumput lalu masuk Menteng.  Dari Tugu Tani di Cikini kita lanjut ke Monas lewat Istana Presiden.  Di sini kita berpisah.  Teman baru itu belok masuk pelataran Monas sedangkan irma lanjut ke Harmoni dan Kota.  Oh iya, sampai dadah-dadah di Monas gitu irma masih nggak tau juga lho siapa namanya.  Dasar emang si irma (sok) pemalu !  Nanya namanya aja nggak berani !

 

Di depan Gedung Arsip irma berhenti sebentar untuk minum dan baca peta.  Peta itu irma fotokopi dari buku peta Jakarta yang tebal dan berat.  Trus fotokopiannya irma jepit di stang sepeda dengan clip.  Jadi kalau irma ragu-ragu harus lewat jalan mana, irma tinggal buka aja ‘tu peta.  Nggak kalah deh dengan Ela yang suka taruh GPS nya di stang sepeda.  irma juga punya ‘GPS’ kok.  Hueheheheheheheeee ……… J

 

Lewat Stasiun Kota, masuk Jl. Bank, nyusurin Kali Besar, masuk Jl. Kopi, di Pejagalan kudu ekstra hati-hati bersepeda di antara angkot dan motor sebelum berhasil masuk Jl. Bandengan Selatan.  Nyusuri jalan itu sampai habis.  Lalu nyeberang masuk Teluk Gong.  Wah, ternyata di sini rame banget.  Banyak kendaraan besar seperti truk.  Harus lebih ekstra hati-hati nih !  Belum lagi jalannya berdebu banget. 

 

Di ujung jalan Teluk Gong irma sempat salah jalan.  Harusnya belok kiri irma malah lurus masuk komplek pemukiman.  Untung segera nyadar.  Di depan Pos Polisi irma berhenti untuk baca peta lagi.  Orang-orang di situ pada heran ngeliat irma.  Dikiranya irma tukang ojek sepeda baru kali ya, hueheheheheheheheheeee …….

 

Akhirnya irma menemukan jalan yang benar.  Yaitu Jl. Kapuk Raya.  Tinggal menyusuri jalan itu aja maka irma akan sampai di Jl. Kamal Muara, tempat pabriknya client.  Tapi kok, perasaan nggak nyampe-nyampe ya ??  Rupanya kalau menempuh jalan lurus rasanya lebih jauh ya daripada lewat jalan belok-belok.  Padahal yang belok-belok belum tentu lebih dekat.

 

Jam setengah sepuluh irma sampai di tempat client.  Wuiiiii ……… cuma dua setengah jam nggowes santai dari Pejaten sampai Kapuk Kamal !  Senang banget !  Puas rasanya, seolah-olah irma telah menaklukkan dunia yang menyangsikan irma.  Pengen rasanya irma melompat tinggi sambil mengacungkan kepalan tangan ke udara.  Lihat !  Lihat !  Lihat aku !  Mana tuh yang bilang nggak layak bersepeda ke Kapuk Kamal ??!  Hah !

 

masih ada kepingan tersisa

masih banyak pula

naluri bercinta, bercumbu rayu denganmu … oh dunia

(‘Kutaklukkan Dunia’ – OST film Catatan Si Boy … kalau nggak salah Catatan Si Boy 2 deh !)

 

Karena datang kepagian – janji ketemu clientnya jam sepuluh – irma ngaso sebentar di pos satpam.  Satpam nya terheran-heran lihat irma datang pake sepeda.  Tapi clientnya lebih heran lagi.  Dia sempat terbengong-bengong lihat irma datang dengan tubuh penuh peluh.  Waktu tau irma nggowes dari Pejaten dia kayak mau pingsan ……

 

Jam setengah sebelas irma pamit.  Cuma sebentar aja kok ketemu clientnya.  Selanjutnya : pulang.  Baru juga nggowes beberapa meter, masih di Jl. Kamal Muara, nggak jauh dari tempat client, irma nyaris kecemplung masuk got !

 

Jadi ceritanya gini.  Jl. Kamal Muara tuh kan rame banget.  irma lagi ngantri di belakang metro mini no 82 yang mau belok kanan.  Karena nggak sabaran menunggu irma nyalip dari kiri.  Lewati pertemuan antara dua cor-an beton pelapis jalan.  Ternyata kedua cor-an itu nggak rata.  Akibatnya ban sepeda irma nyangkut di antara cor-an tersebut.  Jatuh deh sepedanya !

 

Lucunya, sepeda itu jatuh dalam gerak lambat seperti dalam film-film.  Slow motion.  Sepeda pelan-pelan miring ke kiri.  irma yang nggak sempat meloncat turun dari sepeda tentu turut miring.  Udah terlihat tuh oleh irma permukaan air got yang hitam, kental seperti oli.  Kebayang deh kalau irma kecemplung masuk situ, keluarnya irma bakalan jadi swamp thing !

 

‘Awas !  Awas !  AWASSS !’ kenek metro mini berteriak-teriak melihat irma akan jatuh.  Sementara itu irma berpikir, gimana caranya biar irma nggak kecemplung.  Entah apa yang mengerakkan, tiba-tiba saja badan irma berputar dan kaki kanan irma terentang menjejak dinding seberang got.  irma split !  Di atas got !  Jadi kalau Jacky Chen atau Bruce Lee atau Jet Li atau siapa saja aktor film yang jago bela diri ber-split di atas dua tonggak, maka irma split di atas ……… GOT !.  Jarak dari paha irma ke permukaan air got yang hitam-kental-bau itu nggak sampai sejengkal tangan irma. 

 

Pffff ……… irma menghembuskan napas lega.  Tangan kanan irma melambai kepada kenek metro mini itu, maksudnya kasih tau irma nggak apa-apa.  Sementara tangan kiri masih memegangi stang sepeda, menahan biar dia nggak kecemplung masuk got.  Sekarang irma harus berusaha bangkit dari split, kembali ke tepi jalan.  Udah deh, jadi tontonan orang-orang nih si irma ………

 

Lanjut nggowes lagi.  Baru terasa pinggang agak melintir.  Mungkin karena tadi split sambil badan berputar gitu.  Hehehehehe, jadi pelajaran nih.  Jangan sombong.  Baru berhasil nyepedah ke Kapuk Kamal aja udah berasa menaklukkan dunia.  Hihihihihihihihihii ……… irma senyum-senyum sendiri.  Tapi tetap sambil nggenjot pedal sepeda.

 

Tiba-tiba hujan turun.  irma menepi, numpang teduh di emperan satu bengkel.  Untung hujannya nggak lama.  irma bisa lanjut nyepedah lagi.  Ransel irma bungkus dengan bag cover biar nggak kecipratan lumpur atau air dari jalan.  Tapi yang utama, biar air nggak masuk ke dalam ransel.  Ada kamera irma di sana. 

 

Balik ke kota melalui jalan yang sama waktu berangkat.  Sampai di Stasiun Kota irma berbelok ke arah Mangga Dua.  Coba lewat Senen ah, jadi pergi dan pulang nggak lewat jalan yang sama.  Ada variasinya.  Setelah lewat Mangga Dua irma belok kanan masuk Jl. Gunung Sahari.  Dari situ kan tinggal luruuuuussss aja sampai Senen.  Terus luruuuusss lagi lewatin Salemba, Matraman, sampai Kampung Melayu.  Abis gitu nyusurin Otista, Dewi Sartika, belok kanan ke Kalibata, lewat Bakin, lalu sampai deh di Pasar Minggu.  Tinggal belok kanan di pertigaan apotek maka irma akan sampai di Pejaten J

 

Ternyata hujan turun deras banget di Gunung Sahari !  irma sempat berhenti sebentar untuk berteduh.  Tapi hujan kali ini lama.  Akhirnya irma putuskan untuk lanjut nyepedah.  Ayo Mel, kamu bisa !  kata irma kepada sepeda merah kesayangan irma.  Berdua kita basah-basahan diguyur hujan.

 

Sampai Matraman, kering kerontang !  Nggak ada bekas hujan sama sekali !  Jadilah irma seperti tikus got keluar dari selokan.  Kucluk, basah, dekil and the kumel L  irma sempat menggigil saat terpapar angin.  Tapi menjelang Kampung Melayu sinar matahari makin terik.  irma mulai merasa hangat.  Selain itu kan irma juga tetap nggowes. 

 

Macet di Otista.  Tukang siomay di depan irma tiba-tiba ngerem.  irma nggak bisa membelokkan stang ke kiri atau kanan karena kendaraan padat di sekeliling irma.  Ya sudah irma pun turut ngerem mendadak.  Ciiitttt ……… terdengar suara rem di belakang irma.  irma menoleh.  ‘Maaf ya,’ kata irma kepada pengendara sepeda motor di belakang irma.  irma bisa lihat dia tersenyum di balik helmnya.  Pfffff ……… untung dia pengertian.  Untung juga irma nggak sampai jatuh gedubrakan menghindari tukang siomay.

 

Jam setengah dua irma sampai di tempat kost.  ‘Mbak, dari Ragunan ya ?’ tanya Mbak Sum, penjaga tempat kost.  Minggu lalu memang irma nyepedah ke daerah sana.  Mungkin dikiranya tadi irma ke sana lagi.  ‘Nggak.  Aku dari Kota.  Terus ke Kapuk,’ jawab irma sambil ngeloyor menuju kamar.  Hoaaaaa ……… Mbak Sum terduduk, kaget kali dia dengar jawaban irma.

 

irma langsung mandi.  Biar nggak sakit kepala atau masuk angin.  Kan tadi badan irma basah kuyup karena hujan-hujanan gitu.  Lagi ngelepas pakaian menjelang mandi, baru ngeh ternyata bajunya udah kering.  Pasti karena dipapar cahaya matahari sejak Kampung Melayu sampai Pejaten.  Pas banget nih dengan satu lagu dangdut, ……… baju satu, kering di badan ………  Huehehehehehehe, ndangdut banget nggak sih gue J

 

 

6 comments:

  1. baca dari awal ampe akhir
    irma hebaaaaaaaaaaaaaat!!!!

    ReplyDelete
  2. waaah, seru bgt!!
    apalagi yg Irma hampir kcebur got!
    jd ga sabar pgn punya speda ni, Ma..!
    *bela2in mbaca critamu ini pake layar kecil hp gue*

    ReplyDelete
  3. reply borongan ya,

    dyah : he eh, makasih ya dah disemangatin dari awal :D
    dhani : coba kalau adegan nyaris kecebur got itu sempat diabadikan ya. pake video gitu. pasti seru, hihihhi ;)

    ReplyDelete
  4. wwwaaaahhhh DJ salut ama irma!!! hebat ma!!
    ini salah satu bukti bahwa kalo mau berhasil jangan dengarkan suara sumbang orang kebanyakan yang akan menghambat tujuan kita.. Tepuktangan buat irma!!
    *plok..plok..plok..plokk*

    ReplyDelete
  5. gile bener .... sendirian pula.... huebuat Ir.... dua jempol tangan dan dua jempol kaki buat mu .....

    ReplyDelete