Tuesday, February 12, 2008

Bahkan anak TK pun ikutan bimbel

 

Hari Senin kemarin ketemu Teteh di rumah sakit waktu irma mau ke dokter.  Seharusnya hari itu Teteh nemenin anaknya – Adik May – les.  Les apaan ?  ‘Kan minggu depan dia ujian masuk SD.  Ya jadi harus les lah,’ Teteh bilang.

 

irma bengong.  Nggak salah nih ?  Anak TK ikutan les ?  Teman irma yang sering audit sekolahan aja bilang, seharusnya anak TK tuh nggak dikasih pe-er.  Karena secara kurikulum memang anak-anak TK itu baru dibiasakan untuk bersekolah.  Bukan untuk menghapal pelajaran.  Katanya lagi nih, sebenarnya tidak ada persyaratan dari Dinas Pendidikan bahwa anak yang mau masuk SD harus sudah bisa membaca dan menulis.  Tapi ……… pada prakteknya banyak sekolah dasar mempersyaratkan calon murid mereka harus sudah bisa baca, tulis, dan matematika.  Matematika lho ya, bukan berhitung.  Meski sekolah-sekolah tersebut tau aturan dari Dinas Pendidikan itu, tapi mereka selalu kasih alasan, ‘Yaaa …… kalau udah bisa baca tulis, kami tentu memilih murid yang udah bisa daripada yang belum.’

 

Walhasil, para orang tua pun ikut kerepotan saat tiba waktunya mendaftar anak masuk SD.  Apalagi sekarang sekolah-sekolah swasta mengadakan tes dan seleksi jauh-jauh hari sebelum sekolah-sekolah negeri buka pendaftaran.  Seperti sekolah yang akan dimasuki Adik May ini nih.  Sekolahnya baru mulai bulan Juli, tes dan seleksinya udah dari bulan Februari.  Bulan Januari kemarin try-outnya.  Dari try-out ini ketahuan nilai Adik May belum mencapai passing grade.  Makanya dia harus ikutan les.  Ikut bimbel.  Biar nanti bisa lulus masuk SD.   

 

Ya kalau Abang Kiddie yang mau masuk SMP ikutan bimbel, irma masih ngerti.  Tapi Adik May yang mau masuk SD, ikutan bimbel juga ?? Hiks, kasihan.  Ke mana itu masa-masanya main bersama teman, main boneka, main anjang-anjangan, dan main sepeda seperti waktu irma TK dulu ??

 

 

4 comments:

  1. memang miris kalo mo masuk sd aja ude harus tes......................
    bukannya wajib belajar to 9 tahun..............?
    jadi seharusnya malah dipermudah masuk sekolahnya................

    ReplyDelete
  2. hehehe ini topik yg juga dibahas td pagi di Iradio

    ReplyDelete
  3. iya kasian banget yaaa..
    bisa2 udah pada bosen sekolah sebelum waktunya selesai..

    ReplyDelete
  4. seharusnya begitu. yang irma tau persyaratan masuk SD adalah umur calon murid sekurang-kurangnya 6 tahun. tapi ada SD yang mempersyaratkan harus udah bisa baca, tulis, matematika, dan berijazah TK. jadi kalaupun tanpa sekolah di TK si anak sudah bisa baca, tulis dan matematika (berkat didikan orangtuanya di rumah), tetap aja sekolah itu nggak mau nerima karena nggak punya ijazah TK. nyebelin banget ya ??!

    ReplyDelete