Saturday, January 30, 2010

bengong di acara lamaran


Minggu lalu diajak Teteh ikutan ke acara lamarannya seorang sanak.  Kami berdua datang mewakili Mama.  Sejak kondisi jantungnya melemah Mama membatasi pergi jauh. 

Yang dilamar ini adalah putri dari keponakannya kakak ipar Mama.  Keponakan ini waktu kuliah di Bandung dulu tinggal sama Mama.  Ia turut membantu Mama membereskan rumah dan mengasuh kedua anak Mama - Teteh dan De Isna.  Waktu itu irma belum ada.  Selain keponakan ini di rumah Mama turut pula empat orang keponakan Mama lainnya.  Eh, nggak semua keponakan deng.  Satu di antaranya adalah adik Mama.

Keponakan Mama ini cukup berhasil hidupnya.  Sangat berhasil malah.  Sejak bergabung jadi PNS di Deplu ia pernah ditugaskan ke Arab Saudi, Pakistan, Spanyol, Thailand, dan terakhir menjabat sebagai duta besar di salah satu negara Eropa Timur pecahannya Uni Sovyet.  Tahun ini ia ditugaskan di Afrika Selatan.  Jabatannya ini bikin banyak sodara kami berharap bisa dapat kemudahan untuk menonton piala dunia pertengahan tahun nanti (dih, emang ngaruh ??).

Putrinya yang akan dilamar ini adalah seorang artis sinetron.  Terus terang irma nggak pernah nonton aktingnya secara irma bukan penggemar sinetron.  Tapi Teteh bilang dia banyak beredar di FTV, bukan sinetron kejar tayang yang serialnya bisa sampai bertahun-tahun.  irma cuma tau dia menjadi beberapa model iklan.  Pernah juga ia menjadi presenter acara sepak bola.  Besar di Spanyol membuat ia jadi gila sepak bola.  Nggak sekedar nonton tapi dia juga suka main bola.  Nggak ngaruh biarpun dia seorang perempuan.

"Ayo coba tebak, calon suaminya artis juga bukan ?" ujar Teteh di mobil dalam perjalanan kami ke Ciledug.

Sepertinya sih, bukan.  Begitu kata hati irma saat melihat rombongan pihak keluarga laki-laki memasuki ruangan.  Nggak ada satupun di antara mereka yang irma kenali.  Tapi Teteh di sebelah irma saling sikut-sikutan sama Wahyudi, "Eh itu kan si ....  Yang itu ... Trus itu yang di belakang kan ... Yang sebelah situ tuh, dulu pernah masuk berita karena ..."  Jadi yang datang itu dari kalangan artis, pengusaha, politikus, dan pejabat zaman orde baru.  Bahkan Wahyudi aja tau salah di antara rombongan itu adalah seorang penyanyi.  irma nggak tau dia tapi waktu Wahyudi bilang ibunya yang juga seorang penyanyi, irma tau.  Payah ya, irma taunya artis djadoel.  Ini kali akibatnya hampir sepuluh tahun nggak nonton tivi.

irma menoleh ke samping.  Waks, wartawan infotainment berjejalan di pintu.  Kamera-kamera mereka menutupi jalan masuk.   Beberapa pria berkemeja safari membentuk barisan membatasi para wartawan itu agar tidak masuk ke dalam rumah.  Weeee ... baru acara lamaran aja dah kayak gini gimana kawinannya nanti ?

Teteh dan Wahyudi masih saling kasak-kusuk membahas rombongan keluarga pria yang sedang diperkenalkan juru bicara mereka.  "Ini putra dari bapak ..., dulu pernah menjabat sebagai ...  Yang itu, saudara-saudara bapaknya.  Ayah mereka alm. adalah wartawan senior di ...  Ibunya putri dari Mr. ...,  menteri ... pertama ..."  dan sederet jabatan lain diucapkan saat juru bicara memperkenalkan anggota rombongan satu per satu.

irma yang nggak tertarik bergeser ke pojok ruangan.  Duduk di sana baca Naked Traveler II sambil menyantap kue dodorok yang Uni Yen bawakan dari Rangkas.  Uni Yen bilang itu kue khas Banten.  Terbuat dari tepung beras, pandan, santan, dan gula merah.  Dibungkus daun pisang yang juga berfungsi sebagai cetakan.  Rasanya manis dan dingin.  Enak.  Sepiring irma habiskan sendirian.  Sayang banget, kue tradisional seenak ini dianggurin begitu saja.  Yang lain lebih suka menyantap pai dan aneka kue coklat dari bakery ternama.

Lebih asik ngejogrog di pojokan begini daripada tadi bengong di tengah ruangan kayak orang bego.



4 comments:

  1. trus ... aku diundang Uni Yen ke Rangkas naik kereta api :D

    dhani nanyain ending yang mana sihh ??

    ReplyDelete
  2. jadi mikir siapakah artis yang belakangan ini dilamar?
    taunya cuma Ririn Dwi Ariyanti dan siapa itu artis yang dilamar mantan suaminya Rahma Azhari.

    Siapa siy, ir?
    *jadi penasaran* hihihi...

    ReplyDelete