Monday, March 22, 2010

Monday cycling (dan kejutan di akhirnya)

"Irma, hari Senin nanti berenang yuk ?"

Di komplek kami ada kolam renang.  Khusus untuk penghuni.  Orang dari luar komplek juga boleh sih, tapi harus didampingi oleh penghuni.  Selama 8 bulan tinggal di sini belum pernah satu kali pun kami mencoba kolam renang tersebut.

Kebetulan hari Senin ini Wahyudi libur karena jadwal pabriknya mati listrik.  irma juga nggak ke kantor karena masih kecape'an akibat perjalanan 10 jam dari Muko Muko ke Padang jadi memutuskan untuk cuti.  "Jadi mau berenang ?" tanya irma waktu baru bangun.

"He eh, kayaknya lebih asik nyepedah deh," jawab Wahyudi.

Jadilah hari ini kami nyepedah.  Enaknya.  Saat orang lain bermacet-macetan menuju tempat kerja kami malah asik gowes santai.  Ke mana kita ?  "Coba nyari jalur sepeda yuk," kata Wahyudi.

Dari terminal Leuwinanggung kami berbelok masuk jalan Kebayunan.  Jalanan terus menurun hingga kolong bawah jalan tol.  Kami berhenti sebentar untuk menanyakan jalan.  Ibu penjaga warung tempat rehat orang-orang bersepeda menunjuk jalan kecil di seberang warungnya.  Kami pun masuk ke sana.

Kami bersepeda sejajar dengan jalan tol Jagorawi mengarah ke Jakarta.  Jalannya kecil berbatu-batu.  Becek di beberapa tempat akibat hujan tadi malam.  Kami sempat bertemu beberapa anak kecil bermain di pekarangan rumah.  "Dagh Kakak !  Dadagh !" mereka melompat-lompat melambaikan tangan.  Sepertinya sudah biasa mereka bertemu rombongan sepeda.  Kami balas melambaikan tangan dan juga bunyikan bel sepeda.

Tiba di tanah lapang.  Ada papan penunjuk panah ke kiri.  Kami turuti panah tersebut hingga tiba ke jalan perkampungan.  Swiiiiinggggg ......... sepeda meluncur di jalan menurun.  Di ujungnya kami tiba di jalan Gas Alam. 

Setelah melewati belokan kami rehat sebentar di persimpangan menuju pintu tol Cibubur.  Di situ irma mulai merasa kleyengan.  Mungkin karena panas terik.  Setelah menghabiskan satu kaleng minuman isotonik kami lanjut gowes lagi.  Kali ini menyusuri jalan Kapitan.  Hingga ke ujungnya di jalan Pekapuran.  Di sini kami rehat (lagi) di depan satu mini market.  Sambil minum teh dan makan tahu goreng.  irma bilang ke Wahyudi kalau irma masih kleyengan.  Wahyudi lalu mengajak pulang lewat Pekapuran.

Selama duduk di depan mini market itu irma lihat banyak motor dan mobil melintas.  irma bilang ke Wahyudi kalau irma males lewat Pekapuran karena lalu lintasnya rame banget.  Jadi irma mengajak Wahyudi kembali ke jalan yang tadi.  Kami pun kembali menyusuri jalan Kapiten.  Lalu berbelok ke jalan Gas Alam dan memasuki jalan kampung lagi.

Saat tiba di tanah lapang tempat papan penunjuk tadi baru irma perhatikan jalan tanah yang kami susuri sewaktu berangkat tadi mengarah ke dinding pembatas pintu tol.  Rupanya ada bagian dinding yang sengaja dibuka.  Di baliknya adalah rest area jalan tol Jagorawi. 

Kami kembali menyusuri jalan tanah.  Setelah turunan kami berbelok ke jalan tanah di bawah kolong jalan tol.  Ini kolong yang berbeda dengan yang di jalan Kebayunan.  Tanah di kolong ini berupa bukit-bukit kecil yang terbentuk oleh aliran air.  irma gowes sambil membungkukkan badan hingga kepala nyaris menyentuh handle bar karena takut kejedug beton bagian bawah jalan tol.  kolong itu tidak tinggi. 

Tampak deretan atap rumah saat kami keluar dari kolong.  Nggak berapa lama kami tiba di pintu gerbang perumahan.  Tertulis di sana, "Buka : 05.00, Tutup : 22.00."  Ada dua motor masuk ke dalam pemukiman tersebut.  Sepertinya itu gerbang belakang.  Kami bertanya pada dua orang petugas keamanan yang berjaga di sana.  "Ini komplek Rafless," jawab mereka.  "Mau ke mana ?  Kalau dari sini bisa tembus ke jalan alternatif Cibubur - Cileungsi."  Kami bilang nggak ke mana-mana cuma lagi jalan-jalan aja menjelajahi sekitar Leuwinanggung.  Petugas keamanan itu lalu menunjuk ke arah di belakang kami.  "Kalau yang naik sepeda gunung seperti ini biasanya nglewatin jalan kecil di sana," katanya.  Kami lalu mengucapkan terima kasih dan berbalik arah.

Ternyata jalan di belakang kami menuju ke lapangan tanah berumput ilalang.  Kami mengikuti jalur yang ada.  irma sempat panik saat melewati jalur sempit dan licin di atas bukit kecil.  Jadi ingat waktu ikutan downhill dan XC bareng Mahanagari dan Darkcrosser.   Masa' mo jatuh 22 kali lagi ??

Di ujung tanah lapang ada pintu kecil untuk masuk ke perkampungan.  Di baliknya adalah jalan sempit menanjak curam.  Yah, TTBan deh.  Abis gitu kami rehat sebentar di samping kebun sereh.  "Cuma berdua aja nih," sapa seorang penduduk.  Sepertinya sudah biasa rombongan sepeda melintas di sini.

Lanjut gowes lagi.  Kleyengan irma udah hilang.  Entah karena lewat jalanan yang teduh dan sepi, atau karena dah mo sampe rumah.  Usai menyusuri jalan kampung kami tiba di jalan Leuwinanggung seberang jalan Cakung.  irma reflek berbelok ke kiri.  Tapi Wahyudi ajak ke arah sebaliknya karena ia mau benerin sepeda di bengkel sepeda dekat terminal Leuwinanggung.  Eh ternyata waktu kita sampai sana bapak mekaniknya lagi pergi belanja.

Ya udah.  Pul dulu aja.  Nanti sore balik lagi.  Tapi sebelumnya mampir belanja sayur dulu ya.  Dan juga jeruk.  Lagi santai nggowes menuju tukang buah satu sepeda motor menyalip dan berseru kepada irma, "Hwaduh Mbak'e ... enak bener gowes sepedanya !"  Waks, ternyata itu bapak tetangga rumah sebelah.

Sampai di rumah.  Lho kok cuma ada Kelly di teras samping ?  Sebelum berangkat tadi keempat kucing kami keluarkan biar mereka nggak ganggu jemuran.  Waktu parkir sepeda baru irma lihat Charlie mengintip dari bawah spakbor ban motor bagian depan.  Hih, lain kali Wahyudi harus hati-hati kalau nyalain motor.  Sekarang kucing-kucing itu suka mendekam di bawah spakbor.  Bisa-bisa mereka tergilas ban.

Kelly ada, Charlie ada, tapi yang dua lagi ke mana ?  Ketika Wahyudi membuka pintu, ... SURPRISEEEEE !!!!  Rumah porak poranda diberantakin Obie.  Ternyata dia melompat masuk ke dalam rumah lewat lubang ventilasi.  Ih, kucing yang satu ini memang bandel buangett !!

3 comments:

  1. baru aza akyu mbatin: ''kok lama Irma gak nulis ya' ..... eee, pagi-pagi buka mp ternyata ada cerita.... makasih ya Ma....

    enak kan, orang-orang kerja, kita santai ... hehehehehe.....

    ReplyDelete
  2. jadi maksudnya ngajakin nggabung dengan para pensiunan nih ;)
    hahaha, boleh juga tuh

    ReplyDelete
  3. hihihihi.... ya enggak, belum usia pensiun ya musti 'kerja-kerja mari kita kerja' .... (dilagukan) :)
    sekali-sekali.... kita sepedaan, orang kerja ... :)

    ReplyDelete