Thursday, March 25, 2010

paniknya Yudi

 

Pernah nonton film “Marley and Me” ?

 

Di film itu ada satu adegan Jenny menelpon John, suaminya, dan dengan sedih berkata, “… aku tidak bisa membuatnya masuk ke dalam rumah …”  Yang Jenny maksud adalah Marley – anjing mereka – seharian itu hanya tiduran saja di bawah pohon di halaman rumah.  Bahkan diumpan dengan kesukaannya pun Marley tetap tidak bergerak.  Jenny khawatir sesuatu yang salah terjadi pada Marley.

 

Tak disangka-sangka irma mengalami kejadian yang mirip adegan tersebut.

 

Waktu itu irma lagi audit di luar kota.  Tiba-tiba Wahyudi telpon.  “Irma, si Mpus di atap rumah nggak mau turun-turun.”  Suaranya terdengar panik dan khawatir.

 

Di atap rumah ?

 

“Iya.  Dari kemarin dia di situuu aja.  Aku panggil-panggil nggak mau turun.  Aku bikinin susu juga dia tetap aja di sana.  Padahal kan dia suka sekali minum susu,” cerita Wahyudi.  “Aku pasangin tangga maksudnya biar dia turun, eh malah Obie (anaknya Mpus) yang naik ikutan dia ke atas.”

 

Irma mengingat-ingat kelakuan si Mpus saat terakhir irma ketemu dengannya.  Rasanya nggak ada yang aneh selain perutnya semakin besar karena dia sedang hamil lagi (heran deh, hamil mulu.  hamil kok ya jadi profesi).  “Sekarang dia masih di atas ?” tanya irma.

 

“Masih,” jawab Wahyudi.  Hari itu Wahyudi libur karena jadwal pabriknya mati listrik.  Jadi seharian dia di rumah aja merumput sambil main-main dengan anak-anaknya si Mpus.

 

“Mungkin si Mpus udah mau melahirkan,” irma bilang.  “Kucing itu kalau bersalin maunya di tempat yang gelap dan tersembunyi.  Dia nggak mau dilihat orang.  Atau kucing lain.”

 

“Oh, gitu ya ?”

“Iya Yudiiii … aku kan udah ngalamin beberapa kali punya kucing hamil tau-tau perutnya dah kempes .  Ternyata anaknya udah lahir di manaaa gitu.  Nanti anaknya dia bawa ke rumah abis gitu baru aku sediain tempat.”

“Oh jadi si Mpus itu nggak apa-apa ?”

“Nggak.  Nanti juga dia bakalan turun sendiri.”

 

Malamnya waktu udah kembali ke hotel irma telpon Wahyudi.  “Si Mpus gimana ?  Dah turun ?”

“Belum.  Masih di atas.  Jadi tadi aku taruh makanan dia di sana.”

“Oh ya udah.  Biarinin aja dia di sana.  Mungkin dia lagi kepengen sendiri.”

“Tapi tangganya aku lepas.  Abisnya si Obie manjat ke situ terus.  Tadi malah Kelly juga mau ikutan.”

“Iya nggak apa-apa.  Si Mpus bisa turun sendiri kok.”

 

Kami bercakap-cakap hal lain kemudian.  Sebelum mengakhiri pembicaraan di telpon Yudi bilang sebelum tidur nanti dia mau ngecek si Mpus lagi di atas.  Mana tau makanannya habis atau mungkin juga anaknya udah lahir.

 

Hiyyyaaaa … ditongkrongin terus-terusan gitu mah nanti si Mpus nya nggak bakalan jadi beranak-beranak atuh !

 

 

 

3 comments: