Monday, February 26, 2007

Golden Compass - summarized by Adrian Nanditya

Ini ringkasan cerita yang dibuat oleh Adrian Nanditya, keponakan irma yang bulan Mei 2007 nanti berumur 11 tahun.  Waktu itu irma beliin buku ini dengan syarat dia harus bikin summary atau ringkasan ceritanya.  Jadi irma yang nggak sempat baca bukunya juga bisa tau ceritanya, sedikit ...


 


Golden Compass


Lyra diberikan alethiometer dari Master Akademi Oxford untuk diberikan kepada Lod Asriel sebelum meninggalkan Akademi, mengikuti Mrs. Coulter yang belakangan ini Lyra ketahui sebagai ibunya. Master Akademi Oxford berkata bahwa selama perjalanan mencari Lord Asriel, Lyra boleh menggunakannya. Karena belakangan ini sahabatnya, Roger, diculik, ia memutuskan untuk mencarinya juga.


Setelah dibantu oleh para gipsi, Lyra akhirnya bias sedikit memahami alethiometer tersebut. Karena alethiometer itu dapat menunjukkan kebenaran, Lyra bertanya kepada alethiometer, Dimanakah paman dan sahabatnya? Dan alethiometer menjawab, Mereka ada di Utara. Lalu Lyra bertanya lagi, Apa mereka bersama-sama? Tempat sahabatmu lebih dekat.


Lalu Lyra meminta bantuan kepada para gipsi. Para gipsi setuju asalkan Lyra, Pantalaimon (nama daemon Lyra) dengan alethiometernya membantu mereka menemukan anak bangsa mereka yang hilang. Dan selama bersama para gipsi, Lyra mengetahui bahwa sebenarnya Mrs. Coulter adalah ibunya, dan Lord Asriel adalah ayah tirinya.


Dlam perjalanan menuju ke Utara, kapal para gipsi disinggahi oleh seorang aeronaut yang bernama Lee Scoresby. Mr. Scoresby adalah penerbang balon yang sangat handal. Agar perjalanan ke Utara lebih lancar, mereka mengambilkan baju besi beruang Iorek Brynison dengan balasan selalu mengawal kelompok Lyra dalam perjalanannya mencari sahabat dan ayah tirinya. Lalu, salah seorang gipsi meminta tolong salah seorang penyihir yang bernama Serafina Pekkala untuk melindungi kapal dan balon orang gipsi, selama daemonnya, Kaisa mencari informasi di Utara.


Lalu, suatu saat kapal gipsi tersesat di perairan dekat daratan yang berkabut. Saat mereka memutuskan untuk mendarat, sederet panah menancap di sisi kapal. Lyra hendak keluar, tapi Lyra disuruh oleh Lord Faa (pemimpin gipsi) diam di dalam kapal. Lyra memanggil Iorek, tapi Iorek sedang berburu di laut tak berkabut. Lyra mencari Lee Scoresby, tapi ia sudah menyelamatkan diri bersama orang gipsi yang lain, yang sayangnya melupakan Lyra. Lyra mencari ke langit, berharap menemukan Kaisa atau Serafina, tapi mereka bertempur dari atas membantu para gipsi yang bertempur di bawah.


Lyra ditangkap dan dimasukkan ke semacam panti asuhan yang akhirnya, Lyra bertemu dengan Roger. Saat itu Lyra merencanakan hendak kabur, tetyapi ternyata Lyra melihat ibunya, yaitu Mrs. Coulter yang berkunjung ke sana. Walaupun begitu, Ltra tidak tertangkap olehnya dan berhasil kabur.


Karena anak- anak gipsi sudah terselamatkan, mereka membalas budi dengan memberikan persiapan yang cukup untuk melanjutkan perjalanan ke Utara.


Lyra melanjutkan perjalanan bersama Lee Scoresby, Serafina Pekkala, Roger, dan Iorek Brynison.


Lalu, di dalam badai, balon Mr. Scoresby terjatuh ke karang yang curam. Dalam jatuh itu, Lyra terlempar berpuluhan meter. Ia dan Pantalaimon ditangkap oleh Beruang di Kutub Utara ke Kerajaan mereka.


Di sana, Lyra dan Pantalaimon bertemu dengan Iofur Raknison, Raja Beruang saat itu. Lyra bertanya pada alethiometer,Dimanakah Iorek dan Roger? Alethiometer menjawab, Mereka sedang dalam 3 hari perjalanan ke sini. Iapun merasa lega. Tapi, sebelum Iorek sempat menginjakkan kakinya di istana ini, dia pasti sudah mati! Batin Lyra.


Akhirnya Lyra berkata pada Iofur bahwa dirinya adalah daemon Iorek. Ia berkata bahwa ia tahu segalanya. Lalu Iorek bertanya, Siapa makhluk yang pertama kali kubunuh? Lyrapun bertanya hal yang sama pada alethiometer, dan alethiometer menjawab, Ayahnya.Lalu , Lyra berkata sama pada Iofur. Lyra mengatakan bahwa sebelum mendapatkanku, habisi dulu Iorek Brynison!


Iorek dan Iofurpun bertarung dan Iofur berakhir dengan kepala yang putus dan jantung di perut Iorek. Karena kemenangannya, Iorek diangkat menjadi Raja Beruang yang baru.


Ternyata Lord Asriel dikurung di dalam ruangan bawah tanah bersama Throlord, pelayan setianya. Esonya Lord Asriel menculik Roger dan merobek langit dengan menggunakan Roger sebagai korban, lalu pergi ke dunia lain bersama Mrs. Coulter. Lyrapun hanya bias mengikuti…




Akhir Buku Pertama



6 comments:

  1. Wah...bagus sekali...& bikin pembaca berpikir..hehehe :) Tantenya beliin buku lagilah yang lain..tp jangan dipaksa untuk membuat ringkasannya-kalau dia ngak mau, mungkin senangnya membaca tp ngak menulis. :)

    ReplyDelete
  2. ......hebat, untuk ukuran anak 11 tahun!

    ReplyDelete
  3. hehe, dia agak-agak mirip irma. suka baca. suka nulis juga. trus kalau ke mana-mana selalu bawa buku catatan jadi kalau ada ide dia langsung nulis. tahun lalu dia nabung uang jajannya buat beli odner dan kertas tempat dia nulis jurnal.

    ReplyDelete