Friday, July 25, 2008

always the brides-maid, never be the bride

 

‘… ir, kawinan Petty nanti kamu disuruh pake kebaya …’

 

irma berasal dari keluarga besaaaaarrr banget.  Mama punya delapan orang kakak dan adik.  Masing-masing kakak dan adik punya anak.  Banyak.  Masing-masing anak mereka punya anak lagi.  Lumayan banyak.  Total irma punya 48 orang sepupu dan hampir seratus keponakan.  Banyak sekali sodaranya.  Belum lagi sepupu-sepupunya Mama punya anak dan keturunan.  Banyak banget deh.

 

Hampir tiap tahun adaaaa aja dari keluarga besar Mama yang nyebarin undangan pernikahan.  Yang irma ingat, sejak irma SD, tiap libur kenaikan kelas selalu ke Jakarta karena ada keponakannya Mama yang nikah.  Meski berasal dari Medan tapi sekarang hampir semua sodara-sodara Mama tinggal di Jakarta.  Hanya beberapa aja yang masih di Medan.  Di kota-kota lain juga ada seperti Bandung, Surabaya, Pontianak, dan Makassar.  Juga di kampung Nenek di Tamtaman, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.  Meski tinggal berjauhan begitu tiap kali ada yang ngadain acara pernikahan, selalu anggota keluarga besar Mama ini berusaha kumpul.  Kadang irma nggak tau siapa aja karena saking banyaknya.  Jarang ketemu lagi.

 

Waktu SD, irma cuma ngintil Mama aja selama resepsi.  Ketika SMP, irma mulai kebagian tugas di kepanitiaan.  Jadi penerima tamu.  Mejeng di depan pintu masuk, persilakan tamu menulis di buku tamu, dan berikan souvenir.  irma terkenal sebagai penerima tamu yang jutek.  ‘Undangannya kan cuma satu, ya udah souvenirnya juga satu aja !’ gitu irma bilang kalau ada yang minta tambahan souvenir.  Kasihan deh yang kena juteknya irma.

 

Sampai SMA irma selalu kebagian tugas jadi penerima tamu.  Saat kuliah, irma mulai ‘naik jabatan’ , gabung di barisan Pagar Ayu dan Pagar Bagus.  Pernah juga diminta jadi pengiring pengantin, yang bawa aneka serah-serahan dan menjunjung cerano.  Kebanyakan acara-acara pernikahan di keluarga besar Mama menggunakan adat Minangkabau meski mantunya dari suku lain entah itu Jawa atau Sunda.  Eh, iya ada juga yang dari Manado dan Mandailing.

 

Tiap kali bertugas dalam pesta pernikahan, irma selalu dapat seragam baju kurung atau kebaya.  Jadi irma bilang irma nggak perlu bikin baju pesta karena tiap tahun selalu dapat baju kurung atau kebaya baru.  Minimal setahun sekali.  Kadang-kadang malah setahun dua kali.  Kalau seandainya dikumpulin semua, baju kurung atau kebaya acara pengantinan yang irma punya mungkin sama dengan baju pengiring pengantin yang dimiliki Jane dalam ‚27 Dresses’.  Mungkin malah lebih.

 

Hingga beberapa tahun yang lalu irma masih sering gabung dalam kepanitiaan pernikahan.  Tapi saat usia udah kepala 3, nggak pernah lagi.  Abis, bingung mau ditaruh di barisan mana.  Gabung dengan Pagar Ayu dan Pagar Bagus, dah ketuaan.  Mau gabung dengan Pagar Layu, ya nggak bisa lah irma kan belum ada pasangan.  Barisan Pagar Layu tuh terdiri dari beberapa pasangan suami istri, sebagai contoh rumah tangga yang harmonis bagi pasangan pengantin.  Lha suamiku ... mana ??

Makanya terkaget-kaget irma waktu Wahyudi bilang untuk acara kawinannya Petty – sepupunya -  irma dapat seragam kebaya.  Nggak salah nih, aku disuruh mejeng ??   Jadi pengiring pengantin lagi !  Dooohh ...... yang bikin males tuh pertanyaan klasik dari orang-orang, membandingkan irma dengan pengantinnya.  Nyebelinnya lagi, irma mulu yang ditanyain.  Sementara Wahyudi selalu ‚sembunyi’ di balik lensa.  Hiks.

...... always the brides-maid, never be the bride ......

 

 

 

 

 

5 comments:

  1. Irma yg dah punya Wahyudi aja...bingung/males yah ditanya "kapan nyusul " ? :D
    apalagi nani .....^__^

    ReplyDelete
  2. ha ha itu pager layu emang istilah bener (baru denger) apa istilahnya irma sih ;)?

    ReplyDelete
  3. wakakakakak........................
    *ngebayangin muka tamunya*

    ReplyDelete
  4. Irma... kalo tiba2 gue dikasih foto Irma yang pake kebaya, pasti gue gak bisa nebak.. bener2 pangling!!

    ....cantikkkknnyaaaa.....

    ReplyDelete