Friday, October 10, 2008

Adek Diella belajar matematika

 

Hari Minggu lalu waktu masih di rumah Teteh, irma bermalas-malasan sampai jam sebelas.  Di luar mendung.  Acara tivi nggak ada yang rame.  ’Tante, ke Dufan yuuuk.  Aku pengen nonton film 4D yang baru,’ kata Diella.  Mungkin maksudnya ke wahana Gelanggang Samudera Ancol.  Karena kalau yang di Dufan adalah atraksi sulap.  Sedangkan film 4D terbaru yang tentang kehidupan bawah laut di zaman dinosaurus adanya di area atraksi lumba-lumba, singa laut, dan pentas aneka satwa.

 

Lebaran dua tahun yang lalu udah pernah ke sana.  Eh, atau tiga tahun yang lalu ya ?  Ah lupa.  Tapi ingat waktu itu filmnya diawali dengan induk beruang kutub dan anaknya yang lagi tidur.  Lalu salah satu anak beruangnya meluncur berguling-guling.  Kita penontonnya pun serasa turut meluncur.  Trus nanti pas berenang ketemu penyu.  Pas naik ke darat berhadapan dengan ular.  Terakhir ditimpukin buah apel oleh sekumpulan monyet. 

 

Sebenarnya malessss banget ke Ancol.  Dah kebayang ramenya di sana.  Belum lagi panasssss.  Huaaahhh … kayaknya di sana mataharinya bukan cuma satu.  Tapi dua, tiga atau mungkin empat.  Mungkin ini efek pemanasan global.  Hmm, yah kita juga yang bikin gitu.  Kita dan para pendahulu kita sejak zaman revolusi industri.

 

Karena males berangkat ke sana jadi irma ngelesnya, ’Boleh.  Tapi Adek bayar sendiri ya.  Bayar tiket masuk Ancolnya, tiket masuk wahananya, dan ongkos taksi pulang-pergi ke sana.’  He eh, dasar emang irma nya yang nggak niat ke sana.  Adek Diella merengut dengar jawaban irma.  Sebelum ia protes lagi irma berkata, ’Kan Adek dah dapat THR.’

 

Adek Diella masuk ke kamar Mas Rizqi, tempat ia tidur selama menginap di rumah Teteh.  Keluar dari sana ia bawa tempat handphone yang pernah irma kasih.  Rupanya di situ ia menyimpan uang yang ia terima dari kakek, mak tuo, om, tante, dan sodara-sodara lainnya selama lebaran kemarin.  Ia mengeluarkan segepok uang.  Waks, banyak betul uangnya !

 

’Butuh duit berapa sih buat ke sana ?’ tangan Adek Diella membuka gulungan uang.  Ia mulai menghitung hartanya.  Dimulai dari lembaran pecahan uang terbesar.  Lima puluh ribu, seratus ribu, seratus dua puluh, ia menghitung.  Dari atas kursi panjang depan tivi irma perhatikan ia menghitung sampai habis semua uang kertasnya.  ’Tiga ratus ribu !’ seru Adek Diella riang. 

 

Eit,eit, eit, tunggu, tunggu !  ’Betul Dek, uangnya tiga ratus ribu ??’ tanya irma menyangsikan.  Kayaknya tadi dia ada salah hitung deh.  Adek Diella mengangguk yakin.  ‘Betul ya ?  Ayo kita hitung sama-sama,’ irma mendekatinya.  Adek Diella menebarkan uang-uang kertas di genggamannya ke lantai.

 

’Ini berapa Dek ?’ irma acungkan selembar uang kertas biru. 

’Lima puluh ribu,’ jawab Adek Diella. 

’Ini, jadi berapa ?’ kembali irma acungkan selembar uang kertas biru lagi.

’Seratus ribu.’

’Trus ini, jadi ... ?’ kali ini irma mengacungkan selembar uang kertas warna hijau cerah.

’Seratus dua puluh ribu.’

 

Terus begitu.  Setiap kali irma mengacungkan selembar uang Adek Diella akan menjumlahkannya dengan hitungan sebelumnya.  Hingga akhirnya ia berseru, ’Tiga ratus ribu !’

 

’Bener ya, tiga ratus ribu,’ irma meyakinkan.

 

Adek Diella mengangguk.  irma menyerahkan uang sejumlah tiga ratus ribu tersebut kepadanya.  Dengan suka cita Adek Diella menggenggam uang-uang itu.

 

‘Naaaahh berarti yang ini bukan uang kamu ya,’ irma menunjuk beberapa lembar uang lima ribuan dan seribuan yang masih berserakan di lantai.  ‘Kan tadi kamu bilang uang kamu semuanya tiga ratus ribu.’

 

Mata Adek Diella terbelalak.  Ia baru menyadari kesalahannya dalam berhitung.  Sebelum ia bertindak irma dah keburu menyambar uang kertas yang di lantai.  ’Karena ini bukan uang kamu, berarti boleh dong tante bilang ini uang tante.  Horeeeeeeee ............. !!!’ seru irma.  Tangan irma yang menggenggam uang tersebut teracung tinggi.

 

‘Ah Tante, ah, ah, itu kan uangku !’ Adek Diella melompat-lompat berusaha merebut uangnya.

’Yeee ... kan tadi kamu bilang uang kamu tiga ratus ribu.  Berarti ini,’ irma menghitung uang di tangan, ’lima belas ribu, uang tante !’

 

’Aah Tante, ah, ah, siniin !’ Adek Diella melompat-lompat tanpa hasil.  Beda sekali dengan abangnya yang tinggi kurus, Adek Diella gemuk pendek.  Meski loncat-loncat tetap aja dia nggak bisa menggapai tangan irma yang teracung tinggi.

 

’Makanya, kamu tuh kalau belajar matematika yang bener.  Masa’ ngitung segitu aja salah.  Kan sekarang uang kamu jadinya hilang,’ irma memasukkan uang tadi ke dalam saku celana.  Adek Diella merengut.  Dia paling benci pelajaran matematika.  ’Ayo sekarang kamu ambil bolpen dan kertas.  Kamu belajar matematika dulu sama Tante sini,’ perintah irma.

 

Adek Diella masuk ke dalam kamar Mas Rizqi lagi.  Keluar dari sana ia membawa clip board beserta kertas dan pensil.  Lalu ia tiduran telungkup di hadapan irma.  irma masih duduk di kursi panjang depan tivi. 

 

‘Soal cerita,’ kata irma.  Mulut Adek Diella manyun.  Soal cerita adalah mimpi buruk baginya. 

 

‘Diella mempunyai uang tiga ratus ribu rupiah,’ lanjut irma berkata.  Adek Diella mendelikkan mata sebal.  ‘Hei, ayo tulis !’ irma balas menatapnya nggak kurang galak.  Adek Diella mulai menggoreskan pensilnya pada kertas.

 

’Diella mempunyai uang tiga ratus ribu rupiah.  Terdiri dari 2 lembar uang lima puluh ribuan, 3 lembar uang sepuluh ribuan, dan 20 lembar uang seribuan.  Jika sisanya adalah uang lima ribuan, maka berapa lembarkah semua uang lima ribuan tersebut ?’ irma membaca soal karangan irma sendiri.

 

Selesai menulis soal yang irma diktekan kening Adek Diella berkerut-kerut.  Nggak berapa lama terdengar Adek Diella ngomong sendiri, ’Lima puluh ribu kali dua, seratus ribu.  Sepuluh ribu kali tiga, tiga puluh ribu.  Seribu kali dua puluh, dua puluh ribu.  Seratus ribu tambah tiga puluh ribu tambah dua puluh ribu, seratus lima puluh ribu.  Berarti sisanya, tiga ratus ribu dikurangi seratus lima puluh ribu.  Seratus lima puluh ribu.  Hmmm ……’

 

Adek Diella mendongakkan kepala lalu bertanya, ’Tante, lima ribu dikali berapa hasilnya seratus lima puluh ribu ?’

 

Yeeeeee .......... kok nanya ??  Hitung sendiri dong.  Kan itu soal untuk Adek. 

 

’Berapa ya, yang dikali lima ribu jadi seratus lima puluh ribu ?’ Adek Diella bertanya pada diri sendiri.  Sementara irma pindah dari kursi panjang ke lantai dekat Adek Diella.  Nggeletak di atas keramik dingin itu, aaahhh adem. 

 

Ternyata irma ketiduran.  Pas bangun, di sebelah irma Adek Diella masih bicara pada dirinya sendiri, ’Lima ribu dikali berapa ya, jadi seratus lima puluh ribu ?  Kalau seribu aku tau.  Pasti itu dikali dengan seratus lima puluh.  Tapi kalau lima ribu ... ??

 

Halah, masih belum selesai juga ???  irma melirik jam dinding di atas pintu ke arah ruang makan.  Jam sebelas lewat lima belas menit.  Bussyeeettttt ...... tadi irma kasih tu’ soal sebelum jam sebelas !  Udah lima belas menit kok ya belum selesai juga ???

 

’Tante aku nggak bisa mencongak,’ terdengar suara Adek Diella lirih.  Ya kalau nggak bisa mencongak, dikotret aja.  Nggak pa-pa.  Yang penting kerjakan dengan benar.  Nggak usah dipaksakan jadi Lintang yang bisa menghitung cepat tanpa coret-coret hitungan.  He eh, baru sehari sebelumnya kita nonton film ’Laskar Pelangi’. 

 

Sret, sret, sret, suara pensil menggores kertas.  Kemudian terdengar seruan riang Adek Diella, ’Tiga puluh !  Tante, tiga puluh !’

 

‘Tiga puluh apa ?’

‘Tiga puluh lembar.’

‘Lembar apa ?’

‘Lembar uang lima ribuan.’

‘Nah, jawab yang lengkap dong.  Kalau nggak nanti nilainya nggak penuh.’

‘Tiga puluh lembar uang lima ribuan.’

 

Hhhhh …… akhirnya berhasil juga ia menjawab.  irma melirik jam dinding lagi.  Haaaa ....... dua puluh menit untuk ngitung satu soal segitu doang ???

 

’Tante, uangku mana ?  Kan udah selesai belajarnya,’ Adek Diella menadahkan tangannya.  Heeeh ... enak aja !  Baru juga satu soal.  Itu pun lamaaaaaa banget ngerjainnya.  Ngerti deh sekarang kenapa nilai matematikanya selalu paling rendah di raport (selain Bahasa Sunda).  Kiranya dia lambat dalam mengerjakan soal.  irma putuskan memberinya soal lagi.  

 

’Kamu udah belajar KPK dan FPB belum ?’ tanya irma.  Kalau ada yang lupa pelajaran matematika SD, irma kasih tau KPK adalah singkatan dari Kelipatan Persekutuan terKecil dan FPB adalah Faktor Persekutuan terBesar.  Baru-baru ini irma baca di surat kabar, di satu desa di Jawa Tengah seorang guru SD mengajarkan KPK dan FPB dengan alat bantu mainan dakon.

 

’Udah,’ jawab Adek Diella.

’Ok.  Berapakah FPB dari 40 dan 100 ?’ tanya irma.

’Hoaaaaa tante, soalnya jangan susah-susah !’ rengek Adek Diella.

’Heeee gimana, emang kalau ujian bisa milih soal ?  Gimana kamu mau lulus UN tahun depan nanti.  Udah sana kerjain !’

 

Dengan bersungut-sungut Adek Diella mengerjakan soal yang irma kasih barusan.  Dan ternyata jawabannya ... salah !  Seharusnya 20 tapi ia menjawab 4.  Hu uh, jauh banget !

 

irma mengajarkan pohon faktor dari 40 dan 100 sehingga diperoleh FPB 20.  Seingat irma, dulu dengan pohon faktor guru SD irma menerangkan tentang FPB.  Tapi Adek Diella bilang, Pak Anton – wali kelasnya – mengajarkan dengan cara lain.  ’Coba Dek, kalau caranya Pak Anton bagaimana ?’ pinta irma.  Adek Diella menerangkan cara yang diajarkan wali kelasnya tersebut.  Setelah kita bandingkan, ternyata hasil akhirnya sama.  ’Oh, bisa juga pake kayak gini ya,’ Adek Diella tercenung melihat pohon faktor yang irma buat.  Ya iya lah, ada banyak cara untuk mengerjakan suatu soal.

 

irma kasih beberapa soal lagi mengenai KPK dan FPB.  Kali ini ia bisa menjawab dengan benar.  Hmm, bagus.

 

’Tante, kasih soalnya tentang akar-akaran aja.  Aku udah bisa,’ pinta Adek Diella.  Ok.  Tapi waktu irma sedang mengarang soal, ternyata Adek Diella mencoret-coret sesuatu di kertasnya.  ’Apa itu Dek ?’ tanya irma.  ’Nih, aku udah siapin contekannya,’ Adek Diella tersenyum.  Ealaaaahhhhh ...... !

 

Tau apa yang ia tulis ?

 

1     x    1     =    1

2    x    2    =    4

3    x    3    =    9

4    x    4    =    16

5    x    5    =    25

6    x    6    =    36

7    x    7    =    49

8    x    8    =    65

9    x    9    =    81

10   x    10   =    100

 

Eit, eit, eit, ... kayaknya ada yang aneh deh !  Sejak kapan perkalian 8 menghasilkan angka ganjil ??

 

’Dek, nggak salah tuh 8 x 8 = 65 ?’

‘Iya tante, bener kok 8 x 8 = 65.’

’Bener ?’

’Iya, bener.’

’Ok.  Delapan ditambah delapan, berapa ?’

’Enam belas.’

’Ditambah delapan lagi ?’

’Ngg .. dua puluh empat.’

’Tambah delapan lagi ?’

’Dua puluh empat ditambah delapan,’ Adek Diella mengotret pada kertas, ’tiga puluh dua.’

 

Tiap kali ia menjawab, irma terus menyuruhnya menambah dengan delapan.  Hingga akhirnya setelah angka 56, Adek Diella pun menyebut 64 dan berikutnya 72.  ’Trus, di mana 65 nya ??’ tanya irma.

 

’Oh iya ya.  Delapan dikali delapan tuh enam puluh empat,’ Adek Diella menghapus angka 65 dan menggantinya dengan 64.  ’Yaaah tante, itu kan kesalahan teknis.’

 

’Yeeee ... kesalahan teknis apaan ?  Emang kamunya yang belum lulus matematika kelas 3 SD !’ sergah irma.  ’Kalah kamu sama Lintang, anak pesisir.’

 

Adek Diella mendelik dengan sebal,  ’Ya tante, Lintang kan tiap hari ketemu buaya !’

 

Jadi maksudnya, biar pintar matematika kamu harus ketemu buaya tiap hari, gitu ???  Apa hubungannya coba.  Lagian kan tiap hari kamu ketemu Pak Anton, guru wali kelas yang bisa ngajarin segala macem mata pelajaran mulai dari matematika sampai PPKN ...

 

Karena Diella minta soal akar-akaran jadi irma kasih soal yang dia minta.  ’Ok, berapakah akar dari ... 625 ?’

 

Adek Diella membaca contekannya.  Yeeeee ... nggak ada !  Dia harus mengotret.  Lihat dia mencari akar kuadrat, irma jadi mengingat-ingat lagi dulu guru SD irma ngajarinnya gimana ya ??  Kok kayaknya agak beda.  Hhhh … sayang waktu SD dulu guru matematika irma nggak ngajarin pake jembatan keledai.  Jadi irma nggak bisa kasih trik mudah mengingat seperti waktu irma ngajarin Kimia kepada Abang Kiddie .

 

‘Dua puluh lima, tante.’

‘Bagus.  Sekarang, berapa akar dari 169 ?’

 

Sret, sret, sret, ... nggak berapa lama kemudian jawab Adek Diella, ’Tiga belas !’

Bagus.  Beneran ini anak udah bisa ngerjain soal akar-akaran.  Kayaknya nggak perlu jembatan keledai deh.  Berikutnya, ’Kalau 196 ?’

 

Sret, sret, sret lagi, ... ’Empat belas !’

 

Yihhaaa !  Pinter !

’Dua ratus empat puluh sembilan ?’

 

Sret, sret, sret, …

lho kok lama ?  

 

‘Dek, berapa akar dari 249 ?’ irma bangkit dari tidur-tiduran di lantai.

 

’Ngg .. tante, kayaknya soalnya salah deh.  Nih aku udah hitung semua, nggak ada yang pas,’ Adek Diella menunjukkan kotretannya.  Tertulis di sana mulai dari 15 x 15, 16 x 16, 17 x 17, 18 x 18, 19 x 19, nggak ada satupun yang hasilnya yang 249.

 

Haaa, masa’ sih ? 

 

‘Nggak ada yang habis dibagi ya Dek,’ irma ambil kertas kotretannya Diella dan perhatikan hasil hitungannya.

‘Iya tante, nggak ada.’

 

irma keluarkan handphone.  Pura-pura baca sms masuk.  Padahal sebenarnya sih irma ngitung pake kalkulator di handphone.  Hueheheheheheheheheeee ... tante curang ya !

 

’Oh iya.  Maaf salah.  Seharusnya berapakah akar dari 289,’ kata irma setelah layar handphone tampilkan hasil perkalian 17 dengan 17.  ’Kalau gitu soalnya tante anulir ya ??’

 

’Huuuuuuu ....... tante !!!!!!!!!!!!!!!!’

 

 

 

Doooh, maap Dek.  Tante mu ini juga manusiaaaaaa .....................

 

 

 

 

 

3 comments: