Monday, October 6, 2008

silaturahmi lebaran

 

Mbak Yanti – kakaknya Wahyudi yang paling besar – bilang, ibu mereka tuh pengeeeeeennnn sekali berlebaran ketemu dengan mamanya irma.  Sejak tahun kemarin keinginan tersebut disampaikan.  Tapi baru kesampaian tahun ini.  Ketika Mama tinggal lebih lama di Depok untuk menjaga rumah Teteh selama Teteh dan keluarganya mudik ke tempat mertuanya di Brebes.

 

Semula Mama ragu-ragu, karena Teteh nggak ada.  ‘Lucu lah, masa’ yang punya rumahnya malah pergi ??’ gitu alasan Mama.  Tapi nunggu Teteh balik mudik juga kelamaan.  Keburu irma dan Wahyudi masuk kerja.  Akhirnya Mama setuju untuk dikunjungi ibu dan bapaknya Wahyudi hari Minggu kemarin tanggal 5 Oktober 2008.  ‘Tapi cuma silaturahmi aja kan, soalnya Mama lagi nggak bisa masak-masak.  Badannya lemes,’ pinta Mama.  Iya cuma silaturahmi aja.  irma pun kasih tau Wahyudi kondisi di rumah yang nggak menyediakan nasi dan teman-temannya.  Cuma makanan kecil dan minum teh.  Wahyudi bilang nggak masalah.  

 

Selama Mama tinggal di rumah Teteh, irma juga tinggal di sana.  Teteh minta irma temani Mama.  Sebenarnya yang utama sih, Teteh minta irma ngurusin Abang Kiddie dan Adek Diella biar Mama bisa istirahat.  Akhir-akhir ini kondisi Mama drop sekali.  Sebentar-sebentar beliau harus berbaring karena kleyengan.  Kalau udah gitu, mana bisa ngurusin Abang dan Adek.  Mana kedua anak itu berisik banget lagi.  Kalau berdua bawaannya berantem mulu.  Tapi kalau salah satu nggak ada, malah nyariin.  ’Tante, Adek mana ?’  ’Tante, Abang ke mana ?’  Ini kali yang namanya benci tapi rindu.

 

Hari Minggu itu kita pada bangun siang.  Jam sebelas irma baru bangkit dari kursi panjang depan tivi, tempat irma tidur selama nginap di rumah Teteh.  Seperti hari-hari kemarin irma ngegebah-gebah kedua anak itu untuk mandi.  Biar baju mereka bisa irma cuci.  Well, jadi nanny nya mereka sebenarnya merangkap jadi babu cuci juga.  Sementara cucian direndam, irma nyetrika baju yang dicuci kemarin dan udah kering dijemur.  Abis gitu baru nyuci.  Beres nyuci dan njemur, baru irma nyapu dan ngepel lantai.  Sementara kedua anak itu duduk manis nonton film ’Catatan Akhir Sekolah’ di RCTI.  Sambil makan siang yang menunya ituuuuuuuuuu melulu sejak hari pertama Idul Fitri.  Nasi rendang.  Pokoknya sampai rendang bikinin Mama dan Teteh habis, baru bikin masakan lain.  Untung banget kedua anak itu nggak susah makan.  Pokoknya asal ada nasi, makan cuma dengan ceplok telur dan kecap pun ya nggak masyalah.

 

Setelah rumah rapi, irma lalu bersiap-siap untuk kedatangan ibu dan bapak nya Wahyudi.  Teteh bilang, dia masih punya kue-kue lebaran di dapur.  Cari, cari, cari, cari, ketemulah satu dus isi toples-toples kue nastar, sagu keju, lidah kucing, putih salju, dan kesukaan kita semua : kaastengels.  Haaaa ... tau deh, pasti itu kue keju diamankan untuk dimakan sendiri.  Hihihihihi, anak-anak Mama emang pada jurig keju semua.  Tiap kali bertandang lebaran selalu yang kita cari adalah kaastengels.  Pulangnya kita pada ngebahas, oh kue keju di rumah tante ini enak, di tante yang itu nggak enak nggak ada rasa kejunya sama sekali, tapi yang paling enak tentu kue keju yang di rumah.  Dulu waktu masih tinggal di Bandung irma yang kebagian bikin kue keju.  Teteh mewariskan resep kue kejunya kepada irma.  Sebelumnya Teteh memperoleh resep tersebut dari Mintuo, istrinya Mamak (Mamak = kakak laki-laki Mama).

 

Ok, kue dah ketemu.  Sekarang tinggal cari cangkir dan piring kue.  Teteh bilang, cari satu set cangkir yang sama di lemari.  Dapat yang lengkap setengah lusin, eh tapi kok ada satu yang alas cangkirnya somplak ??  Waaah, nggak boleh nih untuk tamu.  Tamu istimewa lagi.  Cari, cari lagi, dapat yang satu lusin lengkap, utuh dan mulus.  irma lalu melap-lap dan siapkan di atas meja.  Nah, tinggal piring kuenya.  Di mana ya ?

 

Sampai habis penjuru dapur dan lemarinya irma ubek-ubek, nggak ketemu juga piring kuenya.  Gimana ya, masa’ nanti tamunya disuruh ngambil kue dari toples trus langsung masuk mulut ??  Guru PKK irma waktu SD bilang, itu nggak sopan.  Waktu SD tuh, kita dapat pelajaran menata meja dan menjamu tamu.  Lengkap dengan aturan menaruh cangkir yang telinganya harus di sebelah kanan tamu biar enak ngambilnya.  Nggak harus diputar-putar dulu cangkirnya.  Pas udah gede baru kepikiran, lha kalau tamunya lefthanded gimana ??  Kan harus diputar-putar juga akhirnya.

 

Nggak ketemu piring kuenya.  Trus gimana dong ?  Berpikir, berpikir, berpikir (niru gayanya Ikkyu-san), AHHAA !  Kan ada alas cangkir yang bulatan tengahnya lebar, jadi nggak seperti alas cangkir !  Itu saja yang dipakai untuk piring kue.  Dengan perasaan puas irma menata piring kue gadungan tersebut di meja tamu, bersanding dengan tiga toples kue nastar, sagu keju, dan kaastengels bentuk hati.

 

irma ngecek lagi kelengkapan menjamu tamu.  Rumah, rapi kah ?  Cek.  Kue ?  Cek.  Peralatan makan, minum ?  Cek.  Nampan untuk membawa minuman ?  Cek.  Jerang air untuk bikin teh ?  Cek.  Teh, gula ?  Cek.  Tissue ?  Cek.  Teko untuk tambahan minum ?  Cek.  Cek.  Double cek.  Kayaknya udah siap semua.  Malah irmanya yang belum siap.  irma bergegas mandi.

 

Ternyata tanpa sepengetahuan irma, sewaktu irma asik nyiap-nyiapin kue, cangkir, dan menata ruang tamu, Mama pergi ke toko kue terdekat.  Balik-balik beliau bawa cake chiffon pandan.  ’Ini, tambahan kue buat tamunya,’ Mama menunjukkan kue bolu warna hijau dalamnya saat irma keluar kamar mandi.  Waaaa ...... makasih Mama !  Sampai dibela-belain keluar rumah buat beli kue !  Padahal di rumah aja Mama jalannya tertatih-tatih.  Kok tadi nggak bilang aja, biar irma yang pergi ke toko kuenya.

 

Abis Maghrib, udah siap semuanya.  Mama juga udah siap.  ‘Nggak pa-pa ya, Mama pakaiannya begini aja,’ Mama menunjukkan jaket hitam yang dikenakannya.  Biar Depok panas, tetap aja Mama merasa kedinginan.  Iya, nggak pa-pa.  irma aja pakai T-shirt aplikasi batik motif Bali.  Nggak dandan berlebihan.  Yang penting rapi dan wangi.  Lagian ngerti kok, Mama kan lagi agak kurang sehat.  Jadi wajar aja kalau penampilannya sederhana gitu.  

 

Masuk sms dari Wahyudi.  Mereka baru berangkat dari rumah orangtuanya di Pisangan jam tujuh malam.  Jadi kira-kira satu jam lagi baru sampai.  irma menunggu sambil jahit celana panjangnya Adek Diella yang mau dipendekin.  Sementara Mama nonton sinetron sambil tiduran di kursi panjang.

 

Jam delapan malam lebih lima belas menit, terdengar ketukan di pintu depan.  irma bergegas membukanya.  Nah, betul kan.  Itu Wahyudi yang datang, berserta Ibu, Bapak dan kakaknya.  Tapi kok ....... pada pake batik baguuuuuuuuussss sekali dan masing-masing membawa keranjang berisi aneka bingkisan yang dihias cantik ???  Ini kan agendanya silaturahmi lebaran, bukan lamaran ????????

 

huuu huuu huuuuuuu ............. panik, panik, panik !

 

 

13 comments:

  1. akuh, akuh, akuh, pengen tau kelanjutan nyaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete

  2. ya kan maksudnya lebaran sambil lamaran, ir...
    masih panik ga? :p

    ReplyDelete
  3. Arggh.. Irma..
    Lanjutin dunk, lanjutin.

    ReplyDelete
  4. Nah gitu dong..makin asyik lebarannya, yudi pake batik ngak?! Hehe

    ReplyDelete
  5. trus.... trus..... trus.... hayo dong irma, lanjutin "laporan"nya hihihi

    ReplyDelete
  6. sekalianlah, dari pada bolak-balik .... praktis kan....
    terus..... (*menungguceritasambungannya*)

    ReplyDelete
  7. huaaaahhhh ikutan panik...!! :D
    lha lanjutan ceritanya gimana Ma? pembaca pada penasaran tuh ;)

    ReplyDelete
  8. teh irma dilamaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrr!!!!!!!!!!!!!!!
    teh, undang ulu ya?

    ReplyDelete
  9. asiiiikkkkk
    *nunggulanjutannyaniih*

    ReplyDelete
  10. *ngikik*
    gue mbacanya kebalik nih... endingnya duluan, baru baca yang ini :)))

    ReplyDelete
  11. yah ipe, beruntunglah kamu tidak termasuk golongan orang-orang yang ketipu
    *lirik dhani, deedee, oma anna, siapa lagi yah korban berikutnya ??*

    ReplyDelete
  12. kupingnya ya... ngarah ke tamu la....h..! kanan kiri oke...
    tentang ceritanya: "...ehm...!"

    ReplyDelete