Monday, October 13, 2008

pertanyaan

kalau lamaran tuh,

  1. yang diomongin apa aja sih ??
  2. siapa aja yang harus datang ??

lagi shock karena ujug-ujug dapat sms,

’Bapak dan Ibu mau membicarakan tentang kita.  Kalau Mama udah siap, Bapak maunya langsung melamar.’

 

weeeeeeeeeeeeiiiiiiiiii ................ serangan panik tingkat tinggi lagi nih !

 

 

 

 

 

29 comments:

  1. Ini dari sudut pandang orang tua. Karena ada dua suku yang berbeda (jawa dan yang ada darah padang), berdasarkan pengalaman dengan kedua anak2 yang menikah dengan janda (jawa sunda), yang dibicarakan a.l.:
    1. Dalam menentukan tanggal, perlu melalui primbon?
    2. Kalau memakai adat daerah, adat daerah mana yang diikuti, kalau kombinasi, yang mana saja yang diikuti dan yang mana yang ditinggalkan?
    3. Lamaran apakah cukup dimulai dari ortu kedua belah pihak dulu, baru seremonialnya (kalau dirasa perlu) dibicarakan belakangan?
    4. Kalau sudah ada kesepakatan, keluarga dari kedua belah pihak diharapkan hadir. Bisa besar, bisa kecil. Kalau lingkungan kecil, cukup dengan kakak dan adik calon mempelai, bisa diperbesar dengan melibatkan kakak dan adik dari para calon besan.
    5. Prinsip "give and take" sangat diperlukan disini, jangan sampai ada keluarga dari kedua belah pihak ada yang "ngotot". Ditentukan saja siapa yang berhak menentukan, yang langsung atau yang saudara2 (yang bukan kandung, artinya keluarga sepupu, para oom dan tante dlsb)
    Pokoknhya banyak deh Ir, tergantung kita juga, mau sederhana atau complicated. Yang penting kedua belah pihak merasa puas dengan persetujuan2nya.
    Pasti diantara teman2 banyak yang pengalaman (kami mengalami pernikahan macam2 dari keponakan2 yang berjumlah 7 yang sudah menikah dengan bermacam2 suku dan memakai beberapa adat istiadat.).
    Tell me to shut up if I talk too much!

    ReplyDelete
  2. wah irma, maya nggak tau apa yang dibahas pas lamaran..tapi cuma mau menyelamati :D
    wahh senangnyaa :) good luck buat semuanya ya, mbak irma..

    ReplyDelete
  3. horeeee!!...
    horeeee!!.....
    makan-makaaan!!...
    *loh??*

    ReplyDelete
  4. perlu jasa dokumentasi, Ma? :D
    dah tau nomer gue kan? ;;)

    ReplyDelete
  5. yah oma, irma 40 cucu bersaudara tapi hampir semua acaranya adat minang mulu sampai bosan disuruh ikutan seremonial malam bainai. anyway, makasih infonya. sementara cukup dulu abisnya masih shock jadi sekarang ngejogrog di pantry nyeruput kopi :D

    ReplyDelete
  6. congratulations irmaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  7. heheh... bisa bareng sama aku nih... kapan mbak?

    ReplyDelete
  8. wah, oma sudah komentar banyak tuh, dari sudut sesama minang. kalau aku sih taunya adat jawa ... hehehe...:
    1. anak laki-laki ngomong ke orang tua perempuan kalau dia serius sama anaknya (lamaran pertama)
    2. anak lak-laki kemudian minta waktu keluarga perempuan kapan keluarga laki-laki bisa datang kenalan dan/atau langsung melamar (lamaran ke 2 dan terakhir :D)
    3. yang datang melamar boleh wakil orang tua, atau orang tua juga datang tapi yang ngomong (yang melamar) wakil orang tua (karena kalau ditolak oleh pihak perempuan tidak malu :D)
    4. selesai lamaran resmi, boleh langsung menentukan tanggal (sesuai cara masing-masing) pelaksanaan hari 'H'nya .....
    selanjutnya .... detailnya hari 'H' bisa dibicarakan kemudian dalam rapat-rapat panitia - tentang: mau pakai adat apa: sunda, jawa, padang ..... terserah keluarga perempuan. keluarga laki-laki biasanya nurut aja.
    setuju dengan Oma, mau dibikin ruwet, mau sederhana ya bisa. tergantung keinginan calon mempelai to dan juga orang tua .....

    ReplyDelete
  9. irmaaaa slamaaaatttt ini baru cerita seru..
    info2 ttg lamaran di komentar2 di atas udh super lengkap tuh..

    ReplyDelete
  10. dih, tergantung budgetnya juga lagiiii ........

    ReplyDelete
  11. info dari Oma Anna dan Mama Oen sdh lengkap. Jangan lupa juga kasih tau masalah budgetnya ya.. jangan sungkan2 kalo ada yang mau ditanyain ya. Tenang Irma.. tenaaang...

    ReplyDelete
  12. wei.......
    sekedar usul...
    pake adat manusia purba aja..
    secara generation gap..
    haa..
    becanda..
    kabur...
    selamat ya..
    jadi pengen dilamar...

    ReplyDelete
  13. Aih, kabar yg dinanti2 pada sambungan cerita silaturahmi lebaran jadi didapat disini..
    Ikut happy banget2..

    Irma yg nanya, tp aku jd ikut belajar.. Hehehe..
    Siapa tau dibutuhkan.. :p
    Btw, tetep jadi kan ke kepulauan seribunya?

    ReplyDelete
  14. Xixixi..
    Ya iyalah tau, wong nama irma ma yudi ada di top list daftar peserta
    *calon peserta yg msh ragu2*

    ReplyDelete
  15. gw bisa kasih tau klo mengenai perbudgetan yang ok.. japri aja yaaa

    ReplyDelete
  16. Horeee.....
    Ikut senang bacanya...
    Selamat Irma ya....
    Semoga semua acaranya lancar sampai selesai.
    Aamiin....
    :-D

    ReplyDelete
  17. teh,
    ulu cuma pengen ngomong,
    jangan lupa
    undang ulu
    dkk

    sip!

    mau kado apa, nih?
    ntar dibawain

    ReplyDelete
  18. Wah asyik..mantap, tenang atuh, khan irma dan yudi bisa saling kasih bocoran jd udah ada benang merah pembicaraan hehe. Eh kemarin rabu jg debby ke bdg dg topik sama, utk tunangan david.

    ReplyDelete
  19. horeeee.... alhamdulillah...
    akyu gak ngerti.. soale lom pernah dilamar.
    pokoke... selamaaaart...
    akhirnyaaaaaa..........

    ReplyDelete
  20. david, kucing kuh ? si putih mata biru di tempat kostan rawamangun ??

    ReplyDelete
  21. ciyeeeeehhhh yang mau dilamar :) sekedar sharing aja ya, irma (secara baru aja ngikut acara lamaran sepupu perempuanku...)

    Jadi di hari lamaran ituh, kita ngumpul.. trus ntar dateng rombongan pihak laki-laki.. waktu itu mereka bawa 2 dus kue taart + 2 parcel buah. Nah, begitu dateng mereka salam2an dulu ama keluarga perempuan.. setelah semua duduk rapi, ada sambutan dari pihak perempuan, biasanya sih yang dituakan, atau yang paling jago ngomong.. selain ngucapin selamat datang, beliau memperkenalkan nama keluarga inti nama dan posisinya (misalnya kuliah/kerja), trus memperkenalkan kakak+adik dari pihak ibu dan pihak bapak.. (nah, berarti kakak/adik dari pihak ibu dan bapak enaknya dateng yaaa... tapi kalaupun gak hadir kan ntar bisa dijelasin bahwa kakak/adik ke sekian dari sekian bersaudara itu ga bisa datang karena sedang dinas di mana gitu) kalo kita sepupu2nya sih gak dikenalin, hihihi.. soalnya keluarga besar jadi kalo dikenalin satu-satu ntar ngabisin waktu..

    Setelah itu gantian.. pihak laki-laki ngucapin terima kasih atas sambutan trus dia juga memperkenalkan keluarga yang datang.. dimulai dari keluarga inti.. trus ngenalin kakak+adik dari pihak ibu dan ayah, sambil nunjukkin orannya (kalau kebetulan datang, yang gak datang sih dibilang aja lagi sakit/apalah) trus menjelaskan maksud kedatangannya adalah untuk melamar.. dengan harapan semoga diterima... (hihihii ya udah pasti diterima dong ya, masa ditolak..)

    Pihak perempuan bicara lagi, alhamdulillah, dan nanya ke sepupuku (dalam hal ini berarti ntar irma harus ditanya) mau/siap nggak dilamar ama cowok itu... dan dijawab dengan: Insya Allah...

    Trus, tukeran cincin... ibu sepupuku masang ke jari manis kiri cowoknya, ibu cowoknya masang ke jari manis kiri sepupuku... trus sun tangan deh.. sepupuku salam2an ama keluarga inti cowoknya, dan cowoknya sebaliknya...

    dah gitu udah, dipersilakan makan...

    selama prosesi itu pihak perempuan dan laki2 masing2 bawa dokumentasi + tukang fotonya sendiri2 (biasanya sih milih sepupu yang paling jago motret, hehe)

    Oh ya, kalo adat sunda sih katanya, pihak laki-laki bawa duit juga.. berapa aja sih, tapi setelah dikali sepuluh maka itulah jumlah yang akan dia sediakan untuk acara resepsi... misalnya nih, dia bawa 2,5jt.. berarti uang yang bakal dia kasih total jumlahnya 25jt.. gitu deh katanya...

    Tapi di acara kemaren ga diliatin tuh acara serah terima uangnya, hehe... mungkin di balik layar, ya??

    Gitu deh Irma.. secara dua2nya dari sunda, gak tau yahh kalo dari daerah lain, tapi kelurga besar kita sih gak pake adat2an segala.. Islami ajah..

    Semoga sukses ya, acaranya!!

    ReplyDelete
  22. ga ngebayangin!!!I'm really sorey!!!
    nya paling datang aj namu...dan mengatakan niat ngapain namu,that's it.

    ReplyDelete
  23. Yg diceritain pipitta itu persis sama acaranya lamaran temen aku arsita, tp stlh tukar cincin tuh ada pembacaan doa. Trus masalah uang ada pada hantaran. Waktu itu, hantarannya sbb:
    - uang
    - cincin tunangan
    - pisang 2 sisir (namanya apa ya?yg khusus buat kawinan gt, pisang sanggah gt? Ktnya sih simbolis kedua blh pihak mensupport satu sama lain)
    - bahan kebaya plus kain utk akad nikah (ce yg nyari trus dikasih ke co buat hantaran)
    - makanan kecil/kue dan buah2an

    Jd inget pengalaman buruk jadi MC dadakan..

    ReplyDelete
  24. jangan lupa, makanan jgn pake keresek ditempatinnya...teu sopan eta teh....kudu diwadahan nu merenah

    ReplyDelete
  25. oiya lupa... doanya ketinggalan.. iya sih, setelah tuker cincin emang doa bareng, dan disitulah sepupuku baru nangis, setelah sebelumnya tampil cool banget hehehe... mungkin aja sih uangnya ditaro di hantaran.. tapi kalo pisang sih gak ada tuh.. bahan dan sebagainya juga ga ada.. setelah acara makan-makan, baru deh ada obrolan santai soal persiapan resepsi dan sebagainya..

    ReplyDelete
  26. selamat ya. ir....
    semoga semuanya lancar dan kalian segera menyongsong hari bahagia itu... :)

    ReplyDelete