Friday, August 20, 2010

DITOLAK !


Dulu yah, pernah irma mengirim tulisan irma tentang catatan perjalanan ke salah satu penerbit.  Kebetulan waktu itu penerbit tersebut mengadakan lomba penulisan bertema traveling.  Agak berbeda dari biasanya karena penerbit tersebut lebih sering menerbitkan buku-buku bergenre novel pop.

Lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ...... nggak ada kabar dari penerbit itu.  irma sampai lupa kalau irma pernah ngirim naskah ke sana.  Kemarin sore resepsionis di kantor ngantar satu amplop tebal ke meja irma.  Apaan nih ?  Oh, tulisan irma dikembalikan.

Weh, setelah hampir 2 tahun baru ada tanggapan.  Editor-in-chief nya bilang dalam surat pengantar bahwa tulisan irma belum layak untuk diterbitkan.  Tulisan irma nggak memenuhi 10 dari 13 kriteria penilaian kelayakan terbit.  Sebagai auditor irma bertanya-tanya (dalam hati), sebenarnya berapa kriteria sih yang minimal harus dipenuhi ??

Sedih sih.  Dan juga kecewa.  Tapi yah, mau diapain ?  Masih bagus tulisan irma ditanggapi dan kemudian dikembalikan meskipun lama, daripada dibuang ke tempat sampah tanpa kabar apa-apa.  Sakit hati banget kalau suatu saat irma menemukan tulisan itu menjadi bungkus kacang atau gorengan, hiks.

Yang lucu komentarnya Wahyudi sewaktu irma cerita kepadanya.  "Mungkin tulisan kamu terlalu bagus," katanya menghibur.  Terlalu bagus apaan ??  Lha dibilangnya ada 10 point minus begitu.  Tapi emang iya sih, irma merasa ini bukan tulisan terbaik irma.  Mungkin karena bikinnya terburu-buru mengejar batas waktu pengiriman naskah.  Pengalaman irma, kalau dikejar-kejar target malah kerja irma nggak gitu bagus. 

The truth is, my style (of writing) is not the one they like to read.

Karena kalau tulisan irma nggak asik buat dibaca, kenapa juga sampai sekarang irma sering sekali ditanyain, "irma, kok nggak nulis (kayak dulu) lagi ??"  Iya ya, kenapa ya ??? 

Menulis itu dari hati. 

Pertanyaannya sekarang, apa yang terjadi dengan hati irma ???





5 comments:

  1. pembaca tulisan Irma mungkin beda dgn pembaca buku2 penerbit itu ?
    nani jg nungguin kabar ttg tulisan Irma ini, eh ternyata gini ya kabarnya, sabar ya Ir.

    ReplyDelete
  2. yang penting irma punya penggemar sendiri di jagad multiply, termasuk aku! :)

    ReplyDelete
  3. gak usah kecil hati.....
    aku salah satu penggemarmu kok Ir.......

    ReplyDelete
  4. Ngacung salah satu penggemar tulisan mba irma :-D

    ReplyDelete
  5. Setujuuuuuu....... Aku pernah mau ikutan lomba nulis novel tapi karena genrenya beda jauh sama genreku hasilnya ancur sumancur sumadirancur. Menulis itu dari hati, gak bisa dipaksain Tante :D

    ReplyDelete