Friday, August 20, 2010

makan tom yam


irma sukaaaaa sekali makan sup tom yam.  Tapi akhir-akhir ini lidah irma lagi kacau.  Tiap kali abis makan yang berbumbu keras atau berasa gurih, pasti aja ngerasa eneg.  Jadinya pengen minum teh manis hangat mulu.  Ujung-ujungnya jadi males makan deh.  Tapi lapar.  Bingung kan.

Beberapa hari yang lalu dari internet irma dapat resep tom yam.  Kayaknya gampang deh.  Cuma dicemplung-cemplungin aja.  Sereh, lengkuas, jahe, akar daun ketumbar, bawang putih, cabe merah, daun jeruk, kecap ikan, garam, minyak cabai, semua direbus dalam sepanci air.  Aduk, aduk, aduk, aduk, aduk, setelah mendidih masukkan udang, jamur dan cabe rawit.  Kalau mau bisa ditambah ikan, cumi dan kerang.  Masak hingga matang.  Sesaat sebelum dihidangkan beri air jeruk nipis.

Pulang kerja irma mampir ke supermarket dekat rumah buat belanja bahan-bahan tom yam tersebut.  Cuma akar daun ketumbar dan minyak cabai aja yang irma nggak dapat.  Minyak cabai bisa sih dibuat dari cabai kering yang digoreng lalu diambil minyaknya.  Tapi kayaknya tanpa kedua bahan itu masih oke juga deh.

Sampai rumah irma langsung main masak-masakan bikin tom yam.  Nggak berapa lama aroma sereh menguar ke penjuru rumah.  "Dooohh ... wanginya enak banget," komentar Wahyudi.  Cuping hidungnya kembang kempis mengendus-endus aroma enak tersebut.  irma kira dia akan mencicipi tom yam yang siap setengah jam kemudian.  Kebetulan di luar hujan deras.  Dingin dingin gini enak banget makan yang hangat-hangat seperti sup tom yam.  Tapi ternyata Wahyudi malah tidur.  Ya udah tom yam nya irma simpan buat sahur aja.

Menurut Wahyudi agak aneh sahur pake lauk tom yam.  Alasannya, tom yam itu rasanya pedas dan asam, kurang cocok untuk perut yang masih kosong.  Mempertimbangkan hal itu irma akhirnya memutuskan nggak kasih air jeruk nipis ke dalam tom yam yang dihidangkan.

Dini hari itu kami makan laksana raja dan ratu.  Tom yam nya enak banget (menurut irma), cocok di lidah irma dan nggak bikin eneg.  Karena tom yam nya banyak banget jadi sebagian irma sisihkan untuk makan siang.  irma nggak puasa karena dokter nggak merekomendasikan.

Siang di kantor irma panaskan sup tom yam pake microwave di pantry.  Sempat cemas juga jangan-jangan nanti aroma serehnya akan menguar ke penjuru kantor.  Ternyata kalau dipanasin jadi nggak gitu enak tom yamnya.  Nggak sesegar waktu baru selesai dimasak.  Aroma serehnya pun tak ada lagi.  Tapi lumayan lah buat ngeganjel perut yang kelaparan.




2 comments:

  1. wah hebat nih calon ibu pinter masak...... hebat-hebat-hebat.....

    ReplyDelete
  2. mam, kalau cuma dicemplung-cemplungin aja sih, gampang ;)

    ReplyDelete