Tuesday, August 17, 2010

kolak biji salak


Di bulan puasa seperti ini hidangan berbuka yang paling irma suka adalah kolak biji salak.  Dulu waktu tinggal di Bandung, irma nggak terlalu suka dengan ta'jil.  Kalau buka puasa cukup minum teh manis aja.  Abisnya irma nggak gitu suka dengan makanan bersantan.  Kecuali es cendol (ah, jadi ingat cendol elizabeth.  enaaaaakkk banget).

Sejak tinggal di Jakarta irma jadi kenal kolak biji salak.  Perasaan dulu waktu di Bandung nggak pernah ketemu kolak ini.  Makanya irma mengira kolak ini makanan berbuka khas Betawi.  Sekali nyobain, langsung suka deh.  Walhasil hampir tiap hari di bulan puasa irma beli kolak ini untuk berbuka.

Beberapa hari yang lalu sewaktu pulang kerja di tangga naik jembatan penyeberangan orang di depan kantor irma lihat penjual ta'jil.  Kolak biji salak ada di antaranya.  Pengeeeeennn banget beli.  Tapi ingat gelas plastik pembungkusnya nanti bakalan jadi sampah nggak terurai.  irma jadi males beli.  Sejak lihat pulau-pulau di Kepulauan Seribu jadi tempat penimbunan sampah yang terbawa arus dari Teluk Jakarta, irma janji sama diri sendiri untuk sesedikit mungkin pakai kemasan plastik.  Styrofoam apalagi !  Makanya irma nggak mau beli makanan yang dibungkus styrofoam.  irma selalu bawa tempat sendiri tiap kali belanja bubur ayam buat sarapan.

Balik ke kolak biji salak.  Karena pengeeeennn banget makan kolak itu irma pun nyari-nyari resepnya.  Pas banget dapat di internet.  Nih bahan-bahannya ;

Biji salak
600 gram ubi jalar kuning, dikupas, kukus, lalu haluskan
100 gram tepung kanji
1 sendok teh garam halus
1/2 sendok teh bubuk vanili
2 tetes pewarna makanan warna kuning (kalau mau.  irma sih nggak pake beginian)

Kuah
100 gram gula merah, iris halus
100 gram gula pasir
1500 ml air
1 lembar daun pandan, potong-potong
1/2 sendok teh garam halus
2 sendok makan tepung kanji
3 cm kayu manis

Pelengkap
200 ml santan kental
potongan nangka

Cara bikinnya :

Biji salak
Campur ubi jalar yang telah dihaluskan dengan tepung kanji, vanili, pewarna makanan, dan garam.  Aduk rata.  Ambil satu sendok teh adonan, bentuk menjadi bulat-bulatan.  Panaskan air, rebus biji salak hingga matang dan terapung.  Angkat.  Masukkan dalam air dingin matang.  Tiriskan.

Kuah
Didihkan air, masukkan gula pasir, gula merah, kayu manis, potongan daun pandan, larutan tepung kanji dan garam.  Aduk rata.  Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan matang.  Sesaat sebelum diangkat masukkan biji salak.  Aduk rata.  Angkat.

Penyajian
Tuang kuah biji salak beserta isinya ke dalam mangkuk saji.  Tambahkan potongan nangka dan santan kental.  Hidangkan selagi hangat (atau setelah didinginkan dalam kulkas juga enak).

Kayaknya nggak susah. 

Hari Minggu lalu irma coba bikinnya.  Sekalian nyobain kukusan baru beli dari teman kantor.  Karena irma nggak tau ubi jalar itu seperti apa, jadi irma minta tolong Wahyudi yang beliin (hihihi, sampai sekarang irma masih bingung apa itu singkong, ubi jalar, ketela rambat, roti sumbu.  perasaan sama-sama umbi-umbian juga, hahaha).  Sewaktu Wahyudi pulang belanja irma perhatiin nama yang tertulis di kemasan adalah "Ubi Putih".  Jadi ubi jalar = ubi putih, gitu ???

Jam setengah lima sore irma mulai main masak-masakan bikin kolak biji salak.  irma bilang main masak-masakan karena kalau seandainya nanti gagal kan bisa ngeles, ini main masak-masakan kok.  Bukan beneran.  Kalaupun seandainya nanti bisa kemakan, ya syukur alhamdulillah.  hihihi

Berhubung di rumah nggak ada timbangan jadi irma menakar bahan pakai perkiraan aja.  Ubi dengan tepung kanji, kira-kira 6:1.  Air buat bikin kuah, secukupnya.  Gula, ya diicipin aja waktu bikin kuah.  Kalau udah cukup manis berarti ya udah. 

Justru yang irma khawatirkan adalah biji salaknya.  Seorang teman kantor cerita dia nggak pernah berhasil, selaluuu aja biji salaknya pecah.  Jadi nggak berbentuk bulatan.  Alhamdulillah biji salak yang irma buat nggak ada satupun yang meletus saat direbus.  Demikian juga waktu diquenching (didinginkan mendadak dalam temperatur ekstrim dari panas langsung ke dingin).  Jadi ingat proses hardening atau pemanasan dalam ilmu logam, hehehe.

Pas banget menjelang Maghrib kolaknya jadi.  Dengan bangga irma menghidangkan semangkuk buat Wahyudi.  Komentarnya, "Kayaknya biji salaknya kurang kanji deh.  Kurang kenyal nih."

Ok deh.  Kurang kenyal tapi sepulang tarawih dia minta semangkuk lagi, hahaha.

Di hari kemerdekaan ini irma bikin kolak biji salak lagi.  Cuma bikin biji salaknya aja karena kuah gulanya yang hari Minggu masih banyak.  irma simpan di kulkas jadi nggak rusak.

Komentar Wahyudi kali ini, "Nah, ini baru pas !"

irma pun melompat-lompat gaya Dora the explorer.  Berhasil !  Berhasil !  Hore !  Hore !

... nah, jadi nggak perlu beli kolak biji salak lagi kan ...




9 comments:

  1. masa sih? kalo di kampingku, singkong = ubi kayu

    ReplyDelete
  2. seingat saya singkong dan roti sumbu itu sama (kan ada sumbunya ditengah), sedangkan ketela dan ubi jalar itupun sama, ada yang merah dan kuning. Mentahnya enak juga buat rujak.

    ReplyDelete
  3. selamat, selamat atas keberhasilan anda membuat biji salak!!!!!!
    tambahin info - kalau orang jawa bilang ubi = tela pendem atau tela rambat (karena daunnya merambat di tanah); singkong = telo

    ReplyDelete
  4. glek! kayak apa biji salak jadi kolak ya...

    ReplyDelete
  5. nggak mau beli makanan yang dibungkus styrofoam. irma selalu bawa tempat sendiri tiap kali belanja bubur ayam buat sarapan --> yeah, me too.. senangnya beberapa rekan kerja akhirnya ikutan nyimpen tupperware di kantor biar ga pake styrofoam lagi :)

    ReplyDelete
  6. hanny, ke mana aja ? asik ngetweet mulu ya ;)

    ReplyDelete
  7. Jadi kolak biji salak itu bukan beneran dibuat dari biji salak? :OO

    ReplyDelete