Tuesday, March 6, 2007

jangan mengeluh

‘Kalau hujan gini, maleeeeess banget kerja,’ seorang teman menghempaskan badannya ke kursi kerja waktu baru sampai kantor, ‘macet di mana-mana.’


 


Yak betul.  Kalau hujan Jakarta pasti macet.  Nggak hujan aja macet, hujan gini makin parah macetnya.  Tadi pagi aja dari Pasar Minggu ke Pancoran makan waktu 1,5 jam.  Tambah setengah jam lagi sama dengan waktu tempuh Jakarta-Bandung via tol Cipularang.


 


Dalam hati irma bilang, kok dia ngeluh gitu sih ??  Kan dia naik mobil sendiri.  Enak, nggak kebasahan.  Beda banget sama irma yang harus lari-lari ngejar kopaja sambil megang payung.  Udah gitu pas duduk ternyata air hujan merembes ke dalam.  Basah deh lengan baju irma L


 


Terus, teman itu kan disupirin.  Kakinya nggak bakalan pegel nginjak kopling.  Sebenarnya bisa aja dia santai duduk membaca dalam perjalanan ke kantor.  Tapi mungkin dia nggak seperti irma yang selalu bawa buku ke mana-mana.  Ke kamar mandi aja bawa buku, hehehe


 


Yah intinya irma cuma pengen bilang jangan mengeluh.  Udah bagus kita masih bisa kerja.  Tiap bulan masih dapat gaji.  Dan tempat kerja kita nyaman.  Nggak kegerahan karena ada AC.  Nggak kebasahan saat hujan begini.  Tadi pagi waktu lewat Pasar Minggu, lihat para pedagang sayur itu tetap berjualan meski mereka basah-basahan, irma jadi malu karena sebelumnya irma bersungut-sungut gara-gara sepatu dan kaus kaki basah kena hujan.  Mereka, hampir semua badannya basah.  Tapi mereka tetap bekerja dengan sungguh-sungguh.


 


Dulu waktu irma training di Jepang, ada satu kejadian yang terus membekas dalam benak irma.  Ketika itu hujan turun sejak malam hari.  Pagi waktu kita sarapan pun masih hujan.  ‘Duh, boleh nggak ya hari ini kita nggak usah ke pabrik ?’ tanya seorang teman, ’Males banget hujan-hujan gini jalan keluar.’  Waktu itu kita tinggal di asrama milik perusahaan.  Letaknya sekitar satu kilometer dari pabrik.  Tiap hari kita pergi pulang jalan kaki ke pabrik.  Kecuali untuk trainee perempuan ada disediakan sepeda.


 


Interpreter yang dengar pembicaraan kita komentar, ‘Kamu tau nggak, orang-orang Jepang itu biarpun hujan gini mereka tetap berangkat kerja.  Bahkan saat salju turun pun mereka tetap pergi.  Jangan kira mereka berangkat pakai mobil.  Mereka jalan kaki.  Kalau salju turun gitu yang namanya kendaraan nggak bisa lewat karena licin.  Jadi siapapun terpaksa harus jalan kaki.  Tapi mereka nggak ngeluh.’


 


Dengar kata-kata interpreter itu kita pun terdiam.  Jadi malu sama diri sendiri.  Tadi pagi waktu hujan masih turun juga padahal udah waktunya berangkat kerja, irma ingat lagi kejadian di Jepang itu.  Jangan mengeluh.  Jangan kalah sama orang-orang Jepang. 


 


 

3 comments:

  1. Bener Ir, kayaknya kita tuh kebanyakan ngeluhnya ya. Baru dikasi hal2 yg ga enak kek cerita di atas aja udah ngeluh. Nani juga belajar tuk tidak mengeluh. Makasi Ir :-)

    ReplyDelete
  2. Orang Jepang emang budayanya beda.. hampir sama dgn orang Korea.. apalagi yg sebagai Expat di Indonesia.. bisa2 mereka nggak pulang ke rumah.. :)

    ReplyDelete
  3. huehehehehe ... tapi wahyudi udah eneg tuh sama para nihon-jin di pabriknya :D

    ReplyDelete