Thursday, March 8, 2007

simpati

‘Bu, nanti siang kita makan sama-sama ya,’ kata seorang teman kantor irma.  Yang calon auditor baru itu lho.  Masih ingat kan ?? Link


Makan ?  Wah, ada apa nih ?  Bingung juga.  Tapi irma iyain aja.  Pada saat makan itulah irma baru tau kenapa dia ngajak makan bareng.


 


Dia cuma kepengen curhat.  Tentang tiga minggu masa probation yang sudah dilaluinya.  Masih ada tiga minggu lagi di Jakarta, dan enam minggu berikutnya di Medan.  Selama tiga minggu di Jakarta ini, dia berusaha keras untuk memahami kerjaan project engineer terutama auditor.  Ternyata tidak mudah karena dia sama sekali blank tentang audit.  Sementara auditor lain kalau ditanyain, pada cuek.  Atau kalau nerangin, singkat banget dan pake istilah yang dia sama sekali belum kenal.  Dia juga terkaget-kaget dengan sikap auditor yang datang ke kantor cuma bilang ‘Hai !’ , lalu ‘Dadah !’ sama sesama auditor. 


 


‘Jadi gitu lah Bu, saya hanya ingin berkawan dengan Ibu.  Saya lihat dari semua auditor yang saya tanyain, Ibu lah yang mau nerangin sampai saya ngerti.  Yang lainnya kan, sibuukk aja di depan komputer.  Kalau disapa jawabnya cuma, ‘Hmm’.  Mau nanya pun saya jadi segan,’ katanya sambil menghembus asap rokok.


 


Oh gitu.  irma jadi makin merasa kasihan sama dia.  Sebelumnya irma udah kasihan sama dia karena tanggapan teman-teman lain yang menganggap dia lebih rendah.  Hanya karena dia culun dan nggak bisa bahasa Inggris dan nggak ngerti komputer.  Kepada teman-teman yang lain irma selalu bilang jangan salahkan dia karena nggak punya dua kemampuan utama yang harus dimiliki untuk menjadi seorang auditor.  Tapi salahkan yang rekrut dia.  Udah tau nggak sesuai kok ya masih diterima.  Kalaupun diterima, ya dididik lah.  Jangan dicuekin gitu.  Udah gitu ngeluh mulu lagi, ngata-ngatain orang yang kemampuannya di bawah.  Yang pilih dia, siapa ??  You’ve got to responsible of action you take.


 


irma tercenung dengarkan kata-kata teman baru itu.  ingat sejak kecil irma selalu dekatnya sama the outsiders.  Sama orang-orang yang justru dihindari oleh teman-teman banyak.  Hanya karena ia ‘beda’.  Seperti waktu TK irma berteman baik dengan seorang teman yang sering diteriakin teman lain, ‘Orang gila !  Orang gila !’.  Karena ia suka ngomong sendiri.  Tapi entah kenapa dia bisa dekat sama irma.  Tiap istirahat kita duduk bareng berbagi bekal.  Berbagi imajinasi yang sama.  Waktu dia pindah sekolah irma sedih sekali.


 


Seharusnya bukan karena dia beda dan nggak seperti orang kebanyakan maka dia harus dihindari.  Setiap orang punya karakteristik yang unik.  Itu yang selalu irma ingat kalau mengenal seseorang.  Sama seperti irma berusaha memahami latar belakangnya, agar mengerti kenapa ia bersikap seperti itu.  Juga berusaha ‘berbicara dalam bahasa yang sama’ dengannya.  Sama-sama orang Indonesia tapi kadang nggak ngerti bahasa Indonesia.  Irma harus cari pendekatan lain, yang kira-kira sama dengan pemahamannya.


 


 


… aku bersyukur aku punya dua telinga untuk mendengar dan sebuah hati untuk memahami …


 



 


3 comments:

  1. salut ma irma dengan anak bebeknya...
    abis gw sendiri rasanya rese kalo digangguin ma anak baru
    bentar2 nanya, padahal yang ditanyain gitu2 aja...

    kayaknya masih harus belajar dari irma neh

    ps: titip pesen met ultah donk buat dee :p

    ReplyDelete
  2. hahaha makasih buat semua. tapi barusan anak bebek nya irma ceburin , JEBURRRR ... biar dia bisa berenang sendiri nggak pegangan ama sayap irma mulu :D
    (sayap ?? ih emang bebek beneran ??!)

    ReplyDelete