Monday, July 20, 2009

ditawarin MLM (lagi)

 

Satu lagi modus operandinya orang MLM, numpang nyetel DVD !

 

 

Kemarin orang tua dan kakaknya Wahyudi beserta suaminya berkunjung.  Semula mereka mau lihat rumah kami yang di Cimanggis.  Tapi karena Wahyudi sakit jadinya kita ngobrol-ngobrol aja.  

 

Berhubung irma bukan orang yang suka ngumpul rame-rame jadi abis basa-basi ngobrol sebentar irma balik lagi ke kamar.  Nggak berapa lama kakaknya Wahyudi nyusul.  Dia lihat irma lagi ngedit photo-photo trip ke Pangalengan.

 

’ir, laptopnya itu bisa buat nyetel DVD nggak ?’ tanyanya.

’Nggak bisa.  Kenapa Mbak ?’

’Yaaa ... mo nyetel DVD nih.’

’Pake DVD player aja.’

’Oh bisa ya ?’

’Iya bisa.  Mana DVD nya ?  Sini biar irma pasangin.’

 

Irma kira dia mo pasang DVD buat anaknya.  Ternyata itu DVD ... multi level marketing ! 

 

Dalam hati irma nyesel nawarin bantuan.  Karena seperti dugaan irma, berikutnya dia nawarin irma ikutan MLM jadi downlinernya.

 

Sama seperti MLM lainnya, MLM ini pun membuka presentasinya dengan, ’Apakah anda ingin menjadi sukses ?  Apakah anda mempunyai impian ?  Inginkah anda impian tersebut menjadi nyata ?’.  Disertai pengakuan dari para pesertanya yang pada umumnya mengaku dulunya miskin tapi sekarang kaya raya.  ’... dulu saya hanya seorang ... , sekarang saya tinggal di rumah seharga ... punya mobil ... buah ...’  Blahhh.  Eneg bangettt !

 

’Nih ya ir, ada yang udah dapet 45 juta sebulan !  Padahal baru ikutannya.  Tuh lihat, mereka yang udah sukses pada pake mobil keren-keren.  Ada yang BMW, Mercy, rumahnya pada bagus-bagus ir !’

 

Dalam hati irma membatin.  Kenapa sih ukuran kesuksesan selalu dilihat dari apa yang dia punya.  Bukan apa yang sudah dia lakukan.  Punya mobil keren tapi kelakuannya nyebelin juga sama aja bo’ong.

 

’ir, ini MLM yang bikin anak-anak ITB lho.  Tuuh, lihat.  Masih muda-muda tapi pada udah jadi milyarder.’

 

Ok, irma akui anak-anak ITB banyak yang pinter retorika.  Terutama yang sering ikutan demo.  Dan retorika adalah hal yang sangat diperlukan dalam presentasi MLM.

 

’Mbak, hati-hati lho.  Anak ITB bukan berarti dia lulusan ITB,’ irma bilang.

’Haa, gimana bisa ?’ kakaknya Wahyudi terheran-heran.

’Iya.  Ada dua jenis anak ITB.  Satu, anak yang kuliah di ITB dan lulus dari ITB.  Dua, anak yang kuliah di ITB tapi nggak pernah lulus dari ITB.’

’Haa, yang bener ?’

 

Iya.  Bener banget.  Salah satunya adalah keponakan irma yang drop-out karena nggak kelar-kelar sarjana muda setelah kuliah sepuluh semester.  Tapi kan tetap aja dia ngakunya anak ITB. 

 

Wahyudi masuk ke dalam kamar.

 

’Yud, nanti kamu ikutan ya.  Irma juga,’ kata kakaknya Wahyudi.  ’Nggak susah kok.  Cuma nanem saham 200 ribu berlaku seumur hidup.  Nggak usah pake jualan.’

’Nggak jualan ?  Trus gimana kerjanya ?’ Wahyudi bertanya.

’Gimana ya ?  Ya gitu deh, cuma presentasi-presentasi aja.’

 

Wahyudi mengerutkan kening.  Dia adalah orang paling realistis.  Buat dia nggak masuk akal banget hanya dengan presentasi bisa dapat uang sampai berjuta-juta.  Apalagi milyaran.

 

’Begini,’ irma bilang, ’bisnis MLM adalah bisnis networking.  Semakin banyak downlinernya, semakin banyak keuntungan yang akan didapat.  Tapi gimana caranya para downliner itu bisa memberikan keuntungan ke uplinernya, aku juga nggak gitu ngerti.  Yang jelas, kalau kamu mau untung banyak, nggak cukup cuma presentasi.  Percuma presentasi sampai berbusa-busa tapi nggak ada yang mau jadi downliner.  Jadi intinya, kamu harus bisa mempengaruhi orang biar mau join dan jadi downliner.  Itu jualannya MLM.  Dia bukan jualan barang, tapi networking.’

 

Lho, kok malah jadi irma yang njelasin ya ???

 

’No pain, no gain.  Nggak akan ada hasilnya kalau nggak usaha.  Kerja apapun, kalau mau berhasil, ya harus kerja keras.  Mau jadi karyawan, direktur, wiraswasta, pengusaha, nelayan, petani, sales, atau MLM ginian, ya tetap aja harus kerja keras.  Uang tuh nggak bakalan datang sendiri.  Bohong banget kalau MLM bilang cuma dengan presentasi aja bisa dapat uang berjuta-juta.  Presentasi tuh cuma tahap awal aja.  Berikutnya dia harus mempengaruhi orang agar bergabung dengannya.  Nah cara ngajaknya ini yang seringkali nggak simpatik.  Makanya aku paling sebel sama orang-orang MLM.’

 

Ups, lupa kalau irma lagi bicara di depan ipar.

 

’Aku pernah lihat sendiri bagaimana teman-temanku kuliahnya berantakan karena sibuk ngurusin MLMnya.  Malah akhirnya nggak lulus.  Ya itu urusan mereka kalau mereka mau fokusnya cari uang.  Tapi kalau aku,’ irma menggeleng, ’aku bukan orang yang seperti itu.’

 

Kakaknya Wahyudi menatap Wahyudi, harapkan dukungan dari adiknya.  Tapi Wahyudi mengangkat bahu lalu mengajak main keponakannya.

 

’Aku nggak ngelarang orang lain mau ikutan MLM.  Itu urusan mereka,’ kata irma.  ’Tapi aku nggak mau ikutan.  Aku bukan tipe orang networking.  Jadi daripada menghabiskan waktu dan tenaga untuk presentasi kepadaku, lebih baik Mbak presentasi ke orang lain aja.’

 

Betul kan saranku ?? 

 

 

8 comments:

  1. hihihihi! bagus juga tuh argumen irma...

    ReplyDelete
  2. bener Ir, daripada dia buang2 waktu, mending cari target lain aja.

    nani jg sebel banget sm orang yg kesannya memaksa ngajak, padahal nani udah bilang nani ga tertarik.

    ReplyDelete
  3. Setuju dg solusinya :) Yang bikin sedih, metode penjaringan MLM ini berpotensi merusak persahaban & persodaraan. Saya punya pengalaman mirip, dan sekarang tiap kali ketemu dg orang tsb, langsung "pasang kuda2" :( Salam kenal ya.

    ReplyDelete
  4. sama Irrrrr.... aku juga 's----l' sama orang mlm. pernah sampai kucing-kucingan.... begitu liat orang itu dari jauh, aku cari jalan lain biar gak ketemu ......

    ReplyDelete
  5. iya, salam kenal juga.

    satu tipikal orang MLM yang aku sebelin : mereka mendadak akrab saat berusaha mengajak gabung. padahal sebelumnya biasa-biasa aja. begitu aku bilang nggak tertarik, langsung deh menghilang. nggak pernah contact lagi.

    ReplyDelete
  6. ho ho. Kirain saya doang yang alergi sama MLM. Ternyata banyak juga yah. Sama mereka, walaupun MLMnya macem-macem koq caranya sama yah. Standar gitu.

    ReplyDelete
  7. ho ho. Kirain saya doang yang alergi sama MLM. Ternyata banyak juga yah. Sama mereka, walaupun MLMnya macem-macem koq caranya sama yah. Standar gitu.

    Dan. Apa mereka gak ngerasa yah kalo cara mereka tuh kurang simpatik he he. Kalo emang barangnya bagus aku beli koq.

    Ada yang butuh pengaman celana buat bersepeda? Dijamin bukan MLM . Kabuuur

    ReplyDelete
  8. aku tauuuuuuuuuuuu...DBS, ya ?, huahahahahhahaah........

    ReplyDelete