Monday, July 13, 2009

main rumah-rumahan

 

Udah beberapa minggu ini irma dan Wahyudi menghabiskan weekend di rumah kami di Cimanggis.  Biasanya kami ke sana Sabtu siang.  Beres-beres rumah, menggeser kotak-kotak, dan menata lemari.  Masih banyak kado pernikahan yang belum dibuka.  Wahyudi bilang emang sengaja jangan dibuka semua biar tiap minggu selalu ada kado yang dibuka.  ’Biar berasa pengantin baru terus,’ ucapnya.  Hahaha.

 

Kadang-kadang kami menginap di sana.  Bermalam minggu di rumah sendiri.  Paginya kami bersepeda di seputar Cimanggis.  Pertama kali nyepedah di sana kami terheran-heran karena ketemu begitu banyak penyepedah.  Ternyata emang ada track mountain bike di sana.  Tak heran sepanjang jalan Leuwinanggung itu berulang kali kami melambai-lambaikan tangan dan bunyikan bel sepeda, membalas sapaan dari rombongan penyepedah yang menuju ke track.  Tidak sedikit di antara mereka yang berseru, ’Yuk, ikut !’

 

Kembali ke rumah.  Usai mandi dan sarapan dimulailah pekerjaan rumah.  Dalam hal ini kiranya kami secara spontan langsung membagi tugas masing-masing : Wahyudi menyapu dan mengepel sementara irma nyuci dan nyetrika.  ’Dulu kalau Ibu bagi-bagi tugas kerjaan rumah aku nggak pernah mau disuruh nyetrika,’ Wahyudi bilang, ’karena kerjaan itu nggak bisa dibikin cepat.’  Wahyudi adalah seorang manufacturer sejati.  Baginya kecepatan adalah hal penting.  Kadang ia mengutip motto salah seorang capres yang (sepertinya akan) tereliminasi di putaran pertama, ’Lebih cepat lebih baik.’  Meski tak jarang ia harus mengulang kerjaannya karena saking cepatnya dikerjakan ternyata malah jadi salah atau tak sempurna.

 

Sementara irma yang tukang jahit emang udah biasa nyetrika.  Lagian, tempat nyetrikanya asik.  Di depan jendela menghadap jalan.  Irma bisa memandang siapapun yang melintas.  Kadang anak tetangga sebelah nyelonong masuk halaman mengejar kucing.  Pernah ibunya tiba-tiba muncul di depan jendela dan menyapa, ’Buuuu ... arisan bulan depan ikutan ya !’  Dooohhhh !

 

Beres ngrapiin rumah.  Waktunya menyiapkan makanan.  Dalam hal ini kami lakukan sama-sama.  Kami masak berdua.  Kalau dua-duanya lagi malas masak, ya beli aja.  Sama-sama kami bersepeda ke warung padang.  Atau beli nasi gudeg, atau soto kudus, atau apalah karena banyak pilihan tempat makan di sana.  Lalu pulangnya nyepedah lagi untuk bersantai di rumah.  Baca buku atau cuma duduk-duduk mengobrol di teras belakang.  Menikmati kebanggaan kami ; rumah yang dibeli dari hasil kerja dan tabungan bersama.  Tanpa campur tangan orang tua atau saudara.

 

It’s really good to be home.  Our home.

 

 

 

 

5 comments: