Wednesday, September 1, 2010

istirahat lagi ...


Udah beberapa minggu ini Wahyudi jemput irma pulang kerja di halte busway DepTan di depan kantor Departemen Pertanian, Ragunan.  Awalnya karena waktu Senin sore tanggal 16 Agustus 2010 lalu lintas seputar persimpangan Kuningan - Gatot Subroto maceeeeeeetttt bangett.  Bis P6 yang biasa irma pake ke UKI nggak ada aja.  Biasanya bis itu mangkal di bawah fly over.  Kecuali kalau lagi dijaga polisi. 

Udah lebih dari setengah jam menunggu akhirnya irma berjalan ke halte busway KunTim.  Ini sebutan para petugas penjaga bis Transjakarta untuk halte Kuningan Timur.  Di sana irma telpon Wahyudi, minta ia jemput irma di halte DepTan.  Nggak berapa lama ngantri kemudian bis Transjakarta datang.  Alhamdulillah, nggak terlalu berdesak-desakan.  Meski nggak dapat tempat duduk tapi irma masih bisa nyaman berdiri bersandar ke pintu bis sebelah kiri yang tertutup.  He eh, kalau lagi di jam padat begini sih nggak usah berharap bakalan ada yang ngasih kursi buat ibu hamil.  Meski di kursi yang dekat pintu jelas tertulis, "Utamakan kursi untuk ibu hamil, perempuan dengan anak kecil, lansia, dan penyandang cacat".  Tapi yang duduk di kursi itu bukanlah keempat kategori tersebut.  Pada tidur lagi.

Sejak hari itu Wahyudi selalu jemput irma di halte DepTan.  Dari pabrik tempatnya bekerja cuma 1 jam karena dia lewat jalan tol JORR.  Keluar di persimpangan ke Ragunan, abis jemput irma langsung putar balik dan masuk tol lagi di depan kantor Aneka Tambang.  irma pun nggak susah ke halte DepTan, tinggal naik bis Transjakarta aja.  Baik irma maupun Wahyudi sama-sama nggak kena macet.  Kendala irma cuma lama aja nunggu bisnya.  Tapi selama ini kami selalu sampai di halte DepTan dengan selisih waktu tidak terlalu lama.

Kemarin irma baru keluar kantor menjelang jam lima sore.  Di halte Patra Kuningan antrian penumpang dah panjaaaaaaang sekali.  Karena malas ngantri lama akhirnya irma memutuskan naik Kopaja 20 yang ke Lebak Bulus aja.  Pas banget di bawah jembatan penyeberangan ada Kopaja 20 yang lagi ngetem.  Masih banyak bangku kosong di dalamnya.  irma pikir, daripada berdiri lama di antrian bis, trus juga di dalam bis berdiri lagi, mendingan irma duduk naik Kopaja.  Kopaja memang kena macet karena ia jalan di jalur biasa.  Tapi irma bawa buku untuk mengusir bosan.  Hitungan irma, naik kopaja dan kena macet sama waktunya dengan ngantri menunggu dan naik bis Transjakarta.

Betul, di Kopaja bisa duduk.  Tapi yang namanya Kopaja ya jalannya ajrut-ajrutan.  Mana bangkunya keras lagi.  Sepanjang jalan Mampang - Warung Buncit irma terguncang-guncang.  Nyeri terasa di perut sebelah kiri.  Pada saat bersamaan irma pun merasa ingin buang air kecil.

irma turun di persimpangan Warung Buncit - TB Simatupang.  Dari situ berjalan ke kios penjual tanaman tempat Wahyudi biasa menunggu.  Wahyudi suka menunggu di situ karena dia bisa sambil lihat-lihat tanaman.  Beberapa kali malah dia pulang bawa bibit pohon untuk ditanam di rumah.  Sekarang halaman depan dan belakang rumah kami jadi lebih asri karena banyak tanaman.

Sepuluh menit kemudian Wahyudi datang.  Sebelum memasuki jalan tol irma pinta singgah dulu ke SPBU karena irma mau numpang ke toilet.  Kami singgah ke SPBU dekat Graha Simatupang.  Pas banget lagi azan Maghrib.  Wahyudi pun membatalkan puasanya dengan kolak yang ia bawa dari pabrik.

Di toilet sewaktu irma berkemih, oh darah !!!  Banyak sekali seperti kalau sedang menstruasi.  irma bergegas keluar toilet dan bilang ke Wahyudi.  "Ya udah, kita ke rumah sakit aja sekarang !" ia menyalakan mesin mobil.  Kami menuju RSIA Hermina Depok tempat irma biasa periksa kandungan.

Setengah jam kemudian kami tiba di rumah sakit.  irma langsung ke bagian pendaftaran, kasih tau kalau irma ada perdarahan.  Dokternya irma pernah berpesan kalau ada apa-apa langsung aja ke bagian pendaftaran bukan UGD.  Dengan duduk di atas kursi roda dari sana irma diantar ke ruang observasi kamar bersalin.

Pas banget dokternya irma lagi ada di ruang observasi, habis bantu salah satu pasiennya melahirkan.  Padahal hari itu bukan jadwalnya ia praktek.  Dengan mesin USG ia segera memeriksa irma.  Juga dilakukan pemeriksaan dalam untuk mengecek apakah ada bukaan rahim.

Alhamdulillah, adek bayi nggak apa-apa.  Ia masih aman terlindung di dalam rahim.  Di layar monitor USG terlihat kepala, kaki dan tangannya bergerak-gerak seolah-olah ia sedang menari.  Sesekali kakinya menendang plasenta.  Oh, itu rupanya yang bikin perut irma nyeri.  Posisi plasenta yang di bawah memang riskan.  Setiap kali kontraksi atau terguncang berpotensi mengakibatkan luka.  Makanya tadi terjadi perdarahan.  Ditambah lagi ajrut-ajrutan sepanjang perjalanan dengan Kopaja.

Dokter memberi obat untuk menguatkan kandungan dan mencegah kelahiran prematur.  Ia berpesan irma untuk banyak-banyak istirahat agar tidak terlalu capek.  "Masih tugas ke lapangan ?" tanyanya.  Ia tau irma seorang auditor.  irma bilang nggak lagi.  Dokter juga memberi surat keterangan istirahat untuk diberikan ke kantor.

Jadi hari ini sampai Jumat nanti irma nggak ngantor.  Di rumah aja tapi nggak harus terus-terusan berbaring di tempat tidur.  irma pikir, bagus juga nih jadi ada kesempatan untuk menulis yang udah lama tertunda.  Kalau di kantor kan mana sempat nulis.  Ngecek email aja susah karena banyak kerjaan yang harus didahulukan.

Eh tapi, pikiran irma malah melayang ke kantor aja.  Ingat ada client yang berharap segera mendapat sertifikatnya untuk keperluan ekspor.  Juga analisa kinerja auditor yang harus irma laporkan ke Auditing Office di awal bulan September ini.  Kalau di rumah begini, mana bisa dikerjain ?  Seluruh data ada di kantor.

Gimana sih, waktu di kantor pengennya ke rumah.
Lagi di rumah pengennya ke kantor.
Apa kantornya pindahin aja ke rumah ya ???



17 comments:

  1. Gitu aja Ir, jadi keluar rumah sesekali aja kalau perlu banget :)

    ReplyDelete
  2. semoga irma & si kecil sehat ya....

    wkt gue dulu jg gini tp udahannya malah disuruh total bedrest hihihihihi

    ReplyDelete
  3. *sigh* untung kandungan dan bayi kuat.....
    jangan naik kopaja lagi... kalau mau naik tanya dulu: 'jok-nya empuk gak? anjrut-anjrutan gak?' (mungkinkah?)

    ReplyDelete
  4. huahahahahaha, ngebayangin wajah kondekturnya. pasti komentar dia, "Ngapain sehhh ... bayar ongkos cuma dua rebu perak aja mintanya macem-macem ??? kalo mo enak naik taksi aja sanah !"

    tapi pernah tuh aku naik Kopaja 66 dari Komdak ke Kuningan. Kopajanya bersih, ada tv tanyangin video karaoke lagu-lagu Indonesia terbaru. joknya empuk. trus supirnya jalannya tertib nggak ajrut-ajrutan. kondekturnya juga sopan. para penumpangnya sampai terheran-heran. kayaknya cuma ada satu kopaja yang pelayanannya bagus kayak gitu di antara jutaan Kopaja dan Metro Mini di Jakarta, hehehe

    ReplyDelete
  5. 26. bentar lagi mulai masuk trimester ketiga alias terakhir :D

    ReplyDelete
  6. ga usah mikirin kerjaan dulu, mendingan mikirin baby-nya..
    kerja masih bisa dilakukan di rumah toh? :)

    ReplyDelete
  7. nggak. kan udah kubilang semua data ada di kantor.

    kecuali kerjaan rumah semacam masak, nyuci, nyetrika, nyapu, ngepel, ....

    ReplyDelete
  8. Hati-hati, jeng.. Ga usah mikirin kerjaan dulu.. Konsen aja ama baby dan kesehatannya :)

    ReplyDelete
  9. Hati-hati, jeng.. Ga usah mikirin kerjaan dulu.. Konsen aja ama baby dan kesehatannya :)

    ReplyDelete
  10. kalo bisa sih.. ;) tp klo gk yaa dahuluan si baby dong pastinya Ma..

    ReplyDelete
  11. Waduh, hati-hati ya Ma..mudah-mudahan ga kejadian lagi. Kasian adek bayinya kalo lahir prematur. Ngomong-ngomong soal kerjaan, jadi inget temenku ada yang pernah ngomong bahwa buat para ibu (dan calon ibu) seperti kita, kerjaan itu sampingan, pekerjaan utama kita adalah merawat anak-anak dan suami. Wish that it is that easy ya....

    ReplyDelete
  12. huhh syukurlah sehat2 mba ir... semoga lancar jaya sampai lahiran nanti ya, amin :)
    ditunggu tulisan2nya :)

    ReplyDelete
  13. iya nggak mudah, serasa kudu jago akrobat jungkir balik biar bisa ngerjain semuanya itu

    ReplyDelete
  14. wah.. betul.. sebentar lagi. Turut mendoakan semoga semuanya lancar, ibu dan bayi sehat :)

    ReplyDelete
  15. waduh :) repot ya..
    semoga smuanya baik2 aja deh, Ma :)

    ReplyDelete
  16. semoga irma dan si dede sehat terus ya.

    ReplyDelete