Wednesday, March 8, 2006

Cerita dari Yogya - 6 : keliling kota Solo


Hari kedua, Minggu 29 Januari 2006

Hujan turun lumayan deras waktu kita meninggalkan Puri Mangkunegaran.  Laper nih.  Perasaan dari kemarin laper melulu yah.  Makan yuk.  Rencananya mau makan di Waroeng Tempo Doeloe Pecel Solo di jalan Soepomo.  Pecel ndeso khas warung ini pernah dibahas di Kompas Minggu 22 Januari 2006.  Katanya suasana di sana pun djadoel banget.  Interiornya menggunakan pernak-pernik kuno dan di dinding dipajang foto-foto Solo di tahun 1920-an.  Aduh udah nggak sabar pengen ke sana.

Berbekal peta Surakarta yang irma bawa kita mencari warung itu.  Kata Kompas sih di jalan Soepomo nya dekat jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo yang ada rel kereta api di tepi jalan (bener-bener di pinggir jalan lho, nggak ada pagar pembatasnya.  jadi mobil, motor, sepeda jalan bersisian dengan kereta api.  tapi rel itu masih dipake nggak ya ??).  Setelah menyusuri jalan Soepomo dan lihat kiri-kanan sejak dari jalan RM Said sampai jalan Slamet Riyadi, akhirnya kita nyerah dan bertanya sama tukang becak yang lagi mangkal.  Ternyata warungnya kalo hari Minggu begini TUTUP !  Arghhhh…. kenapa harus tutup sih ??  Kita kan udah jauh-jauh datang ke sini L

Ya sudah alternatif tempat makan lain adalah Kafe Solo.  Kata buku Lonely Planet nya Ela, kafe ini menggunakan bangunan kuno zaman Belanda.  Tapi berhubung alamatnya nggak jelas – di buku dibilangnya di jalan Sekoyudan tapi jalan ini nggak ada di petanya irma – jadi kita muter-muterin jalan Dr. Rajiman berkali-kali.  Dan setelah ketemu, ternyata kafe ini juga tutup !  Oh my God, kenapa sih semua tempat makan yang direkomendasikan pada tutup di hari ini ?? L  Udah deh, nyerah nggak tau mau makan di mana lagi.  Untung Ela ingat ada temannya yang tahu tempat-tempat makan di kota ini.  Ela segera telpon dia.  Tau kita lagi di jalan Honggowongso teman Ela itu menyarankan kita makan di Warung Kita yang terletak dekat Toko Luwes.  Toko Luwes itu di mana ?  Tanya lagi ke tukang becak dan ternyata udah terlewat.  Toko itu letaknya di ujung jalan tepat di sudut pertemuan jalan Honggowongso dengan jalan Slamet Riyadi.  Jadi kita muter lagi nih ??  Huaaa… dalam setengah jam ini kita udah muterin jalan Dr. Rajiman sampai empat kali !

Sampai di Warung Kita.  Kayaknya memang ini tempat makan yang banyak disukai warga Solo.  Ramai di sana.  Banyak yang sedang mengantri makanan untuk dibawa pulang.  Waktu melihat daftar makanan kita juga bingung mau pesan apa.  Banyak banget pilihannya !  Akhirnya irma pesan nasi langgi (khas Solo nih !), Wahyudi dan Mas Barid pesan nasi sambal goreng teri, Ela pesan udang goreng tepung dan cah sayur polos, Tety pesan sup ayam jamur, dan Nani pesan … pesan apa ya ??  Wah lupa !  Tapi pokoknya Nani makan juga kok.  Dan kita juga yang cewek-cewek pada mesan es kopyor yang hmm.. enak banget.  Ela malah berpikir untuk pesan lagi dan dibawa pulang tapi ternyata kopyornya udah abis.

Yang pertama datang pesanannya irma, Wahyudi dan Mas Barid.  ‘Wah kelihatannya enak nih,’ Tety mengomentari nasi langgi nya irma.  Emang enak kok.  Mau ? Yuk kita makan sama-sama.  Nggak berapa lama datang pesanannya Ela dan Nani.  Wah porsinya gede banget, gimana ngabisinnya ya ?  Tapi kita lebih takjub lagi saat pesanannya Tety datang.  Sup ayam jamur nya satu mangkuk besar !  irma bilang sih itu bukan mangkuk lagi, tapi baskom saking gedenya.  ‘Silakan deh lo mandi, berenang juga boleh,’ komentar Ela.  Sementara Tety (mungkin) shock mikirin gimana caranya ngabisin sup sebanyak itu.  Ya siapa yang memesan harus bertanggung jawab menghabiskan.   Tapi akhirnya kita makan rame-rame berusaha ngabisin makanan yang sudah dipesan.  Cuma udang goreng tepungnya aja yang akhirnya sebagian dibungkus dan dibawa pulang.  Selesai makan kita lalu lanjut ke Kraton Solo. Nggak janji sih masih buka abisnya di bukunya Ela dibilang Kraton cuma buka sampai jam 2 siang.

Nah benar kan, kraton nya sudah tutup waktu kita sampai di sana.  Jadi kita cuma foto-foto aja di gerbang masuknya.  Seorang bapak yang lihat kita foto-foto nawarin kita masuk ke halaman dalam.  Sedikit ia bercerita tentang kraton ini. Irma perhatikan bapak itu selalu menangkupkan kedua tangan tanda menyembah tiap kali bercerita tentang Pangeran yang sekarang bertahta. Di dalam kita disapa sama pemandu resmi kraton yang menawarkan diri untuk menemani kita keliling bagian luar kraton dengan biaya nggak resmi. Kalo itu sih mending sama bapak yang tadi itu aja.

Jadi ya sudah kita Mesjid Agung di depan alun-alun saja.  Sambil menunggu Tety dan Wahyudi sholat, irma, Ela dan Nani lihat-lihat sekeliling mesjid.  Sayang mesjidnya lagi renovasi jadi kita nggak bisa lihat bentuk aslinya yang berarsitektur Jawa klasik.  Dari mesjid kita jalan-jalan sebentar ke Pasar Klewer, pasar yang ngetop banget sebagai pusat belanja batik.  Tapi ya sudah tutup juga.  Udah kesorean kita ke sana.  Jadinya kita cuma jalan-jalan di luarnya aja.  Ela, Nani dan Tety sempat belanja salak dan pisang di sana.  Hehe katanya Tety sempat kena judesnya penjual buah ya, karena nggak jadi beli setelah tawar-menawar.

Ok udah nggak ada lagi tempat yang akan kita tuju di Solo jadi kita segera menuju Yogya.  Hujan deras melanda sepanjang perjalanan.  Oh iya, sebelumnya kita sempat balik lagi ke parkiran depan Mesjid Agung karena kacamata irma tertinggal setelah foto keluarga di sana.  Payah nih si irma, sering lupa make kacamatanya lagi setelah berfoto.  Kemarin di Situs Kraton Ratu Boko juga kacamatanya sempat ketinggalan di pendopo.

Hampir malam di Yogya … oh salah itu sih syair lagu ‘Sepasang Mata Bola’ ya.  Tapi memang malam kita sampai di Yogya.  Langsung check-in di Hotel Cahaya Kasih di dekat Malioboro.  Abis mandi Ela, Nani dan Tety jalan kaki ke Mal Malioboro buat belanja susu dan perbekalan jalan-jalan besok.  Wah kalo irma sih nggak sanggup deh.  Capek banget.  Lagian pengen puas-puas mandi air hangat mumpung nggak ada yang ngantri kamar mandi.

Oh iya, ada cerita lucu nih waktu irma mandi.  Kan Ela nitip kamera dan perlengkapan fotografinya di kamar irma.  Tapi ternyata pintu kamar irma itu nggak ada grendelnya.  Jadi cuma mengandalkan kunci aja.  Waduh kalo ada orang masuk kamar saat irma lagi di kamar mandi, gimana ya ?  Akhirnya tas kamera Ela itu irma taro di atas kursi di depan kamar mandi dan pintu kamar mandinya nggak irma tutup.  Jadi sambil mandi irma bisa mengawasi barang titipan itu.  Sambil harap-harap cemas jangan sampai ada orang nyelonong masuk …

Huahahaha… Ela, Nani dan Tety ketawa ngakak waktu irma ceritain cara irma menjaga kamera Ela itu.  Pulang dari mal mereka bawa es krim satu liter buat kita keroyok rame-rame.  ‘Kalo ada orang masuk, gimana ? Ntar dia malah ngeliatin irma mandi,’ komentar Nani.  Hehe, nggak kepikir sampai sana.  Mikirnya cuma gimana caranya mengawasi sambil mandi.  Kan nggak mungkin kameranya irma bawa masuk kamar mandi, bisa rusak kena air.  Nggak enak banget nanti kalau sampai kejadian nggak bisa beli tapi harus bisa ganti L

No comments:

Post a Comment