Thursday, January 4, 2007

Lima jam menanti Lion Air

Kemarin tugas audit di Batam.  Hari Rabu berangkat ke sana.  Karena nyari tiketnya ngedadak dan lagi peak season juga, jadi nggak bisa berangkat dengan Garuda.  Abisnya sampai Selasa jam 12 siang statusnya masih waiting list.  Ya sudah, pake apa yang ada aja.  Dapatnya Lion Air.  Flight schedule jam 15.00


Pengalaman kalau pake penerbangan selain Garuda, baiknya 2 jam sebelum waktu keberangkatan udah check-in.  Karena pernah datang satu jam sebelumnya ternyata seat nya dijual ke orang lain.  Capek deh berdebat dengan orang-orang di counter check-in.  Adaaaa aja alasannya.  Daripada kejadian gitu lagi mending datang lebih awal aja.  Beres check-in kan bisa leha-leha lagi.


Jadi pada hari Rabu itu jam setengah dua belas irma udah meninggalkan kantor.  Jam setengah satu udah di area check-in Lion Air di terminal 1A.  Kata petugas di sana irma baru bisa check-in jam satu.  Ya udah, irma ke mushola dulu untuk sholat.  Jam satu tepat kembali lagi.  Antri sebentar.  Abis gitu petugas di counter check-in ingatkan irma untuk boarding di ruang tunggu A1 jam setengah tiga.


Jam setengah tiga irma masuk ruang tunggu A1.  Alamak, rame kali !  Hampir semua tempat duduk terisi.  Malah ada yang udah duduk lesehan di lantai.  Rupanya mereka penumpang Lion Air yang mau berangkat ke Palu dan Makassar.  Sejak jam 12 mereka udah di sana tapi belum bisa berangkat karena pesawat belum datang. 


Akhirnya jam tiga penumpang yang mau ke Palu dan Makassar dipersilakan boarding di ruang tunggu A4.  Wuih, orang pada rame berlari-lari.  Ruang tunggu A1 sekarang agak lengang.  Lumayan bisa duduk.  Tapi lantai pada kotor karena banyak orang letakkan gelas bekas minum lalu gelas itu tersepak ketika mereka berlarian ke ruang tunggu A4.  Tumpah deh airnya.  Air minum ini disediakan oleh Lion Air untuk para penumpang mereka.  Tau kali ya, orang-orang udah pada capek nunggu.


Petugas ground floor kasih tau kalau penerbangan ke Batam tertunda 90 menit.  Orang-orang pada mengeluh.  Seorang penumpang nanya kenapa belum bisa berangkat, kan pesawat dari Batam udah datang dari tadi.  Ternyata pesawat itu akan lanjut perjalanannya ke arah Indonesia Timur.  Sedangkan pesawat untuk ke Batam, masih tertahan di Makassar karena cuaca buruk.  Baru tau ternyata pesawat Lion Air itu sistemnya semacam connecting flight.  Pesawat terbang dari Barat sampai ke Timur, juga sebaliknya.  Akibatnya kalau ia terhambat di salah satu tempat, telat juga penerbangan berikutnya.  Seperti hari itu.  Bandara Makassar sempat ditutup karena cuaca buruk.  Jadi banyak pesawat nggak bisa mendarat atau meninggalkan Makassar.  Untuk Lion Air itu, efeknya jadi seperti jajaran kartu domino rubuh.  Semua penerbangannya delay.


Jam setengah lima dikasih tau kalau penerbangan ditunda lagi sampai jam setengah tujuh.  Para penumpang makin mengeluh.  Petugas ground floor yang bertugas di ruang tunggu A1 juga udah capek minta-minta maaf melulu.  Sempat dengar ucapan dia sama seseorang waktu dia ditelpon tentang penundaan ini (lagi), 'Aduh Pak, saya harus bilang apa lagi nih ?'  Kasihan.  Dia juga manusia.  Untung dia masih sabar meladeni pertanyaan para penumpang.  Untung juga nggak ada yang sampai marah-marah dan ngamuk.  Malah seorang penumpang bijak berkata, 'Ya udah ya Mas, daripada kejadian pesawat jatuh kayak Adam Air itu ya.'  Orang-orang masih ingat dengan hilangnya pesawat Adam Air beberapa hari lalu dalam perjalanannya dari Surabaya ke Makassar.


Sebagai kompensasi, Lion Air memberikan sekotak nasi rames untuk setiap penumpang tujuan Batam ini.  Penumpang tujuan ke Bali yang juga ada di ruang tunggu A1 memandang kita dengan iri.  Penerbangan mereka juga tertunda.  Tapi karena delay nya baru satu jam, mereka nggak dapat kompensasi.  Para penumpang tujuan Batam rame ngerumunin dua orang petugas yang ngebagi-bagi kotak makanan.  Seorang bapak minta dilayani cepat.  'Sebentar ya Pak, tangan saya cuma dua,' kata seorang petugas itu.  Bapak tadi marah dan ngomel-ngomel, 'Udah !  Ngomong aja lu !'  Penumpang lain memandang petugas itu dengan kasihan.  Sebaliknya mereka ngeliatin bapak yang ngomel-ngomel itu dengan sebal.  Ih, emang dengan ngomel-ngomel gitu bakalan datang pesawatnya ??


Tepat pukul enam sore diumumkan penumpang Lion Air tujuan Batam untuk boarding lewat ruang tunggu A4.  Hiruk pikuk lagi orang rame lari-lari ke sana.  Di pintu pesawat seorang pramugari tersenyum ramah dan menyapa, 'Selamat sore ...'  Dengan nada mangkel bapak-bapak di belakang irma menjawab, 'Ini udah malam Mbak !'  Pramugari tadi nggak bisa ngomong apa-apa lagi.  Kayaknya kalau udah suasana nggak enak gini lebih baik diam dan mengalah aja, daripada terjadi keributan.


Jam delapan malam pesawat mendarat dengan selamat di bandara Hang Nadim, Batam.  Begitu aktifkan handphone, irma dapat sms dari teman auditor di Batam yang kasih tau kalau dinner dengan client dibatalkan sesuai permintaan irma.  Jadi irma langsung ke hotel aja pake taksi airport.  Hhhhh ... lega banget deh.  Tadi waktu teman irma itu kasih tau kalau client mau ngajak makan malam, irma langsung suntuk.  Aduuuuh ... udah capek gini masih harus ngikutin acara makan-makan dulu lagi.  Kalau penerbangannya tadi on schedule sih nggak pa-pa, tapi ini irma udah capek banget nunggu.  Mana nggak bisa ngapa-ngapain lagi.  Nggak bisa baca karena ruangan berisik.  Bawa laptop, tapi nggak bisa nulis juga abisnya ruangannya rame banget.  Ya abis gimana, semua penerbangan delay tapi penumpang yang udah check-in terus aja berdatangan ke ruang tunggu.  Udah kayak di terminal bis aja deh.  Mau jalan-jalan keluar, takutnya nanti nggak dengar pas pemberitahuan boarding.  Pemberitahuannya manual sih, pake teriak-teriak macam calo di terminal bis.


Sampai di hotel jam sembilan malam.  Beres check-in langsung masuk kamar.  Yaaaah .... kok kamarnya gini sih ??  Nggak enak banget baunya.  Gini deh kalau dikasihnya kamar yang smoking area.  Tadi udah minta yang non-smoking tapi karena client nya nggak kasih tau ini waktu booking jadi pihak hotel kasihnya kamar buat smoker.  Hotel ini banyak dipake sama orang-orang Jepang.  Dan orang-orang Jepang tuh banyaknya yang minta kamar buat smoking.  Makanya jumlah kamar non-smoking cuma dikit.  Kalau nggak ada permintaan khusus saat booking pasti tamu hotel ditempatkan di kamar smoking.  Ih, padahal irma paling sebel sama bau-bau smoking.


Capek nunggu pesawat, sebel dapat kamar smoking, irma jadi kesal dan pengen ngomel-ngomel.  Tapi ngomel nggak akan nyelesaiin masalah kan ya ??  irma juga nggak seharusnya mengeluh begini.  Coba lihat keluarga penumpang pesawat Adam Air yang nunggu di bandara Sam Ratulangi, menanti kabar tentang pesawat yang jatuh itu beserta penumpangnya.  Mereka menunggu dengan harap-harap cemas, dan itu udah berlangsung sejak kemarin.  Sedangkan irma cuma nunggu lima jam, abis gitu bisa terbang dengan selamat dan dapat kamar hotel.  Sementara mereka dapat apa ??


ya udah ir, tidur aja deh ...  mudah-mudahan besok lebih baik dari sekarang.


 


Batam, 3 Januari 2007


capek menjelang audit pertama di tahun baru

8 comments:

  1. ha ha... capek deh... begitulah dunia konsumen kita... kita punya 3 keinginan; murah, cepat, bagus. tapi dari 3 itu, kita hanya diberi 2 saja. so, kalau ada yang murah dan cepat, biasanya gak bagus. kalau ada yang bagus dan cepat, pasti mahal. kalau ada yang bagus dan murah, pasti lama... he he

    ReplyDelete
  2. Udah pernah pengalaman ma Lion tuh nyebelin banget... always happen to be delayed, dunno why... Aku pernah pulang ke Indo nyampe denpasar jam 2pm trus baru dapet tiket Lion ke jakarta jam 8pm, eh ternyata didelay jam 11.45pm baru berangkat. duh mana capenya berasa banget. Cuman bedanya, kamu dapet nasi rames aku enggak hehehe... Lam kenal yaaa :)

    ReplyDelete
  3. cupcupcup...yg penting kan dapet nasi jeng ^_^ * i love rice very much *

    ReplyDelete
  4. hi, masih berani naik pesawat ditengah cuaca buruk kayak gini??? gw pulang kampung aja masih mikir, walopun sampe ditawarin pulangnya dibayarin bokap, tetep ga berani!

    ReplyDelete
  5. oooohhh ... berarti aku lebih beruntung ya ??? salam kenal juga :D

    ReplyDelete
  6. glek, sebenarnya sih takut. apalagi semalam sejak tinggal landas dari Batam sampai menjelang mendarat di Jakarta pesawatnya bergoyang keras terus. tapi gimana yaaa, namanya juga tugas :((
    jadi ya sudah pasrah dan berdoa aja

    ReplyDelete
  7. jalur batam jakarta emang jalur offroad buat pesawat.. tp gpp koq. ga separah jalur medan jakrta :D

    ReplyDelete
  8. dosen di kampus dulu pernah cerita kalau jalur medan - banda aceh lebih parah lagi. ada area tertentu yang ada turbulensi nya sampai pesawat serasa jatuh terjun bebas. tapi herannya penumpang yang anak-anak malah ketawa-ketawa. mungkin dikiranya naik roller coaster.

    ReplyDelete