Wednesday, January 17, 2007

mohon doa restu

'Ir, tulisanmu akan terbit dlm bntk 3 jilid.  Khusus yg ttg jalan2.  Ada usul jdlnya apa ??  Trus isinya gk akan urutan, jd mnurutku yg bandaneira bgs d jld 1'


Yippppeeeeeeeeeeeee ............. !!!!!!!  Rasanya irma pengen bersorak gembira baca sms dari Bu Isna yang diterima tadi siang, sewaktu kepala nyut-nyutan setelah pulang audit.  Hoaaa ... akhirnya Bu Isna berhasil memperoleh sponsor untuk nerbitin tulisan irma dalam bentuk buku J  Cuma masih ada satu ganjalan nih, mereka pengennya cerita tentang Bandaneira yang diterbitkan duluan.  Karena itu paling gress dan juga jarang ada yang bercerita tentang Moluccas. 


... mohon doa restu, semoga catatan perjalanan Moluccas dapat segera irma selesaikan ...

34 comments:

  1. chukaeyoooo ayoo kpn terbitnya jeng

    ReplyDelete
  2. Ntar bilang² yah klo dah terbit..
    Judulnya apa ya enaknya?
    "Mlaku-mlaku ke Masa Lalu"? [halah]

    ReplyDelete
  3. duh, bahasa mana nih ? apa artinya ?

    ReplyDelete
  4. iya nih, irma juga bingung. ayo, ayo, ayo ... pada sumbang saran. nanti irma tampung dan pertimbangkan *halah, kayak anggota DPR aja !*

    ReplyDelete
  5. di-doa-ken.. dan di-restui.. :)
    dukung Irmaa!!
    kirim SMS GO IRMA ke 4762

    ReplyDelete
  6. 4762 <-- coba tengok di keypad HP :P

    ReplyDelete
  7. GPMA ? GPMB ? GPMC ? HPMA ? HPMB ? HPMC ? IPMA ? IPMB ? IPMC ?
    GQMA ? GQMB ? GQMC ? HQMA ? HQMB ? HQMC ? IQMA ? IQMB ? IQMC ?
    GRMA ? GRMB ? GRMC ? HRMA ? HRMB ? HRMC ? IRMA ? ---> ah, ini ya :D

    ReplyDelete
  8. Clamet ya ma.. Tetep semangat nulis..!! Go Irma.. Go!!

    ReplyDelete
  9. Selamat ya Ir, nanti nani maunya buku yg ada td tangan irma;-)

    ReplyDelete
  10. makasih nani. masih jauh dan berat nih perjalanan. doain aja semua lancar ya, dan berhasil baik seperti yang kita harapkan :)

    ReplyDelete
  11. senengnyaaaaaahhhh... slamet ma.. walau uda lama ga berdoa, skrg aku doa deh... makan makannya kapan?

    ReplyDelete
  12. kenapa ndak julunya 'Plesiran' aja neng... adep marah ndak ya?

    ReplyDelete
  13. hehehehehe ... kalau nggak salah adep pernah bilang kalau batmus dan beberapa istilah batmus termasuk ptd udah dipatenkan. jadi aku perlu laporan nih sama juragan batmus.
    gan, juragan ... di mana sih ?? kok nggak pernah nampil di sini ??

    ReplyDelete
  14. gue sih sependapat sm Bangko.. "Plesiran" itu cocok banget.. lha wong memang kegiatannya itu toh? kalo soal dipatenkan.. ya kan simbiosis mutualisme.. bisa dong "dibicarakan" hehehe

    ReplyDelete
  15. iya, plesiran ok juga tuh. ntar si adep ditaruh diucapan terima kasih atas pinjaman kata plesiran, hehehe

    ReplyDelete
  16. bagaimana kalau sekalian aja kerjasama dengan sahabat museum. Jadi lebih lengkap... semacam travelogue ketika plesiran bersama sahabat museum, meski nantinya tentang komunitasnya sendiri ndak terlalu diangkat krn bisa bikin alurnya ngawur. Logo pastinya muncul. Lagian neng, di dalam nanti apa ada nama-nama selain kamu sendiri?

    ReplyDelete
  17. atau judulnya bangko: PLESIRAN - digabung dengan judul yang diberi Deni: catatan perjalan eskrim strawberry .... :)

    ReplyDelete
  18. Toean dan Njonja jang boediman, Plesiran Tempo Doeloe aja yang saya patenkan.
    kalo Plesiran (ditambah) Es Krim Stroberi = Plesiran Es Krim Stroberi gak masalah.
    atau Plesiran Es Krim Tempo Doeloe juga gakpapa, jadi semuanya bebas2 aja :) atau Plesiran Bewok Tempo Doeloe nobroblem. so, yuk monggo, dicetak bukunya, no need perijinan sama saya, tapi silahkan ijin keramain untuk peluncuran buku ke Koramil :p

    salam,
    menofdeyir

    ReplyDelete
  19. Plesiran Tempo Doeloe yang dipatenkan.

    kalo Plesiran yang lain, seperti Plesiran Es Krim Stroberi, atau Plesiran Bewok Tempo Doeloe nobroblem.
    so, yuk monggo, dicetak bukunya, no need perijinan sama saya, tapi silahkan ijin keramain ke koramil :p

    salam,
    menofdeyir

    ReplyDelete
  20. nah, ini juga yang perlu diperhatikan. tau sendiri kan di cerita irma itu bertebaran banyak nama ? irma harus tanya dan minta izin mereka satu per satu. kalau keberatan, ya nama itu terpaksa irma hapus atau ganti dengan nama lain. demikian juga dengan foto
    *udah kebayang begitu banyak yang harus diedit dan tulis ulang*

    ReplyDelete
  21. Neng Irme. Cerita perjalanan atau travelogue adalah sejenis Jurnalisme Naratif yang rekaman-demi rekaman diceritakan apa adanya. Intinya adalah fakta, kebenaran, kronologis, dan memikat. Sekali saja nama itu disamarkan maka buku itu bergeser dari nonfiksi ke Fiksi, dan ndak bisa disebut travelogue. Keberatan kalau-kalau namanya ditulis/disebut-sebut itu sama saja dengan minta dihilangkan dari sejarah... sama sekali ndak masuk akal dan ndak relevan. Peristiwanya juga masal bukan wawancara khusus, jadi tidak ada off the record atau probe-cut. Berlaku untuk tulisan dan foto (masak aku mau fotoku yang ndak gendut, atau aku ndak mau fotoku dipasang krn malu kegendutan... kan gila). Mengubah atau menghilangkan nama, sama sekali ndak perlu neng. Ada juga konfirmasi apakah penulisan namanya sudah benar atau belum. Pemanfaatan foto profil seseorang selama ia berada pada objek yang diceritakan juga ndak perlu minta ijin karena kenyataanya dia memang disitu saat itu, mau gendut apa enggak, mau keliatan kurusan atau melembung. Kecuali penggunaan foto seseorang, misal Krisdayanthi, sebagai penguat cerita... itu baru butuh ijin, karena dia ndak ikut PTD Semarang-misalnya.

    Ada kriteria untuk menjadikan sumber/narasumber/subjek tulisan disamarkan atau dianonimkan:
    - Ia berada pada lingkaran pertama kejadian seperti korban, saksi mata, pelaku, dll. Yang akan menimbulkan hal-hal buruk jika diekspos.
    - Keselamatan sumber terancam bila identitasnya dibuka. (Misalnya aku ternyata Salman Rhusdie, naaah itu harus disamarkan dan jangan dimunculkan fotonya.. klo ndak ya mati!)
    sebenernya ada 7 kriteria anonim/penyamaran... tapi yang paling penting yang dua itu. Ini juga termasuk keterangan-keterangan orang-orang yang kamu kutip di tulisan itu nantinya lho neng. Misalnya Pak Alwi bilang: dulu Ibu Megawati kepeleset di kali besar waktu nyuci baju. Jangan direkayasa menjadi Pak Alwi mengatakan Ibu Megawati pernah kesini. Kenyataanya Pak alwi berkata demikian sama puluhan peserta PTD. Jadi dia ndak punya hak untuk mengatakan itu off the record.

    segitu dulu kali neng

    ReplyDelete
  22. Hmmmmm...kayaknya ide Bangko boleh juga tuh! Kerjasama SM & Irma. Apalagi SM mau ultah. "Catatan Perjalanan Sahabat Museum ditulis oleh Irma" mungkin cocok buat judul bukunya... :)

    ReplyDelete
  23. aih bangko ................. makasiiiiihhhhh banget atas infonya :D
    kalau bingung, aku nanya-nanya lagi boleh ya ???

    ReplyDelete
  24. wah selamat ya Ir,moga-moga gak ada halangan dan peluncuran bukunya cepat terealisasi. boleh saran gak?kalo tiap jilid judulnya berbeda,gimana kalo yang tentang Mollucas / Bandaneira judulnya "Catatanku di Negeri Cengkeh dan Pala" or "Bandaneira,Mutiara Tersembunyi di Jazirah Al-Mulk" he..he.. cuman saran ya Ir,..oh iya kalo dah selesai kabar-2i ya...Good Luck...

    ReplyDelete
  25. wow, selamat ya ma. Akhirnya catatan perjalanan Irma dengan Batmus bisa dinikmati banyak orang. Amin.

    ReplyDelete
  26. wah...kebayang pas launchingnya nih ir...pasti seru banget ya...yuk yuk ditunggu undangannya..

    ReplyDelete