Monday, June 9, 2008

downliner

 

‘Pak, adain kreditan sepeda lagi dong !’

 

irma pernah cerita kan kalau irma bukan seorang marketer (yang baik)  ?  Tiga tahun nyepedah ke kantor, sampai sekarang cuma punya satu downliner (maksudnya pengikut aktifitas nyepedah, niru istilah multi level marketing).  Itupun Wahyudi.  Itupun, perlu waktu dua tahun untuk membuat matanya melek bahwa lebih enak ke kantor naik sepeda daripada berkutat dengan macet.

 

Tapi dari satu downliner itu berbuah banyak.  Sejak Wahyudi nyepedah ke pabrik, makin banyak aja yang menirunya.  Semula cuma bertiga.  Terus nambah.  Diawali dari anak buahnya sendiri.  Mungkin mereka berpikir, ‘Ah, manager gw aja pake sepeda, ngapain juga gw gengsi nggowes ke pabrik ?’ 

 

Di bulan puasa lalu Wahyudi jualan sepeda di pabriknya dalam rangka bazaar Ramadhan.  Laku lho.  Sekitar sepuluh sepeda berhasil dia jual.  Selama sebulan itu tiap minggu dia bolak-balik ke toko sepeda di Jatinegara minta dikirimin sepeda.  Bekerja sama dengan bagian payroll, selama enam bulan gaji pembeli sepeda akan dipotong untuk membayar cicilan sepeda. 

 

Sekarang udah banyak yang nyepedah ke pabriknya Wahyudi.  Dalam sehari bisa ada delapan sepeda di parkiran.  Yang bikin ngiri, sepeda-sepeda itu dapat tempat parkir eksklusif di depan lobby kantor, di samping pos jaga security.  Jadi selain dekat dengan tempat kerja juga aman karena ada yang jagain.  Sementara mobil dan motor parkirnya jauuuuuuuhhh sekali di ujung pelataran pabrik.  Untuk menuju ke sana harus melewati area seluas lapangan bola.  Kebayang jauhnya.  Mana gersang lagi.  Nggak ada pohon peneduh.

 

Beberapa hari yang lalu Wahyudi cerita, beberapa operator dan foreman menanyakan kreditan sepeda (lagi).  Mereka berharap Wahyudi bisa ngadain kreditan seperti tahun lalu.  Wahyudi nanya apa bisa kerja sama dengan B2W Indonesia untuk ngadain kreditan sepeda B2W.  Oh please deh, sekretariat B2W tuh nggak punya pemasukan dana tetap.  Apalagi dana lebih.  Jangankan untuk ngadain kreditan sepeda, untuk operasional sekretariat pun kadang kesulitan dana.  Untuk event-event nyepedah masih mengandalkan sponsor.  Kalau beli sepeda B2W nya sih bisa aja.  Tapi harus bayar cash.

 

Jadi sekarang Wahyudi lagi sibuk berpikir gimana caranya dapetin dana untuk nalangin beli sepeda.  Minta ke manajemen tentu nggak mungkin.  Ngajuin pinjaman ke koperasi juga nggak bisa.  Yang lagi dicoba adalah melobby para manager yang lain untuk sokongan mengumpulkan dana.  Kalau tiap manager mau bayarin dulu untuk satu sepeda, bisa deh dapat tujuh sepeda.  Pas dengan peminat yang kemarin-kemarin nanyain kreditan sepeda.

 

Hebat.  Dari satu orang bisa merembet (akan menjadi) hampir dua puluh orang nyepedah ke tempat kerja.  Ngutip istilah teman-teman nyepedah irma, sukses ngeracuninnya.  Ngomong-ngomong, kenapa tiba-tiba jadi banyak yang berminat nyepedah ?  Apa karena harga BBM naik ?

 

‘Bukan,’ jawab Wahyudi.  ‘Tapi karena mereka sendiri merasa kurang olah raga.  Kurang gerak.  Di kantor cuma duduuuuukkk aja di depan meja.  Atau komputer.  Apalagi hasil medical check-up kemarin agak-agak mengkhawatirkan.’ 

 

Oh begitu.  Baguslah kalau mereka peduli dengan kesehatan.  Nggak seperti rekan-rekan auditor di sini.  Meski hasil test laboratorium menunjukkan kadar kolesterol tinggi tapi tetap aja tidak menjaga pola makan.  Apalagi olahraga.  Kilah mereka saat menyantap sop buntut, ‘Alaaaahhh … kolesterol kan cuma di laboratorium.  Di sini, ya makan aja !’  Hih.

 

Oh ya, satu lagi alasan teman-teman Wahyudi nyepedah adalah karena mereka melihat yang nyepedah itu lebih happy.  Lebih ceria.  Enjoy.  Kerja di pabrik memang penuh stress (zaman gini, apa sih yang nggak stress ??).  Tapi saat pulang mereka berbondong-bondong ke parkiran sepeda seraya berseru, ‘Asiiiiiikkkk … gowes lagi !’  Sementara yang pake mobil dan motor berkata lesu, ‘Duuuh, pulang jam segini jalanan pasti macet banget …’

 

 

 

8 comments:

  1. bersepeda emang menyenangkan koq..
    apalagi kalo masa kecilnya sepertiku yang kerjaannya sepedaan
    rasanya kembali ke masa2 itu..

    ReplyDelete
  2. hahaha... lucu juga nih diibaratkan MLM ada downline nya segala

    ReplyDelete
  3. Mantep ni kl Irma jd Marketing B2W :P

    ReplyDelete
  4. bagus sekali ketempat kerja sepeda-an.
    boleh tau, berapa km jarak rumah Irma ke pabrik?
    ada kena asap knalpot kendaraan lain atau debu di sepanjang perjalanan?
    boleh ditiru nih... kalau jaraknya nggak terlalu jauh.
    tfs.

    ReplyDelete
  5. seneng deeh bacanya ..ada perkembangan nih dunia B2W
    *ngiri*

    ReplyDelete
  6. bu, guru biologi saya di SMA bilang, cuma di kutub nggak ada yang namanya asap knalpot dan debu. hehehe. ya iya lah, kapan coba Jakarta bebas dari kedua benda itu ? cara ngakalinnya : (1) pake masker, (2) berangkat lebih pagi saat kendaraan belum banyak keluar, (3) lewat jalan-jalan kecil yang nggak banyak dilalui kendaraan bermotor
    ... whenever a will, there is always a way ... (cieee ... sok keren amat pake bahasa Inggris ya !)

    jarak tempat kost ku ke kantor ... berapa ya ? nggak pernah ngukur. om ozzan, pejaten - kuningan tuh kira-kira berapa km ya ?? om kan di sepedanya ada cyclo ??
    btw, om ozzan, gimana aku mau jadi marketingnya B2W ? lha tiga tahun aja cuman dapet satu downliner ...

    ReplyDelete
  7. pejaten-menara karya kurang lebih 5-7 km lah mbak.

    kalo mbak Irma gak mau jadi marketernya B2W, om wahyudi aja yang jadi marketer B2W... hihihi... lumayan tuh udah dapet 20 orang.

    ReplyDelete
  8. Irma, mo gue jadi DL nya. mau juga dapet kredian *ngarep* enak bener ye.

    semangat semangat neh....:) kp melayu - TB simatupang

    ReplyDelete