Thursday, June 26, 2008

My Vehicle is Bicycle

 

Pertanyaan yang sering client ajukan adalah, ‘Rumahnya di mana Bu ?’  Jawab irma, ‘Pejaten.’  Tau kantor di Kuningan, komentarnya kemudian, ‘Wah enak ya.  Dekat.  Bisa cepat sampai kantor.’  irma mengangguk dan bilang, ’Iya.  Saya ke kantor paling setengah jam.’  Lalu mereka tercengang karena tau menuju Kuningan itu setiap pagi dan sore selalu macet.  ‘Setengah jam ?  Pake motor ya ?’  Jawab irma, ‘Saya pake sepeda.’

 

Dan client akan tercengang lagi.  Karena aneh bagi mereka seorang auditor seperti irma ke kantor pake sepeda.  Kenapa ?  Karena irma kerja di daerah Kuningan ?  Memangnya yang pake sepeda cuma para pekerja pabrik di Tangerang ?  Nggak kan.  Sepeda bisa dipake di mana aja.

 

Sekali waktu pernah ada client yang usil, ’Ngapain sih Bu pake sepeda ?  Orang-orang udah pada pake mobil kok ya Ibu malah nyepedah.’  Menurut dia, pekerja kantor daerah Kuningan seperti irma ini seharusnya berangkat kerja pake kendaraan bermotor.  Minimum motor.  Bagi dia, sepeda tuh rendah banget.  Nggak ada keren-kerennya.

 

Kesel banget ya, ngadepin orang kayak gitu.  Berhubung dia ngomongnya di depan bossnya yang orang bule, irma pun jawab pake bahasa Inggris.  ’Sir, my vehicle is bicycle.  And  I am proud of it.  There’s nothing wrong with bicycle riding.  I am happy while riding my bike.  Just like you and other people who drive cars.  Why should I change ?

 

Boss nya tersenyum.  Dan client itu tidak bisa berkata apa-apa lagi.

 

... kenapa sih aku harus pake mobil atau motor seperti orang-orang itu, kalau justru dengan sepeda aku merasa senang dan bahagia …

 

 

4 comments:

  1. wah.... perlu niat yang kuat untuk nyepeda ke kantor.
    Kuningan...??? hiiiiyyyy daerah parah... thanks God aku terbebas dari daerah itu sejak 2 tahun lalu.

    ReplyDelete
  2. seandainya orang2 banyak yg mikir gini...

    gak ada macet lagi dah...!!!!!

    ReplyDelete
  3. Ternyata kita senasib mbak. Dianggap konyol karena keranjingan ngepit kemana2 ....

    ReplyDelete