Thursday, June 19, 2008

sepeda, kendaraan yang tak pernah lekang oleh waktu

 

... dikutip dari milis B2W Indonesia, postingannya achmad_thaib@goodyear.com pada tanggal 18 Juni 2008.  benar-benar sepeda itu kendaraan sepanjang masa ...

 

My Road Puppy 1950 Renovation Progress Report, He will be life soon

Setelah hampir 25 tahun dia mojok sendirian berdebu di dalam gudang, akhir² ini saya memberanikan diri untuk merenovasi my Road Puppy 1950.  Oh iya, saya belum kasih tahu ya, Roda Puppy itu apa atau siapa?

Road Puppy itu adalah merek dagang dari sepeda lipet dengan ban ring 14 dan ban ukuran 2,25 (gambot memang) yang dibuat oleh Shimura Seiki Co. Ltd, Japan pada tahun 1950. Sepeda tersebut dibawa oleh kakek saya dari Jepang pada tahun 1950.

Waktu saya SMP (1978), sepeda tsb saya selamatkan dari gudang tsb dan saya renovasi
namun tidak tuntas, kemudian terbengkalai di gudang. Kemudian pada tahun 1990-an,
ketika rumah direnovasi total, sepeda tsb tanpa sepengetahuan saya, dilungsurkan oleh alm ibu saya kepada pembantu. Oleh pembantu, sepeda tsb dibawa pulang ke-Sukamandi dan direnovasi ala kadarnya.

Tahun lalu, saya cari tahu sepeda tsb ada dimana, saya telepon ke-Sukamandi dan alhamdulillah ternyata masih ada di Sukamandi lalu saya suruh bawa ke-Jakarta.
Di Jakarta, sepeda tidak langsung saya renovasi karena kesibukan pekerjaan.

Baru awal bulan ini saya mulai kerjakan proses renovasi, semua cat saya kerok dan diberi cat dasar. Saya diamkan dulu cat dasar tsb dan setelah 1 minggu, barulah saya beri cat akhir. Ban saya ganti baru dengan ban ukuran 16, namun karena aslinya adalah ukuran 14, terpaksa harus pakai ban yang tidak lebar, saya coba pakai ban 16x2,15 mentok ke-fender, ganti dengan ban 16x1,75 masih mentok juga ke-fender, akhirnya setelah saya berburu kemana², dapat ban IRC 16x1,5 baru pas.

Untuk rem, aslinya hanya ada coaster brake (orang² lebih kenal dengan rem torpedo)
tanpa rem depan, namun karena sudah tidak meyakinkan kinerjanya, terpaksa saya ganti baru. Jadi sepeda lipet ini sangat simple karena tanpa ada kabel samasekali, tidak ada kabel rem maupun kabel persneling karena single speed.

Mudah²an minggu depan my Road Puppy sudah hidup bembali dan sudah bisa menemani saya B2W ke-kantor.

"Kemudian setelah saya pakai dan di test kelemahan dan kelebihannya, akan saya perbanyak dan lempar kepasaran sebagai produk home industry sepeda lipet Indonesia".

Salam,
AMST

No comments:

Post a Comment