Wednesday, September 3, 2008

janggal

"Bu, di loket tiket kereta yang ke Cirebon udah habis.  Ini ada calo yang nawarin.  Gimana Bu ?"

Kalau menjelang lebaran gini bagian ticketing di kantor pusing tujuh keliling.  Abisnya tiket untuk auditor tugas keluar kota susah didapat.  Apalagi tiket kereta.  Makanya biasanya jauh-jauh hari mereka udah beli tiket.  Seperti kemarin waktu irma dapat jadwal audit ke Cirebon untuk tanggal 19 September nanti.  Bagian ticketing langsung memerintah kurir di kantor untuk beli tiket ke Stasiun Gambir.  Meski agak tipis harapannya karena dengar-dengar tiket kereta ke arah Timur udah habis semua.

Bener juga.  Setelah ngantri lamaaaaaaa ... sore itu kurir telpon ke kantor kasih tau kalau tiket untuk ke Cirebon udah habis.  Sebaliknya tiket balik dari Cirebon ke Jakarta masih banyak.  Kalau mau, ada calo yang nawarin tiket.  Tapi harganya, huuuuu ... jauh di atas harga resmi.

Karena nggak ada pilihan lain maka bagian ticketing memutuskan untuk beli tiket dari calo.  Besoknya ia berikan kepada irma.  Makasih ya, kata irma waktu terima kedua lembar tiket tersebut.  Seperti biasa irma mengeceknya.  Memastikan tanggal keberangkatan dan pulang sesuai jadwal audit.  Tapi, ... kok ada yang janggal ?

Pada tiket Cirebon Express jurusan Cirebon - Gambir tercetak 4044-gmr/18-02/09/2008 15:46.  Artinya tiket tersebut dibeli di loket Stasiun Gambir tanggal 2 September 2008 jam 15:46.  Sedangkan tiket Argo Jati jurusan Gambir - Cirebon tercetak 4014-gmr/7-02/09/2008 16:07.  Kalau memang benar pada saat kurir kantor irma ngantri di loket dikatakan bahwa tiket Argo Jati sudah habis, lalu kenapa tiket yang dibeli dari calo tercetak jam pembelian sesudah kurir meninggalkan loket ??  Dari mana itu calo dapat tiket ??!  Kan katanya di loket sudah habis !

Arrrrggggggggggghhhhhhhhhh ........... kapan sih PT KA bebas dari calo ??

 

 

 

 

 

6 comments:

  1. Calo selalu ada dimana-mana, apalagi diwaktu kaya sekarang ini yang memang sangat buanyak yang memanfaatkannya....

    ReplyDelete
  2. calo-nya orang PTKA jg sih :D
    dan susahnya selama ada demand pasti ada supply :-S

    ReplyDelete
  3. makanya pas ngantri di loket dibilangnya tiket dah habis ya. ternyata ... :(

    ReplyDelete
  4. wahh..lapor ke YLKI aja tuch...
    kemaren di tv sempet liat bincang2 tentang calo2 tiket kreta...
    ada org ylki dan org pt.ka juga.

    ReplyDelete