Wednesday, September 24, 2008

ketika Tom berkunjung ke Buenos Aires

 

Bukan Buenos Aires ibukota Argentina itu lho ya.  Tapi ini salah satu komplek rumah di cluster de Latinos, BSD.  Hari Minggu 21 September 2008 itu irma dan Wahyudi diundang ikutan acara buka bersama di rumah the Oens di Buenos Aires.  Biar ngirit ongkos jadi kita berangkat pake bis Trans BSD City.  Janjian ketemu Bing di halte depan Ratu Plaza jam 15.30.  Jadwal bisnya berangkat dari sana jam 15.55.  Katanya selain kita berdua yang mau naik bis Trans BSD City adalah Bing, Tiwi, Deedee yang balik dari belanja di ITC Ambassador, Hanum, dan Arini.  Trus nanti di BSD nya akan dijemput Papa Oen.

 

Hitung-hitung, banyak juga ya yang mau nebeng mobilnya Papa Oen.  Muat nggak ya ?  Setelah pikir-pikir irma putuskan untuk bawa Tom.  Jadi kalau seandainya nanti mobilnya Papa Oen penuh, irma dan Tom ngintil aja di belakangnya.  Halah, kayak iya sanggup nyepedah secepat mobil !  Nggak deng, paling irma nanya ancer-ancer jalan ke kompleknya lalu gowes ke sana.  Abisnya irma paling males naik ojek (motor).

 

Waktu jam setengah dua matahari agak redup.  Horeee ... nggak terlalu panas !  Eits tapi ternyata irma nggak boleh keburu senang dulu.  Pas jam dua waktu irma mau berangkat, kembali matahari bersinar terik.  Hiks, ya sudah.  Mungkin memang rezeki irma dapatnya yang panas.  Lagipula dipikir-pikir kalau nyepedah gitu mendingan panas daripada hujan.

 

Karena hari panas gitu dan irma pun puasa jadi irma gowesnya santai aja.  Perkiraan irma, nanti irma akan sampai di halte depan Dikbud pas jam tiga sore.  Info terakhir dari Bing katanya bis Trans BSD City itu berhentinya di halte depan Dikbud, bukan Ratu Plaza.  Karena irma nyepedah maka pastinya irma bakalan keringatan basah kuyup.  Lebihkan waktu setengah jam untuk ngangin-ngangin badan biar saat naik bis irma dah nggak terlalu keringatan.

 

’Mbak, kata anak saya sepedanya keren,’ kata seorang pengendara motor yang menjejeri irma di persimpangan Pejaten – Warung Buncit, menunggu lampu hijau menyala.  irma mengangguk dan tersenyum padanya.  ’Terima kasih,’ irma bilang.  Karena ini hari Minggu saat lalu lintas nggak terlalu rame jadi irma putuskan nggak pake scarf penutup hidung dan mulut.  Sebenarnya lebih enak gitu, jadi irma bisa ngobrol seperti sama bapak pengendara motor tadi.  Sementara anak lakinya di boncengan menatap Tom dengan pandangan ngiler.

 

Ternyata bukan cuma bapak dan anak itu yang merhatiin irma dan Tom.  Menjelang persimpangan Mampang, seorang cowok yang lagi berdiri nunggu angkot di pinggir jalan berseru, ‘Mbak, bonceng dong …’  irma tersenyum dan lambaikan tangan padanya.  Dalam hati irma bilang, ‘Dooohh sorry Mas, saya bukan tukang ojek.’ 

 

Dari Mampang irma belok kiri.  Nyusurin jalan Tendean, terus berbelok masuk jalan Pattimura.  Di sini enak, ada jalur lambat yang sepi dan jalanannya teduh.  Enak banget irma gowes di sana.  Tapi menjelang bunderan Ratu Plaza dari belakang irma melaju kencang satu Kopaja 66.  Kalau seandainya irma nggak buru-buru ngerem dan menepi, bakalan habis irma dilibasnya.  Arrgggghhhh ......... kalau seandainya nggak ingat irma lagi puasa, pengen rasanya irma mengumpat.  Kenapa sih dia harus kebut-kebutan di jalur lambat gitu ?  Kalau mau ngebut ya sana di jalur cepat !

 

Melintas bunderan Ratu Plaza.  Eits, lampu menyala merah !  irma buru-buru ngerem.  Pas banget irma berhenti di depan pos polisi depan bunderan.  Seorang polisi menghampiri.  Dooohh ... ada apa nih ?  irma deg-degan.  Perasaan irma nggak melanggar marka.  Tom berhenti di belakang garis zebra cross. 

 

Lalu bapak polisi itu bilang, ’Mbak, sepedanya bagus ya.’  Hhhhhhhhhhh ......... badan irma yang semula tegang langsung lemes.  Dooh, ta’ kirain irma ada salah.  Ternyata polisi itu cuma mau ngomentari si Tom.  Hhhh ... lega sekali hati ini.  irma pun menjawab, ’Iya Pak.  Makasih.’  Ketika lampu lalu lintas menyala hijau, bapak polisi itu persilakan irma jalan duluan daripada kendaraan lain.

 

Jam tiga kurang lima menit irma sampai di halte depan Dikbud.  Dari jauh Wahyudi udah melambai-lambaikan tangan.  Udah setengah jam dia menunggu di sana.  Rupanya perjalanan dari Bekasi lancar banget.  Mungkin karena ini hari Minggu, nggak terlalu banyak orang di Jakarta dan seputarnya.  Pada ke Bandung semua kali, menuh-menuhin dan mindahin macet ke sana, hihihi.

 

’Cobain dong,’ Wahyudi memegang handle bar Tom.  irma turun lalu membuka helm dan serahkan kepada Wahyudi.  Safety first.  Kenakan selalu helm saat nyepedah untuk mengurangi kemungkinan cedera.  Kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi.  Lha sekarang aja kalau nyepedah ke kantor irma pake safety shoes.  Nggak mau lagi kejadian  kaki kelindes motor .

 

Bersama Tom Wahyudi muter-muter sepanjang trotoar, bolak-balik antara Dikbud dan Ratu Plaza.  ’Enak juga ya kalau di jalan halus begini,’ komentarnya.  Seneng deh lihat Wahyudi bisa menikmati Tom begitu.  Abisnya dulu waktu irma beli, Wahyudi meragukan kenyamanan folding bike.  Ternyata sekarang Wahyudi malah suka.  irma jadi kepikiran pengen beli folding bike satu lagi.  Jadi kalau pergi-pergi sama Wahyudi kita bisa bawa dua sepeda untuk dipake barengan.  Tapi kebayang nanti kamar irma isinya sepeda mulu.  Mel, Tom, and another folding bike.

 

irma sms Bing, kasih tau kalau irma dan Wahyudi dah di halte.  Tapi nggak ada tanda-tanda bis akan datang ke situ.  Wahyudi bilang tadi ada bis yang ke Bintaro brentinya di depan Ratu Plaza, bukan Dikbud.  Balasannya Bing, ’Bis datang jam 15.55.’  Iya tauuuuuuuu ...... tapi Bing nya jadi ke sini nggak?  irma jadi agak-agak panik.

 

Wahyudi ajak menunggu di pelataran mesjid Dikbud.  Sekalian cuci tangan dan muka abis perasaan dia mukanya kotor banget akibat nongkrong di halte selama setengah jam.  Ya udah, kita lalu ke sana.  Karena tadi perkiraan waktu Ashar kita lagi di jalan jadi tadi di rumah masing-masing kita udah sholat Ashar dijama’ ke Dzuhur.  Ternyata waktu sampai halte Dikbud pas banget adzan Ashar lagi dikumandangkan dari mesjid ini.  Yah, tau gitu sholat Ashar nya di sini aja ya.

 

Lagi duduk-duduk di pelataran gitu tiba-tiba irma lihat seorang mbak-mbak jalan melintas.  Dia pakai kemeja biru bertuliskan ‘Trans BSD City’ di punggungnya.  Langsung irma ajak Wahyudi mengikuti mbak-mbak itu.  Kebetulan juga udah jam 15.30.  Waktunya kita berjalan ke halte.  irma suruh Wahyudi jalan duluan dengan Tom.  Ternyata mbak-mbak itu jalan ke halte depan Ratu Plaza.

 

Nggak disangka-sangka ternyata di halte kita ketemu …… Bing !  Dari jauh irma dah lihat bajunya yang warna jingga cerah.  Haa ... akhirnya Bing datang juga.  Barengan sama Hanum yang pake baju warna ijo pucuk cau.  Kontras sekali baju mereka berdua.  Patuh sama dress code yang Deedee bilangin, ’Pake baju warna ngejreng yaaaa ...’

 

Dan ternyata mbak-mbak yang kita ikutin dari mesjid Dikbud itu adalah petugas penjual karcis bis.  Sementara Bing, Hanum dan Wahyudi ngantri beli tiket, irma melipat Tom dan memasukkannya dalam kantong ijo gelap.  Sebenarnya waktu beli irma dapat tasnya.  Tapi tas itu nggak praktis untuk dibawa-bawa.  Jadi irma bikin sendiri kantong untuk membungkus kaki-kaki Tom.  Karena bahannya seperti beludru jadi irma bilang itu jubahnya Tom.

 

Ramai orang di sekitar halte.  Mereka memperhatikan irma melipat Tom.  He eh, di mana-mana selalu kita jadi pusat perhatian.  Tapi karena udah biasa jadi irma cuek aja.  Hahaha, padahal dulu awalnya irma takut-takut lho.  Padahal ngapain takut ya, kan irma nggak melakukan kesalahan.

 

Jam 15.50 bis datang.  Bergegas kita antri untuk naik ke dalamnya.  Baca pengalaman seorang contact multiply irma, irma putuskan untuk naik dari pintu belakang.  Jadi Tom langsung bisa ditaruh di balik kursi yang dekat pintu.  Kita sendiri berempat duduk berjejer di kursi paling belakang.  Cuma berempat karena ternyata Deedee nggak jadi ke ITC Ambasador jadi dia nebeng Maya dan Rahmat.  Sedangkan Arini nggak jadi ikutan karena sakit.  Tiwi juga urung datang karena Pak De nya meninggal dunia.

 

Cuma lima menit di halte depan Ratu Plaza.  Bis segera berangkat.  Nggak terlalu penuh.  Masih ada beberapa kursi yang kosong.  Tapi rupanya selama menuju jalan tol JORR bis mengambil penumpang dari depan Plaza Senayan, Pondok Indah, dan terakhir Carrefour Lebak Bulus.

 

Di bis irma sms-an sama Mama Oen.

 

irma            :     Ma Oen, nanti aku boleh numpang mandi ?  Abisnya aku pake sepeda jadi aku keringetan dan dekil.  Nggak enak yang lainnya pada cantik-cantik dan wangi.

Mama Oen   :     boleh.  Ada handuk.  Sabun juga banyak.

irma            :     ada airnya nggak ?

Mama Oen   :     hahaha, ya adalah.  irma naik sepeda lewat mana ?

irma            :     lewat ... mana ya ?  aku nggak tau.  aku ngikutin bis tulisan ’BSD’ di depanku aja.

Mama Oen   :     irma naik sepedanya sendiri atau sama Yudi ?

irma            :     Yudi di bis ’BSD’ itu

Mama Oen   :     ampyun.  Lha mbok sepedanya dilipet terus irma naik bis itu.  Kacian.

 

Huahahahahahahahahahaaaa ......... irma jadi ketawa-ketawa.  Beneran nih Mama Oen percaya irma naik sepeda ke BSD.  Padahal cuma sampai Ratu Plaza aja.  Abis gitu sepedanya dilipet masuk dalam bis.  Sementara Bing geleng-geleng lihat kelakuan irma.  ’Kamu tuh ya, bandel !  Ngejailin orang tua,’ ujarnya.  Hihihi, mungkin irma kualat ya.  Karena abis gitu handphone irma langsung mati karena low batt. 

 

Begitu bis keluar dari jalan tol kita bersiap turun di depan the Green.  Dari situ kita nyeberang.  Kondektur bis tadi bilang kalau ke de Latinos dari situ kita bisa naik angkot.  Tapi berhubung kita nggak tau detil jalan ke sana jadi kita putuskan minta tolong Papa Oen untuk menjemput.  Bing lalu menelpon Mama Oen.

 

Duduk menunggu di depan Alfamart, sekitar 15 menit kemudian datang Papa Oen.  Tom ditaruh di kursi paling belakang.  Tapi masukinnya lewat pintu belakang.  Lalu bertiga irma, Hanum dan Bing duduk di kursi tengah.  Wahyudi duduk di depan, di samping Papa Oen.  Di dashboard tergeletak seikat daun pandan.  Waktu turun dari mobil irma serasa jadi kue talam.  Abisnya wangi pandan.  Hihihi. 

 

Kita sampai di rumah Mama Oen bersamaan dengan kedatangan Oma Anna.  Mama Oen, Ela, Alice, Olive, dan Dwi berhamburan dari dalam rumah menyambut.  ‘Huuu … tadi ta’ pikir kok ya Yudi tega beneeer si irma disuruh pake sepeda ngejer-ngejer di belakang bis.  Ternyata …’ cerocos Mama Oen.  irma ketawa-tawa.  Sementara Papa Oen ngomong, ‘Tadi udah aku bilang.  Nggak mungkin deh si irma nyepedah.  Masa’ pake sepeda tapi bisa sms-an gitu ?’  Eits, kenapa nggak Om ?  Kan bisa aja handphonenya dipasang di dudukannya pada handle bar, jadi ketahuan tiap kali ada sms masuk.  Kalau mau bales, ya tinggal brenti aja.  Beres kan.

 

‘Buka deh, biar dipake jalan-jalan,’ Wahyudi menepuk sadel Tom yang menyembul dari jubahnya.  irma mengeluarkan Tom dari dalam kantong, membuka lipatan, memasang handle bar, meninggikan seat post, mengunci engsel-engsel, dan …… voila !  Siaplah Tom menjelajahi Buenos Aires !

 

Mama Oen pinjami irma handuk.  Bergegas irma mandi di kamar mandi di bawah tangga.  Selesai mandi, duh seger deh.  irma pake kaos warna merah cerah bertuliskan, ’The original names of Sundanese.’  Ada Cecep, Nengsih, Oneng, Ujang, dll.  Tapi berikutnya Risca protes karena nggak ada Nenden.  Yaaa … baca dong Ris, kan di akhir tulisannya ada, ‘… and many more …’  Jadi emang masih banyak lagi nama asli urang Sunda yang belum ditulis di situ.

 

irma berjalan keluar rumah.  ’Huaaaaaaaaa ......’ terlihat Alice meluncur di jalan depan rumah bersama Tom.  Kiranya sejak tadi pada nyobain Tom.  Dan sampai malam pun semua pada bersemangat nyepedah sama Tom.  Olive, Alice, Bing, Ela, Deedee, Aryo, satu per satu jalan-jalan keliling Buenos Aires pake Tom.  Mereka juga mendaulat irma untuk tunjukkan melipat dan membuka si Tom.  He eh, sampai diphotoin juga lho.  Dan tentunya Deedee yang paling semangat bergaya.  Apalagi dia pake baju kaos merah.  Cocok bener sama helm merah bintang silver dan Tom yang juga silver warnanya.

 

Senangnya.  Semua menyukai Tom.  Meski Risca berseru, ‘irma, Tom diasuransiin nggak ?  Besok kamu gimana ke kantornya ?’  saat melihat Aryo menaiki Tom, irma ketawa.  irma senang kalau teman-teman irma pun suka bersepeda.  Syukur-syukur kalau kemudian mereka bisa konsisten nyepedah.  Jadi irma nggak keberatan mereka meminjam Tom.  Tom pun sepertinya senang.  Kaki-kakinya yang pendek nggak henti-henti berlari menapaki jalan-jalan seputar Buenos Aires.

 

Tapi, pemandangan yang paling irma sukai di Buenos Aires itu adalah ketika bertiga Wahyudi, Aryo, dan Rahmat meluncur bersepeda.  Wahyudi di depan pake sepedanya Papa Oen, Aryo di tengah bersama Tom sambil merekam dengan kameranya, dan Rahmat paling belakang pake sepedanya Mama Oen seraya menghembuskan asap Dji Sam Soe.  Diterangi temaram lampu taman, hmmm eksotik sekali.   Remember I told you that boys looked so hot while they were cycling ?

 

 

 

 

 

10 comments:

  1. gue sih justru khawatir kalo si Tom keberatan nopang beratnya Aryo... hihihihi
    *maafkan istrinya ya suamiku sayaaanggg....kita kan sekarang warga perut buncit hahahaha*

    ReplyDelete
  2. hahahaha.... aku dikibulin............

    ReplyDelete
  3. temenku (pak bos) di kantor juga ada yg suka bawa2 folding bike, eh, dinaekin ding, trus dibawa pake lift ke ruang kerja, hihi..
    dan aku iri melihatnyaa... :D
    tapi emang paling enak minta dia bongkar pasang sepedanyah itu sih, kghkhkkk... untung bos yg satu ini orangnya cuek bin asik, jadi meskipun gue bolak2 ngerjain dia, dia asik2 aja :p

    ReplyDelete
  4. kenangan lucu, segar dan indah Ir........

    ReplyDelete
  5. do I look this HOT while I'am cycling ? hihihi

    ReplyDelete
  6. aduh panas ! panas ! panas ! *sambil kipas-kipas*

    ReplyDelete
  7. he he he ternyata napas masih kenceng........

    ..........kangenjalanjalankebogornaiksepedah......

    ReplyDelete