Wednesday, September 24, 2008

Tom sampai ke Bekasi !

 

’Tom, kecil tapi mainnya jauh-jauh.’

 

 

Begitu komentar Wahyudi sepulang kita dari Buenos Aires.  Iya, tapi kan nggak seratus persen dia jalan ke sana.  Ada pake numpak bis.  Eh jadi kepikiran, sebenarnya sejauh mana ya Tom bisa ngelencer ?

 

Karena itu irma memutuskan untuk tetap nyepedah ke Bekasi sepulang kerja kemarin sore.  Tentu dengan Tom karena selama ini dia yang irma pake berbike-to-work.  irma janji mau ke tempat Wahyudi untuk ngembalikan arlojinya yang kebawa irma.  Jam tangan itu ia perlukan untuk kerja.

 

Jam empat sore irma meninggalkan kantor.  Nuntun Tom nyeberang lewat jembatan, lalu mulai gowes dari Patra Kuningan.  Keluar keluar di Bidakara.  Nyusurin Gatot Subroto sampai Cawang, lalu belok kiri masuk by-pass, di Halim belok kanan menyusuri Kali Malang.

 

Mulailah irma dan Tom menyusuri jalur jahanam.  Teman-teman nyepedah bilang jalan di tepi Kali Malang ini adalah jalur jahanam karena begitu banyak motor yang ngebut menyalip kiri kanan.  Juga angkot yang berhenti suka-suka.  Selain Kali Malang jalur jahanam lainnya adalah jalan raya Bogor, mulai dari Cililitan teruuuuuussss sampai Bogor.   Pokoknya jalur motor ke luar Jakarta karena mereka nggak bisa lewat jalan tol.

 

Ya begitu memasuki Kali Malang irma merasakan langsung kejahanaman jalur tersebut.  Dua mikrolet – oh, bukan dua tapi tiga ! – tiba-tiba berhenti berjajar menanti penumpang.  Tiiiin tin tin tin tiiiiiiiin ……… motor-motor langsung ramai mengklakson.  irma bersabar menunggu di belakang mikrolet hingga akhirnya ada celah untuk menyalipnya.

 

Di persimpangan menuju Komplek Bea Cukai Pondok Bambu seorang pengendara MTB menyalip irma.  ‘Mari Mbak,’ mengangguk ia menyapa ramah.  irma balas melambaikan tangan.  Terlihat tulisan di bike pants hitamnya, ‘Benny Team’.  Apakah dia salah satu anggota Robek ??  (Rombongan Bekasi = rombongan B2Wer dari Bekasi)

 

Di lampu merah persimpangan Klender, satu KIA Carnival abu-abu mendepak irma dan Tom hingga kita berdua nyungsruk ke batu-batu di pinggir jalan.  Dooohhh …… ngapain sih dia memaksa masuk ke celah sempit yang biasa dipake kendaraan roda dua ?  Emang dia mau ke mana sampai segitu buru-burunya.  Ketika akhirnya irma berhasil menyalipnya dari sisi kiri sementara ia menanti motor-motor di depannya bergerak, ingin rasanya irma menggetok atap si KIA Carnival itu.  Nyebelin banget sihh !

 

Sampai pertigaan Buaran.  Polisi menutup jalan sehingga kendaraan harus berbelok ke arah Buaran lalu putar balik baru kembali ke Kali Malang.  Nggak tau kalau sepeda boleh nggak ya nggak ikutan muter ?  Abisnya jalur balik ke Kali Malang itu jalannya nanjak dan panjang.  Lagi puasa gini dan pake Tom yang single speed, irma nggak yakin irma sanggup menjalaninya.  Akhirnya setelah belok masuk Buaran irma pelan-pelan ambil jalur kanan untuk menyeberang.  Tiiin tiin tiin tiin tiiiiiinnnnn .......... motor-motor di belakang irma dan Tom tetap melaju tanpa mengurangi kecepatan.  Dooohhh, susahnya nyepedah di arus motor begini !  Pfffff ...... begitu sampai di tepi pembatas jalan irma menghembus napas lega.  Angkat Tom melewati pembatas jalan, lihat ke arah kiri, setelah pastikan kendaraan masih jauh dan jalur aman baru irma nyeberang.  Dari situ kembali gowes ke Kali Malang.

 

Sampai Jatibening.  Jalan mulai melebar.  Saat fly-over jalan tol Cakung mulai terlihat, dalam hati irma bersorak gembira.  Horeeee …… berarti ini udah dekat !  Eits tapi kalau nggak salah terakhir irma lewat sini, setelah fly-over ini jalannya ancuuuurrr banget.  Bisa nggak ya Tom melewati jalan lubang-lubang dan berbatu-batu ?

 

Alhamdulillah.  Ternyata jalannya udah diperbaiki.  Jadi irma dan Tom bisa meluncur mulus.  Beberapa orang di tepi jalan menunjuk-nunjuk Tom, ‘Heeeeeiii …… sepedanya kecil sekali !’  Ketika atap merah rumah sakit Global Awal Bros mulai terlihat, kembali irma bersorak senang.  Udah deket banget !  Karena di samping rumah sakit itu adalah jalan masuk ke rumah Bu Lik nya Wahyudi, tempat ia tinggal.

 

Senang sekali rasanya saat kita berbelok masuk jalan Gurame.  Huaaaahhhh Tom, akhirnya kamu sampai juga ke Bekasi !   Nggak kalah dengan Mel .  Oh iya, jadi ingat Mel masih di tempatnya Wahyudi.  Waktu irma gowes ke Bekasi untuk menghadiri pernikahan Petty - Tata  bulan Juli lalu, pulangnya Mel ditinggal karena irma kembali ke Jakarta diantar Wahyudi naik bis.

 

Paaaaass jam setengah enam irma dan Tom berhenti di depan rumah Bu Lik nya Wahyudi di jalan Udang.  Berarti Kuningan – Bekasi Barat cuma kita tempuh dalam waktu satu setengah jam.  He eh, nggak jauh beda waktunya dengan kalau irma naik kendaraan umum.  Tapi yang ini lebih asik karena berasa banget adventure nya.  Meski sempat sebel sama KIA Carnival di Klender tadi.

 

Wahyudi baru sampai rumah jam setengah tujuh, setelah irma selesai mandi dan wangi pake baju yang kering dan bersih.  Abis nyepedah tadi baju irma basah banget sama keringat.  Untung irma bawa baju ganti di tas.  Penuh semangat irma cerita perjalanan tadi.  Hueheheheheheheee ...... apa ya yang ada di benaknya Wahyudi ??  Heran kali dia lihat irma segitu niatnya menjajal kemampuan si Tom sampai ke Bekasi.  Tapi irma nya senang-senang aja tuh.  Tom pun baik-baik saja setelah menempuh perjalanan jauh itu.

 

Jam sembilan malam irma bersiap pulang.  Mel irma bawa.  Waktu sepedanya Wahyudi rusak, Mel sempat Wahyudi pakai ke pabrik tempatnya bekerja .  Tapi sekarang sepedanya Wahyudi udah sembuh.  Daripada Mel ngejogrog bengong di ruang tamu mending irma bawa pulang aja.  Kan kebetulan irma pulang naik taksi nih.  Jadi bisa bawa dua sepeda.  Mel di bagasi, Tom di kursi belakang.  Tapi yaaaaaaahhh ...... kok shifternya Mel jadi jamuran gini sihhh ???

 

Hiks, maaf ya Mel.  Kamu dah begitu lama diabaikan.  Sambil sedih irma melepas roda depan dan roda belakangnya Mel.  Siapkan ia untuk dinaikkan ke dalam taksi.  Dalam hati irma janji weekend ini irma harus betulkan Mel.  Dan bawa ia jalan-jalan.  Andai Mel manusia, mungkin ia sudah ngambek sama irma.

 

Jam sebelas malam irma sampai rumah kost di Pejaten.  Bapak supir taksinya berbaik hati bantu ngangkut Mel dari bagasi dan Tom dari kursi tengah.  Setelah mengucapkan terima kasih dan taksi pergi, langsung irma merakit Mel.  Juga setting kembali remnya.   Usai dirakit Mel irma tempatkan di bawah jendela kamar.  Melindungi Tom yang lebih kecil.  Senangnya, kedua kakak-adik itu telah kembali bersama.

 

 

...... baby it’s good to back, so good to be back, baby it’s good to back in your arms again ......  (satu lagu kenangan waktu SMA dulu, kalau nggak salah yang nyanyi Natalie Cole)

 

 

 

 

 

 

 

8 comments:

  1. wuiiihhserunya petualangan Irma di kalimalang :)

    ReplyDelete
  2. mantep banget, nggowes seli lewat kalimalang
    hebat!

    ReplyDelete
  3. irma staminanya kuat ya.. lagi puasa kuat ngegowes sampe bekasi! saluuuttt....

    ReplyDelete
  4. he eh, kalau udah di atas saddle gitu nggak berasa capeknya. begitu nyampe baru tepar :D

    ReplyDelete
  5. kirain Irma langsung gowes 2 sepeda waktu bawa Mel pulang hihihi... *emang bisa?!*

    ReplyDelete
  6. ealah hanny, kamu kira irma beruang sirkus apa ??

    ReplyDelete
  7. he-eh - mainnya lintas kota, lintas propinsi :D

    ReplyDelete