Thursday, September 4, 2008

ke Bandung : munggahan, menjemput pin, nonton Wall E, dan nyari buku

Dah lama nggak ke Bandung.  Mendadak aja kangeeeeennnn pengen ke sana.  Padahal tiap kali ke Bandung malah ngomel-ngomel mulu lihat jalanan macet sama mobil-mobil plat B.  Yah, ketemu orang Jakarta lagi, orang Jakarta lagi.  Gitu irma bilang.  Padahal irma juga yang bikin macet ya.  Kan irma juga dari Jakarta, hehehe.           

Seperti yang direncanakan hari Sabtu tanggal 30 Agustus 2008 kemarin ke Bandung.  Naik kereta Argo Gede.  Senangnya.  Selalu begitu perasaan irma tiap kali naik kereta.  Apalagi pas dapat duduk di sisi kanan.  Jadi waktu menjelang Padalarang bisa lihat bagian ujung kereta tiap kali lewati rel berkelok atau menikung.  Juga jembatan.  Ada berapa jembatan di Parahyangan pass ya ?  Banyak.  irma nggak pernah bosan melihat menikmati pemandangan itu.  Selalu terkagum-kagum sama jembatan buatan Belanda yang sampai sekarang masih berdiri kokoh.

Sore sampai di Bandung.  Hujan.  Langsung ke rumah Mama di Dago.  Sampai rumah langsung bagi-bagi barang-barang yang irma dah nggak pake lagi.  Ada ransel buat Abang Kiddie dan Adek Diella, ada baju kaos untuk Ibu Isna, juga tunik warna pink buat Mama.  Bukan barang baru.  Semuanya bekas irma pakai.  Tapi masih bagus kondisinya.  Daripada menuh-menuhin lemari ya irma kasihin aja.

 

Karena hari hujan jadi Sabtu sore itu nggak ke mana-mana lagi.  Bu Isna pamit berangkat ke Garut, survey tentang pengguna tabung gas 3 kg beserta kompornya.  Sebelumnya dia ambilin sleeping bag dari tempat penyewaan.  Untuk dipake Wahyudi tidur.  Dah nggak ada kamar kosong lagi di rumah Mama, jadi dia tidur ngehampar di tengah rumah.  Abang Kiddie pun pengen tidur pake sleeping bag.  He eh, mungkin di benaknya serasa lagi kemah.  Tapi masa’ kemah dalam rumah ?  Hahahahaha

 

Besok paginya sama Mama ziarah ke makam Papa di Sirnaraga, Pajajaran.  Munggahan.  Itu istilah di Bandung mengenai kebiasaan ziarah ke makam leluhur menjelang bulan puasa.  Wahyudi ikut juga.  Dari Pajajaran kita kembali naik angkot Ciroyom – Cicaheum.  Dari sana kita berpisah.  Mama dan Wahyudi terus pulang, irma turun di depan Mesjid Cipaganti lalu jalan kaki ke CiWalk. 

 

Ada dua tujuan irma ke CiWalk.  Satu : ambil pin Mio yang dititipin Mas Andi di counter Mahanagari via Ulu, dua : nonton Wall E !  Iya, nonton lagi.  Kali ini sama Abang Kiddie dan Adek Diella.  Tentu Wahyudi juga ikutan.  Makanya tadi dia pulang untuk jemput Abang dan Adek.  Sengaja irma yang duluan ke CiWalk abis takutnya kehabisan tiket.  Pengalaman nonton Wall E di Jakarta, tiketnya cepet habis jadi dapat kursi di pojok baris ketiga dari depan.  Nggak enak banget.

 

Sampai di CiWalk.  Wah, rupanya lagi ada keramaian.  Atraksi BMX.  Sempat nonton sebentar sambil nunggu risoles pesenan selesai digoreng di D’risol.  Tau nggak, dari selusin yang dibeli irma habisin delapan !!!!  Sendirian !!  Abis enak sih, hihihihi.

 

Abis gitu baru ke counter Mahanagari.  Kayaknya ‘tu counter baru buka.  Mbak-mbak yang jaganya lagi beres-beres.  Ada setumpuk baju kaos jalur angkot Bandung yang mau dia kasih bandrol harga.  Ia tersenyum waktu irma datang memasuki counternya, lalu lanjut nulis bandrol harga lagi.  Sementara irma melihat-lihat koleksi buku di pajangan.  Asik juga, dari toko sebelah terdengar raungan gitar Metallica.  Tanpa sadar irma menggoyang-goyangkan kepala.

 

Yah, kok nggak ada sih ?  irma nyari buku ’Kampung Naga Mempertahankan Tradisi’ karangan Pak Her Suganda.  Dulu pernah beli waktu Ulu yang jaga stand Mahanagari di pameran di JCC bulan Juni lalu.  Tapi trus bukunya ketinggalan ketika irma berlibur ke Pangandaran !  Sedih deh.  Sejak itu tiap kali ke toko buku irma selalu mencari-cari buku tersebut.  Tapi nggak ketemu juga.  Bahkan Bu Isna pun irma mintain tolong cariin itu buku di semua toko buku di Bandung.  Pernah Bu Isna nongkrongin counternya Mahanagari, berharap bisa ketemu Siesca.  Abisnya Siesca yang biasa ngurusin pesanan.  Maksudnya biar bisa mesan langsung.  Tapi ternyata Siesca nggak pernah jaga counter Mahanagari (kecuali di pameran).  Ya iya lah, dia kan bukan wiraniaganya.

 

Jadi irma pilih buku lain ; ’Oto Iskandar Di Nata – the untold story’ , ’80 tahun Solihin GP’, dan Sundalana edisi 2.  Wiraniaga yang jaga counter terbengong-bengong waktu irma kasih tau irma mau beli ketiga buku itu.  ‘Ngg … suka baca ya Teh ?’ tanyanya.  Nggaaaaaaaaa … aaakk, cuma iseng aja kebanyakan duit.  Makanya beli buku mulu.  Ya iya lah, kalau nggak suka baca ya ngapain juga irma beli buku ??

 

Setelah bayar baru irma nanya, ada titipin pin buat irma nggak ?  Sang wiraniaga mencari-cari.  ’Pin yang ini ?’ ia mengangsurkan satu kantong plastik isi pin banyaaaaaaaakkkk sekali.  Hah, sebanyak itu Mas Andi kasih irma ??  Oh ternyata bukan.  Itu pin Mahanagari entah pesanan siapa.  Sang wiraniaga pun mencari-cari lagi.  ‘Ini ?’ ia mengacungkan plastik kecil isi dua pin gambar tampang kucing lucu.  Ah ya, itu dia !  Lengkap dengan pesan dari Ulu.  Seperti biasa diakhiri dengan kata-kata, ‘Sip, Ulu.’

 

Mengucapkan terima kasih, irma berjalan meninggalkan counter Mahanagari.  Bersamaan dengan bunyi-bunyi di handphone irma.  Telpon dari Wahyudi.  Rupanya dia udah di lobby CiWalk bareng Abang dan Adek.  irma bergegas ke sana.  Disambut Adek yang merengek, ‘Tanteeee …… beliin Baskin Robin ……’  Huuuu … dasar celamitan !

 

Lalu kita bioskop.  Pas banget counter tiket udah dibuka.  Setelah ngantri cukup lama, baru ngeh ternyata itu antrian untuk CiWalk 21.  Sedangkan Wall E mainnya di CiWalk XXI !  Yang mana sih bioskopnya ?  Oh ternyata keluar dari bioskop itu, nglewatin food court, sampai deh di CiWalk XXI.  Sepi di sana.  Kita dapat tiket untuk kursi paling belakang, A9 – A12.

 

Terus kita makan.  Mau makan di mana ?  'Nggak tau,' jawab Abang Kiddie.  ’Terserah,’ Adek Diella bilang.  Hih, bingung nih kalau dapat jawaban gini.  irma coba membatasi pilihan, ’Mau makan nasi, mie, atau burger ?’  Jawabnya : ’Nggak tau,’ kata Abang Kiddie.  ’Terserah,’ ujar Adek Diella.  Arrrrrrgggggggggghhhhhhhhhhhhhhhhhh .....................................

 

Akhirnya Wahyudi yang memutuskan.  ’Makanan Jepang aja yuk,’ ia mengajak kita memasuki satu restoran Jepang.  ’Pasti deh Om sama Tante sukanya masakan Jepang, abisnya Om dan Tante kan pernah lama di Jepang,’ celetuk Adek Diella.  He he, tau aja.  Setelah cukup lama membolak-balik menu, melihat-lihat gambarnya, akhirnya masing-masing memutuskan untuk pesan :

·   Abang Kiddie    :     salmon katsu bento + eskrim coklat

·   Adek Diella       :     chicken teriyaki bento + milkshake coklat (tadinya dia mau eskrim coklat juga tapi langsung ditolak sama Wahyudi dan irma)

·   Wahyudi           :     unagi don + ocha panas

·   irma                  :     kitsune kake udon + ocha panas

 

Setelah mesan baru ngeh waktu udah jam dua belas siang.  Padahal film main jam 12.45.  Dan kita belum sholat Dzuhur.  ‘Keburu nggak ya ?’ Wahyudi meragu.  Doooh ……… jadi kepikiran !

 

Selesai makan jam setengah satu.  Abis gitu kita langsung lari-lari ke mushola.  irma dan Adek Diella ke mushola perempuan di lantai bawah, Wahyudi dan Abang Kiddie ke mushola laki-laki di lantai atas.  Abis sholat lari-lari lagi ke CiWalk XXI.  Sampai di sana terdengar pengumuman, ’ ... pertunjukan film sudah dimulai, para penonton yang masih di luar harap segera memasuki ruangan …’  Waks, telat !

 

Tapi ternyata nggak telat-telat amat kok.  Film baru mulai beberapa saat waktu kita masuk.  Baru sampai adegan Wall E menemukan roda rantai bekas robot lain untuk menggantikan roda rantainya yang udah compang-camping.  Nggak terlalu ketinggalan.  Cuma sayang aja nggak lihat film pembuka pendek tentang tukang sulap dan kelincinya yang kelaparan.  Filmnya kocak banget.

 

Biar udah pernah nonton Wall E tapi tetap aja irma ketawa-ketawa sepanjang film.  Bubaran film jalan lewat food court.  Sepi food court nya.  Malah ada tulisan, ‘Food court will be closed.  More luxury theatre is coming soon,’ beserta gambar logo 21.  Oh, rupanya food court nya bakalan ditutup.  Pantesan sepi.  Yang jualan pun nggak semangat nawarin dagangannya.

 

Lewat counter Es Sekoteng Bungsu.  ’Eh beli es sekoteng yuk ?’ ajak irma.  Seperti biasa Adek Diella nggak nolak.  Abang Kiddie bilang dia pengen es cendol aja.  Sedangkan Wahyudi balik nanya, ‚Es sekoteng itu apa ?’

 

Es sekoteng itu semacam es campur.  Isinya kelapa muda, alpukat, pacar cina (itu lho, butir-butir mutiara yang warna merah), dikasih susu dan es serut.  Rasanya ?  Enaaaaaaaaakkkkk sekali.  Ingat dulu es sekoteng di jalan Bungsu tuh paling terkenal se Bandung.  Banduuuung, surganya makanan.  Semua makanan enak-enak.  Selain Bandung kota yang makanannya enak menurut irma adalah Medan dan Palembang.  Duh, Palembang !  Jadi makin kangen pengen makan lenggang panggang !

 

Abis minum es sekoteng lalu kita turun.  Ke mushola lagi untuk sholat Ashar.  Setelah itu, ke mana kita ?  ‘Mau nggak, ke Paris van Java ?’ ajak irma.  Masih penasaran nyari bukunya Pak Her Suganda itu.  Barangkali aja di Gramedia PVJ ada.  Soalnya irma pernah ketemu buku-buku tentang Bandung di sana.  Sedangkan di toko buku lain nggak ada.  ‘Ayo.  Tapi ke ATM dulu ya,’ kata Wahyudi.  Karena ATM yang Wahyudi cari nggak ada di CiWalk jadi kita jalan kaki ke Cihampelas sampai ketemu ATM Permata terdekat. 

 

Wahyudi sama Abang Kiddie masuk ke dalam bilik ATM.  Sementara irma dan Adek Diella nunggu di pelataran parkir.  Lagi nunggu gitu ada lewat angkot Cicaheum – Ciroyom yang kosong.  ’Yah, yah, yah ... itu angkotnya kosong !’ irma menunjuk angkot tadi.  Jarang-jarang ada angkot Cicaheum – Ciroyom yang kosong lewat situ abisnya jalan Cihampelas macet banget di hari libur begini.  ’Ayo kita kejar !  Suruh tunggu aja !’ Adek Diella bersiap-siap ngejar angkot yang jalan merayap di tengah macet.  Busset nih anak, udah kayak neneknya yang biasa ngejar copet !

 

Alhamdulillah nggak lama kemudian ada lagi angkot Cicaheum – Ciroyom yang lewat.  Bersamaan dengan Wahyudi dan Abang Kiddie keluar dari bilik ATM.  Langsung kita naik ke dalam angkot.  Turun di rumah sakit Hasan Sadikin.  Nyetop angkot biru.  ’A, ngalangkung Paris van Java ?’ tanya irma sok fasih bahasa Sunda.  Supir angkotnya mengangguk.  Kita naik angkot itu.  Sampai di satu jalan angkotnya berhenti dan supirnya menoleh lalu bilang, ‘Bade ka PvJ ?  Tuuuh ... palih ditu.’  Semula irma bengong.  Baru kemudian ngerti kalau ternyata angkotnya nggak lewat depan Paris van Java, tapi kita harus turun di situ lalu jalan kaki ke sana.  Nggak seperti dulu waktu pertama kali irma ke Paris van Java, angkot biru yang irma naiki lewat jalan Sukajadi jadi irma bisa berhenti pas di depan PvJ.

 

Untungnya jalan kakinya nggak terlalu jauh.  Sampai di PvJ irma langsung nyari counter Mahanagari.  Nggak di seperti di CiWalk, counter yang di sini letaknya macam kaki lima di selasar.  Hanya ada satu rak menempel di dinding.  Di sana dipajang semua dagangan : kaos, pin, topi, sandal, dan tentu ... buku !  Tapi cara naruh bukunya seperti di perpustakaan, jadi irma harus memiringkan kepala membaca judul buku yang tertera di pinggir buku.

 

Cari, cari, cari, cari, cari, ...... AH-HA !  irma menarik satu buku tipis dari dalam rak.  ’Ada nih !’ berseru riang irma acungkan buku itu kepada Wahyudi.  Itulah buku karangan Pak Her Suganda yang selama ini irma cari-cari, ’Kampung Naga Mempertahankan Tradisi’.  Akhirnya ketemu juga.

 

Mendengar seruan irma, wiraniaga Mahanagari yang sedang melayani pembeli menoleh.  ’Hai Teh !  Asa kenal ya ?’ ia mengingat-ingat.  Ya kenal lah.  Kan dulu tiap kali irma ke kios Mahanagari di Dipati Ukur 21 selalu ketemu dia.  ’Kamu kan, yang waktu di DU 21 suka merajut ?’ tanya irma, mengingat dulu pernah lihat dia lagi pegang hakken dan benang wol waktu irma mau beli buku Geowisata.  ’Wah, sekarang udah selesai rajutannya,’ ia bilang.  Trus, nggak ngerajut lagi ?

 

Karena ia sedang melayani pembeli jadi irma lanjut melihat-lihat.  Hmm, counter yang ini lebih enak dilihat daripada yang di Ciwalk.  Meski berisik karena di depannya ada yang teriak-teriak, ‚SILAKAAAAANNNNN ... SEMUA SATU HARGAAAAA .... DUA PULUH RIBU SAJAAAAAAA .............’  Mungkin karena di sini lampunya lebih terang.  Tadi waktu di Ciwalk perasaan suasananya suram.  Jadi males lihat-lihat.  Padahal di sana ruangannya lebih luas.  Niiiiihhh …… jadi masukan nih buat Ulu dan teman-temannya.

 

Mungkin karena cara majangnya enak gitu jadi irma lebih semangat beli-beli, hihihihihi.  ‘Abang mau kaos yang mana ?  Adek yang mana ?’ irma persilakan Abang Kiddie dan Adek Diella memilih.  Abang pilih kaos gambar menara Eiffel terbalik.  Adek pilih kaos desain baru, kaos warna pink gambar bunga Patrakomala, kembang Bandung.  Tapi karena kaos itu lehernya bentuk V jadi irma sarankan untuk pilih yang lain.  ’Yang ini bagus Dek,’ irma tunjukkan kaos warna merah bertuliskan F = V = P.  Akhirnya Adek Diella setuju dengan saran irma.  Belakangan waktu di rumah irma jadi ngiler pengen punya kaos yang sama.  Warna merahnya bagus.  Nyesel tadi cuma beli satu.  Hiks.

 

Karena Wahyudi bosan nungguin irma lihat-lihat jadi dia bilang dia akan nunggu irma di Gramedia.  Pergilah ia ke sana dengan Abang Kiddie dan Adek Diella.  Sementara irma masih di counter Mahanagari menunggu wiraniaganya membuat bon.  Dia cuma sendirian.  Padahal dari tadi banyak yang hilir mudik melihat-lihat (dan juga beli-beli).  Jadi irma harus bersabar menunggu dia punya waktu untuk melayani irma.  Nggak pa-pa, jadi irma punya makin banyak waktu tuk lihat-lihat.  Total belanja irma di sana hari itu dua kaos dan tiga buku.  Bukunya Pak Her Suganda, ’Bandung digambar euy’ dan ’Tatarucingan’.  Hiiii ...... jadi seharian ini udah enam buku koleksinya Mahanagari irma beli.  Kasih tau Siesca ah, biar dia nambah koleksi jualan bukunya, hihihihihihihiiii ......

 

Akhirnya selesai juga urusan beli-beli dan bayar-bayar di counter Mahanagari.  Mengucapkan terima kasih dan dadah-dadah sama wiraniaganya, irma lalu bergegas nyusul ke Gramedia.

 

’Udah selesai ?’ tanya Wahyudi.

‘Udah,’ jawab irma.

‘Seneng ya, bukunya dapat ?’

’He eh, iya.  Padahal kita dah nyari ke mana-mana ya.  Akhirnya dapatnya di Mahanagari juga.’

‘Itu, yang jaga di Mahanagari tadi namanya siapa ?’

‘Haa … siapa ya ?  Nggak tau.’

‘Lhaaaa …… kirain kenal.  Abis kelihatannya udah akrab gitu !’

 

Nah itulah si irma, kalau udah ketemu yang dia mau, lupa deh sama yang lainnya.  Termasuk lupa nanyain nama wiraniaganya Mahanagari itu.  Padahal tadi selama di sana irma dan dia ngobrol macem-macem malah sampai ketawa-ketawa.  Terang aja Wahyudi nyangka kita udah kenal baik.  Ternyata ......

 

Siapa ya, nama wiraniaga yang jaga counter Mahanagari di Paris van Java hari Minggu sore tanggal 31 Agustus 2008 kemarin ?  Orangnya pinter ngerajut tuh ...

 

 

10 comments:

  1. wah buku lagi...hehehe :). Wah asyik & rame kegiatan di bandungnya...

    ReplyDelete
  2. iya, balik dari sana aku bilang, 'Mission accomplished !' karena semua tujuannya tercapai. oh ya waktu di PvJ itu juga aku dapat CD lagu-lagu evergreen Batak yang dah lama kucari-cari :D

    ReplyDelete
  3. sama, sayah juga...
    plus es kacang merahnya ya... sluurrpp...

    ReplyDelete

  4. sama, daku juga pengen...
    plus es kacang merahnya ya... slruupp...

    ReplyDelete
  5. pengen punya kaos mahanagari lagi euy

    ReplyDelete
  6. katanya abis lebaran nanti mahanagari mo ngadain pameran dhan, pasti bakalan banyak kaos dijual :D
    http://mahanagari.multiply.com/journal/item/133/Menuju_Pameran_Kaos_Mahanagari_butuh_Masukan

    ReplyDelete
  7. udah di print dan baca di taxi otw-home.
    baca ceritanya Irma selalu menarik dan seru .....
    thanks ya Irrrrr.............

    ReplyDelete
  8. oh mamay. teh mamay, bikinin sweater dong, bandung dingin niiihhh .... hihihihi, ngareup !

    ReplyDelete