Sunday, February 1, 2009

belanja mahar

 

‘Ayo irma, kita harus belanja mahar.’

 

Sebenarnya kan udah disepakati ya, kalau Wahyudi akan memberikan kamera sebagai mahar .   Ia sudah survey ke beberapa toko kamera tapi belum temukan kamera yang cocok dengan irma.  Jadi ia agak-agak panik, karena hari pernikahan kami semakin dekat.  Setelah irma pertimbangkan lagi, sebenarnya irma nggak memerlukan kamera baru.  Waktu itu kan kamera irma rusak, jadi irma sedih dan inginkan penggantinya.  Tapi kamera itu udah dibetulkan dan berfungsi baik kembali.  Wahyudi sendiri yang bawa ke service center.  Sampai dia bela-belain kabur dari meeting cuma buat ke sana.  Baik sekali ya dia.

 

Dan untuk beralih ke DSLR pun sebenarnya irma masih nggak yakin.  irma dah cocok banget dengan kamera irma yang sekarang.  Simple but powerfull.  Pas banget buat irma yang suka jalan-jalan tapi juga motret secara praktis.  Wahyudi bilang, irma sama kamera itu dah kayak soulmate aja.  Nyambung banget.  Sama seperti irma dengan Mel dan Tom.

 

Jadi nggak usah deh dipaksain beli kamera sekarang hanya tuk sekedar memenuhi persyaratan mas kawin.  Kalau emang mau nyari kamera pas pameran piranti fotografi akhir Februari nanti aja.  Kan banyak kamera bertebaran tuh.  Kita bisa puas nyari-nyari dan pilih yang cocok.

 

‘Ya udah, kalau gitu mas kawinnya perhiasan aja ya,’ usul Wahyudi.

 

Iya.  Nggak pa-pa.  Tapi perhiasannya yang bisa irma pake ya.  Sayang kalau cuma disimpan aja.

 

Jadi hari Sabtu lalu kita ke toko mas yang direkomendasikan oleh bapaknya Wahyudi.  Sampai di sana baru irma ngeh kalau ternyata perhiasan mas sekarang tuh modelnya bagus-bagus banget.  Nggak kayak perhiasan orang tua kita zaman dulu yang polos-polos aja.  ‘Nih Mbak, yang gambar Hello Kitty juga ada,’ penjaga toko tersebut menunjukkan liontin gambar kepala kucing pake pita.  Huehehehehehe, emang tampang irma ABG banget ya, sampai ditawarin yang kayak gitu.

 

Pilihan irma jatuh pada sepasang anting-anting berbentuk cincin.  Modelnya seperti anting-anting irma yang hilang.  Sang penjaga toko menimbang anting-anting tersebut.  Beratnya 0.99 gram.

 

‘Aku mau yang ini,’ kata irma setelah mencoba kedua anting-anting tersebut.  Pas banget dengan wajah irma.

 

‘Ok,’ Wahyudi mengangguk setuju.

 

‘Ya udah.  Itu aja.’

 

‘Haaa ?  Masa’ cuma segitu aja ?  Ayo pilih yang lain lagi !’

 

Nah lo, irma jadi bingung disuruh milih perhiasan lain.  Lha irma nggak pernah pake perhiasan ??!

 

‘Kamu suka pake gelang kan ?  Coba lihat ada gelang yang cocok nggak ?’

 

Ok.  irma lalu melihat-lihat gelang.  Hmm, ada gelang rantai yang bagus nih.  Sederhana dan nggak aneh-aneh motifnya.  Waktu irma coba, pas banget melingkari pergelangan tangan.

 

‘Sama yang ini ya,’ irma menunjuk gelang rantai yang lagi dicoba itu.

 

Wahyudi mengangguk.  Mas-mas penjaga tokonya lalu menimbang gelang tersebut.  Trus digabung dengan sepasang anting-anting tadi.  Ia bertanya, ‘Ada lagi ?’

 

irma menggeleng.  Tapi Wahyudi malah bilang, ‘Masa cuma itu aja ir ?  Pilih lagi lah.’

 

Halah, beneran deh irma bingung !  Nggak pernah pake perhiasan mas sekarang malah disuruh milih banyak-banyak.  Bagi irma lebih dari satu tuh udah banyak.  Tapi bagi Wahyudi pilihan irma tadi terlalu sedikit.

 

Ya udah deh, disuruhnya gitu ya nurut aja.  Sementara irma melihat-lihat perhiasan lain, Wahyudi permisi ke toilet sebentar.

 

‘Mau nikah ya Mbak ?’ tanya mas-mas penjaga toko.

‘He eh, iya.  Cuman saya tuh nggak pernah pake perhiasan.  Jadi bingung nih disuruh milih gini.’

 

Mas-mas penjaga toko itu ketawa, ‘Lha ya Mbak, namanya juga buat mas kawin.’

 

‘Iya sih,’ kata irma.  ‘Cuma saya bingung aja kok ya disuruh milihnya lagi dan lagi.’

‘Lho cewek bukannya malah seneng kalau dibeliin perhiasan ?  Banyak lagi, ’ komentar mas-mas penjaga tokonya.

 

Ugh, iya gitu ya ??  Bukannya malah situ yang seneng ??  Kan situ yang jualnya …

 

Waktu Wahyudi kembali dari toilet, irma menunjuk satu rantai kalung.  Motif rantainya seperti kalung peninggalan nenek yang sekarang dipake Mama.  Yang Mama pinjamkan kepada irma untuk dipakai saat lamaran bulan November lalu.  ‘Kalau yang ini, gimana ?’

 

Wahyudi mengangguk.  ‘Bagus.  Ambil aja.’

 

Udah.  irma nggak bisa milih lagi.  Buat irma ketiga perhiasan itu udah cukup.  Tapi ternyata Wahyudi masih menambah satu gelang lagi.  irma sampai mikir, budgetnya Wahyudi buat beli mahar banyak sekali ya.

 

Mas-mas penjaga toko kemudian membuat surat pembelian.  Wahyudi nanya-nanya tentang harga mas.  Mas 22 berapa, mas 23 berapa, trus kalau yang karatnya paling tinggi – mas 24 – harganya berapa. 

 

‘Saya punya gelang emas 19.99 gram,’ cerita Wahyudi.  ‘Itu saya dapat dari perusahaan, penghargaan setelah kerja selama 10 tahun.’

 

Karena sebelumnya Wahyudi nanya-nanya tentang harga mas, jadi mas-mas penjaga toko pun bilang, ‘Oh kalau Mas mau jual lagi, bisa dapet segini …’ ia menunjuk layar kalkulatornya.

 

‘Nggak ah,’ Wahyudi bilang.  Lalu ia menoleh ke irma, ‘Buat kamu aja ya ir.’

 

irma bengong.  Sementara mas-mas penjaga toko itu berseru, ‘Hwaduhh Mbak, mbak ini beruntung sekali !’

 

..... iya ya aku beruntung sekali.  dapat mas segitu banyak.  padahal kan sebenarnya yang aku pengen cuma mas wahyudi ......

 

 

 

 

7 comments:

  1. huahahaha, ahirnya maharnya perhiasan juga. Enjoy aja deh, nanti bisa diwariskan ke anaknya.

    ReplyDelete
  2. wakakakakakka

    aku juga dapet banyak mas, selain mas danang :D

    eh skarang pasaran emas 75% brapaan jeng ?

    ReplyDelete
  3. pastinyaaaaaaaaaa....
    anggap aja dapet bonus sekalian..

    ReplyDelete
  4. nggak tau. aku nggak nanya-nanya. wahyudi yang ngurus ginian.
    mo blanja emas lagi jeng ?? hasil angpau kemarin ya ;)

    ReplyDelete
  5. Hahahahah...justru mo jadi spekulan, kali2 harganya naek, bisa di jual, tar kalo harga turun , baru beli lagi :D

    ReplyDelete