Tuesday, February 24, 2009

induk ayam ku

Almarhum Papa irma seorang dosen.  Tiap pagi di hari kerja beliau berangkat ke kampus.  Siang sekitar jam dua belas pulang ke rumah untuk makan siang.  Selesai makan biasanya beliau baca koran.  Trus tidur siang sebentar.  Jam dua balik ke kampus lagi.  Sore menjelang Maghrib beliau sudah kembali di rumah.

Selalu begitu kebiasaan Papa.  Teratur banget.  irma ingat duluuuuuu waktu irma masih kecil, masih duduk di taman kanak-kanak, suatu hari Papa pulang ke rumah untuk makan siang.  Tapi kali itu setelah makan siang Papa bukannya baca koran, melainkan membacakan majalah Bobo untuk irma.  Ada satu cerita yang sampai sekarang selalu irma ingat.

Cerita tentang induk ayam dan anaknya.  Anaknya bandelll banget.  Nggak bisa diam.  Maunya ngelencer mulu.  Tapi induknya selalu sabar menghadapinya.  Melindunginya dari marabahaya.  Di akhir cerita digambarkan anak ayam itu tidur di bawah sayap induknya.  Dia tau ke mana pun pergi ia akan selalu kembali bersama induknya.  Ke mana pun ia pergi induknya akan selalu ada untuknya.

Selesai bacain cerita lalu Papa mengajak irma tidur siang.  'Pura-puranya Papa jadi induk ayam, irma jadi anak ayamnya ya,' Papa merangkul irma.  Lalu irma pun tidur meringkuk di bawah ketiak Papa.  Dalam benak irma, seperti itu anak ayam di cerita tadi tidur di bawah sayap induknya.

Sejak saat itu tiap kali tidur siang irma sama Papa selalu berpura-pura jadi anak ayam dan induk ayam.  Meski kakak-kakak irma pada ngeledekin, 'Iiiihhhh ... mau-maunya dikelekin Papa !' , tapi irma nggak peduli.  Karena emang irma merasa nyaman terlindungi bersama Papa.  Karena seperti anak ayam itu, irma tau ke mana pun irma pergi Papa selalu ada untuk irma.

...... dan sekarang setelah lebih dari dua puluh lima tahun Papa pergi, irma punya sayap untuk berlindung lagi ......

 

 

 

16 comments:

  1. alangkah bahagianya, anak ayam mendapat tempat berlindung dan induk ayam diberi kesempatan untuk melindungi. alhamdulillah

    ReplyDelete
  2. Skarang ngetek ama om bewok yaa, hihi..
    Happy for you both :)

    ReplyDelete
  3. tuh..............akhirnya terjawab juga.....................ternyata papa-nya irma dosen (soalnya kemarin waktu nyebutin nama dan gelar aku langsung mikir kayaknya papa-nya irma dosen deh...)

    ReplyDelete
  4. jadi sekarang dikelek om ya tante? ih bau....

    ReplyDelete
  5. hih, yang bau tuh kamuuuuuuu ... dan kamar kamu juga ! Makanya harus rajin mandi dan beres-beres kamar, jangan ngenet mulu !

    ReplyDelete
  6. hehehehe.... jadi inget aku sendiri waktu kecil - tidurnya juga selalu di ketiak ibu atau bapak... rasanya aman dan nyaman.....

    ReplyDelete
  7. oh, so sweet...
    jadi pengen induk ayam juga... :p

    ReplyDelete
  8. He he he kebayang si om bewok susah tidur gara gara keteknya ada yang ganjel.

    Irma & Yudhi selamat ya.....nyesel banget aku ndak bisa dateng ke acara kawinan kamu berdua.

    Gelang untuk aku ada gag ?

    ReplyDelete
  9. ada. kamu mau warna apa ? merah, kuning, hijau, biru ? kalau oranye nggak ada.
    btw, kalau nggak keganjel om bewok malah nyari-nyari tuh, hahaha kehilangan dia :D

    ReplyDelete
  10. Biru aja deh...
    Kamu khan gag suka warna biru ya...

    ReplyDelete
  11. kok tau ? aku sukanya warna merah :D

    ReplyDelete
  12. Ya tau lah....
    gara gara kamu nyela facebook sih.....he he he

    ReplyDelete