Monday, August 31, 2009

malam mingguan

 

"irma, kita nggak usah pergi ya.  Aku capek bangett."

Yah, sebenarnya kecewa sih.  Tapi gimana, kalau irma jadi Wahyudi juga pastinya merasa keletihan yang sama.  Tiap hari mengendarai motor Cimanggis - Pondok Ungu pp. Bisa nyampe 80 km perjalanan dalam sehari.  Apalagi dia belum terbiasa berkendaraan jauh begitu.  Dulu waktu tinggal di Bekasi Barat Wahyudi berangkat kerja pakai sepeda.  Atau naik angkot.  Enak, tinggal duduk dan bisa baca buku.  Tapi sejak tinggal di rumah sendiri ini nggak bisa begitu lagi.  Pernah sih nyoba berangkat kerja pake bis.  Hasilnya dia terlambat sampai di tempat kerja 1 jam !

Ya sudah, jadi hari Sabtu itu kami berdiam di rumah saja.  Nggak jadi lihat Gelar Batik Nusantara di JCC.  Nggak jadi ikut kumpul kelas reguler di kediaman the Oens di BSD.  Seharian itu Wahyudi tiduuuuuuuuurrr mulu.  Bangun cuma buat sholat.  Abis sholat lanjut tidur lagi.  Sementara irma menghabiskan bertumpuk-tumpuk pakaian yang belum disetrika.  Dihabiskan, maksudnya disetrika.  Bukan dimakan.

Jam lima sore irma bangunkan Wahyudi.  'Mo main air nggak ?' tanya irma.  Maksudnya, minta tolong nyiram halaman.  Meski cuma ada rumput dan sebatang pohon mangga tapi Wahyudi senang menyiraminya.  Kadang sambil main air begitu ia berencana mo nanam pohon ini, tanam pohon itu, atau bikin kolam ikan.  Tapi selama ini baru sebatas rencana saja.  Belum sempat ngerjainnya.

Adzan Maghrib.  Kami berbuka puasa dengan tempe mendoan yang gagal.  Gagal, karena adonan tepung yang irma bikin terlalu encer.  'Mendoannya seksi,' komentar Wahyudi.  'Nggak pake baju.  Atau bajunya transparan.'  Meski demikian mendoan tersebut tetap berasa tempe.  Enak disantap panas-panas dengan cabe rawit.  Hanya dalam beberapa menit sepiring mendoan habis kami santap.

Abis sholat Maghrib, baik irma maupun Wahyudi belum merasa lapar ingin makan malam.  irma lanjut nyetrika lagi.  Wahyudi nyapu dan ngepel.  TV menyuguhkan acara nyanyi-nyanyi.  Pas bener yang nyanyi Jong Ambon semua.  The Moluccas.  Mereka memang dilahirkan untuk menyanyi, begitu komentar seorang teman.  Bahkan tertawa pun orang Ambon suaranya tetap enak.  Nggak fals.

Para penyanyi itu nyanyikan lagu yang kami kenal.  Kami turut bernyanyi.  Dan menggoyangkan badan seirama musik.  Saat mereka bernyanyi lagu lawasnya ABBA, 'Dancing Queen', irma pun mematikan setrika.  Lalu bergabung dengan Wahyudi joget-joget di depan tv.  Sesekali kami minum es teh manis menghilangkan dahaga.

Malam Minggu itu di rumah kami bergembira.  Meski urung kumpul dengan teman-teman sesama pencela di email gambrengan.  Kami tau, di BSD sana mereka bergembira.  Kami pun di sini bersuka ria.

 

 

 

11 comments:

  1. hi hi, untung "Staying Alive"nya Bee Gees gak dimainin.

    ReplyDelete
  2. kayaknya es teh manisnya mesti ditambah lagi

    ReplyDelete
  3. hahahahahaha ... disediain 1 pitcher kok :D

    ReplyDelete
  4. sekali lagi.. bahagia ada di dalam hati :-)

    ReplyDelete
  5. dancing queen..itu pasti turun-min bergoyang ditempat aku (waktu masihmuda di cafe2)

    ReplyDelete
  6. lebih baik punya rencana, dari pada gak sama sekali..... :)

    ReplyDelete
  7. aku pernah menanyakan ke beberapa suami dan istri, jawaban suami, wiken=tidur, istri=jalan2. tapi rata2 bisa diatur lah, kan ada 2 hari, sabtu dan minggu :)

    ReplyDelete
  8. padahal nanis & dian ude siap siap poto bareng oom bewok lho......................:)

    ReplyDelete