Monday, August 24, 2009

sahur tadi pagi

 

Ups, kesiangan bangun.  Jam setengah empat lebih lima !  irma buru-buru ke dapur.  Untuk sahur kali ini irma mau bikin sayur bayam dan ase cabe ijo, masakan khas sunda.  Masak yang mudah-mudah aja lah.  Males banget masak yang ribet.

Untung bahan-bahannya udah disiapin sejak semalam.  Dalam sepuluh menit sayur bayam udah jadi.  Menurut irma sih, sayur bayam itu udah ok.  Maksudnya, seperti yang biasa Mama bikin.  Tapi Wahyudi bilang kurang asin.  Emang kita berdua sering nggak kompak dalam masalah rasa.  Menurut irma rasanya udah pas, menurut Wahyudi masih belum.  Mungkin karena irma terbiasa pakai sedikit garam mengingat sejarah kesehatan keluarga banyak yang mengidap hipertensi.

Berikutnya masak ase cabe ijo.  Yah, baru ingat udangnya belum dikeluarin dari kulkas !  Beku deh.  Untung masih ada air panas sisa nyeduh teh.  Disiram air dingin, lalu rendam dalam air suam-suam kuku, akhirnya lemas juga udang itu.  Baru mulai dimasak.  Waks, udah jam empat !  Setengah jam lagi masuk waktu imsak.

Jam empat lebih sepuluh irma bangunkan Wahyudi untuk sahur.  Berdua kita menyantap makanan.  Ummm ... kok ada yang aneh ya sama ase cabe ijonya ??  Baru ingat seharusnya tadi sebelum dimasak udangnya dilumuri jeruk nipis atau cuka biar nggak amis.  Pantas ini rasanya jadi agak aneh.  Nggak seperti yang biasa Mama bikin.

Takut-takut irma memandang Wahyudi.  Tapi dia terus makan aja seolah nggak ada yang aneh.  Alhamdulillah selama ini belum pernah ada masakan irma yang dia lepeh keluar dari mulutnya.  Meski rasanya kadang ajaib nggak sesuai selera.  Paling abis makan dia minum teh manis panas banyak-banyak.

Ugh, maaf ya.  I'm not such a good cook.  Harus banyak berlatih lagi.  Bule bilang, '... practice makes perfect ...'

 

 

5 comments:

  1. ..kalo sahur, engga terlalu peduli sih, Ma.. :P
    asal ga aneh2 banget.. :) yg penting niatnyah..

    ReplyDelete
  2. Apalagi sahur buat apa yg ribet2, yg penting makanannya panas/anget kan.

    ReplyDelete
  3. itulah yang namanya 'cinta-kasih' - menerima apa adanya, baik kekurangan maupun kelebihan .... (kalauakubanyakkurangnya-tapikelebihanberatbadan)

    ReplyDelete
  4. mam, asalkan jangan kurang asem, kurang ajar ... ;)

    ReplyDelete