Sunday, June 17, 2007

Bersepeda di Menteng

Link

 

Udah lamaaaa banget irma punya keinginan naik sepeda keliling Menteng nyusurin tempat-tempat yang diceritain oleh Green Map.  Ternyata Wahyudi juga pengen juga.  Dia sih kalau tentang jalan-jalan – dan foto-foto – hayuuu aja.

 

Jadi hari Minggu kemarin kita janjian ketemu di Taman Suropati jam 7 pagi.  Lagi melintas di jalan Teuku Cik Di Tiro irma merasa handphone irma bergetar tandakan ada sms masuk.  Dari Wahyudi.  ‘Udah di Taman Suropati,’ katanya.  Okeee … tunggu ya.  Bentar lagi irma sampai.  Waktu saat itu menunjukkan jam tujuh kurang sepuluh.

 

Berputar di patung kudanya Pangeran Diponegoro – kata Wahyudi abis lebih dominan profil kudanya daripada Pangeran Diponegoronya makanya dia bilang itu patung kudanya Om Dip – irma sampai di Taman Suropati.  Rame banget.  Mata irma menjelajahi seluruh penjuru taman.  Nah itu dia !  Wahyudi lagi duduk baca koran di kursi yang biasa dipakai ‘Taman Suropati Chamber’ berlatih.  Sepedanya parkir di sebelah.  Helm yang irma kasih malam sebelumnya tergantung di sadel.

 

Kring, kring, irma bunyikan bel saat berhenti tepat di sampingnya.  ‘Heeee … pas kan jam tujuh,’ irma nyengir.  ‘Mau jalan sekarang ?’ tanya Wahyudi.  Ntar deh, mau duduk dulu.  irma keluarkan botol minum.  Gluk gluk gluk, seger bener minum abis nyepedah gitu.  Lalu irma perhatikan suasana Taman Suropati pagi itu.  Rame bener.  Ada yang jogging.  Ada yang cuma jalan santai.  Banyak juga yang bawa keluarga.  Beberapa anak kecil asik kasih makan burung-burung Merpati.  Brrrrrrrrr …… suara kepak burung Merpati turun dari kandangnya.

 

Mau jalan ke mana ya ?  irma buka Peta Hijau Menteng.  Di situ ada gambar danau.  Ke sana yuk !  Tapi cari ATM Lippo dulu.  Mau bayar tagihan dan ambil uang.  Tapi di mana ya ATM nya ?  Setahu irma kantor punya rekening di Lippo Menteng.  Di manakah Lippo Menteng itu ??

 

Kata Wahyudi biasanya yang rame dan banyak perkantoran itu Menteng yang terusan dari Kuningan.  Lalu kita bersepeda ke sana.  Tapi salah jalan !  Harusnya dari Taman Suropati kita belok kanan, kita malah belok kiri !  Nyusurin Jl. Diponegoro lalu belok masuk Jl. Teuku Cik Di Tiro.  Waktu sampai di RSIA Bunda baru ngeh kalau itu jalan menuju ke Tugu Tani …

 

Eh tapi malah di jalan itu kita ketemu ATM Lippo.  Ada di satu bangunan sebelum rel kereta api.  Abis dari sana lalu kita berbelok kiri.  Nyusurin jalan sejajar rel kereta.  Keluar dari sana kita sampai di satu bangunan tua yang sepertinya sedang atau baru habis renovasi.  Bangunan apa itu ya ?  Melihat dari bentuknya irma jadi ingat Lawang Sewu di Semarang.

 

‘Pinjam kamera dong !’ Wahyudi gatel juga tangannya melihat bangunan cantik itu.  Huehehehehe ……… udah tau mau jalan-jalan keliling Menteng, bukannya bawa kamera !  Tapi irma juga lagi nggak pengen foto-foto kok.  Jadi kamera irma kasih ke Wahyudi.  Sementara Wahyudi foto-foto, irma menikmati suasana dan baca-baca Green Map.

 

Green Map bilang, bangunan di pojok Jl. Teuku Umar itu namanya Kunstring.  Pada tahun 1912 dirancang sebagai pusat kesenian.  Diresmikan tahun 1914, pernah memiliki restoran, ruang-ruang pertunjukan musik dan ceramah, perpustakaan buku-buku kesenian serta museum sejak 1936.  Pusat kesenian ?  Tapi kok di bagian atasnya bertuliskan, ‘IMMIGRASIE NST – DJAWA … N IMMIGRASI’  ??  Mungkin dulunya itu Kantor Imigrasi ya ??

 

Dari sana kita belok ke Jl. Sam Ratulangi.  Di halte sebelah Goethe Institute irma berhenti.  Di atas halte itu ada pohon Beringin.  Akar-akar gantungnya menjulur sampai ke atap halte.  Ini kali ya yang disebut ‘Special Tree’ dalam Peta Hijau Menteng ?  Kita berhenti sebentar di sana mengaguminya.  Ketara tuh pohon udah tuaaaaa banget. 

 

Trus kita jalan lagi.  ‘Eh, itu rumah bagus ya,’ Wahyudi berhenti di salah satu rumah warna coklat bergaya lama.  Mau foto ya ?  irma sarankan kalau mau foto dari jauh aja.  Misalnya dari pojok jalan situ.  Waktu di Semarang irma pernah dimarahin orang karena foto rumah dia.  Di Thailand juga gitu padahal irma fotonya di pinggir jalan.  Sejak itu irma selalu khawatir tiap kali ambil foto di area umum L

 

irma cari-cari info di Green Map.  Ternyata rumah di Jl. Sam Ratulangi 27 – di sebelah kantor Ikatan Dokter Indonesia – itu adalah rumah tinggal yang telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya sertifikat B.  Artinya rumah itu tidak boleh diubah bentuk dan modelnya.

 

irma parkir sepeda di halte dekat situ dan menunggu Wahyudi di sana.  Payah nih, sepeda irma nggak ada standarnya.  Jadi kalau parkir dia harus cari sandaran.  Manja bener ya.  Lagi duduk bengong gitu di seberang jalan melintas dua orang pengendara sepeda MTB.  Mengenakan jersey dan ada biketag B2W di sepedanya.  Mereka tersenyum dan melambaikan tangan kepada irma.  irma balas dadah-dadah.  Ingat cerita-cerita dengan Joe dan teman-teman kantornya waktu di toko sepeda Sabtu kemarin, sering banget kita ketemu pengendara sepeda di jalan yang nggak kita kenal.  Tapi mereka selalu menyapa.  Malah pernah Joe ngalamin ban sepedanya pecah padahal dia nggak bawa ban cadangan.  Lalu ada seorang biker lewat.  Dia kasih ban dalam cadangannya tanpa minta penggantian.  Baik banget ya.  Padahal Joe dan dia nggak saling kenal.  Makanya irma bilang dengan bersepeda itu irma jadi banyak teman J

 

Dari Jl. Sam Ratulangi kita cari danau yang dibilangin oleh Green Map itu.  Ketemu.  Rupanya danau itu Taman Situ Lembang.  Rame orang di sana.  Banyak anak-anak main.  Main ayunan, naikin patung-patung hewan.  Eh ada patung Dinosaurus !  Jadi ingat cerita Dino di majalah Bobo dulu …

 

Ngelilingin Taman Situ Lembang – wuih, air muncratnya tinggiiiiii sekali ! – kita kembali ke Taman Suropati buat nyari makan.  Sebenarnya Wahyudi pengen makan ketupat sayur.  Tapi dari tadi kita keliling-keliling nggak ketemu tukang jualannya.  ‘Tadi ada toko kue,’ Wahyudi mengingat-ingat.  Iya tadi kita lewat Dapur Coklat.  Pas kita lewat sana tokonya baru buka.  Penjaganya lagi menata kue-kue di rak kaca.  Mau sarapan di sana ?  Kalau irma sih, mau banget … J

 

Wahyudi lanjut foto-foto di Taman Suropati.  Dia masih penasaran pengen motret burung-burung Merpati itu saat berterbangan ke kandang.  Sementara itu irma baca koran sambil jaga sepeda. 

 

Nggak berapa lama para pemusik Taman Suropati Chamber berdatangan.  Kali ini kita nggak nonton mereka berlatih.  Pulang yuk.  Minggu depan kita ke sini lagi.  Tapi irma bikin rutenya dulu.  Biar nanti kita nggak bingung mau jalan ke mana kayak tadi. 

 

Bersepeda bareng nyusurin Jl. Diponegoro.  Kali ini irma pulang nggak lewat Kuningan.  Lagi males ngelewatin tanjakan.  Dari Kuningan ke Pejaten kan nanjak mulu.  Hari ini irma pengen santai.  Juga pengen cari rute lain.  Bosen juga lewat Kuningan mulu.  Tiap hari ke kantor juga kan lewat Kuningan-Mampang-Warung Buncit.

 

Jadi irma ngikutin Wahyudi lewatin Megaria, RSCM, Carolus.  irma kira Wahyudi akan belok ke Jl. Pramuka.  ‘Nggak, nanti aja belok setelah sekolah,’ katanya.  Jadi kita masih bareng, nyusurin Matraman.  Setelah Perguruan Marsudirini kita berpisah.  ‘Aku ke sini ya,’ Wahyudi membelokkan sepedanya.  irma ketawa melihat panah bertuliskan SMA 31 di mulut jalan itu.  Minggu lalu Wahyudi bilang kalau udah sampai area SMA 31 dia pasti nggak bakalan nyasar J

 

Sekarang irma bersepeda sendiri.  Lewat Stasiun Jatinegara, terminal Kampung Melayu, Jl. Dewi Sartika, belok ke Jl. Kalibata.  Srrrrrrrrr …… irma meluncur setelah melewati pertigaan Dewi Sartika – Kalibata.  Lewat jembatan mulai nanjak.  Sebelum Mal Kalibata irma belok kiri, masuk Rawajati.  Lewatin BAKIN, ketemu rel kereta api, sampai deh di Jl. Raya Pasar Minggu.  Lalu belok kanan ke Jl. Pejaten.  Ayo, tinggal tiga tanjakan lagi.  Satu di Pejaten, satu di Jati Padang Utara, satu depan Ketapang.  Abis gitu …… sampai deh di rumah.

 

Wuih, senangnya.  Minggu depan nyepedah lagi ya.  Wahyudi jangan lupa bawa kamera dong, biar nggak perlu ngembat kamera irma lagi …

 

 

 

 

4 comments: