Sunday, May 31, 2009

arisan

 

“Bu, tanggal 7 komplek kita mulai arisan.  Ikut ya ?”

 

 

Minggu lalu irma dan Wahyudi memindahkan perabot rumah yang besar-besar.  Dua rak buku, satu meja belajar, satu rak piring, satu meja komputer, satu lemari baju, satu tempat tidur kecil, dan kulkas.  Perabot itu dipakai Wahyudi sejak dia lajang.  Kan dia dari dulu menempati rumah, bukan ngekost seperti irma.

 

Karena Wahyudi turut bersama truk yang mengangkut perabotan jadi irma berangkat sendiri pakai angkot.  Dari pintu tol Bekasi Barat naik bis ke Kampung Rambutan.  Trus naik angkot 121 ke Cileungsi.  Dari depan Plaza Cibubur naik angkot 79 ke Leuwinanggung.  Turun depan komplek lalu jalan kaki sampai rumah.

 

Waktu irma sampai Wahyudi sedang duduk di tembok pendek pembatas halaman dengan tetangga, ngobrol dengan pasangan suami-istri rumah sebelah.  Ia memperkenalkan irma kepada mereka.

 

‘Oh ini istrinya.  Wah, masih muda sekali ya,’ demikian komentar sang istri.

 

Muda sekali ??  Memang saat itu irma mengenakan jeans, T-shirt, dan topi baseball.  Bersepatu sport dan nggemblok ransel, sekilas orang akan mengira irma anak kuliahan.  Wah, jangan-jangan ibu tetangga itu menyangka Wahyudi menikahi brondong, hahaha.

 

‘Oh ya Bu, saya mau ngajakin arisan komplek nih.  Tanggal 7 (Juni) mulainya.  Ikut ya ?’ ajaknya kemudian.

 

Whatttt ………. arisan ??  irma terbengong-bengong dapat ajakan itu.  Dooohh, irma paling malessss ikut arisan.  Cukup sekali aja, waktu sekolah.  Abis gitu irma kapok karena banyak peserta yang ngabur setelah menang kocokan.  Yang dapat untung cuma yang dapat pertama, yang terakhir-akhir dapatnya dikit banget karena banyak yang nggak bayar.  Rugi bandar.

 

Sebelum irma menjawab, kiranya Wahyudi yang duluan menjawab ajakan itu.  ‘Ngumpul-ngumpulnya sih bisa, tapi mungkin nggak ikut arisannya.  Istri saya ini sering tugas keluar.’

 

‘Oh, sering ya Bu tugas keluar kota.  Kalau keluar gitu nyampe berapa lama ?’ tanya istri tetangga.

‘Ya tergantung jadwalnya.  Nggak tentu.  Bisa sehari, dua hari.  Bisa seminggu,’ jawab irma.

‘Berarti Pak Wahyudi sering ditinggal-tinggal ya.  Tenang Bu , di sini aman-aman aja kok.’

 

emangnya apa yang bisa terjadi kalau irma tugas keluar sampai ia bilang begitu ?

 

‘Ibu sering tugas keluar ya,’ istri tetangga tersebut memiringkan kepalanya ke arah Wahyudi.  ‘Kalau begitu, …… gimana kalau Pak Wahyudi nya aja yang ikut arisan ??’

 

Huahahahahahahahaha ……. kebayang oleh kalian, Wahyudi di antara ibu-ibu itu ngocok arisan ??   Jeng, Jeng, …

 

 

 

10 comments:

  1. kalo aku ikut arisan sebulan sekali... tapi datengnya dua bulan sekali, karena sekali dateng bayar 2 hihihi

    ReplyDelete
  2. dyah, bayar arisan bulan ini sama yang bulan depan atau bulan kemarin ?

    ReplyDelete
  3. yg bulan ini dan bulan depan dooong

    ReplyDelete
  4. baguuuuuussss ... dyah nggak nyusahin bandar ;D

    ReplyDelete
  5. ikut-ikutan aja Ir, biar kenal tetangga. kalau males dateng, pas hari arisan keluar rumah aja dan pulang malem... tapi pagi-pagi kirim uang aja dulu, atau bayar 2x sebulan kayak temenmu itu ... hehehehe.... (membericontohsesuaipengalaman)

    ReplyDelete
  6. iya sih, kan emang kita harus bersosialisasi dan saling kenal :D

    ReplyDelete
  7. Hidup bermasyarakat itu harus, .. tapi kalo arisan ga terlalu suka.. apalagi uang.. masih banyak kegiatan lain kok yg lbh baik, olahraga, pengajian atau gerakan kebersihan misalnya.

    ReplyDelete
  8. Hidup bermasyarakat itu harus, .. tapi kalo arisan ga terlalu suka.. apalagi uang.. masih banyak kegiatan lain kok yg lbh baik, olahraga, pengajian atau gerakan kebersihan misalnya.

    ReplyDelete