Sunday, May 31, 2009

ultah Abang Kiddie

 

Hari Sabtu kemarin Abang Kiddie ulang tahun.  Waktu irma dan Wahyudi sampai di rumah Mama, dia belum pulang.  Nenek bilang dia ada janji sama teman-teman SD nya.  Mereka mau ngebanjur dia dalam rangka ulang tahun.  Irma heran, kok ya mau dia dibanjur.  Malah sengaja mendatangi.  Kalau irma sih, justru pergi menjauh.

 

Menjelang Ashar Abang Kiddie pulang.  Lho, kok kering ?  ‘Iya, teman-temanku nggak jadi datang.  Nggak tau kenapa.  Aku tungguin mereka nggak ada.  Jadi aku pulang aja,’ jawabnya.  Ouch, kasihan.  Tapi Abang Kiddie bilang tadi siang dia makan-makan dengan teman-teman dekatnya.  Pakai uang hadiah ulang tahun dari Nenek.

 

Abis Maghrib irma dan Wahyudi mengajak Abang Kiddie jalan-jalan.  ‘Mau ke mana sih ?’ tanyanya.  Mau beli kado.  Katanya Abang mau sepatu ?  ‘Aku udah punya kok,’ Abang Kiddie menunjuk sepatu yang dikenakannya, ‘dibeliin Ibu.  Kata Ibu ini hadiah ulang tahunku.’

 

Jadi Abang mau dikasih kado apa ?

 

‘Ke Gramedia aja,’ jawabnya.

 

Jadi kita ke Gramedia.  Abang Kiddie memilih serial komik ‘Death Note’.  Kalau lihat dari gambar sampulnya kayaknya itu cerita serem dan suram.  Tapi dia sukanya yang itu.  Ya udah, Wahyudi lalu membawa buku itu ke kasir dan membayar.

 

Dari Gramedia kita ke Pizza Hut di jalan Dago.  Karena jalan macet jadi irma ajak kedua cowok itu jalan kaki.  ‘Jauh nggak ?’ tanya Wahyudi.  ‘Nggak.  Jaraknya kira-kira seperti tadi siang kita jalan kaki,’ jawab irma.  Gara-gara ITB ngadain ujian saringan masuk, tadi siang jalan di seputar ITB macet abizzzzz.  Irma dan Wahyudi sampai harus jalan kaki dari Lebak Siliwangi sampai Simpang Dago karena angkot yang kita naiki nggak beranjak.

 

Jadi kita jalan kaki.  Karena jalan kaki itu irma bisa lihat jelas anak-anak yang nongkrong di tepi jalan Dago.  Bergidik irma lihat mereka duduk-duduk ngeleseh sambil merokok.  Nggak cowok, nggak cewek, semua pada menghembuskan asap dari mulutnya.  Ih serem, masih muda begitu udah meracuni tubuh.  Dalam hati irma berdoa mudah-mudahan keponakan-keponakan irma nggak ada yang suka nongkrong-nongkrong nggak jelas gitu, apalagi sampai ngerokok dan pakai narkoba. 

 

Irma juga lihat gerombolan pengamen maksa di seberang Gelael (meski sekarang jadi Super Indo, tetap aja orang-orang Bandung lama seperti irma menyebutnya Gelael).  Mereka beramai-ramai berdiri memblokir jalan, menghalangi mobil yang akan lewat.  Mereka berjoget, bertepuk-tepuk tangan, entah menyanyikan lagu apa.  Kadang juga disertai bencong yang berlenggak-lenggok di depan mobil.  Mereka tidak akan memberi jalan sampai diberi uang.  Makanya irma bilang itu gerombolan pengamen maksa.  Ih, benar-benar nggak nyaman.  Setahu irma, bukan suasana Dago seperti itu yang menjadi ilham lagu ‘JJS’, satu lagu yang ngetop waktu irma SMP. 

 

Lega sekali rasanya waktu memasuki pelataran Pizza Hut.  Dan ternyata di dalam tidak terlalu rame.  Jadi kita nggak perlu mengantri menunggu dapat tempat duduk.  Bergantian irma, Wahyudi, dan Abang Kiddie mencuci tangan.  Abis itu kita memesan makanan.  Kita pesan sup & salad, pizza tuna melt cheesy bites, pizza beetato pepperoni medium, double sundae, dilmah tea, honey lime tea, dan coca cola.

 

Irma menyantap sup cream mushroom panas sementara Wahyudi dan Abang Kiddie menikmati salad.  Kemudian datang pizza tuna melt cheesy bites.  Sebenarnya itu pesanan irma.  Tapi rupanya Abang Kiddie suka pinggiran rotinya yang dinikmati dengan mayonaise.  Jadi pizza itu kita makan berdua. 

 

Berikutnya datang pizza beetato pepperoni.  Itu pesanannya Abang Kiddie dan Wahyudi.  ‘Bang, masih sanggup nggak ?’ tanya Wahyudi, abisnya tadi dia udah menyantap tiga potong pizza tuna melt.  Dengan mulut penuh Abang Kiddie mengangguk.  ‘Tanggung jawab ya, harus dihabiskan,’ kata Wahyudi.  Emang tadi yang pesan pizza itu adalah Abang Kiddie.  Wahyudi cuma nebeng.  Sebenarnya tadi Wahyudi mau pesan lasagna.  Tapi nggak jadi.

 

Habis sudah semua pizzanya.  Wahyudi meminta bill kepada pelayan.  Hei, kan masih ada double sundae.  Tadi kita bilang eskrim itu dikeluarinnya setelah makan.  ‘Wah, aku malah lupa,’ kata Abang Kiddie.  He eh, padahal yang pesan double sundae itu kan, dia.

 

Double sundae datang.  Wahyudi bertanya lagi, ‘Masih muat perutnya ?’  Abang Kiddie mengangguk.  Irma bernyanyi satu iklan mobil, ‘Hei, masih muat !’  Ketawa nyengir, Abang Kiddie mulai menyantap eskrimnya.

 

Menjelang jam setengah sebelas malam kita pulang.  Di angkot Wahyudi ketawa-ketawa menunjuk Abang Kiddie yang duduk melorot di pojok kiri.  ‘Lihat, ada yang kekenyangan !’  Diledekin gitu Abang Kiddie nggak bisa bilang apa-apa.  Tapi keningnya berkerut-kerut seolah sedang berpikir keras.

 

Sampai di rumah.  Abang Kiddie langsung jatuh terduduk di kursi depan pintu.  Kenapa Bang ?  ‘Nggg … aku nggak bisa membungkuk, jadi susah ngelepas sepatu.’  Hahahaha, beneran dia kekenyangan banget.  Trus gimana dong, masa’ sepatunya mau dipake tidur ??  Deeeuu … mentang-mentang sepatu baru !

 

Met ulang tahun Abang Kiddie, sekarang kamu dah 13 tahun.  ‘Umur yang menyeramkan,’ begitu kamu bilang.  Emangnya karena angka 13 jadi umurmu sekarang syerem ???  Kalau Tante bilang sih, lebih serem band kesukaanmu itu, yang dilipat tujuh.

 

note :  photo diembat dari blognya Abang Kiddie, http://asbirdsflying.multiply.com

 

 

 

 

3 comments:

  1. Met ultah yaa abang kiddie :)
    semoga selalu jadi anak, cucu, abang dan ponakan yg tidak menyusahkan keluarga . Jangan sampe seperti yg dilihat tante Irma di dago itu :)

    *pengen liat MPnya abang kiddie lagi aaah

    ReplyDelete
  2. dah lama ngak dengar kata diembat :)

    ReplyDelete