Sunday, May 3, 2009

mendirikan tenda

‘Ini tendanya ?  Ih, kok jelek kali !’

 

Pertengahan bulan Mei ini rencananya irma dan Wahyudi mo ikutan camping ke Ranca Upas.  Pengalaman waktu Susur Pantai Garut  tahun kemarin kita masing-masing dapat tenda bocor.  Masih bagus irma cuma setenda berdua dengan Aci.  Dan bocornya pun di pinggiran aja.  Jadi kita berdua tidur dempet-dempetan di tengah tenda yang masih kering.  Sedangkan Wahyudi hampir sepanjang malam menghabiskan waktu dengan mengepel lantai tenda.  Bergantian dengan kedua teman setendanya.  Yang satu orang menghilang nggak tau ke mana-mana.  Tau-tau datang menjelang Subuh saat hujan sudah berhenti sama sekali dan bilang, ‘Asiiiiikkkkk …… udah kering kan !’  Enak bener dia.  Nggak tau apa tenda kering itu hasil jerih payah semalaman yang tiga orang.

 

Berdasarkan pengalaman itu jadi irma pikir mendingan bawa tenda sendiri deh.  Dan berpikir kayaknya mendingan beli aja biar bisa dipake kalau mau camping lagi (hihihihiii …… sok banget seolah si irma emang suka berpetualang !).  Jadi irma tanya-tanya ke Bu Isna kali-kali aja dia tau tenda yang direkomendasikan.  Kakak irma yang satu itu udah biasa naik turun gunung sejak SMA.

 

Ada nih temanku yang jualan tenda, sleeping bag.  Kalau beli banyak bisa dapat diskon lagi,’ katanya waktu irma menelponnya.  Yah nggak banyak kok.  Cuma beli satu.  Tapi syukurlah karena hubungan pertemanan jadi meski cuma beli satu Bu Isna tetap dapat diskon.  Giliran Bu Isna nagih duitnya irma pun bilang, ‘Buuuuu …… potong dari kreditan kamera aja ya ??!’  Bu Isna emang lagi nyicil kamera sama irma.  Kamera irma yang lama dia beli.  Hihihihi, sodara sih sodara tapi bisnis tetaplah bisnis. 

 

Hari Minggu kemarin irma dan Wahyudi ke rumah Mama di Bandung untuk mengambil photo-photo dan video pernikahan dari wedding organizer.  Sekalian ngambil tenda pesanan.  irma semangat sekali saat melihat tenda tersebut.  Warna merah !  Ya nggak merah banget sih.  Merah agak kecoklatan.  Juga cream.  Warnanya lebih kalem daripada tenda merah – hijau yang irma lihat di Ace Hardware.  Tenda merah – hijau ini baru irma lihat setelah irma memesan tenda ke Ibu Isna.

 

Langsung irma buka kotak pembungkus tenda tersebut.  Buka lagi kantongnya.  Trus buka gulungannya.  Di hadapan irma pun terbentang tenda doom yang belum dirakit.  Petunjuk perakitannya menempel pada bagian dalam kantong.

 

Lagi irma membaca petunjuk perakitan, datang Mama ke ruang depan tempat irma merakit tenda.  ‘Ini tendanya ?  Ih, kok jelek kali !’ komentarnya.  Dooohhh …… komentar yang bikin patah hati.  Hiks, hiks.  Belum juga hilang patah hatinya eeeehhh …… Adik Diella turut komentar, ‘Iya.  Jelek banget.  Bagusan tendanya Adik Aziya !’  Whoaaaaaa …………… rasanya pengen marah !

 

Mengabaikan komentar-komentar negatif tersebut, irma lanjut merakit tenda.  Pertama, sambung-sambung dulu rangka pembentuk kubahnya.  Terus masukkan ke dalam slotnya.  Agar kubah itu berdiri maka keempat ujung rangka dikaitkan pada hook di tepi lantai tenda.

 

Ternyata mengaitkan rangka pada hook tidak mudah.  Satu telah terpasang, saat pasangannya akan dikaitkan, eh yang sudah terpasang copot lagi !  Bolak-balik irma ke keempat penjuru tepi lantai tenda untuk mengaitkan hook tapi tetap aja lepas-lepas mulu.  ‘Duh, kayaknya emang harus dikerjaain berdua nih,’ irma bilang.  Mama pun berkata, ‘Ya kerjakanlah.  Panggil suamimu.  Mana si Sutan ?’

 

Weeeehhhh …… yang namanya Sutan Sati alias Wahyudi a.k.a suaminya irma ternyata lagi asik ngerapiin aneka tanaman kembang peninggalan anak kost di teras depan.  Bahkan saat irma panggil-panggil minta bantuannya ia bergeming.  Arrrgghhhh …… susah deh kalau dia lagi khusu’ gitu !  Jadi irma minta bantuan Mama untuk memegangi puncak rangka kubah sementara irma mengaitkan keempat ujung rangkanya pada hook.

 

Voila !  Akhirnya tegak juga itu tenda.  Dengan rasa senang irma memasang penutup bagian atasnya.  Eh masih ada satu rusuk lagi yang tertinggal.  Oh rupanya itu untuk membentuk canopy di kedua jendela tenda.  Penuh rasa puas irma memandangi tenda tersebut.  Cihuy, irma bisa mendirikan tenda !

 

Setelah membuka resleting pintu tenda irma lalu merangkak masuk ke dalamnya.  Lumayan legalah buat berdua.  Masih ada tempat untuk meletakkan tas atau ransel.  irma membuka penutup jendelanya, melambaikan tangan kepada Mama yang duduk memperhatikan dan bilang, ‘Dah, Nenek.  Daaaahhh ……’  Mama balas dadah-dadah.

 

Lalu irma berbaring di dalam tenda.  Mengingat-ingat tenda yang dipakai waktu Susur Pantai Garut itu.  Berbeda dengan tenda irma ini, tenda sewaan itu ada teras beserta canopynya.  Jadi kita bisa meletakkan barang-barang di luar.  Selain itu pembungkusnya pun berupa tas dengan resleting samping jadi mudah memasukkan tenda ke dalamnya.  Juga ada pegangannya jadi mudah dijinjing.  Sedangkan tenda ini pembungkusnya seperti sarung guling dengan tali serut di ujungnya.  Tadi irma membawanya dengan cara dipeluk.

 

Lagi irma berbaring di dalam menikmati tenda tersebut, terdengar Adik Diella berseru, ‘Tanteeeee …… pengen nyobain tendanya doooonggg !’  Weeeeeeeeeeeeee ………… tadi ngejek sekarang mo’ nyobain !  Terang aja irma pun menjawab, ‘Enak aja.  Nggak bolehhh !!!!!!!!!’

 

dih, irma pelit ya.

 

 

(sorry, nggak ada photo abisnya nggak bawa kamera.  sebenarnya Wahyudi bawa kamera tapi seperti diceritain di atas waktu itu dia lagi asik ngerapiin tanaman jadi nggak bisa minta tolong photoin.  huh, ternyata dia lebih suka ngurusin kembang daripada bantuin istrinya ndiriin tenda.  arrrgghhhhh ............)

 

 

 

 

 

 

5 comments:

  1. kembang2 itu menawan hati si Sutan, Ir :D

    ReplyDelete
  2. ah iya dia emang penggemar kembang. kembang sepatu, kembang desa ...

    ReplyDelete
  3. Se.. se... aja kaya kue.. kalo berkeluarga harus bisa saling menjaga kekurangan...

    ReplyDelete
  4. selamat ber honeymoon dalam tenda ... asyiiiiikkkkk

    ReplyDelete
  5. ha ha ha.... jadi dah pinter pasang tenda nih. Sok atuh mulai sekarang berkemping-kemping ria. Kemping beduaan ma Sutan itu boleh juga kok.., jadi kalo ke bandung langsung aja ke rancaupas, kawah putih, jatinangor masih banyak tempat lain kok, jangan di halaman belakang rumah ya!

    ReplyDelete