Tuesday, May 12, 2009

the first birthday I had as a wife

 

‘… duh, kasihan ya kamu.  Ulang tahun nggak dapat kado apa-apa dari suami …’

 

 

Kemarin irma ulang tahun.  Yang ke 36.  Nggak ada yang istimewa kecuali ini pertama kalinya irma berulang tahun setelah menyandang status sebagai seorang istri.  Tapi buat Wahyudi yang namanya hari ulang tahun nggak ada bedanya dengan hari-hari lain.  Dia nggak pernah merayakan hari kelahiran.  Jadi irma juga nggak berharap bakalan dapat perlakuan istimewa darinya di hari itu.  Emang dia tipikal orangnya begitu.

 

Seperti biasa kalau ultah jatuh di hari kerja irma selalu mengambil cuti.  Kecuali kalau ada jadwal audit.  Selain menghindari todongan orang-orang kantor yang kadang kala nggak tau malu (sering malah !), irma selalu ingin di hari itu irma santai melakukan hal yang irma suka.  Seperti dua tahun yang lalu momotoran sama Bu Isna ke Garut untuk melihat Candi Cangkuang.

 

Tapi ulang tahun kali ini nggak ada acara khusus yang irma rencanakan.  Jadi abis mengantar Wahyudi sampai depan pintu pagar, melihat dia naik becak dan dadah-dadah, irma balik lagi ke kamar.  Ngapain ya ?  Oh iya, irma kan mau ngedit photo-photo PTD Bengkulu – Pagar Alam – Palembang kemarin.

 

Nah, saat ngedit inilah ketahuan kalau laptop irma sakit.  Awalnya dia tiba-tiba ngehang nggak mau ngapa-ngapain.  Ditekan Ctrl-Alt-Del, jawabnya ”Task Manager is disabled by your Administrator”.  Your Administrator ?  Halllooooo … itu laptop cuma dipake oleh irma dan Wahyudi.  Sapa juga administrator yang iseng ngutak-ngutikin dia ??  irma mulai curiga jangan-jangan korban virus.  Abisnya hari Sabtu kemarin setelah dicolokin flash disc bapaknya Rizqi itu laptop sering aneh kelakuannya.  Lalu irma pun melakukan scanning.

 

Waks, 425 file terinfeksi !  Emang sih berhasil disembuhkan atau virusnya dikarantina.  Tapi abis gitu laptop tersebut jadi nggak bisa mendeteksi card reader.  Padahal ada photo Eeyore yang mau irma pindahin dari kamera.  Hiks, hik, sedih.  irma lalu sms Wahyudi, kasih tau kelakuan laptop yang aneh itu.  Nggak berapa lama Wahyudi nelpon, ’Flash disc, card reader, atau apapun yang udah diconnect ke laptop itu jangan dimasukin ke laptop yang Lenovo ya.  Biar virusnya nggak masuk ke sana juga.’ 

 

Yaaaahhh ... sedih deh.  Selama 2 tahun laptop itu dijaga bener-bener jangan sampai kemasukan virus, ealah gara-gara ngopi photo-photo pernikahan ke flash disc nya Bapaknya Rizqi, langsung collaps gitu !  Hhhh tau gitu kemarin mending irma bawa album photonya aja.  Maksud hati laptopnya yang dibawa biar simple bisa lihat semua photo secara slide show, ternyata malah laptopnya jadi korban.  Heran deh.  Bapaknya Rizqi itu kan kerja di perusahaan IT, tapi kok malah piranti komputernya nggak berproteksi.  Atau justru perusahaan IT itu malah kerjaannya emang bikin virus ??  Hueheheheheheeee ... su’udzhon tuh !

 

Ya udah.  Nggak jadi ngedit-ngedit photonya.  File photonya sih ada juga di Lenovo, tapi dia nggak punya program untuk ngedit photo.  Jadi irma memutuskan untuk ke rumah Teteh aja.  Ada Mama di sana.  Abis di rumah juga nggak ngapa-ngapain.  Selain nyuci dan nonton tivi.

 

Jam dua siang irma berangkat dari rumah.  Mampir dulu ke MetMall buat beli pizza.  Lalu nyeberang.  Nunggu bis ke Kampung Rambutan di halte seberang Giant.  Naik bis.  Duduk dalam bis setengah jam.  Turun di Pasar Rebo.  Naik angkot 37 ke Simpangan Depok.  Duduk dalam angkot sampai ketiduran.  Ternyata lebih cepat waktu tempuh dari pintu tol Bekasi Barat ke Pasar Rebo daripada dari Pasar Rebo ke Simpangan Depok.  Padahal jaraknya kan lebih jauh. 

 

Turun di depan gerbang Jatijajar.  Beberapa tukang ojek menawarkan jasa.  Nggaaaaakkkk ... irma lebih suka jalan kaki daripada naik ojek.  Syerem.  Pernah hampir jatuh gara-gara tukang ojek bawa motornya ugal-ugalan.  Lagipula rumah Teteh nggak terlalu jauh.  Tinggal nurunin tanjakan aja.

 

’Horeeeeeee ...... Tante irma bawa pizza !  Kebetulan aku belum makan !’ seru Mas Rizqi melihat irma nenteng kotak pizza.  Dia sedang belajar IPA buat UAN besok.  Jadi belajarnya dibreak dulu buat rame-rame kita menikmati pizza.  Cuma sebentar satu pizza itu udah habis.  Tapi masih ada satu lagi plus chicken wing buat Adek Aziya.  Eeehh ... ternyata Adek nggak suka pizza maupun chicken wing.  Dia sukanya HokBen.

 

Pelajaran lanjut lagi setelah Maghrib.  Berhubung Adek Diella selama siang tadi jawab soal latihannya salah-salah, jadi Teteh menyuruh ia mengulang lagi pekerjaannya, ’Ayo Diella, soalnya yang salah dikerjain lagi.’  irma nyeletuk, ’Soalnya salah ?  Nggak salah tuh.  Bukan soalnya yang salah.  Tapi jawabannya yang nggak bener.’  Dengan wajah tersiksa Adek Diella mengerjakan lagi soal-soal yang diberikan Teteh.  Lebih tersiksa lagi dia waktu irma bilang, ’Selama belum bisa menjawab dengan benar, kamu nggak boleh baca buku cerita !’

 

Jam delapan malam Wahyudi sampai di rumah Teteh.  Dia ikutan nimbrung melatih Diella.  Kalau tadi Teteh melatih ia matematika, sekarang Wahyudi melatih ia IPS.  Ternyata Diella payah sekali pengetahuan sosialnya.  Masa’ ibukota Riau dia bilang Maluku ?  Dan waktu disuruh menyebutkan tiga ibukota propinsi di daerah Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), jawabnya, ’Kalimantan.  Kalimantan.  Kalimantan.’  Gimana Teteh nggak frustrasi mengajarnya.  Susahnya lagi Diella nggak fokus dalam belajar.  Saat diterangkan atau disuruh mengerjakan soal, dia malah menggambar.  Dooooohhhhh ......

 

Pelajaran terpaksa dihentikan bukan karena Diella sudah paham.  Tapi karena irma dan Wahyudi harus pulang.  irma berpamitan sama Mama, ’Makasih ya Ma.  Maaf kalau irma ada salah.  Selamat ulang tahun.’  Mama tertawa.  ’Kalau anak Mama ulang tahun, Mama ikut ulang tahun juga ya,’ kata beliau.  Iya.  Kalau menurut irma, saat irma ulang tahun justru yang harus diberi ucapan selamat adalah Mama.  Nggak ada Mama, nggak bakalan ada irma.  Mama yang melahirkan dan membesarkan irma hingga jadi seperti sekarang ini.

 

Di taksi dalam perjalanan pulang irma menunjukkan botol minum yang tadi irma beli di MetMall sebagai kado bagi diri sendiri.  Satu lagi nih kebiasaan irma, irma selalu memberi hadiah pada diri sendiri saat ulang tahun atau saat irma merasa sukses menyelesaikan suatu pekerjaan.  Wahyudi pun berkomentar, ’Duh, kasihan ya kamu.  Ulang tahun nggak dapat kado apa-apa dari suami.  Suaminya lagi bangkrut !’

 

Hahahahaha, Yudi selama ini dah banyak kasih irma macam-macam.  Nggak harus nunggu ulang tahun atau special moment, kalau emang mau kasih sesuatu Yudi selalu kasih irma kapan aja Yudi mau.  Seperti waktu Yudi beliin irma laptop .  Kalau Yudi mau kasih irma kado ulang tahun, tolong betulin aja laptop irma yang lagi sakit itu.  Biar irma bisa ngedit photo lagi J

 

 

aku mau mendampingi dirimu

aku mau cintai kekuranganmu

s'lalu bersedia bahagiakanmu, apapun terjadi

kujanjikan aku ada

(lagu yang dipopulerkan Ontje tapi tadi malam Yudi yang nyanyikan ini untuk irma)

 

 

 

 

 

 

13 comments:

  1. :) irma ga sendirian ko, beberapakali ultah saya juga ga dapet hadiah ultah dari suami. hihihi. baru kmaren minta dikasih kado, itu pun bikin dia bingung setengah mati.biarin ah, kan biar mesra ngalahin yang pacaran.. :P

    eh selamat ulang taun ya, semoga selalu bahagia dan membahagiakan.

    ReplyDelete
  2. makasih ambu, atas doa dan ucapan selamatnya. nuhun pisan :D

    ReplyDelete
  3. selamat ulang tahun ir, wish u all the best! telat banget ya? hehehe

    ReplyDelete
  4. met ultah!
    leptopnya taruh tempat gue aja :P

    ReplyDelete
  5. ah, beneran nih ??? bisa dhani betulin ???

    ReplyDelete
  6. tante maaf kalo telat (banget) yaa...

    happy birthday! :)

    ReplyDelete
  7. hehehehe.... permintaan kadonya mudah ....

    ReplyDelete
  8. Happy belated birthday yah, smoga seneng terus...
    kado tahun depan apa yah? hehehhe...

    ReplyDelete
  9. tante,lain kali,kalau mau dapat kado ultah,minta ke aq sadjha! n'tar 'tak kasih kue tar 2 tingkat! beneran,tapi,dalam bentuk gambar! khe khe khe! oh,iya,tante,buka blog-ku,donks! keranjangbuku,namanya! kalau orang lain diary,kalau aku isinya cerita karangan aku soen-doe-roe!(bisa bacanya nggak?)

    ReplyDelete
  10. nggak. ngomong bahasa Indonesia aja kenapa sihh ??

    ReplyDelete