Wednesday, April 21, 2010

Mel mengantar irma pergi arisan keluarga Sulun

 

Waktu Kak Anggi sms kasih tau arisan keluarga Sulun akan diadain di rumah Kak Yuvie di Depok, irma berencana pergi ke sana dengan bersepeda.  Nggak terlalu jauh kok, paling 15km-an.  Lagian kan udah biasa nyepedah ke rumah Teteh.  Dari Jatijajar ke Griya Depok kan nggak jauh.

 

Katanya sih arisan mulai jam 11 tapi jam segitu irma dan Wahyudi baru berangkat dari rumah.  Nyusurin jalan Leuwinanggung, masuk Kebayunan, lalu nyusurin Pekapuran, trus berbelok di jalan Karya ABRI.  Waks, matahari lagi nggak bersahabat.  Terik banget.  Belum juga setengah perjalanan bekal minum udah habis.

 

Walhasil sampai Jatijajar kita ngos-ngosan banget.  Mana tanjakan menuju rumah Teteh susah banget dilewatinnya (buat irma).  Curam, sempit, dan panjang.  Udah gitu kiri kanannya ada empang tempat orang mancing.  Kalau sampai kecebur ke sana kan malu-maluin banget bakalan jadi tontonan para pemancing.

 

Rehat sebentar di sebelah Bakso Idola, tukang bakso langganan Teteh yang baksonya enaaaaaaakkkk bangettt.  Pengen sih ngebakso dulu tapi masih harus nggowes lagi.  Nggak enak nggowes kalau perut lagi kepenuhan.  Makan bakso Idola mana cukup cuma satu porsi, huehehehehehe.

 

Lanjut gowes lagi setelah napas nggak terlalu ngos-ngosan dan lidah terjulur (dih, emang doggie ??).  Lagi susah-susahnya nglewatin Simpangan Depok yang padat angkot biru terdengar orang teriak, ”IR !  IRMA !”

 

Oh ternyata Teteh.  Teriak dari dalam mobilnya sambil tetap nyetir.  Bawaan premannya masih nggak hilang juga meski udah ibu-ibu.

 

Irma melambaikan tangan.  ”Terus aja !” seru irma.  Di kursi belakang Teteh terlihat Mama juga melambaikan tangan.  Di belakangnya lagi Mas Rizqi memperhatikan kami dengan tampang kepengen ikutan nggowes (tapi mana dikasih sama bapaknya ??)

 

Nggowes sepanjang Tole Iskandar.  Jalannya naik turun naik turun.  Tapi berhubung udah istirahat ditambah wajah mupeng Mas Rizqi tadi irma jadi makin semangat.  Nggak berasa capek lagi.  Setengah jam kemudian kami sampai di rumah Kak Yuvie.  Sempat kelewat belokannya untungnya Mas Rizqi sama Adek Aziya nungguin di belokan yang sebenarnya.  Petugas keamanan tersenyum bukakan pintu portal untuk kami.

 

Ternyata di rumahnya Kak Yuvie baru ada Bu Lik Amin beserta anak dan cucu-cucunya.  Wah, ada keluarganya Bang Resdi !  Oh rupanya karena hari Selasa nanti di Bali lagi pada Nyepi jadi mereka pada berlibur ke sini. 

 

Enaknya nyepedah, jadi ada alasan buat irma nggak harus pake baju rapi.  Hahaha.  Duduk irma leyeh-leyeh di teras depan menyantap duku Palembang.  Manissss sekali.  Kayaknya lebih dari setengah tampah isi duku habis irma santap sendirian.  irma emang jurig duku.  Juga rambutan.

 

Setelah badan nggak keringetan lagi irma numpang mandi dan ganti baju.  Abis gitu gantian Wahyudi yang mandi.  Sodara-sodara mulai pada berdatangan.  Semua pada tercengang tau irma dan Wahyudi datang pake sepeda.  ”Kalian bike to work ?” tanya Minto.  He eh, dulu bike to work.  Setelah pindah ke Cibubur nggak sanggup lagi.  Dalam hati irma kagum sama Minto, udah oma-oma gitu tapi tau juga yang namanya bike to work.  Tapi Minto emang pemerhati dan aktifis lingkungan.  Waktu GreenFest kemarin kami juga ketemu beliau di sana.  Minto mengacungkan jempol saat lihat kami nenteng-nenteng alat pembuat lubang biopori dan composter.

 

Kalau ngumpul di rumah Kak Yuvie pastinya ada acara nyanyi-nyanyi.  Secara Kak Yuvie sekeluarga pada suka nyanyi dan musik.  Mereka malah punya studio dan perlengkapan musik cukup lengkap.  Seperti biasa lagu wajib Bang Rinza mainkan pakai organ.  Rame-rame kami pun bernyanyi.

 

Minangkabau, tanah nan den cinto

Pusako Bundo nan dahulunyo

Rumah gadang nan sambilan ruang

Rangkiang balirik di pekarangannyo

Bilo den kana, hati den taibo yo taibo

Tabayang bayang di ruang mato

 

Gitu deh, kalau yang merasa orang Padang lagi pada ngumpul.  Biarpun nggak ngerti nyanyinya pun nyanyi lagu bahasa Minang.

 

Abis yang tua-tua nyanyi berikutnya giliran generasi mudanya unjuk kebolehan.  Kali ini anak-anaknya Bang Resdi yang mengiringi.  Ihsan main gitar, Iwan nggebuk drum, Iman ngebetot bass (eh baru nyadar formasi mereka persis sama anak-anaknya Maia-Ahmad Dhani di Lucky Laki ya ?).  Lagunya ?  Tuhan kirimkanlah aku, kekasih yang baik hatiiiiii ... yang mencintaaai aaaakkkuuuu apa aaaaadanyaaaaaa

 

Setelah arisannya dikocok, makanan pada habis dan dibungkus-bungkusin, mulailah berpamitan.  Irma dan Wahyudi pulang menjelang Ashar saat matahari mulai teduh.  Teteh sekeluarga dah pulang duluan karena tadi Mama pusing dan kecapean.  Kalau di suasana rame begini Mama memang mudah letih.

 

Gowes pulang tanpa ngganti kostum.  Hihihi baru kali ini irma nggowes pake batik.  Pantesan sepanjang Tole Iskandar irma banyak dilihatin orang.  Aneh aja ngkali ya pake MTB tapi pake batik, bukan jersey.

 

Sampai Jatijajar, makan bakso Idola yuuuuukkkkk .... isi ’bensin’ dulu sebelum lanjut gowes ke Cibubur.

 

 

2 comments: