Monday, December 4, 2006

Pemancing air

Ada ritual yang sekarang harus irma jalani tiap kali abis mandi.  Mancing air.  Awalnya karena kesal air di tempat kost mati mulu.  Justru di saat kita lagi butuh air.  Eh tapi kapan sih kita nggak butuh air ??  Kayaknya itu kebutuhan selama 24 jam penuh deh.


 


‘Air mati Ir, udah seharian ini.  Nggak ada air sama sekali.  Buat cuci tangan aje kagak ade,’ keluh ibu penjaga kost waktu irma pulang jalan-jalan Minggu malam kemarin.  Whatt ???  Mati lagi ??  Ih padahal tadi waktu di jalan udah ngebayangin segernya mandi begitu sampe rumah.


 


Grrrrr …. geram irma sms ibu (pemilik rumah) kost.  ‘Bu, saya baru pulang.  Air bener-bener mati.  Sama sekali nggak ada yang keluar dari tanah.  Gimana nih Bu ?’  Sebenarnya masalah sulit air ini udah lama banget.  Sejak bulan puasa kemarin.  Dulu kita kira karena kemarau panjang jadi sumber air kering.  Tapi setelah masuk bulan November dan banyak turun hujan, seharusnya ini nggak jadi masalah lagi.  Apalagi pernah dicek sama tukang air langganan ibu kost, air banyak kok di bawah sana.  Tapi kok nggak bisa naik ya ?


 


Kalau gitu masalahnya di pompa.  Tu pompa udah berapa kali diutak-atik.  Terakhir bearingnya diganti karena berisik banget.  Bayangin, dari jarak 50 meter aja udah kedengaran bunyi grung grung nya !  Makanya gimana irma nggak budeg akhir-akhir ini, kamar irma tuh pas banget di sebelah pompa.


 


Tapi ternyata air tetap nggak mau naik.  Kalau irma pikir sih, pompanya yang harus diganti.  Kayaknya dia udah nggak sanggup ngisep lagi.  Ingat pelajaran mekanika fluida waktu kuliah dulu, untuk memindahkan air dari rendah ke tinggi diperlukan head yang tinggi.  Beda dengan pompa untuk mengalirkan air di daerah yang kebanjiran.  Kalau itu nggak perlu head tinggi, tapi debit air yang besar.  Ketinggian head berbanding lurus dengan power atau daya pompa.  Istilahnya berapa PK gitu.  Atau kalau di pelajaran Fisika dibilangnya berapa daya kuda.  Tapi jangan bayangkan kudanya beneran yang mompa air.  Nanti halaman kost depan penuh dengan kuda.  Idiiiihh … emang irma kost di kandang kuda ??  Hiieeeeeeeee …..


 


‘Ir, mau coba mancing nggak ?’ tanya ibu penjaga kost, ‘Kali aja air keluar.’  Ayo kita coba aja.  Ibu tadi ambil kunci inggris.  Lalu bareng-bareng kita usaha mancing.  Irma bagian yang mati-nyalain mesin, ibu yang masukin air ke pompa dan nungguin sampai air keluar belebek-belebek dari atas pompa.  Begitu air mancur, currr !!!  kuenceng banget sampe kita berdua basah kuyup, berarti air berhasil naik ke permukaan tanah.  Buka keran, lalu mulai nampung deh.  Air bisa naik ke permukaan tapi nggak bisa naik ke tangki penampungan di atas.  Jadi seember-seember kita angkut ke dalam rumah.  Lumayan deh, yang penting bisa mandi, wudhu, nyuci, dan kebutuhan air lainnya.  Airnya bersih kok.  Bening lagi.


 


Tadi malam pulang kerja mancing lagi.  Karena irma cuma punya 3 ember, jadi irma cuma bisa nampung kalau ketiga-tiganya udah kosong.  Kosongnya kan abis mandi.  Abisnya kalau mandi irma seneng banget cibang-cibung sampai nggak kerasa air di ember habis.  Jadi abis mandi, mancing air.  Kesiram-siram air, anggap aja mandi lagi.  Trus nampung air.  Air udah penuh, pompa matiin.  Nanti kalau abis mandi lagi, mancing lagi, nampung lagi.  Gitu terus makanya irma bilang itu ritual rutin setelah mandi.  Irma sampai beli kunci inggris biar bisa mancing air tanpa harus ganggu ibu penjaga kost.


 


Kata ibu penjaga kost, dari enam orang anak kost cuma irma yang mau mancing air (sendiri).  Yang lain ngandalin si ibu.  Jadi kalau mereka udah kehabisan air, pada teriak-teriak deh, ‘Bu !  Air Bu !  Air !’  Kalau ibu nggak ada, mereka pergi numpang mandi di tempat lain.  Ada yang ngungsi ke rumah kakaknya di Fatmawati.  Atau nelpon ibu kost minta dikirim air dari rumahnya ibu kost.  Satu anak kost malah ada yang pindah karena saking kesalnya dengan masalah air ini.


 


Keseringan mancing, lama-lama irma jadi tau karakter si pompa.  Oh kalau suaranya bergemuruh gini berarti airnya banyak nih.  Oh kalau suara pompanya alus gini nggak ada air, dia cuma ngisep angin doang.  Matiin dulu.  Nyalain lagi.  Masukin air pancingannya.   Nah tuh kan mulai belebek-belebek.  Yak, tutup pipanya.  Yah, muncrat deh !  Basah kuyup.  Nggak pa-pa, yang penting dapat air.  Nah tuh kan airnya yang keluar banyak.  Ayo tampung, tampung.  Horeeeee … J


 


lama-lama gw jadi tukang air beneran deh …


 

10 comments:

  1. weleh..
    jd bener yg dibahas di dufan kmrn soal mancing air..
    yah, drpd jd pemancing keributan, Ma..
    hehehe

    ReplyDelete
  2. pompanya pake sanyo gak?!
    *inget kamera, sigh*

    ReplyDelete
  3. iya, irma dapat idenya buat mancing air karena kata-kata lo di dufan itu, '... kayak pompa, kudu dipancing. pompa sanyo, pompa dragon ...'
    kalo pemancing keributan mah, bukannya elo ?? hueheheeheheee

    ReplyDelete
  4. Sekarang Irma nambah keahlian, tukang air . he..he..he..

    ReplyDelete
  5. nggak apa lah, yang penting keahliannya berguna :D

    ReplyDelete
  6. kalok gue mudah terpancing keributan :D

    ReplyDelete
  7. mungkin perlu dipancing dulu satu gayung, Pe..

    ReplyDelete
  8. hmmfffhhhhhhhhhhh.... kghkhgkhgkhgkhgkhgkghg..
    *nahan ketawa sambil guling2*

    ReplyDelete
  9. set!!... *mo motret Irma pake xacti sanyo*
    ......... yaaah.. maaf, kesaktiannya sudah hilang... :(
    *ngacir*

    ReplyDelete